You are on page 1of 25

INOVASI TOYOTA KIJANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Lingkungan ekonomi yang berubah dengan cepat, menuntut setiap pelaku bisnisuntuk senantiasa
beradaptasi dengan pola perubahan yang ada agar mereka tetapkompetitif. Untuk menghadapi perubahan
tersebut perusahaan harus mampumengelola sumber daya yang dimiliki agar dapat meningkatkan kinerja
suatuorganisasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan. Inovasi menjadisalah satu kata
kunci untuk membantu organisasi menjadi lebih kompetitif.
Beberapa ahli manajemen menyatakan bahwa inovasi merupakan salah satu jaminan untuk
perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan daya saingnya. Berbagai indikator menunjukkan bahwa
ketertinggalan dalam inovasi menyebabkan sebuah produk tertinggal jaman atau kalah dalam persaingan
yang ada. Tetapi bagaimana menyikapi dan mengantisipasi ketertinggalan tersebut melalui sebuah inovasi
bukanlah suatu jawaban yang sederhana dan mudah.
Peran inovasi dalam mendongkrak kinerja usaha meliputi seluruh aspek penting yang bisa
memberikan nilai tambah pada daya saing perusahaan: proses,

produk, pasar, manajemen, dan

sebagainya (Swa, 2005). Ketakutan organisasi dalam menerapkan inovasi adalah besarnya biaya yang
harus diinvestasikan. Ketakutan ini sebenarnya tidak beralasan sebab inovasi tidak harus dimulai dari
teknologi yang canggih dan berbiaya besar , tetapi yang lebih

penting terlembaga, konsisten ,

berkelanjutan dan memiliki cirri khas yang berbeda. Hal inilah yang diterapkan pada brand Toyota Kijang
Inova.
Perkembangan dunia otomotif yang semakin pesat, memacu pihak Toyota untuk melakukan
terobosan inovasi agar menumbuhkan minat konsumen terhadap produknya. Inovasi dan diferensiasi yang
dilakukan Toyota Kijang yang dinilai sangat berhasil dan memberikan kontribusi besar bagi
perkembangan industri otomotif nasional. Inovasi yang dilakukan Toyota Kijang tercatat lima kali
perubahan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia sejak tahun 1977 hingga
sekarang. Untuk mengetahui tahapan dan upaya yang dilakukan Toyota Kijang dalam menumbuhkan
minat konsumen maka makalah ini disusun untuk mengetahui inovasi dalam Toyota Kijang.
Page 1 of 25

1.2 Rumusan masalah




Apa peranan inovasi terhadap pemasaran suatu produk?
Apa dampak dari inovasi terhadap perusahaan?
Tahapan apa yang diperlukan agar inovasi mempermudah pencapaian tujuan perusahaan
Kapan inovasi harus dilakukan?
Inovasi seperti apa yang dilakukan Toyota Kijang?

1.3 Tujuan



Mengetahui peranan inovasi terhadap pemasaran suatu produk.
Mengetahui dampak dari inovasi terhadap perusahaan.
Mengetahui tahapan-tahapan agar inovasi sesuai dengan sasaran perusahaan.
Mengetahui kapan inovasi harus dilakukan.

1.4 Metode Analisa
Metode yang digunakan ialah dengan cara metode deskriptif yang diambil dari beberapa sumber
seperti Jurnal, Buku dan Internet

BAB II
Page 2 of 25

1 Pengertian Manajemen Perubahan Manajemen merupakan suatu proses perencanaan. sementara perubahan Gamma adalah perubahan yang terjadi karena kelompok melihat adanya faktor lain yang lebih penting. Gamma: dalam teori ini perubahan Alfa adalah perubahan tingkat kepercayaan yang terjadi. Namun dengan memiliki motivasi untuk berubah maka yang perlu dilakukan adalah fokus ke depan dengan cara membuang sikap pesimis. perubahan Beta adalah perubahan yang terjadi dalam menilai kepercayaan. pengarahan dan pengawasan penggunaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.Landasan Teori 2. Beta. 2) Teori Motivasi: dalam teori ini perubahan akan terjadi kalau ada sejumlah syarat tertentu yang menguntungka. individu ataupun kelompok. menciptakan kepatuhan. Page 3 of 25 . 2. Pengarahan dan Pengawasan penggunaan sumber daya dalam rangka menhadapi berpindahnya sesuatu dari kondisi asalnya menjadi sebuah kondisi yang baru guna tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien.2 Model dan Konsep Manajemen Perubahan Sejumlah model atau konsep mengenai perubahan diberikan untuk memperjelas pemahaman mengenai manajemen perubahan yang perlu dilakukan oleh organisasi: 1) Teori Force Field: teori ini mengemukakan bahwa perubahan terjadi karena munculnya tekanan. Dari kedua pemahaman tersebut diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Manajemen Perubahan itu adalah: proses Perencanaan.tekanan terhadap organisasi. Pengorganisasian. 4) Teori Contingency: dalam teori ini yang diamati adalah tingkat keberhasilan pengambilan keputusan yang ditentukan oleh gaya yang dianut dalam mengelola perubahan serta sejumlah kemungkinan. 3) Teori Alfa. pengorganisasian. Perubahan adalah berpindahnya sesuatu dari kondisi asalnya menjadi sebuah kondisi yang lain. serta mengurangi ketidakpuasan. dimana kekuatan tekanan (driving forces) berhadapan dengan keengganan (resistances) untuk berubah sehingga agar terjadi perubahan maka harus memperkuat driving forces dan memperlemah resistances.

