You are on page 1of 11

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

“MARTABAT MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB MANUSIA”

Disusun oleh:
-

Normalita Dwi P S
Yusi Idah Safitri
Alifah F Izzah
Anggun Nilam Cahya

(1501470016)
(1501470017)
(1501470018)
(1501470019)

PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN LAWANG
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN MALANG
2015

Malang. bahasan ataupun penulisannya.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah yang berjudul “MARTABAT MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB MANUSIA” ini dapat terselesaikan. untuk itu penulis mohon maaf. Oleh karena itu.Ag selaku guru Agama yang telah membinmbing penulis dalam menyelesaikan laporan penelitian ini. 2. penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi penulis untuk lebih baik di masa yang akan datang. 4. Hamdah. baik dari segi penyusunan. Bapak Drs. 08 September 2015 Penulis . Orang tua penulis yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil. 3. M. Semoga laporan penelitian ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui martabat dan tanggung jawab manusia. Mungkin dalam laporan penelitian ini terdapat banyak kata yang kurang tepat. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari kata sempurna. Dan pihak-pihak lain yang telah membantu. Moh. Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada: 1. Teman-teman sekelas yang telah menyumbangkan banyak ide terhadap laporan penelitian ini.

.......... Tujuan Penelitian.................................... 1 1...................... Tanggung Jawab Manusia ................................ 2 2..................... Martabat Manusia ...................................... ............................. Manusia ................................................................................................ ............................................................................. 2 2.................................................2....... 3 BAB III ................................................. .... i DAFTAR ISI.................................. 2 2...................1....... ii BAB I PENDAHULUAN........................ Rumusan Masalah......................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.................................................. 1 1......... Latar Belakang........ 1 BAB II PEMBAHASAN ........ ..........................1..............2.......................3...............................................................................3..................................................................................... 1 1.........

...... Saran...................................... Diciptakan dari saripati tanah yang kemudian menjadi nutfah...... bertanggung jawab....................................... ................... Dua hal inilah yang membuat manusia dapat berpikir.... alaqah.............. Selain itu.1...... 6 DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 7 BAB I PENDAHULUAN 1. 6 3..........................2.. kelebihan-kelebihan ini seperti yang dijelaskan pada QS Al-Isra: 70....................................... Salah satu kesempurnaan manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain adalah adanya akal dan nafsu............ .............. yaitu hati......1.... Latar Belakang Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Allah SWT yang paling sempurna... . Kesimpulan........................................ ada kelebihan lain yang dimiliki oleh manusia sehingga membuat manusia berbeda dari sesama manusia....PENUTUP... dan mudgah hingga akhirnya menjadi wujud yang sekarang ini. 6 3....... serta memilih jalan hidup........................

2.1. Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab manusia? 1. Untuk mengetahui pengertian tanggung jawab manusia BAB II PEMBAHASAN 2. Penciptaan Manusia Al-Qur’an mengungkapkan proses manusia yang terdapat didalam surat Al-Mu’minun ayat 12-14. Bukan hanya itu saja. Manusia 2. secara ringkas adalah : . Namun sebaliknya jika hatinya bersih dari segala perbuatan yang kotor tentu derajatnya akan ditinggikan oleh Allah SWT. Sebagai makhluk Allah SWT tentu manusia selain memiliki hak juga memiliki kewajiban.1.3.1.2. Karena bukan hanya diri sendiri saja tetapi manusia perlu bantuan dari orang lain. Pengertian Manusia Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Untuk mengetahui pengertian martabat manusia.2.2.Jika hati manusia itu kotor. dan kita bisa memilih perbuatan mana yang baik (positif) atau buruk (negartif) untuk diri kita sendiri. 1.1. Karena manusia mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir secara logis dan dinamis.1. Tujuan Penelitian 1. 1. Adapun tanggung jawab manusia diciptakan oleh Allah SWT di dunia ini adalah sebagai khalifatullah dan sebagai abdi/ hamba Allah SWT. pengertian manusia secara umum adalah manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial. Rumusan Masalah 1. derajatnya tentu akan sangat rendah di mata Allah SWT.3. Kewajiban yang utama adalah beribadah pada Allah SWT yang merupakan tugas pokok dalam kehidupan manusia hingga apapun yang dilakukan manusia harus sesuai dengan perintah Allah SWT. dan bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak dilakukan.2.3.2. Apa yang dimaksud dengan martabat manusia? 1. 2. Maka sebab itu manusia adalah makhluk pribadi sekaligus mkhluk sosial.1.

