You are on page 1of 20

Pendahuluan
Pada langkah demi langkah pendekatan, Anda telah menggambarkan
tujuan dan strategi untuk unit analisis Anda. Dalam bab ini, kita fokus pada
lingkungan yang mengelilingi sebuah organisasi. Lingkungan adalah segala
sesuatu di luar batas unit analisis organisasi. Ketika Anda berpikir tentang
lingkungan bagi perusahaan, berpikir tentang apa yang bisa berpengaruh pada cara
organisasi lakukan. Bisa jadi: pelanggan, pesaing, pemasok, pasar keuangan, atau
sistem politik. Jika unit Anda analisis adalah departemen, maka departemen lain
dalam organisasi desain organisasi ditentukan sebagian besar oleh lingkungan
organisasi. Singkatnya, lingkungan untuk bagian yang paling diberikan untuk
sebuah perusahaan, dan perusahaan kemudian harus menyesuaikan desain agar
sesuai dengan lingkungan. Kinerja perusahaan tergantung pada bagaimana sebuah
perusahaan membuat organisasi sesuai dengan lingkungan. Panggilan Scoot ini
pandangan rasional pengorganisasian. Hal ini juga sesuai dengan sistem terbuka
tampilan desain organisasi:
Teori sistem terbuka dapat didefinisikan sebagai teori organisasi yang
memandang organisasi tidak sesederhana "ditutup" struktur birokrasi terpisah dari
lingkungan

mereka,

tetapi

entitas

yang

sangat

kompleks,

menghadapi

ketidakpastian yang cukup besar dalam operasi mereka dan terus-menerus
berinteraksi dengan lingkungannya. Sistem ini juga mengasumsikan bahwa
komponen organisasi akan mencari "equilibrum" antara pasukan menekan pada
mereka dan tanggapan mereka sendiri untuk pasukan mereka.

bukan daftar rinci dari semua faktor unsur sendiri. Kemudian. langkah-langkah persepsi yang dibuat oleh manajemen perusahaan. mereka adalah sifat umum lingkungan organisasi. Borjuis dan Eisenhardt mendefinisikan lingkungan kecepatan tinggi sebagai salah satu di mana perubahan yang cepat dan terputus-putus sehingga informasi yang sering tidak tersedia. mereka belum tentu objektif. Kedua. yang merupakan tingkat ancaman eksternal berbahaya. Ini tidak berarti mereka tidak akurat. Pertama. Lawrence dimulai dengan empat deskriptor: ketidakstabilan. yang merupakan kebodohan dan kebingungan tentang adanya beberapa faktor. dan kompleksitas lingkungan.Ada sejumlah cara untuk menggambarkan lingkungan organisasi. Burton dan Obel menggunakan deskripsi empat dimensi: kompleksitas. Teori . ketidakjelasan. tetapi manajemen menciptakan pemahaman sendiri dari desain organisasi. dan saling ketergantungan variabel. imperatif lingkungan berarti bahwa lingkungan merupakan penentu utama tentang bagaimana sebuah organisasi harus dirancang. Ashby menggambarkan berbagai lingkungan sebagai jumlah elemen yang berbeda. sedangkan Lawrence dan Lorsch menggunakan ketidakpastian. Dia kemudian mengurangi empat faktor ini menjadi dua: ketidakpastian dan kompleksitas. yang merupakan sejumlah faktor dalam varians antara faktor-faktor. jumlah variabel. Duncan menggunakan perubahan lingkungan atau dinamis. Keempat faktor tersebut adalah modifikasi dari deskripsi sebelumnya. Siggelkow dan Rivkin juga menjelaskan lingkungan dalam hal turbulensi dan kompleksitas. Baru-baru ini. Awal. yaitu. dan permusuhan. Di antara semua penjelasan ini. ada beberapa aspek umum. ketidaktahuan data.