negosiasi. partisipasi. 5) Situasi ekonomi 6) Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan. alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.5) Teori Kerja Sama: teori kerja sama mempelajari bahwa perubahan tidak bisa berjalan tanpa adanya kerja sama semua pihak. manipulasi hingga teknik paksa. ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu : 1) Daur hidup produk 2) Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup. yaitu tahap perkenalan.4 Segmentasi Pasar Page 4 of 25 . tahap kedewasaan dan tahap kemunduran. serta sumber. ada core business yang mampu mendatangkancashflow. apakah memimpin.3 Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran. tim manajemen yang solid. bauran pemasaran. Biasanya perusahaan yang melakukan turnaround adalah perusahaan yang mengalami penurunan akibat kerugian terus menerus atau salah manajemen. mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar. menantang. 2. Dalam strategi pemasaran. 7) Model Accounting-turnaround: teori ini melihat bahwa untuk dapat diselamatkan sebuah korporat harus memiliki sejumlah syarat seperti dukungan stakeholders. 6) Teori Mengatasi Resistensi Dalam Perubahan: teori ini membahas mengenai teknik yang dipakai dalam mengatasi resistensi seperti komunikasi. fasilitasi. tahap pertumbuhan. 2. 3) Posisi persaingan perusahaan di pasar 4) Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan. apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.sumber pembiayaan terutama untuk jangka panjang.

Perusahaan tersebut mengevaluasi berbagai segmen dan memutuskan beberapa banyak segmen yang harus dicakup serta segmen mana yang akan dilayani. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat pada tiga faktor ukuran dan pertumbuhan segmen. Page 5 of 25 .Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan.6 Positioning Setelah memutuskan segmen pasar mana yang akan dimasuki. Sedang (Tenable) Dalam posisi ini perusahaan mempunyai kekuatan dan prestasi yang cukup untuk menjamin kelangsungan usahanya. yaitu: 1. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat pada tiga faktor ukuran dan pertumbuhan segmen. Menurut Kotler menyatakan bahwa sebuah perusahaan akan menempati salah satu posisi bersaing dalam industri merek. menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk. Baik (Favorable) Perusahaan memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan dengan strategi tertentu. karakteristik. Dominan (Dominant)Dalam hal ini mampu mengendalikan perilaku dan strategi pesaing lainnya serta memiliki banyak pilihan strategis. 2. Posisi produk adalah cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting yang diduduki produk tersebut dalam ingatan konsumen dalam hubungan dengan produk pesaing. perusahaan harus memutuskan “posisi” apa yang ingin ditempati dari segmen tersebut.Segmentasi pasar menimbulkan peluang segmen pasar yang dihadapi perusahaan. 3. Perusahaan tersebut mengevaluasi berbagai segmen dan memutuskan beberapa banyak segmen yang harus dicakup serta segmen mana yang akan dilayani. 2. daya tarik struktural serta tujuan dan sumber daya perusahaan. 4.27 2. daya tarik struktural serta tujuan dan sumber daya perusahaan. Kuat (Strong)Di mana perusahaan memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan strategi tertentu.5 Market Targeting Segmentasi pasar menimbulkan peluang segmen pasar yang dihadapi perusahaan.

