You are on page 1of 11

Pomfoliks adalah jenis eksim yang mempengaruhi tangan dan kaki, menyebabkan lepuh kecil

dan iritasi. (Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan kulit - melihat brosur
terpisah yang disebut 'atopik Eksim' untuk lebih jelasnya.) Pomfoliks juga dikenal sebagai
eksim dyshidrotic atau eksim vesikular dari tangan dan kaki. Nama lainnya adalah
cheiropompholyx jika itu mempengaruhi tangan, atau podopompholyx jika hal itu
mempengaruhi kaki.

Pada awalnya, ada lecet kecil di kulit tangan atau kaki. Mereka berada di telapak tangan atau
jari-jari tangan (sering di sisi jari) dan pada telapak atau jari-jari kaki. Lepuh mungkin merasa
gatal atau terbakar. Kadang-kadang lepuh kecil dapat bergabung dan membentuk yang lebih
besar. Sebagai lepuh mulai untuk menyembuhkan, kulit melewati tahap kering di mana ada
retak atau kulit mengelupas.
Jika ada pomfoliks parah dekat kuku atau kuku kaki, maka kuku mungkin memiliki
pegunungan, atau mungkin ada pembengkakan di dasar kuku (disebut paronychia).
Kadang-kadang lecet atau retak kulit dapat terinfeksi. Jika demikian, mungkin ada nanah
(cairan kuning) di lecet atau retak. Atau, mungkin ada peningkatan kemerahan, nyeri,
bengkak atau pengerasan kulit dari kulit yang terkena. Dokter segera jika Anda memiliki
gejala-gejala ini atau jika Anda mencurigai adanya infeksi.

Perjalanan waktu pomfoliks bervariasi untuk setiap individu. Pada beberapa orang itu akan
hilang dalam waktu sekitar 3-4 minggu dan tidak kembali. Pada orang lain, bisa lebih gigih
(dokter menyebutnya bentuk kronis). Beberapa orang memiliki serangan berulang, masingmasing berlangsung beberapa minggu dan kondisi mungkin tampak lilin dan berkurang.

.

.

.

.

Dyshidrotic Eksim (pomfoliks Eksim). bersisik dan tambal sulam. perubahan gaya hidup dan . Eksim dyshidrotic bukan kondisi yang sangat serius dan tanda-tanda dan gejala penyakit ini biasanya dikontrol dengan bantuan pengobatan rumah sederhana. Dalam kebanyakan kasus. permukaan kulit menjadi kering. Eksim dyshidrotic adalah bentuk yang relatif jarang eksim jika dibandingkan dengan eksim atopik atau bentuk lain dari gangguan kulit. Setelah lepuh berisi cairan kering. Lepuh yang muncul di permukaan kulit dalam kasus eksim dyshidrotic biasanya berlangsung untuk jangka waktu dua sampai tiga minggu dan melibatkan rasa gatal sepanjang durasi kondisi. Kondisi ini juga biasanya disertai dengan peradangan dan kekeringan permukaan kulit. lepuh muncul kembali dan itu adalah sering terjadi bahwa lepuh mulai muncul kembali di permukaan kulit bahkan sebelum lepuh sebelumnya telah sembuh. juga dikenal sebagai Dyshidrosis atau vesikular eksim. adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya berisi cairan lepuh pada telapak kaki seperti juga telapak tangan atau sisi jari [1 ].

