You are on page 1of 9

1

BAB I
PENDAHULUAN

1.2

Latar Belakang

Barracuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal
berwujud menyeramkan dan berukuran besar, yaitu dengan panjang
enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh
sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan
subtropis

di

Sphyraena,

seluruh

dunia.

satu-satunya

Barracuda

genus

adalah

dalam

familia

anggota

genus

Sphyraenidae.

Keberadaan ikan barakuda ini sangat tergantung dari keadaan batu
koral yang sehat. Jika batu-batu koral tempat barakuda tinggal sudah
rusak maka keberadaannya pun terancam.

Ikan jenis barakuda yang tinggal di perairan Karibia ternyata sudah
punah. Menurut para ahli kelautan, ikan buas tersebut mengalami
kepunahan karena terlalu banyak diambil atau dipancing oleh para
nelayan. Kebiasaan memancing para nelayan ternyata tidak ramah
lingkungan. Mereka mengambil ikan-ikan di laut tanpa memperhatikan
kelestariannya, sehingga membuat keberadaan ikan barakuda tersebut
punah. Selain itu batu-batu koral tempat ikan barakuda tinggal juga
banyak yang rusak.

Bagi penyelam, Barracuda cukup berbahaya karena sering menyerang,
sebelum menyerang, Barracuda akan berdiri diam dari jarak yang jauh
dan tiba-tiba menyerang. Para penyelam disarankan untuk tidak
memakai

barang-barang

yang

berkilat

(misalnya:

anting)

untuk

menghindari ketertarikan Barracuda. Baracuda merupakan ikan air asin
yang sudah dikenal karena akselerasi berenangnya. Reputasi seram

mengetahui klasifikasinya.Habitat dan penyebaran ikan barakuda (Sphyraena barracuda) .ciri morfologi ikan barakuda (Sphyraena barracuda) .3 Tujuan Adapun tujuan ditulisnya makalah ini adalah sebagai media pembelajaran untuk mengetahui lebih dalam tentang ikan Barakuda.Klasifikasi ikan barakuda (Sphyraena barracuda) . feeding habit. morfologi. 1. Jenis baracuda yang paling ditakuti adalah jenis “Great Baracuda” atau “the tiger of the sea” karena ukurannya yg super besar untuk ikan yang mempunyai kecepatan berenang di atas 5-7 knot. dan alat tangkap ikan bayrracuda (Sphyraena barracuda).siklus hidup / reproduksi ikan barakuda (Sphyraena barracuda) . . siklus hidup/reproduksinya.alat tangkap yang digunakan untuk menangkap ikan barakuda (Sphyraena barracuda) 1.2 Rumusan masalah .feeding habit / kebiasaan makan ikan barakuda (Sphyraena barracuda) . habitat serta penyebarannya.2 disandang karena giginya yang tajam dan tidak segan-segan menyerang siapapun jika terancam.

Ikan ini menghuni teluk. Ikan Barakuda yang besar hampir selalu menyendiri.2 Habitat dan penyebaran Ikan barakuda terdapat dihampir semua lautan tropis kecuali Samudera Pasifik Timur. muara. Ikan barakuda dapat ditemukan pada iklim tropis 27° LU . bangkai kapal tenggelam.37° LS. Dengan kedalaman berkisar antara 20 . dimana ada kawanan ikan kecil berkumpul disitulah anakan ikan barakuda suka terlihat bergerombol. 29° BT – 152° E. dermaga. Banyak ditemukan pada lepas pantai dan perairan pantai sekitar karang.3 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Klasifikasi Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Actinopterygii Ordo: Perciformes Famili: Sphyraenidae Genus: Sphyraena 2. Gosong Pasir dan Padang Lamun. Terkadang anakan ikan barakuda suka terlihat mengumpul menjadi satu dengan kumpulan anakan ikan kecil yang lainnya. dan laguna batin keruh.