pelayanan yang superior. Perusahaan melakukan diferensiasi dengan tujuan terutama untuk memperoleh keunikan dibandingkan dengan para pesaingnya dan dinilai penting oleh pembelinya. pemilik teknologi. 6. pelanggan puas. Membangun Kepuasan Pelanggan Page 6 of 25 .5. Kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja melebihi harapan.8 Nilai & Kepuasan Pelanggan Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. jaringan distributor yang kuat atau aspekaspek yang bisa menjadi spesifik untuk industri . Penekanan dapat pada gambaran merk. Tidak ada harapan (Non-Viable) Di mana perusahaan berada pada posisi prestasi yang sangat tidak memuaskan. Nilai dan kepuasan pelanggan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. tapi terdapat peluang dan kekuatan untuk perbaikan. Jika kinerja melebihi harapan. Lemah (Weak) Prestasi perusahaan pada posisi ini tidak memuaskan. pelanggan amat puas atau senang. Diferensiasi tumbuh dari rantai nilai perusahaan karena setiap rantai aktivitas perusahaan merupakan sumber potensial bagi keunikan yang dapat ditawarkan dan menarik para pembeli. Diferensiasi memungkinkan perusahaan dapat menawarkan produknya dengan harga premium karena nilai tambah yang diminati pembeli.7 Differentation Strategi Diferensiasi adalah suatu upaya untuk membuat suatu produk atau jasa yang dirasa sebagai yang unik di seluruh industri. 2. 2. corak khusus. Bila pelanggan telah memberi nilai pelanggan tersebut secara tidak langsung telah memberi seberapa besar kepuasannya terhadap barang atau jasa yang telah kita jual. Kualitas bahan baku atau proses teknologi dapat menjadi sumber diferensiasi yang membedakan secara signifikan dengan produk kompetitor.

dan intensitas promosi. pengenalan produk baru. Pemenuhan harapan akan menciptakan kepuasan bagi konsumen. Jika kinerja melebihi harapan. pelanggan tidak puas. : Page 7 of 25 . Jika kinerja berada di bawah harapan.10 Strategi Pemimpin Pasar Pemimin pasar merupakan perusahaan yang biasanya mengungguli perusahaan lain dalam perubahan harga. pelanggan puas. jangkauan distribusi. Kepuasan Pelanggan Menurut Philip Kotler dalam Manajemen Pemasaran I (2000: 42).Perusahaan banyak menggunakan berbagai cara untuk mempertahankan salah satunya adalah memastikan kualitas produk dan jasa memenuhi harapan konsumen. pelanggan amat puas atau senang. 2.9 Nilai & Kepuasan Pelanggan Nilai Pelanggan Menurut Philip Khotler dalam Manajemen Pemasaran I (2000: 41). Nilai pelanggan total (total customer value) adalah sekumpulan manfaat yang diharapkan oleh pelanggan dari produk atau jasa tertentu. Pemimpin merupakan titik orientasi bagi para pesaing. suatu perusahaan baik untuk menantang. bahwa nilai pelanggan (customer delivered value) adalah selisih antara nilai pelanggan total dan biaya pelanggan total. Dengan cara : 1) 2) 3) 4) Melakukan pembelian ulang Mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain Kurang memperhatikan merk aataupun iklan produk pesaing Membeli produk yang dari perusahaan yang sama.33 Kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan. 2. bahwa kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa dari seorang pelanggan setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapanharapannya. meniru . Mempertahankan Pangsa Pasar Pemimpin pasar harus terus mempertahankan terhadap serangan pesaingnya. atau menghindarinya. Jika kinerja memenuhi harapan.

Tujuan strategik dari kebanyakan pempin pasar adalah meningkatkan pangsa pasar mereka. Menentukan Sasaran dan Lawan Strategik Penantang pasar harus menentukan dulu sasaran strategiknya. Pemimpin memperluas daerahnya masuk ke daerah baru yang dapat dijadikan pusat untuk bertahan dan menyerang di masa depan. Pemimpin tidak dapat tinggal diam dalam menghadapi potongan harga. Prinsip dasar tujuan militer mengatakan bahwa setiap operasi militer harus diarahkan ke sasaran yang jelas. 11) Pertahanan Penciutan 12) Penciutan terencana bukan meninggalkan pasar. 2. atau perusahaan kecil lainnya. perusahaan nomor dua. 9) Pertahanan Bergerak 10) Melibatkan lebih banyak pemimpin yang secara agresif mempertahankan daerahnya. memikirkan bahwa hal tersebut akan mengarah pada perolehan laba yang lebih tinggi. tetapi menutup daerah yang lebih lemah dan mengalihkan sumber dayanya untuk pasar yang lebih kuat. 3) Pertahanan Rusuk 4) Pemimpin pasar seharusnya tidak hanya menjaga daerahnya saja tetapi juga bergerak membuat penjagaan diluar pos nya untuk melindungi sisi yang lemah atau ungkin digunakan sebagai basis invasi untuk serangan balik.11 Strategi Penantang Pasar Penantang pasar merupakan perusahaan yang secara agresif mencoba memperluas pangsa pasarnya dengan menyerang pemimpin. akan menanggapinya dengan serangan balasan. Pertahanan ini menyatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. 7) Pertahanan serangan balasan 8) Kebanyakan pemimpin pasar. ketika diserang. Pada dasarnya penyerang dapat menyerang tiga jenis perusahaan: 1) Menyerang pemimpin pasar Page 8 of 25 . dan dapat dicapai. atau invasi daerah penjualan yang dilakukan oleh pesaingnya. gemerlapnya promosi. 5) Pertahanan Mendahului 6) Gerakan pertahanan yang lebih agresif adalah melakukan serangan terhadap musuh sebelum musuh mulai serangannya. perbaikan produk. tegas.1) Pertahanan Posisi 2) Kebanyakan ide dasar pertahanan adalah membangun suatu benteng di sekeliling daerahnya yang tidak dapat diruntuhkan.