semua mengikuti tema umum yang harus ada kesesuaian antara lingkungan dan organisasi. itu tidak memiliki pesaing yang relevan. jika suatu perusahaan dalam pasar yang kompetitif yang sangat kuat. strukturnya. dimensi yang paling signifikan dalam lingkungannya mungkin pesaingnya. Di sisi lain. berpendapat bahwa peningkatan ketidakpastian lingkungan menyebabkan peningkatan diferensiasi organisasi. Mereka mendefinisikan diferensiasi berarti bahwa suatu organisasi memiliki departemen yang berbeda di kedua tugas dan orientasi. rencana configurational. maka siklus tuntutan konsumen merupakan dimensi penting dari lingkungannya. kemudian. dan komite pengambilan keputusan. misalnya. Jadi beberapa dimensi . Perangkat integrasi biasanya mencakup aturan dan prosedur. Mereka menemukan bahwa peningkatan ketidakpastian dalam lingkungan diperlukan peningkatan diferensiasi dalam struktur organisasi agar organisasi menjadi efisien. Lawrence dan Lorsch mempelajari tiga industri yang terdefinisi dengan baik bahwa mereka dikategorikan ketidakpastian mulai dari rendah ke tinggi. Maka integrasi diperlukan untuk membuat departemen yang berbeda pekerjaan dalam koordinasi. Jika suatu perusahaan menjual barang dalam industri musiman. Jika suatu perusahaan adalah monopoli. Cara Anda harus mendefinisikan lingkungan adalah dalam hal apa yang Anda ketahui mempengaruhi organisasi Anda. Lawrence ad Lorsch. Lingkungan menciptakan kedua batas dan peluang untuk strategi perusahaan dan.kontingensi dan prinsip bahwa struktur mengikuti strategi yang dibahas dalam bab 2 . otoritas hirarki.

tapi itu tidak jelas bagaimana mereka akan masuk. Pada hari-hari awal pemerintahan Bush tidak jelas apakah pemerintah akan terus mendukung industri windmills atau tidak. Selanjutnya. Berikut deregulasi yang terkena lingkungan. Beberapa organisasi memiliki banyak faktor penting dan agak saling berhubungan di lingkungan mereka. perubahan subsidi pemerintah dapat langsung menentukan kelangsungan hidup industri. . dan ada ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi. deregulasi industri penerbangan memiliki efek yang pesaing baru bisa masuk pasar. Sebagai contoh. sedangkan yang lain memiliki lingkungan yang lebih sederhana dengan sedikit dan tidak ada keterkaitan faktor. Sebagai contoh. pemerintah Obama telah menempatkan peningkatan penekanan pada beberapa sumber energi. atau strategi apa maskapai dewasa bisa menginisialisasi untuk mencegah atau menunda jenis tertentu pesaing memasuki pasar. tetapi dengan cara yang lebih langsung. Pilihan pemerintah dalam hal ini memiliki dampak langsung dan signifikan terhadap perusahaan yang memproduksi windmills. Demikian pula. ketika mereka akan masuk.menggambarkan lingkungan satu perusahaan sedangkan dimensi lain menggambarkan lingkungan perusahaan lain. penjualan kincir angin di AS secara langsung tergantung pada subsidi pemerintah AS. Baru-baru ini. Perubahan nilai tukar dapat secara langsung mempengaruhi biaya dan pendapatan kegiatan tertentu atau produk. Faktorfaktor lain memiliki efek yang lebih langsung. termasuk angin. beberapa faktor memiliki efek langsung pada kinerja perusahaan dan beberapa memiliki efek tidak langsung.

Untuk perusahaan secara keseluruhan. Jika suatu perusahaan mengalami reorganisasi internal. atau apakah ini kekuatan yang berada di luar di pasar eksternal. Sekali lagi. dan mungkin tim lain yang mempengaruhi beban kerja tim dan keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya. ada kemungkinan akan lingkungan yang berbeda karena perbedaan adat istiadat. jika salah satu unit bisnis beroperasi di negara A. unit lain organisasi di mana tim beroperasi. Untuk unit departemen atau bisnis. di kedua negara. lingkungan akan berubah (ketika bergerak ke pasar baru). Ketika Anda berpikir tentang tekanan yang menggambarkan lingkungan perusahaan. lingkungan biasanya adalah pasar yang kompetitif. Jika suatu perusahaan beralih industri. Anda dapat memprediksi bagaimana mereka akan mempengaruhi perusahaan? Apakah Anda tahu apa yang pesaing akan lakukan? Anda dapat memprediksi apa peraturan baru sistem politik akan memulai di masa depan? Kadang-kadang Anda bisa dan kadang-kadang Anda . dan sebagainya. Hal ini penting untuk menilai suatu organisasi dalam hal lingkungan terdekatnya dan melakukannya sebagai bagian dari proses yang sedang berlangsung desain organisasi. apakah pasukan ini terletak dalam organisasi yang lebih besar di mana organisasi fokus beroperasi. lingkungan untuk departemen tertentu. atau tim dapat berubah. lingkungan departemen. Untuk tim.Lingkungan demikian mengacu pada kekuatan sekitar sebuah organisasi yang mempengaruhi kinerjanya. Demikian juga. itu termasuk manajemen atas dan unit lain dari perusahaan yang mempengaruhi bisnis departemen. peraturan. unit bisnis. sementara yang lain beroperasi di negara B. lingkungan organisasi harus dinilai dari segi kekuatan yang mempengaruhi organisasi.

