You are on page 1of 7

KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

TANJUNG KALIAN
LIGHHOUSE

id .00 S / 105.TANJUNG KALIAN LIGHTHOUSE established 1862 Jl.go. Kabupaten Bangka Barat Propinsi Bangka Belitung DSI 1550 (ILL K.0998) 02.5 – Ecl 4.9 Boom Baru 30115 Palembang Tel. 0. 0711-716669 Fax 0711-714816 Email: disnavpalembang@dephub.08. Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok. W.05. Blinyu No. 5s (Fl. Tanjung Kalian N0.5) RANGE 25 NM Power Supply System DIESEL GENERATOR Light System 1000W REVOLVING LANTERN Classification HERITAGE LIGHTHOUSE DISTRIK NAVIGASI KELAS I PALEMBANG Jl.157.00 T 56 m height Circular White Concrete Tower Structure with Red Colored Top Section Light Characteristic Fl.

. di sebelah Utara berhadapan dengan Laut Cina Selatan. di sebelah Selatan berhadapan dengan Selat Bangka dan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Muntok. Kalian berada dalam wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Palembang yang terletak di ujung Barat Laut Pulau Bangka pada pintu masuk utara alur pelayaran Selat Bangka yang sekaligus penanda menjelang pintu masuk alur pelayaran Sungai Musi. Di sebelah Barat berhadapan dengan pintu masuk alur pelayaran Selat Bangka / Pulau Sumatera.LOKASI Menara Suar Tg. Menara Suar Tanjung Kalian dapat dicapai dengan menggunakan Ferry Cepat melalui Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian dari Pelabuhan Boom Baru Palembang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam atau dengan pesawat udara melalui Pangkal Pinang yang dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 3 jam.

Hingga saat kerangka kapal SS Vyner Brooke masih dapat terlihat dari Pantai Tanjung Kalian yang berjarak kurang 100 meter dari lokasi Menara Suar Tanjung Kalian.FITUR Menara Suar Tanjung Kalian dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1862. Menara Suar Tanjung Kalian memiliki areal lahan seluas 32. . Lokasi Menara Suar berada di lingkungan berpenduduk yang bersebelahan dengan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian. Menara Suar Tanjung Kalian merupakan salah satu obyek wisata yang banyak menarik minat pengunjung di Pulau Bangka ditambah dengan keberadaan monumen Perang Dunia II untuk mengenang tragedi SS Vyner Brooke yang merupakan kapal 1679GRT berbendera Serawak yang sedang membawa korps perawat Angkatan Darat Australia yang mengalami pemboman oleh Tentara Jepang pada tanggal 16 Februari 1942 dan mengakibatkan gugurnya 21 orang perawat wanita dari antara 22 orang perawat yang berada di atas kapal yang sedang berlayar menuju Australia. Konstruksi Menara memiliki tinggi 56 meter yang terdiri dari 18 lantai dengan tangga melingkar di sisi dalam yang memiliki 117 anak tangga. 1 unit Gudang dan Rumah Generator.681 m2 yang juga dilengkapi dengan fasilitas bangunan 4 unit Rumah Jaga dan 1 Guest House.

PELINDO II tentang Pengembangan VTS Palembang • Kebijakan pengelolaan alur Sungai Musi dan penyelenggaraan ASDP oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan BANGKA STRAIT .SEJARAH TO SOUTH CHINA SEA • Minat. rencana dan studi yang dilaksanakan oleh PT.

Bangka dan Sungai Musi. Pelabuhan Sadai dan sejumlah TUKS di sepanjang Alur Selat Bangka serta bagi kapalkapal yang melintas dari / menuju Laut Jawa. Pelabuhan Toboali. . Menara Suar Tanjung Kalian juga merupakan LANDMARK kebanggaan masyarakat dan pemerintah Propinsi Bangka Belitung. Pelabuhan Tanjung Api-Api dan sejumlah TUKS di sepanjang alur pelayaran Sungai Banyuasin. Hingga saat ini peran Menara Suar Tanjung Kalian masih sangat penting bagi keselamatan pelayaran kapal-kapal yang berlayar dari / menuju Pelabuhan Boom Baru Palembang dan sejumlah Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di sepanjang Alur Sungai Musi. Selat Sunda dan Laut China Selatan.PERAN Menara Suar Tanjung Kalian Merupakan salah satu Menara Suar Utama yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda untuk mempermudah kapal-kapal Hindia Belanda berlayar dari / menuju Batavia.

SAFETY & SECURITY for BETTER SERVICES .