martabat adalah harga diri atau tingkatan harkat kemanusiaan dan kedudukan yang terhormat. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak . Dibangkit (dari kubur) dihari kiamat 2. ia harus ada mendapat hasil dari amalan pada tingkatan tersebut. yang juga merupakan sesuatu keadaan tingkatannya seseorang sufi di hadapan tuhannya pada saat dalam perjalanan spiritual dalam beribadah kepada Allah SWT. Tumbuh anak-anak lalu dewasa. Makhluk yang (berbentuk) lain (janin) 8. memikul jawab. maksudnya adalah secara dasarnya tingkatan merupakan tingkatan martabat seseorang hamba terhadap khalikNya. Diciptakan dari sari patih tanah (sulalatin min thin).3.1. Tingkatan ini terdiri dari beberapa tingkat atau tahapan seseorang dalam hasil ibadahnya yang diwujudkan dengan pelaksanaan dzikir pada tingkatan tingkatan tersebut. lalu menjadi 2. menanggung segala sesuatunya. Kemudian mati 13.3. penglihatan dan hati 11. Dibungkus dengan daging (lahman) 7. Sehingga bertanggung jawab menurut kmus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung. Kami jadikan menjadi segumpal daging (mudghah) 5.2. 2. Martabat Manusia dalam Islam Martabat saling berkaitan dengan tingkatan. Martabat Manusia 2.1 Pengertian Tanggung Jawab Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Segumpal darah (alaqah). seseorang hamba yang menempuh perjalanan dzikir ini biasanya melalui bimbingan dari seseorangyang alim yang paham akan isi dari tingkatan ini setiap tingkatnya. seseorang hamba tidak dibenarkan sembarangan menggunakan tahapan tingkatan ini sebelum menyelesaikan atau ada hasilnya pada riyadhah dzikir pada setiap tingkatan.1. Tanggung Jawab Manusia 2. dan martabat ini merupakan bagian dari sifat manusia.2. diproses 4. atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. kemudian menjadi 3. Pengertian Martabat Menurut kamus bahasa Indonesia. Allah SWT menempatkan manusia sebagai khalifah dimuka bumi dan memberikan kedudukan kemuliaan dan martabat kepada manusia hingga memiliki derajad yang tinggi dan bahkan lebih tinggi dari malaikat sehingga malaikat pun bersujud dihadapan manusia. Secara umum dalam thariqat naqsyabandi tingkatan tingkatan ini jumlahnya ada 7 (tujuh) yang dikenal juga dengan nama martabat tujuh. Tulang belulang (‘idhaman) 6. lalu tua 12. Air mani (nutfah disimpan dalam rahim). 2.2. Lalu lahir sebagai bayi 10. Dia dijadikan pendengaran.2. Martabat adalah kehormatan. Ditiupkan ruh (dari Allah) pada hari ke 120 usia 9.