iklan. Konsep inovasi mempunyai sejarah yang panjang dan pengertian yang berbeda. kemampuan. terutama didasarkan pada persaingan antara perusahaan-perusahaan dan strategi yang berbeda yang bisa dimanfaatkan untuk bersaing. iklan. distribusi. biasanya takut mengalami kerugian yang lebih banyak daripada mendapatkan keuntungan. 3) Menyerang perusahaan sebanding yang tidak bekerja dengan baik dan keuangannya lemah. Namun sering kali adapter tumbuh menjadi penantang masa depan. Page 9 of 25 . Adapter mungkin memilih menjual ke pasar yang berbeda dan menghindari konfrontasi langsung dengan pemimpin. Akan tetapi pengikut memiliki strategi untuk ikut aktif dalam pertumbuhan pasar.12 Strategi Pengikut Pasar Pengikut pasar adalah perusahaan nomor dua yang memilih untuk tidak menimbulkan gejolak. penetapan harga.2) Strategi ini beresiko tinggi namun hasilnya dapat tinggi pula. imajinasi dan keahlian dalam menghasilkan karya baru atau perubahan kualitatif pada produk yang sudah ada agar mampu bersaing dan menumbuhkan minat konsumen. 4) Menyerang perusahaan lokal atau kecil yang tidak baik dan keuangannya lemah.beda. 5) Pengubah (Adapter) 6) Adapter mengambil produk pemimpin dan mengubah dan sering pula memperbaiki produk tersebut. Cloner yang ekstrim adalah pemalsu yang memproduksi produk pemimpin 3) Peniru (Imitator) 4) Imitator meniru beberapa hal dari pemimpin tetapi menjaga diferensiasi dalam kemasan.13 Inovasi Inovasi adalah suatu usaha mendayagunakan pemikiran. dan lainnya seperti yang dilakukan pemimpin pasar. Ada tiga strategi yang dibedakan: 1) Penduplikat (cloner) 2) Cloner berusaha menyamai produk. dan lain sebagainya. 2. 2.

gagasan.14 Ukuran Inovasi Berhasil tidaknya suatu inovasi dapat dilihat dari eksistensinya suatu produk dari perubahan yang ada dan mampu bersaing dengan produk yang serupa. Ide. Thompson (1965) dalam Hurley and Hult (1998) mendifinisikan bahwa inovasi adalah konsep yang lebih luas yang membahas penerapan gagasan. Memperkenalkan proses baru ke industri. 2. gagasan baru ini dapat berupa penemuan dari suatu gagasan pemikiran. inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa. produk. 39 Produk dan jasa yaitu hasil langkah lanjutan dari adanya gagasan baru yang ditindak lanjuti dengan berbagai aktivitas. praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Perubahan pada organisasi industri. Mengembangkan sumber pasokan baru pada bahan baku atau masukan lainnya. sistem sampai pada kemungkinan gagasan yang mengkristal. Rogers (1983) Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide. Inovasi dapat diukur Page 10 of 25 . Membuka pasar baru. Menurut Stephen Robbins (1994) Mendefinisikan. Everett M. atau proses yang baru. 38 Gagasan baru yaitu suatu olah pikir dalam mengamati suatu fenomena yang sedang terjadi.Secara konvensional istilah inovasi diartikan sebagai suatu terobosan yang berhubungan dengan produk-produk baru. Pada tahun 1949 Josef Schumpeter menyebutkan bahwa inovasi terdiri dari lima unsur yaitu: a) b) c) d) e) Memperkenalkan produk baru atau perubahan kualitatif pada produk yang sudah ada. penelitian dan percobaan sehingga melahirkan konsep yang lebih konkret dalam bentuk produk dan jasa yang siap dikembangkan dan dimplementasikan termasuk hasil inovasi dibidang pendidikan Josef Schumpeter sering dianggap sebagai ahli ekonomi pertama yang memberikan perhatian pada pentingnya suatu inovasi. kajian.