Beberapa ketidakpastian dapat dinyatakan dalam istilah probabilistik. tetapi dalam situasi lain Anda mungkin sangat tergantung pada pemasok Anda dan Anda mungkin tidak tahu reaksi mereka. tetapi mungkin jauh lebih sulit untuk memperkirakan tingkat ketidakpastian yang berhubungan dengan faktor-faktor tersebut. sedangkan bagian lain dari ketidakpastian mungkin jauh lebih sulit untuk memperkirakan probabilistik. Ini mungkin agak mudah untuk negara faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi tindakan dan kinerja dari suatu perusahaan. Ketika krisis keuangan melanda industri perbankan pada tahun 2008. Jika Parlemen Eropa telah menyepakati kerangka kerja baru. tidak jelas implikasi dari krisis tersebut. Ini bisa menjadi sebuah teknologi baru atau jenis baru regulasi. tetapi informasi tersebut tidak ada. Sebagai contoh. informasi yang baik bisa sangat berharga. mungkin ada aspek-aspek baru dari lingkungan organisasi yang Anda pilih telah pernah mengalami. Apakah krisis bersifat jangka pendek atau panjang? Apakah krisis keuangan diikuti oleh krisis ekonomi? Apakah ada intervensi pemerintah. Jika Perusahaan Anda secara vertikal terpadu Anda mungkin dapat mengendalikan rantai nilai untuk beberapa derajat. Jelas.tidak bisa. Tapi Anda mungkin tidak tahu kapan pemerintah daerah akan melewati undang-undang baru. dan apa yang akan terjadi? Dengan demikian lingkungan memiliki beberapa tingkat ketidakpastian. Karakteristik lingkungan organisasi dalam hal kompleksitas dan ketidakpastian yang penting dan relevan karena peningkatan baik kompleksitas lingkungan dan ketidakpastian lingkungan meningkatkan permintaan untuk . Anda dapat memperkirakan sampai batas tertentu bagaimana peraturan daerah akan berubah.

pengolahan informasi dalam organisasi. Kita sering berbicara tentang kekuatan lingkungan seolah-olah mereka secara objektif ditentukan padahal sebenarnya mereka mungkin tidak begitu. menghadapi lingkungan yang sama. Salah satu alasan kapasitas kognitif individu dalam perusahaan mungkin jauh lebih memahami lingkungan dibandingan dengan yang lain. Dengan mengikuti pameran perdagangan atau mengikuti kegiatan penelitian dasar. anda mungkin dapat . Anda sering menemukan bahwa perusahaan dalam bidang industri sama. sementara perusahaan lain menunjukan kinerja yang sangat baik. Beberapa perusahaan industri memiliki kinerja yang buruk. Atau perbedaan bisa terjadi karena manajemen. 1980). Salah satu alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena mereka memahami dan mengkategorikan lingkungan yang sama dengan sangat berbeda. anda mungkin dapat mempresiksi lingkungan yang tepat pada suatu perusaaan dengan berkomunikasi dengan pelanggan atau pemasok atau politisi atau perusahaan khusus yang melakukan riset. lebih banyak unsur yang harus dipantau dan dampak perubahan harus diperkirakan. Untuk bertahan hidup. rencana tambahan mungkin harus dibentuk dan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi mungkin diperlukan. organisasi terus memantau lingkungan mereka. Jika ada tingkat ketidakpastian yang tinggi. Harus dideskripsi lingkungan organisasi bersifata objektif atau subjektif? Ini merupakan masalah yang sering ditujukan selama bertahun-tahun dan masih merupakan masalah yang sulit (Bourgeois. perilaku yang berbeda. Jika ada tingkat kompleksitas tinggi. Atau bisa juga mereka lebih bisa membaca lingkungan jauh lebih baik dari perusahaan lain.