dan ketundukan pada kebenaran dan keadilan.3.3 Tanggung Jawab Manusia sebagai Khalifah Allah Sebagai makhluk Allah. manusia mendapat amanat yang harus dipertanggung jawabkan dihadapan-Nya. Ketaatan. kewajiban manusia di bumi ini adalah beribadah kepada Allah dengan ikhlas sepenuh hati . dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. menaati perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. dan kepatuhan. dan taat atas segala perintah tuannya. 2. Hubungan manusia dengan Allah SWT bagaikan hubungan seorang hamba (budak) dengan tuannya. tugas utama manusia adalah mengabdi (beribadah) kepada Sang Khaliq. ‫ص ي اللم ِملميععربردوا ِمإال أرِممرروا مومما‬ ‫صةالمة مورَنيِمقيرماوا رحمنمفامء الدَنيمن ملره رمعخِمل ِم‬ ‫اعلمقديمِمة ِمدَنيرن مومذِملمك اللزمكامة رتاوا مورَنيعؤ ال ل‬ Artinya “Padahal mereka tidak disuruh.98:5) Tanggung jawab abdi Allah terhadap dirinya adalah memelihara iman yang dimiliki dan bersifat fluktuatif (naik-turun). kepatuhan. Si hamba harus senantiasa patuh. Demikianlah. 2.disengaja. yang dicerminkan dalam ketaatan. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Oleh karena itu dalam al-qur’an dinyatakan dengan quu anfusakum waahlikum naaran (jagalah dirimu dan keluargamu dengan iman. yang dalam istilah hadist Nabi SAW dikatakan yazidu wayanqushu (terkadang bertambah atau menguat dan terkadang berkurang atau melemah). tunduk. ketundukan. kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Seorang hamba Allah juga mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga . ketundukan dan kepatuhan hanya layak diberikan kepada Allah. dalam (menjalankan) agama yang lurus. Tugas hidup yang dipikul manusia dimuka bumi adalah tugas .” – (QS.2 Tanggung Jawab Manusia sebagai Hamba Allah Makna yang esensial dari kata ‘abd (hamba) adalah ketaatan. Sebagai hamba.3. dari neraka). dan yang demikian itulah agama yang lurus. karena memelihara diri sendiri berkaitan dengan perintah memelihara iman keluarga. tanggung jawab terhadap keluarga merupakan lanjutan dari tanggung jawab terhadap diri sendiri. karena posisinya sebagai ‘abdi.

yaitu tugas kepemimpinan.kekhalifahan. ‫ممعقتتا إِملال مردبِمهعم ِمعنمد رهعم ركعفرر َنيمن ٱعلك لِمفِمر مَنيِمزَنيرد مومال ركعفررره مفمعملعيِمه مكمفمر مفممن ٱ ع م‬ ‫ض ِمفى مخل لِمئللمف مجمعملركللعم ٱللللِمذى‬ ‫لعر ِم‬ ‫رهماو‬ ‫مخمسا ت ترا إِملال ركعفرررهعم ٱعلك لِمفِمرَنيمن مَنيِمزَنيرد مومال‬ Artinya : “Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. maupun yang tersirat dalam kandungan pada setiap gejala alam semesta (al-kaun). ada dua peranan penting yang diamanahkan dan dilaksanakan manusia sampai hari kiamat: Pertama. yang memungkinkan dirinya mengolah dan mendayagunakan apa yang ada di muka bumi untuk kepentingan hidupnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Allah. Kedua. yaitu hokum-hukumTuhan baik yang tertulis dalam kitab suci (al-qaul). berarti manusia memperoleh mandat Tuhan untuk mewujudkan kemakmuran di muka bumi. Seorang wakil yangmelanggar batas ketentuan yang diwakili adalah wakil yang mengingkari kedudukan dan peranannya serta mengkhianati kepercayaan yang diwakilinya. Oleh karena itu dia diminta pertanggungjawaban terhadap penggunaan kewenangannya dihadapan yang diwakilinya. Kekuasaan yang diberikan kepadamanusia bersifat kreatif. Kekuasaan manusia sebagai khalifah Allah dibatasi oleh ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh yang diwakilinya. Ketika memerankan fungsinya sebagai khalifah Allah di muka bumi. . Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka”. wakil Allah di muka bumi untuk mengelola dan memelihara alam. memelihara bumi dari upaya-upaya perusakan yang datang dari pihak manapun (ar ri’ayah). Khalifah berarti wakil atau pengganti yang memegang kekuasaan. Yakni dengan mengeksploitasi alam dengan sebaik-baiknya dengan adil dan merata dengan tetap menjaga kekayaan agar tidak punah. supaya generasi berikutnya dapat melanjutkan exploitasi itu. Barangsiapa yang kafir. maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. memakmurkan bumi (al ‘imarah). Manusia menjadi khalifah. sebagaimana firman Allah dalam surat fathir : 39.