d) Memiliki tujuan dan sasaran konsumen serta strategi pemasaran yang matang. kurva di bawah ini menunjukan siklus peredaran barang/jasa. Perbedaan itu unggul dan memberikan manfaat. 1987). c) Memiliki program yang terencana.dengan nilai kepuasan dan memberi keuntungan dikedua pihak baik produsen maupun konsumen. Page 11 of 25 . Perbedaan itu tidak ditawarkan oleh perusahaan lain. yaitu dengan cara : 1. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menghasilkan produk yang inovatif (Kotler. 3.  Unggul ( superior ).  Ciri khas (distinctive). Mengembangkan model dan ukuran produk. Mengembangkan atribut produk baru. Inovasi yang berhasil harus mempunyai 4 ciri: a) Memiliki perbedaan (diferensiasi) dari produk lainya. Dalam menerapkan inovasi pelaku bisnis harus mengetahui posisi perkembangan produk di pasar. Kriteria :  Penting ( Important ). Perbedaan yang memberikan manfaat dengan memberi nilai yang tinggi kepada para pembelinya. 2. Mengembangkan beragam tingkat mutu. b) Memiliki unsur pembaruan.

dimulai dengan memperkenalkan produk sampai dengan siklus penurunan. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan Page 12 of 25 .Dari kurva diatas menerangkan tentang siklus peredaran barang atau jasa di pasar. Agar produk di pasar tidak mengalami penurunan maka perusahaan atau produsen harus melakukan Inovasi produk agar mampu bersaing dan mampu mempertahankan minat konsumen.1 Penerapan Manajemen Perubahan Dalam Toyota Kijang Penerapan Inovasi Pada Kijang Inova Toyota Kijang awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan Toyota dan merupakan kendaraan paling populer untuk kelas minibus di Indonesia. BAB III PEMBAHASAN 3.

Mesin yang digunakan menggunakan mesin Toyota Corolla pada zamannya dengan tipe 3K berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan. namun para pesaing yang menirunya tidak mampu mengalahkan kesuksesan Toyota Kijang dalam melakukan terobosan inovasi. misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda serta Daihatsu Zebra. Hal ini terbukti dengan eksistensinya dan kepercayaan konsumen untuk menggunakan minibus Toyota Kijang.salah satu model Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang. Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up). Saat ini Toyota Kijang menghadapi persaingan yang cukup ketat. Kesuksesan Toyota Kijang telah berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep dari Toyota Kijang (terutama dari segi nama hewan). Generasi II (1981-1986) Page 13 of 25 . Sehingga berbagai varian dan generasi mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia. sehingga inovasi dijadikanya strategi yang terbaik untuk bersaing. Perubahan Inovasi Toyota Kijang Generasi I (1975-1981). mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh perusahaan-perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil-mobil niaga pada masa itu dimana rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung. Posisi pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang sulit dijangkau.

Lampu sein yang pada produksi awal masih terletak di bumper depan. Toyota juga dikenal dalam perencanaan produknya sampai 5 tahun berikutnya yang dapat dilihat melalui pengembangan mobil ini. Pada tahun 1984 mengadakan perubahan pada gril dan bumper. Page 14 of 25 .Perjalanan mobil ini juga diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan diferential sekaligus menambah booster rem pada tahun 1983. kini naik ke grill mengapit tulisan TOYOTA . termasuk pemakaian lampu kotak.

Sampai tahun 1983. Pada tipe ini. Pada generasi inilah. semua kursi menghadap ke depan. yaitu :  Family : minibus 3 pintu (2 di depan dan 1 di samping kiri) dengan imbuhan "bagasi" di bagian belakang yang sejatinya sebuah bukaan pada tempat plat nomor. Tipe ini berlanjut sampai ke generasi III. permintaan mobil ini tetap tinggi. sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam pemakaian. dengan kursi paling belakang saling berhadapan. dan dapat memuat 7 penumpang. muncul dua tipe minibus yang dikerjakan oleh perusahaan karoseri yang ditunjuk Astra.  Commando : minibus 5 pintu (dengan pintu paling belakang tipe ambulan yang terbagi dua membuka ke kedua sisi). Dapat memuat 8 penumpang. Generasi III (1986-1996) Page 15 of 25 .

yang sebelumnya hanya memakai 4 percepatan. terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. dan 4 percepatan. Generasi IV (1997-2004) Page 16 of 25 . Transmisi menghadirkan 5 percepatan. Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun. bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil penumpang. Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Super Kijang dan Grand Extra dengan memiliki life cycle cukup panjang (lebih dari satu dekade) dibandingkan generasi sebelumnya. Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2 – 5 kg dempul per mobil. Mesin pada awal generasi ini masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp.Di masa ini.

Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. dan pick-up keluaran 1997 . Electronic Fuel Injection (EFI). dominasi Jepang semakin besar.1999. Lampu model ini juga terdapat pada lampu belakang. yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc bertenaga 100 hp yang diambil Dari Toyota Hilux. mesin bensin masih menggunakan karburator. desain bumper baru. namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI. Untuk tipe LX. Kijang 2000cc ini hanya terdapat pada tipe SGX. Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2400cc (tipe 2L) tanpa turbo milik Toyota HiAce yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran Indonesia. sedangkan model lainnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. SX. masih menggunakan transmisi manual 4 percepatan.1999. Perubahan mesin ini dinamai New Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi "lampu kristal" yang menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX/SGX sebelumnya. dan Krista. Pada Kijang versi tahun 1997 . Pada Kijang yang dikenal sebagai Kijang baru ini. dan juga desain velg roda Page 17 of 25 . Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E. LGX. tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik.Kijang generasi keempat ini. barulah pada tahun 2000.

maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah. model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama "Innova" (tanpa "Kijang"). Penyempurnaan lain terdapat dibagian kemudi. bumper desain baru.yang berbeda serta seatbelt (sabuk keselamatan) pada jok penumpang bagian tengah (varian SSX/LSX dan SGX/LGX). Stabilitas arah kemudi lebih handal karena Page 18 of 25 . Pengendara dapat lebih akurat mengarahkan kemudi disetiap tikungan. Model ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. kelir interior baru. Facelift terakhir mengubah bentuk lampu depan. desain setir baru serta menghilangnya varian Diesel tipe sasis pendek dan varian mesin 1800cc untuk tipe Krista. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah. Selain di Indonesia. lampu belakang diberi hiasan ala Toyota Land Cruiser. terutama di bagian depan kendaraan. dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya. Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik . Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya. Generasi V (2004-2008) Kijang Innova (2004 – 2008) Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama "Kijang Innova".

Bahan bakar ditekan pada jalur sebelum injektor Piezo dengan tekanan tinggi sebelum ECU memerintahkan untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar. rem. Bahan bakar disemprotkan melalui injektor berlubang 6 dengan diameter 0. baik yang menggunakan transmisi otomatis maupun transmisi manual. dan lain-lain) bertugas memberikan informasi kepada ECU ( Engine Control unit ) agar dapat melakukan pengukuran konsumsi jumlah bahan bakar dengan udara yang diperlukan Injector dan sesuai dengan tingkat kebutuhan dari proses tersebut.  Mesin Diesel D4D D4D atau juga disebut Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection . dapat menghasilkan proses pembakaran yang relatif lebih efisien. Mesin ini menggunakan sistem injeksi Commonrail dimana bahan bakar solar akan dihisap oleh pompa bahan bakar melalui saringan bahan bakar (fuel filter) agar dapat menghasilkan kualitas bahan bakar solar dengan tingkat emisi gas buang yang sangat rendah. Sistemcommonrail akan mengatur laju tekanan bakan bakar secara elektronik. Kijang generasi ini mengusung dua jenis transmisi. Beberapa teknologi pada Kijang Innova yang tidak ditemui pada generasi sebelumnya menurut klaim Toyota Astra Motor adalah:  Mesin dengan VVT-I VVT-i atau Variable Timing Intelligent berupa controller yang dipasang dibagian chamshaft intake yang bertugas untuk mengatur Timing Chamshaft Intake dan menyesuaikan terhadap perubahan kondisi mesin. baik dari sisi banyaknya maupun waktu penyemprotan bahan bakar. sesuai dengan kebutuhan mesin. Kondisi tersebut dimungkinkan karena proses konsumsi bahan bakar dikerjakan dengan lebih sempurna. Pada mesin ini terdapat ECU 32 bit yang berfungsi sebagai sensor utama mesin. Berbagai sensor mesin lainnya (suhu.menggunakan model Rack-and-Pinion dengan Engine Speed Sensing Power Steering sehingga mobil mudah dikendalikan dalam kecepatan 120 km/jam pada tikungan S maupun belokan memutar 270 derajat sekalipun. gas.14 mm. Dengan penerapan metode ini. dan pada akhirnya menghasilkan sisa emisi gas buang yang lebih rendah. beserta tingkat getaran & suara mesin yang lebih halus yang dapat dihasilkan beserta dengan tingkatan jumlah emisi gas buang yang lebih rendah.  Anti Maling Page 19 of 25 . Keunggulan mesin ini adalah akselerasi & performa yang optimal.