memprediksi perkembangan teknologi. Jika suatu perusahaan hanya memiliki satu atau dua pesaing utama yang dihadapi. maka . karena ada masalah yang lebih penting bagi organisasi. anda mungkin dapat memprediski tren industri saat ini. varian yang lebih besar berati lebih sedikit preditabilitas. dan mereka sesuai dengan informasi pengolahan desain organisasi. Satu hal yang pasti : anda mungkin lebih mengetahui serta memahami lingkungan perusahaan anda dan mengatisipasi dampak yang terjadi pada perusahaan anda. tetapi dengan cara yang berbeda. Sebuah organisasi harus dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cepat. Kompleksitas mengacu pada jumlah kekuatan yang memperngaruhi organisasi. Peningkatan setiap dimensi lingkungan terjadi untuk kapastitas informasi dalam setiap perusahaan. Dengan melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah yang mungkin dapat mengantisipasi atau mempengaruhi kejadian-kejadian politik yang ada. Dengan mencari informasi industri. Dua karakteristik lingkungan adalah atribut yang umum. kita menggunakan dua dimensi: kompleksitas dan ketidakpastian. Kompleksitas lingkungan yang lebih besar dapat meningkatkan jumlah informasi. Kompleksitas diukur sebagai jumlah faktor dalam lingkungan organisasi dan ketergantungan mereka. Ketidakpastian adalah kurangnya pemahaman atau ketidaktahuan lingkungan dalam hal faktor dan varian mereka. Dua dimensi kompleksitas dan ketidakpastian dipilih karena mereka bisa berhubungan dengan literatur empiris organisasi. kompleksitas lingkungan meningkat sebagai jumlah faktor dan atau independensi antara faktorfaktor. Untuk menggambarkan lingkungan organisasi.

maka kurang akuratnya perkiraan dan manajemen untuk peramalan masa depan. Gambar 3. Menerapkan kompleksitas dan ketidakpastian dimensi untuk menggambarkan lingkungan. lingkungan badai lokal dan akhirnya. Secara umum. Jika suatu perusahaan dalam lingkungan yang tenang. Semakin tinggi ketidakpastian lingkungan. sedangkan jika suatu harus menyesuaikan diri dengan berbaga kondisi pesaing. tenaga kerja. Masing-masing dari empat kategori lingkungan adalah kombinasi yang berbeda dari kompleksitas dan ketidakpastian. produk baru. Anda tahu apa yang penting dalam lingkungan dengan banyak kepastian. Ketidakpastian adalah tingkat ketidakpastian tentang kekuatan yang mempengaruhi perusahaan. Sebuah organisasi memiliki lebih masalah yang harus dipertimbangkan dan berkoordinasi dengan kompleksitas dan ketidakpastian kenaikan lingkungan. Jika suatu perusahaan dalam lingkungan yang bervariasi. kita mendapatkan empat jenis lingkungan: lingkungan yang tenang. Tidak ada kejutan dan beberapa penyesuaian yang membutuhkan. ada peningkatan permintaan pemrosesan informasi pada organisasi seperti yang kita bergerak dari lingkungan yang tenang untuk lingkungan yang penuh gejolak. maka kompleksitas dan prediksi lingkungan. badai dan bergolak. Kita akan membahas masing-masing lingkungan tersebut. Perusahaan ini memiliki beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dan mereka diprediksi. bervariasi. maka kompleksitas tinggi. lingkungan yang penuh gejolak. maka kompleksitas .1 menunjukkan kompleksitas dan ketidakpastian dimensi dengan empat kategori lingkungan: tenang. harga. lingkungan bervariasi.kompleksitas rendah.

Secara umum. maka kompleksitas lingkungan renda. mari kita pertimbangkan lingkungan ini secara lebih rinci. Kejutan yang tidak berhubungan membutuhkan banyak penyesuaian yang dapat ditangani dengan satu per satu. Jika suatu perusahaan berada dalam lingkungan badai lokal. tetapi mereka tidak dapat diprediksi. tetapi ini juga dikenal dan dapat diprediksi. Ada banyak faktor yang saling tak terduga. Ini adalah lingkungan yang paling menuntut untuk pengolahan informasi. Jika suatu perusahaan dalam lingkungan yang penuh gejolak.lingkungan tinggi dalam memprediksi. kita bergerak dari lingkungan yang kurang menuntut ke sangat menuntut. tapi tak terduga. maka kompleksitas lingkungan tinggi dalam kompleksitas dan tidak dapat diprediksi. Sekarang. membutuhkan banyak penyesuaian jangka pendek dan jangka panjang dan respon yang terkoordinasi pada bagian dari organisasi. Ada beberapa faktor dan biasanya independen. Ada banyak faktor saling tergantung.1. dimulai di sudut kiri . Pada Gambar 3.