Rahang lebih pendek dari pada rahang bawah. Distribusi penyebaran ikan ini yaitu pada iklim tropis dan subtropis Indo-Pasifik Barat dari Afrika Selatan. Jauhkan tangan anda dari mulutnya. terutama yang didekat ekor. Insang ikan barakuda hampir berbentuk bulatan.4 – 200 m. Ikan barakuda besar memiliki rahang yang kuat dengan didukung sederetan gigi-gigi yang panjang meruncing dan tajam. karena ikan barakuda besar sangatlah agresif atau suka menyerang manusia apabila ikan barakuda besar merasa . untuk itu berhati-hatilah dalam menangkap atau memegang ikan barakuda besar.3 Morfologi Sirip punggung pertama memiliki 5 duri. Sirip pertama dari sirip dorsal dan anal kedua mencapai atau melampaui ujung sirip terakhir. Di Australia diketahui dari pantai sentral Australia Barat sekitar utara tropis dari negara dan selatan ke pantai selatan New South Wales. Ada sekitar 75-90 sisik sepanjang garis lateral. ketika sirip mengalami depresi. Seekor ikan Barakuda besar dewasa memiliki bercak hitam yang tidak beraturan pada sisi bawah perutnya. 2. sanggup memutuskan jari-jari manusia. Ini adalah satu-satunya spesies barakuda yang memiliki bercakbercak hitam. New Caledonia dan Vanuatu. yang kedua 10 duri.

ikan kembung.5 terancam keselamatannya. ikan selar. Sphyraena afra . 2. dan yang lainnya. Ikan barakuda besar juga termasuk dalam kategori ikan perenang cepat. seperti ikan tembang. Cumi-cumi adalah makanan favorit kesukaannya.4 Kebiasaan makan (feeding habitat) Seekor ikan Barakuda besar memakan apapun yang tersedia dihabitatnya. terutama pada permukaan air laut.5 Spesies Ada 26 spesies barakuda yang diketahui:  Barakuda sirip hiu. Pada malam hari ikan barakuda besar akan mencari titik cahaya penerangan untuk berburu mangsa untuk santapan malam harinya. Sehingga suka terlihat disekitar dermaga yang ada cahaya lampu penerangannya atau pada bagan tancap maupun bagan apung. 2. karena ikan barakuda besar adalah predator yang bekerja siang dan malam hari. Sphyraena acutipinnis  Barakuda guinea. cumi-cumi.

Sphyraena borealis  Barakuda bergaris kuning. Sphyraena obtusata  Sennet selatan. Sphyraena barracuda  Sennet utara. Sphyraena japonica  Barakuda Pickhandle.6  Barakuda pasifik. Sphyraena ensis  Barakuda ekor kuning. Sphyraena novaehollandiae  Barakuda Obtuse. Sphyraena qenie . Sphyraena helleri  Sphyraena iburiensis  Barakuda pelikan. Sphyraena lucasana  Barakuda Australia. Sphyraena jello  Barakuda Lucas. Sphyraena putnamae  Barakuda sirip hitam. Sphyraena argentea  Barakuda besar. Sphyraena pinguis  Barakuda gigi gergaji. Sphyraena picudilla  Barakuda merah. Sphyraena forsteri  Barakuda Guachanche. Sphyraena guachancho  Barakuda Heller. Sphyraena flavicauda  Barakuda mata besar. Sphyraena idiastes  Barakuda Jepang. Sphyraena chrysotaenia  Barakuda Meksiko.

Sphyraena viridensis  Sphyraena waitii 2.7  Barakuda Eropa. tetapi harus agak jauhan sedikit dari posisi anda. dijaring dan dengan perangkap ikan.6 Metode Penangkapan Metode penangkapan ikan barakuda besar bisa dengan cara dipancing. Para pemancing tidak harus mendaratkan ikan barakuda besarnya terlalu dekat dengan kaki anda. ikan selar kecil dan cumi-cumi ukuran sedang. Umpan mancing ikan barakuda besar bervariasi seperti memakai umpan tiruan jenis minnow. Sphyraena sphyraena  Sphyraena tome  Barakuda mulut kuning. . Sedangkan untuk umpan mancing hidup anda bisa memasang ikan kembung kecil. skirt cumi-cumi. penangkapan ikan barakuda besar dengan alat pancing bisa anda lakukan dengan cara mancing kasting maupun mancing trolling. spoon garpu atau yang lainnya.

8 BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan 1. Penyebaran ikan barakuda ada di hampir semua lautan tropis kecuali Samudra Pasifik Timur. 2. 3. Ikan barakuda memiliki ciri morfologi yang khas. . bentuknya yang besar dan menyeramkan karena bergigi panjang. meruncing dan panjang. Kondisinya sekarang sudah hampir punah karena penangkapan dan ekosistemnya yang rusak.

9 .