Dua peran yang dipegang manusia dimuka bumi. maka akan lahir sifat-sifat tertentu yang menyebabkan derajat manusia meluncur jatuh ketingkat yang paling rendah. sebagai khalifah dan‘abdun merupakan keterpaduan tugas dan tanggung jawab yang melahirkan dinamika hidup yang sarat dengan kreatifitas dan amaliyah yang selalu berpihak pada nilai-nilai kebenaran. ‫متعقِماوَنيمممأعحمسِمنِمف ي العنمسامن مخملعقمنا ملمقعد‬ Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia. hal semacam itu perlu dihindari.Melihara bumi dalam arti luas termasuk juga memelihara akidah dan akhlak manusianya sebagai SDM (sumber daya manusia). yaitu merusak dan menghancurkan alam demi kepentingan sesaat. Oleh karena itu.” – (QS. Apabila terjadi ketidakseimbangan. Dua sisi tugas dan tanggungjawab ini tertata dalam diri setiap muslim sedemikian rupa. seperti firman Allah.95:4) BAB III PENUTUP . Memelihara dari kebiasaan jahiliyah. Karena sumber daya manusia yang rusak akan sangat potensial merusak alam. dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Saran Martabat manusia adalah kedudukan manusia di muka bumi sebagai makhluk yang paling sempurna dan lebih tinggi derajatnya. 3. Adam. Oleh karena itu. Tanggung jawab manusia adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh manusia karena kemampuannya dan martabat manusia sebagai makhluk yang paling sempurna dan lebih tinggi adalah sebagai hamba/abdi Allah dan khalifah di muka bumi.3. Azyumardi. menaati perintahNya dan menjauhi segala larangan-Nya. disarankan kepada semua manusia yang beragama Islam untuk menjaga martabatnya dan melaksanakan segala tanggung jawabnya. Tanggung jawab manusia adalah sebagai khalifah dan hamba/abdi Allah. Jakarta: Departemen Agama .1. Jakarta: Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam. wakil Allah di muka bumi untuk mengelola dan memelihara alam. tugas utama manusia adalah mengabdi (beribadah) kepada Allah.2. Mensoer. 2004. Materi Instruksional di Perguruan Tinggi. Sebagai khalifah Allah manusia memiliki tugas sebagai pemimpin. DAFTAR PUSTAKA Azra. Sebagai hamba Allah. Martabat manusia yang paling sempurna dan lebih tinggi disebabkan karena manusia diberi akal dan hati nurani oleh Allah SWT. Kesimpulan Martabat manusia adalah harga diri/kedudukan manusia di muka bumi yaitu sebagai makhuk ciptaan Allah yang paling sempurna dan derajatnya lebih tinggi daripada makhluk yang lain. Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. 2004.

com/2014/10/makalah-pendidikan-agama-islam-tentang.blogspot. https://jurnob2012. Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam.blogspot.html.html http://lailaautari22.com/2012/09/makalah-pai-hakikat-martabat-tanggung. http://nurrizkiky.html. Jakarta: Departemen Agama.html.com/2013/05/17/tanggung-jawab-manusia-sebagai-hamba-dankhalifah-allah.com/2009/02/harkat-dan-manusia-hmm-dan.Malik. . http://rudi-stain-krc.blogspot. 2009.wordpress. Abduh.