disfungsi dalam fungsi kekebalan tubuh juga mungkin terbukti menyebabkan kelainan pada permukaan kulit. Kondisi ini lebih mungkin terjadi pada individu dalam kasus berikut: • eksim dyshidrotic ditemukan untuk menjadi jauh lebih umum pada wanita dibandingkan dengan laki-laki • Tanda-tanda dan gejala eksim dyshidrotic tampaknya terwujud lebih sering jika seseorang telah mengambil banyak stres • eksposur Lanjutan dari permukaan kulit untuk logam tertentu seperti kobalt. Dengan demikian. obat-obatan dapat membuktikan menjadi efektif. Mengambil banyak stres diketahui merugikan fungsi imunologi tubuh dan mungkin terkait dengan perkembangan eksim dyshidrotic. Mirip dengan eksim atopik. umumnya diduga oleh para ahli bahwa penyebab eksim dyshidrotic terbukti sama dengan orang-orang yang diyakini menyebabkan eksim atopik. Namun. Seperti pada umumnya dengan jenis umum lainnya dari eksim. biasanya seperti yang diamati dalam skenario industri dapat menyebabkan seseorang mengembangkan eksim dyshidrotic • Orang dengan alergi tertentu atau mereka yang mengembangkan ruam di kulit dengan mudah pada paparan iritasi lebih rentan terhadap kondisi mengembangkan eksim dyshidrotic • Orang-orang yang menjaga tangan dan kaki mereka lembab lebih sering daripada tidak berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan eksim dyshidrotic • Individu yang telah dikembangkan atau mengalami episode eksim atopik flare up juga berdiri risiko mengembangkan eksim dyshidrotic Tanda dan gejala dyshidrotic Eksim .dalam kasus-kasus kondisi parah. sensitivitas permukaan kulit mungkin berhubungan dengan faktor genetik sebagai paparan juga terus iklim yang keras. iritasi atau faktor lingkungan memicu lainnya. nikel dan kromium. penyebab pasti dari kondisi kulit yang belum ditentukan. membuat individu lebih rentan untuk mengembangkan kondisi eksim dyshidrotic. Kadang-kadang. Kondisi ini juga terkait dengan alergi lainnya termasuk alergi musiman seperti demam dan asma. Suar up dari lepuh yang terkait dengan eksim dyshidrotic juga musiman biasanya dan mereka sangat sering disertai dengan alergi hidung. Orang lebih rentan untuk mengembangkan eksim dyshidrotic Individu tertentu lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi eksim dyshidrotic daripada yang lain. eksim dyshidrotic dapat dianggap disebabkan oleh reaksi alergi dari permukaan kulit saat terkena faktor pemicu tertentu. Penyebab dyshidrotic Eksim Eksim dyshidrotic adalah gangguan cukup langka dibandingkan dengan bentuk lain dari eksim.

Pencegahan dyshidrotic Eksim Eksim dyshidrotic adalah kondisi yang langka dan tidak banyak yang diketahui tentang apa sebenarnya terbukti menjadi penyebab penyakit. Dalam kasus yang parah eksim dyshidrotic. Mungkin juga ada pengelupasan. sisi jari. cara terbaik untuk menghindari terjadinya eksim dyshidrotic adalah dengan mengikuti metode pencegahan yang tepat yang cocok untuk mencegah . Eksim dyshidrotic dapat didiagnosis dengan pemeriksaan kulit oleh seorang dokter yang berpengalaman bersama dengan riwayat medis dari penampilan gejala.Sementara eksim dyshidrotic mungkin kondisi langka. diyakini bahwa gangguan tersebut memiliki beberapa korelasi dengan eksim atopik dan alergi musiman seperti asma dan demam. Setelah lecet hilang. Namun. Biasanya. Lepuh ini mungkin memakan waktu sekitar dua sampai tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. retak dan kekeringan kulit. seperti juga halnya lokasi pada bagian tubuh [2]. Eksim dyshidrotic ditandai dengan adanya lepuh berisi cairan atau kantung yang muncul di telapak tangan. Dalam kasus yang sangat langka atau khusus. Permukaan kulit sangat lembut pada saat ini waktu dan biasanya tampaknya memerah juga. lepuh ini membentuk dalam kelompok dengan penampilan yang mirip dengan tapioka. tanda-tanda dan gejala penyakit membuktikan untuk menjadi serupa seluruh individu. Melepuh terkait dengan eksim dyshidrotic biasanya dalam ukuran kecil dan sebagai besar sebagai lebar kepala pensil saja. Diagnosis dyshidrotic Eksim Biasanya. Kulit pengujian alergi juga dapat dilakukan dan tes patch umumnya digunakan untuk mendiagnosa eksim dyshidrotic. eksim dyshidrotic tidak perlu jenis diagnosis khusus dan pemeriksaan klinis yang melibatkan pemeriksaan visual serta sejarah rekam medis pasien adalah semua yang diperlukan untuk mendiagnosis gangguan ini. Lepuh ini terbukti jauh lebih menonjol di tepi tungkai. Lepuh ini bisa disertai dengan kemerahan dan peradangan di daerah yang terkena dan eksim dyshidrotic hampir selalu juga berhubungan dengan demam. jari kaki dan juga telapak kaki. dokter dapat memilih untuk melakukan biopsi pada patch kecil dari kulit untuk menghilangkan penyakit kulit lain yang mungkin seperti yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. patch tebal muncul di daerah yang terkena yang selanjutnya menyebabkan pengelupasan dan nyeri di sekitar daerah. Dengan demikian. Lepuh ini bisa menjadi baik menyakitkan serta gatal. rute lepuh kecil terbukti bergabung bersama untuk membentuk lepuh yang lebih besar. Tanda-tanda dan gejala eksim dyshidrotic kambuh pada frekuensi tinggi di atas bulan dan kadang-kadang bahkan bertahun-tahun.

