You are on page 1of 4

SATUAN ACARA PENYULUHAN

(SAP)
Hari/tanggal

: Senin, 27 Mei 2013

Jam/waktu

: 19.00 WIB

Pokok Bahasan

: Kebersihan Lingkungan

Sub Bahasan

: Pembuangan Sampah Yang Ben

Sasaran

: Seluruh Warga Desa Tegal Pasir

Penyuluhan

: Kelompok

Tempat
I.

II.

III.

IV.
V.
VI.
VII.

: Pengajian di Dusun Karang Malang

Tujuan Instruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan (health education), diharapkan keluarga
mampu menjelaskan kesehatan lingkungan terutama lingkungan rumah
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah dilakukan penyuluhan (health education), keluarga mampu
menyebutkan cara pembuangan sampah yang benar
Garis Besar Materi
1. Pembuangan Sampah Yang Benar
2. Penyakit-penyakit Yang Disebabkan Oleh Sampah
3. Menimbun Sampah Dalam Lubang Tanah
Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
Media dan Alat Peraga
1. Laptop
2. Leaflet
Karakteristik Peserta
Pendidikan
: SD
Suku
: Madura
Proses Kegiatan Penyuluhan

No

Kegiatan

Respon

Waktu

Menjelaskan dengan penuh pengertian sampah perhatian b. Menyampaikan salam b.1. Tes awal Inti 2 menit Mendengarkan a. 2. Penutup a. Setiap rumah tangga menghasilkan sampah yang berasal dari memasak. Membalas salam Mendengarkan Memberi respon Pendahuluan a. menyapu. Memberi salam penutup 1. Menjelaskan cara pembuangan sampah c. Menjelaskan tujuan c. Menganjurkan untuk memulai kebersihan lingkungan rumah 3. membersihkan . Tes akhir c. sisa makanan. Kontrak waktu d. Menyimpulkan hasil penyuluhan d. dibuang oleh pemiliknya atau pemakai pemula. Tanya jawab b.  Menanyakan  yang belum jelas Aktif bersama  menyimpulkan Membalas salam 5 menit Materi Pembuangan Sampah Yang Benar Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi. Menjelaskan penyakit 13 menit yang disebabkan oleh sampah d.

Sampah dari tumbuh-tumbuhan ditimbun terpisah dengan sampah lain (bila mungkin campurlah sampah itu dengan tanah agar menjadi 2. rumah terdekat. Bicarakan bersama masyarakat. Mengajukan pertanyaan lisan . Saran lain : 1. Yakinkan sampah itu benar-benar dibuang atau dikumpulkan dalam sebuah lubangJika penuh ditutup dengan tanah setinggi 2-3 cm. Evaluasi a. Bila tidak ada lubang sampah 1. Bila berceceran begitu saja maka mendatangkan bahaya. sumur. 4. Terdapat pagar di sekelilingnya. sumur. 3. Timbunlah sampah dalam lubang yang berjarak cukup aman dari pemukiman penduduk. 5. 2. Menimbun sampah dalam lubang tanah 1. danau. atau mata air atau dibuang ke parit kemudian mengalir ke dalam sungai maka perlu dibicarakan bersama tokoh masyarakat dan pemuka masyarakat. lalat. Kurang lebih 10 meter dari sumur. 2. Terletak di luar daerah pemukiman dan kurang lebih 20 meter dari 2. sungai. Bila anak-anak yang mempunyai luka-luka pada bagian tubuhnya dan sedang bermain.dan hasil kerja lainnya.main sampah maka dapat saja makin parah terinfeksi. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sampah Sampah berceceran merangsang tikus. Bila mencemari sungai. kompos). Letaknya di dataran rendah bukan di bukit. padahal binatang-binatang itu membawa bibit penyakit yang ditularkan kepada manusia. kecoak dan binatang lainnya untuk mendatangi. atau mata air maka bila meminum air tersebut bisa terjadi diare. atau mata air. Bila orang-orang membuang sampah di dekat sungai. 3. Bakarlah tiap minggu sekali.

1) Tes Awal  Bagaimana cara membuang sampah yang benar?  Penyakit apa yang disebabkan oleh sampah? 2) Tes Akhir Mengajukan pertanyaan yang sama dengan tes awal. 3) Masyarakat mengajukan pertanyaan/tidak. Observasi 1) Respon/tingkah laku masyarakat saat diberikan pertanyaan. b. . apakah diam/menjawab (benar/salah) 2) Masyarakat antusias/tidak.