baik untuk meramalkan apa yang akan terjadi atau untuk menyesuaikan diri dengan hal baru yang mungkin dapat terjadi. perjanjian NAFTA dan perjanjian serupa telah dilakukan jauh dengan banyak calm environment. penciptaan pasar tunggal Eropa. Beberapa organisasi masyarakat berpikir bahwa mereka berada di calm environment. Calm environment terjadi karena lebih banyak industri yang diregulasi. Jadi. Jika suatu perusahaan hanya memiliki beberapa produk dan menjualnya ke pasar di mana pasar sudah dapat diprediksi. Perusahaan utilitas dimana mereka yang belum diregulasi dan banyak menemukan diri mereka dalam calm environment.bawah. bergerak ke kiri atas. Selanjutnya. Tapi pemotongan anggaran tak terduga barubaru ini menciptakan tantangan pada calm environment. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu menilai lingkungan organisasi Anda. menangani konsep yang lebih internal. Jika Anda adalah seorang eksekutif calm environment. Isu-isu politik dan keuangan bukan merupakan tantangan besar bagi manajemen. peusahaan selalu berharap bahwa dia sedang berada dalam situasi monopoli yang dilindungi oleh sistem politik. Calm Environment Lingkungan yang tenang memiliki kompleksitas rendah dan ketidakpastian yang rendah (sangat dapat diprediksi). dan akhirnya ke sudut kanan atas. Anda dapat fokus pada masalah desain organisasi lainnya. kemudian ke kanan bawah. Pada lingkungan hari ini dan besok akan ada beberapa kejutan. . regulasi sistem keuangan.

lingkungan dapat berubah. terutama bagi perusahaan yang melihat mereka berada pada calm environment Jika Anda merasa bahwa organisasi Anda berada dalam calm environment dalam jangka pendek. Pertama. lingkungan untuk Bon Gout langsung berubah tenang untuk bergolak. Varied Environment .Hal ini penting untuk mengenali risiko persepsi seorang eksekutif dari lingkungan yang tenang. salah satu pemasoknya. anggapan dari calm environment dengan seorang eksekutif berpotensi menimbulkan risiko. jangka waktu yang diperlukan untuk perubahan cenderung panjang mungkin terlalu panjang untuk kelangsungan hidup perusahaan. memiliki diktum terkenal yang hanya paranoid bertahan hidup. persepsi eksekutif bisa salah. Bon gout tidak lagi di calm environment dan tindakan baru diperlukan. dan dengan asumsi calm environment. organisasi Bon Gout shock. importir barang khusus di Denmark. Anda akan terkejut dengan persepsi ini dan pola pikir. Ini sebagai peringatan yang bermanfaat. Tiba-tiba runtuhnya pasar antar bank mapan membalik semua itu. Bon Gout. krisis keuangan tidak jauh dengan lingkungan yang tenang untuk setiap bank lokal yang lebih kecil. Kedua. ada kemungkinan bahwa perubahan akan diabaikan atau tidak terjawab. Andy Grove. CEO intel. Jadi. Demikian pula. Ketika Samsonite memutuskan tanpa konsultasi bahwa mereka akan menjual langsung ke pengecer. Efek samping yang banyak dan tak terduga. berada di calm environment selama bertahun-tahun. Bon Gout menjual barang-barang Samsonite untuk gerai ritel di seluruh Denmark. di mana ia memiliki hubungan kerja yang baik dengan Samsonite.