flare parah lecet dapat membatasi penggunaan tangan dan kaki individu untuk sebagian besar. Menggaruk dari lepuh juga dapat menyebabkan banyak infeksi kulit. yang terbaik adalah untuk mencegah penyakit untuk menghindari rasa sakit dan komplikasi yang terkait dengan kondisi tersebut.serangan alergi. Hal ini juga penting untuk diingat bahwa tidak ada obat lengkap tersedia untuk eksim dyshidrotic dan dengan demikian. tidak ada obat lengkap untuk eksim dyshidrotic dan pengobatan kondisi ini terbatas untuk mengelola tanda dan gejala penyakit. Hal ini penting untuk mencegah eksim dyshidrotic untuk menghindari komplikasi yang menyakitkan dan menjengkelkan. Namun. oatmeal atau makanan kaleng yang terbukti tinggi kandungan nikel • Menghindari kontak yang terlalu lama kromium. Hanya dalam kondisi parah bahwa pengobatan mungkin diperlukan. Sementara eksim dyshidrotic dapat tampaknya hanya kondisi menjengkelkan yang tidak terlalu serius. Beberapa yang umum digunakan langkah-langkah gaya hidup dan pengobatan rumah yang dapat membantu dalam mengurangi tanda-tanda dan gejala eksim dyshidrotic meliputi: • Membatasi durasi mandi dan lebih memilih penggunaan air hangat selama air panas • Menjaga permukaan kulit lembab dan dilumasi setiap saat • Menggunakan dressing dingin dan kompresi untuk memberikan bantuan dari gatal-gatal • membasahi kalium permanganat dapat digunakan untuk mengeringkan lepuhan dan untuk . kobalt dan nikel • Menghindari mengambil terlalu banyak stres • Menjaga kulit lembab dan dilumasi dengan menerapkan pelembab dua kali sehari pada kulit • Menghindari mengekspos kulit ke kondisi yang sangat panas atau sangat dingin • Menghindari mengekspos kulit untuk perubahan mendadak dalam kelembaban • Menghindari kegiatan yang melibatkan terlalu banyak kegiatan • Mencari tahu lebih banyak dan menemukan kemungkinan alergen dan menghindari kontak dengan mereka di masa depan Pengobatan eksim dyshidrotic Mirip dengan bentuk lain dari eksim. manajemen kondisi terbukti cukup sederhana dan melibatkan berikut beberapa tips gaya hidup dasar dan pengobatan rumah. Berikut ini adalah beberapa metode yang disarankan yang dapat membantu orang menghindari eksim dyshidrotic [3]: • Menghindari kontak dengan iritasi seperti sabun yang keras dan deterjen atau zat lain yang dapat menjelaskan reaksi alergi • Menghindari makanan seperti cokelat.