akan menolak menyalakan mesin apabila kode ID yang didapatkan tidak sesuai dengan kode ID yang terdapat pada kuncinya. power steering dan altenator) pada generasi sebelumnya. Analisis Strategi Pemasaran dari Mobil Toyota Kijang Dengan semakin berkembangnya teknologi produk dan jasa. dimana ECU akan menghitung setiap pembukaan throttle valve lewat motor penggeraknya yang terletak di throttle body agar lebih optimal untuk setiap kondisi jalan. Fitur ini mencegah mesin hidup apabila kode ID kunci tidak sesuai dengan yang terdapat di ECU . jumlah komponen dan beban kerja mesin dibandingkan dengan 3 belt (AC.  Sensor Ultrasonic Sensor ini digunakan untuk memudahkan pengedara saat parkir.  Pedal Gas Elektronik Sistem pedal gas ( Electronics Throtle Control System ETCS-i) membuat generasi ini dilengkapi sensor pedal gas yang dapat mengubah setiap gerak mekanik menjadi sinyal elektrik untuk dikirim ke ECU . maka penciptaan product differentiation (pembedaan produk) sangatlah sulit.  Single Belt Penggunaan Single Belt mengurangi panjang dimensi mesin. Bila terjadi malafungsi pada salah satu sensor. Dimana coil yang dipasang pada setiap rumah kunci.Mobil ini dilengkapi dengan Theft Different System yang biasa disebut Engine Immobilizer System. Sistem ini menggunakan Chip Transponder pada setiap anak kuncinya. ECU akan memerintahkan throttle body bekerja pada mode limp (minimal) agar mobil tetap bisa dijalankan. sensor ini terletakkan pada bumper belakang yang akan memberikan peringatan kepada pengendara apabila mendekati benda atau rintangan dengan radius deteksi berjarak 150 cm dan tinggi antara 22 – 82 cm. bahkan Page 20 of 25 . amplifier dan Transfonder Key ECU . bobot mesin. Sebagai contoh apabila mobil dipaksa untuk dibuka dengan kunci palsu atau kunci T.

kadang kala tidak mungkin dilakukan. Calon pembeli mungkin akan merasakan kenyamanan atas spesifikasi dari mobil yang ditawarkan melalui test drive yang sudah dilakukan dan berjanji akan kembali lagi untuk melakukan transaksi. eksterior dan interior setara mobil eropa. hingga pada saat ini Toyota Kijang Innova sendiri membidik pasar keluarga mapan yang ingin mobil yang muat banyak atau para pengusaha sewa mobil. Experiential marketing merupakan sebuah pendekatan baru untuk memberikan informasi mengenai merek dan produk. fitur. kualitas proooduk serta brand image yang positif sebagai hal yang biasa atau umum. Oleh sebab itu seorang pemasar tidak hanya melakukan promosi saja tetapi juga harus mempu merealisasikan janji-janjinya secara oprasional dan nyata agar merek produk tertananm dalam benak konsumen dengan memberikan kejutan emosional dan membangkitkan suasana jiwa mereka dengan pengalaman yang unik. Hal ini terkait erat dengan pengalaman pelanggan dan sangat berbeda dengan sistem pemasaran tradisional yang berfokus pada fungsi dan keuntungan sebuah produk (Smith. Differentation Toyota Innova hadir pada segmen pasar kelas menengah atas dengan mengedepankan kenyamanan suspensi layaknya sedan mewah. naik mobil Innova ini seperti naik mobil sedan dengan kapasitas penumpang yang besar. dalam Frasisca Andreani: 2007) Segmentasion pasar Dari awal peluncuran mobil Toyota Kijang lebih menyasar konsumen kelas menengah kebawah dengan prodak mobil niaga. tidak lagi mengandalkan kabin yang luas atau kekuatan mesin. Page 21 of 25 . Seringkali product differentiation tergantung pada halhal yang bersifat subyektif dan estetik sejalan dengan usaha pemasar untuk membangkitkan ikatan emosi pelangganya. Pengalaman yang dirasakan pelanggan sangatlah unik dan memberikan dampak yang berbeda dalam proses pemasaran. Oleh karena itu hanya ada sedikit perbedaan yang diciptakan. Sekarang ini pelanggan menganggap fungsi. Dengan kematangan sebuah produk maka kompetisi menjadi sangat ketat karena para kompetitor menawarkan core product (produk inti) dengan fungsi dan fitur yang sama.

termasuk di pasar mobil bekas. Innova diklaim sebagai mobil tahan banjir karena ground clearance lebih tinggi. Meskipun bisa dilalui biasanya mobil harus masuk bengkel karena kemasukan air. Ini paling tidak bisa melalui banjir dengan aman tanpa mengalami mogok terkena air banjir. Kebanyakan mobil yang ada memang sangat rawan mogok dan mudah rusak saat berhadapan dengan banjir. Kondisi jalanan yang menjadi sungai sangat sering terjadi. Saat jalanan menjadi sungai memang perlu mobil anti banjir yang tahan terhadap serbuan banjir. bahkan dengan hujan yang ringan. Kemudian dari segi resale value (harga penjualan kembali). Tak heran Toyota kijang mempunyai peminat yang tinggi di tengah masyarakat. namun bila masih mogok saat banjir jelas menjadi kurang efektif.Lebih detail lagi tentang keunggulan Toyota Innova: 1) Bentuk bodi yang aerodinamis dengan kenyamanan seperti sedan 2) Menggunakan mesin VVT-i yang mampu menghasilkan daya lebih besar meskipun silinder kecil 3) Serba elektrik (mulai dari interior sampai eksterior) 4) Memiliki sensor parkir yang akurat pada dasbor belakang mobil 5) Sistem kemudi yang sangat stabil hingga pengemudi dengan mudah bisa mengendalikan mobil dalam kecepatan 120 km/jam saat memutar sampai 270 derajat atau berbelok seperti huruf "S" 6) Dilengkapi kode anti maling saat menghidupkan mobil. irit bahan bakar. Page 22 of 25 . cukup tinggi dibandingkan kendaraan lain. Boleh saja teknologi yang dijejalkan di dalamnya sudah bagus. Di samping itu. jalanan sudah sulit untuk dilalui.

