You are on page 1of 4

MATERI 1 ANALISIS SKL, KI DAN KD

PROGRAM KEAHLIAN

: Administrasi Perkantoran

MATA PELAJARAN

: Pengantar Administrasi Perkantoran

KELAS

:X

MATERI AJAR

: Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan

Administrasi
Perkantoran

Dimensi
Sikap

Standar
Kompetensi
Lulusan
Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap orang beriman,
berakhlak mulia,
berilmu, percaya
diri, dan
bertanggung jawab
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan
sosial dan alam
dalam menempatkan
diri sebagai
cermainan bangsa
dalam pergaulan
dunia

Kompetensi Inti
Menghayati dan
mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar

Analisis

1.1. Bertambah keimanannya
dengan menyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan
jagat raya terhadap
kebesaran Tuhan yang
menciptakannya

 Memahami merupakan
Gradasi dari Menghayati
namun masih dibawah
dengan gradasi
Mengamalkan
(Menunjukkan Sikap
Siswa dan guru berdoa
sebelum mengawali dan
mengakhiri kegiatan
belajar_ (KI 1)

1.2. Meyakini bahwa bekerja
adalah salah satu bentuk
pengamalan perintah
Tuhan yang harus
dilakukan secara
sungguh-sungguh

 Memahami merupakan
Gradasi dari Menghayati
namun masih dibawah
dengan gradasi
Mengamalkan Dalam
setiap kegiatan
pembelajaran pekerjaan
di bidang perkatoran

rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan di bidang Peralatan Kantor (KI 2)  Menjalankan sikap toleransi. disiplin. tanggung jawab. santun. tanggungjawab. gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah 2. demokratis dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam melaksanakan pekerjaan di bidang Peralatan (KI 2) . kerjasama. toleran. menggunakan peralatan kantor 2. peduli. santun. ramah lingkungan. peduli (gotong royong.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur. disiplin. damai).3 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja  Menjalankan sikap jujur. santun. responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 2.1 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan. disiplin. damai.Dimensi Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Analisis siswa mampu menghayati adanya campur tangan Tuhan dalam kehidupan manusia (KI 1) Sikap Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur.

kebangsaan.1. Memahami paradigma dan filosofi administrasi perkantoran 3. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. dan prosedural. budaya. teknologi. dan metakognitif dalam matematika. teknologi. Mengidentifikasikan fasilitas dan lingkungan kantor Analisis  Memahami Filosofi administrasi Perkantoran dan asas-asas manajemen kantor (KI 3. konseptual. prosedural. kenegaraan.2.C1)  Menjabarkan Karakteristik Administrasi perkantoran (KI 3-C1)  Menganalisis Struktur Organisasi (K3-C4)  Menganalisis Fasilitas Kantor (KI 3-C4) . Memahami azas-azas manajemen perkantoran 3. kebangsaan.3. Mengidentifikasi struktur organisasi dan jabatan di bidang administrasi perkantoran 3.kenegar aan.5. Menguraikan karakteristik administrasi perkantoran dan Pekerjaan kantor 3.4.Dimensi Pengetahuan Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Memiliki pengetahuan faktual. dan budaya dengan wawasan kemanusian. berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan. Kompetensi Dasar 3. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. konseptual. dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual. seni. seni. ilmu pengetahuan.

dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. menalar.Dimensi Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Analisis serta penataannya Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kretif dalam ranah abstrak dan konkret dalam menyelesaikan masalah secara mandiri Mengolah. 4. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri.1 Menggambar tata letak fasilitas dan lingkungan kantor  Mencoba menggambar tata letak fasilitas dan lingkungan kantor (KI 4-K3) .