Hal ini diamati cukup sering bahwa serangan baru dari lecet dan flare mungkin muncul bahkan sebelum babak pertama lecet belum benarbenar kering off. Telah dilaporkan cukup sering daripada banyak pasien mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai kontak eksim. Dengan demikian. itu hanya harus melakukannya di bawah resep berlisensi profesional medis sebagai beberapa dari mereka mungkin terbukti menyebabkan efek samping. Beberapa obat yang umum diresepkan untuk mengobati kondisi ini meliputi berikut ini: • antihistamin Resep seperti Benadryl atau Claritin untuk meringankan gejala • Penggunaan obat antibakteri termasuk sulfonamid seperti dapson • Penerapan kortikosteroid atau steroid salep pada lecet • Penerapan krim berat seperti Eucerin atau Lubriderm Dalam kasus wabah parah lecet. eksim atopik yang paling umum.membunuh bakteri apapun • Menggunakan petroleum jelly pada permukaan kulit • Menggunakan minyak mineral o permukaan kulit Dalam hal obat yang akan digunakan untuk pengobatan eksim dyshidrotic. Ini juga telah memperhatikan bahwa individu yang mengembangkan kondisi eksim dyshidrotic dapat terus mengembangkan alergi lainnya seperti asma atau hay fever dan bahkan mungkin terus mengembangkan bentuk-bentuk lain dari eksim. yang merupakan hasil dari reaksi alergi dari tubuh untuk kortikosteroid yang telah diberikan untuk membantu tubuh menyingkirkan eksim di tempat pertama. Kekambuhan dan komplikasi masa depan Eksim dyshidrotic dikenal kondisi berulang. adalah penting untuk selalu mencoba dan menentukan semua alergen mungkin dan faktor pemicu untuk gangguan pada individu sebelum pindah ke penggunaan obat apa pun. Tanda-tanda dan gejala dan munculnya lepuh sebagai terkait dengan eksim dyshidrotic mungkin terbukti kambuh selama bulan tidak tahun. Dengan demikian. tindakan pengobatan berikut dapat digunakan: • Administrasi tablet steroid lisan termasuk kortikosteroid • Administrasi obat penekan kekebalan seperti Elidel atau Protopic • Menggunakan terapi cahaya ultra violet • Menggunakan denorex atau persiapan tar batubara lainnya Harus diingat bahwa pasien yang menderita eksim dyshidrotic juga mungkin rentan untuk tertular sejumlah reaksi alergi lain dan reaksi-reaksi ini bahkan mungkin disebabkan oleh obat-obatan dan obat yang sedang digunakan untuk mengobati lepuh atau ruam di tempat pertama [4]. setiap alergen kulit dan iritasi harus ditentukan untuk .

terutama bakteri staphylococcus aurues. bahkan setelah kondisi mereda.org/plosmedicine/article?id=10.org/action/displayAbstract? fromPage=online&aid=1926724&fileId=S1462399408000756 [2] Sepuluh Pertanyaan tentang Eksim herpetikum. lepuh biasanya cenderung meninggalkan bekas luka atau tanda di sekitar wilayah di mana ruam terlihat. itu terbukti menjadi kondisi frustasi dan menjengkelkan dan juga terkait dengan sejumlah komplikasi.0010012 . Caroline Bussmann. Di lain waktu.cambridge. Wen-Ming Peng. William Lynn.0010012. menggaruk berlebihan juga dapat menyebabkan menyebabkan pecah di permukaan dan kulit dapat dengan mudah terinfeksi oleh jamur dan bakteri tertentu.14 Juli 2008 -DOI: 10.plos. Penderita eksim diketahui rentan terhadap infeksi dari virus herpes simplex dan karena itu. 2004-DOI: 10. kebanyakan orang akhirnya menggaruk lepuh mereka apakah mereka suka atau tidak. Thomas Bieber. Nanah diisi lecet mungkin terbukti kering dan mereda dalam beberapa minggu.pmed. http://journals. 10/2008. Individu yang menderita eksim dyshidrotic juga lebih rentan terhadap infeksi virus menghadapi dari individu [5] lainnya. kontak dengan seseorang yang menderita infeksi virus harus dihindari di semua biaya. Namun. 0010012November 30. Sementara eksim dyshidrotic mungkin bukan kondisi yang mengancam kehidupan.1371/journal. Menggaruk dapat menyebabkan sejumlah komplikasi. http://journals. Selalu. Seringkali. Referensi [1] Ahli Ulasan di Molecular Medicine. kuku mungkin tidak cukup bersih dan menggaruk dapat menyebabkan infeksi dari kotoran di kuku. Lepuh terkait dengan eksim dyshidrotic dikenal untuk menjadi sangat gatal dan juga sangat menyakitkan.mencegah komplikasi dari penyakit ini di masa depan. Gavin Yamey. e21.1371 / journal.1017 / S1462399408000756.pmed.