" komentar Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua. Inova dan Avanza menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil bekas."Dalam beberapa tahun terakhir. Ini juga yang membuat kami selalu ready stock. Harga jual kembali Innova dan Avanza memang paling bagus. Herjanto Kosasih kepada VIVAnews. Positioning Kijang mengatakan bahwa positioningnya adalah mobil keluarga. dan nyaman. produk-produk tersebut dibuat sebagai alat pemuas kebutuhan dan keinginan Page 23 of 25 . dengan memiliki tempat duduk yang longgar. Kesimpulan Dengan semakin majunya zaman ditandai dengan kemunculan produk-produk yang semakin variatif. Jakarta Pusat. maka pada saat ini Toyota kijang sedang membangun kepercayaan kepada setiap pelanggan bahwa Kijang memang betul-betul mobil keluarga. Untuk itu setiap mobil Kijang yang dilahirkan haruslah selalu mengacu pada mobil keluarga. karena selalu dicari konsumen.

Setiap perusahaan harus mengembangkan produk baru karena akan menentukan masa depan perusahaan.konsumen yang semakin variatif pula. Maka produk yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang bergeser dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. kemajuan di bidang teknologi. hal ini dapat dicapai dengan menghasilkan produk yang dapat memenuhi selera konsumen. Toyota Kijang dalam pengembangannya dibagi menjadi lima generasi. Anti maling. dimana setiap generasi memiliki teknologi yang selalu diperbarui. Pedal gas elektronik. persaingan produk sejenis yang semakin ketat. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap penjualan suatu produk dan kelangsungan hidup perusahaan. Pada generasi terakhir terlihat produk Toyota Kijang terlihat lebih modern. Sensor ultrasonic. Daftar Pustaka Page 24 of 25 . Single belt. penggantian produk lama dengan produk baru bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Pengembangan produk atau inovasi dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang dapat mengingkatkan volume penjualan perusahaan. Beberapa inovasi teknologi yang telah dilakukan pada generasi terakhir diantaranya: Mesin dengan VVT-i. Berhasil tidaknya suatu inovasi dapat diukur dari nilai tambah yang diberikan sehingga menciptakan permintaan pasar yang signifikan. Pelaksanaan inovasi ditiap perusahaan berbeda-beda tergantung dari siklus hidup produk tersebut dan hal itu dipengaruhi oleh perubahan selera konsumen. Mesin diesel D4D. serta perubahan-perubahan lain yang terjadi.

com/2013/12/normal-0-false-false-false-in-x-nonear.html.com/2013/12/28/segmentasi-targeting-dan-positioning/ ix.html xii. Jurnal PEMASARAN TOYOTA KIJANG INNOVA MELALUI PENDEKATAN EXPERIENTIAL MARKETING. Thompson (1965) dalam Hurley and Hult (1998).html(strategi diferentiation BMW) xi.blogspot. ii. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.blogspot. Stephen Robbins (1994) Manajemen Inovasi” Makalah pada ilmu administrasi bisnis universitas brawijaya.org/wiki/Segmentasi_pasar viii. vii.com/2012/07/strategi-pemasaran-untuk-pemimpin. Kotler. https://id.blogspot.com/2013/05/nilai-kepuasan-pelanggan. Everett M.com/2013/05/bmw-simbol-kemewahan.blogspot.com/2012/07/strategi-pemasaran-untuk-pemimpin. vi.html xiv. Smith.blogspot. http://adhieariga.com/2013/12/28/segmentasi-targeting-dan-positioning/ x. http://muhammaddwimulia. Tesis S2 pada UNDIP. http://abdulkafim. (1987) Analisis factor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.html xv. http://abdulkafim.blogspot.wordpress. http://fahmiagus.wikipedia. Tesis S2 pada UNDIP v.wordpress.com/2013/10/silabus-7. iii. Rogers (1983) “Manajemen Inovasi” Makalah pada ilmu administrasi bisnis universitas brawijaya.html xiii. iv.i. http://achmadzaidun.html. Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus Page 25 of 25 . http://bieliegunarto.com/2013/06/strategi-pemasaran. dalam Frasisca Andreani: 2007. https://alvanlovi. https://alvanlovi.blogspot.