kita mengatakan itu memiliki lingkungan yang bervariasi. Hal ini dimungkinkan untuk proyek ke masa depan dengan akurasi yang memadai dan pemahaman. Di masa lalu. Tapi . Fokus eksekutif dalam varied environment pada perencanaan dan koordinasi yang akan memungkinkan organisasi untuk mengelola dalam menghadapi faktor-faktor yang saling ketergantungan dalami lingkungannya. analisis kecenderungan politik (misalnya. Dalam varied environment ada banyak faktor untuk sebuah organisasi untuk mempertimbangkan dan memprediksi apa yang akan terjadi. Prakiraan pasar. Jika suatu perusahaan memiliki banyak produk dan menjualnya ke pasar di mana pasar dapat diprediksi. Jika pasar. pembangunan jalan atau perlindungan lingkungan) sering diterapkan teknik untuk memprediksi masa depan lingkungan. politik dan faktor-faktor keuangan semua independen. isu-isu politik dan keuangan dapat menambah jumlah faktor lingkungan. tetapi faktor-faktor ini relatif dapat diprediksi dan mereka cenderung berubah dalam batas yang diketahui. produsen mainan LEGO berada di varied environment.Varied Environment yang kompleks karena ada banyak faktor untuk mempertimbangkan dan mereka bisa mandiri (pengaruh satu sama lain). Selanjutnya. karena mereka berfungsi hanya untuk banyak pemasok pemerintah dalam varied environment. Permintaan memiliki banyak variasi musiman tapi itu cukup diprediksi. Perusahaan ini beroperasi di banyak negara dengan berbagai variasi produknya dan ada banyak hal (keuangan. dan masalah logistik) untuk dipertimbangkan.

Jumlah curah hujan mungkin salah satu dari beberapa faktor yang menentukan tingkat pertumbuhan tanaman.lingkungan yang berubah sekitar tahun 2000 ke lingkungan badai lokal. yang menyatakan bahwa fleksibilitas internal sistem harus memenuhi ketidakpastian luar untuk sistem untuk bertahan hidup. tetapi dalam situasi yang tak terduga kebutuhan . di mana penjualan yang tidak dapat diduga. ada beberapa faktor dalam lingkungan yang relatif independen. eksekutif yang paling prihatin tentang ketidakpastian faktor lingkungan yang mempengaruhi perusahaan mereka. Local Strommy Environment Locally strom environment sangat tak terduga tapi tidak sangat kompleks. Bertahun-tahun yang lalu Ashby (1956) mengusulkan Hukum Requisite Variety. tetapi prediktabilitas hujan mungkin sangat rendah. Locally strom environment analog prediksi hujan dengan probabilitas 0. kapasitas pengolahan informasi dari perusahaan harus mampu menyesuaikan saat kejadian tak terduga terjadi. Dengan kata lain. Dalam Locally strom environment. Perusahaan start-up yang ere bergantung pada hak paten atau hasil dari hasil tertentu dari uji klinis dalam lingkungan badai lokal. Ketidakpastian berarti bahwa waktu respon di mana perusahaan harus bereaksi jauh lebih pendek dibandingkan jika lingkungan yang diprediksi. tetapi mereka tidak bisa ditebak.5 untuk petani. Hukum Ragam Requisite berarti bahwa perusahaan harus fleksibel sehingga dapat memenuhi ketidakpastian lingkungannya. Untuk keperluan desain organisasi. Artinya. Dalam lingkungan diprediksi perusahaan memiliki waktu untuk merencanakan masa depan.

Turbulent Environment Turbulent environment telah baik kompleksitas yang tinggi dan ketidakpastian yang tinggi. keduanya sulit untuk memprediksi. Bagi Anda sebagai seorang manajer. ini adalah lingkungan yang paling sulit yang akan beroperasi karena membutuhkan peramalan terbatas dan juga fleksibilitas penyesuaian cepat dan terkoordinasi peristiwa menjadi dikenal. penyesuaian dapat dilakukan satu per satu . Sebuah Turbulent environment menuntut perusahaan untuk memiliki kapasitas pemrosesan informasi yang besar dan cepat sehingga perusahaan dapat memilih dengan cepat di antara program alternatif dan . tidak memerlukan koordinasi untuk seluruh perusahaan. Dengan demikian. Dalam Locally strom environment keuntungan adalah bahwa hanya beberapa faktor yang harus dipantau dan mereka relatif independen. Seperti disebutkan sebelumnya. Ada banyak faktor yang saling yang tidak dapat diprediksi.masalah yang jauh lebih sederhana dibandingkan jika turbulen environment. GE memiliki lingkungan yang berbeda untuk beberapa kelompok produk yang relatif independen.informasi puncak jauh lebih tinggi karena anda harus melakukan banyak hal ketika faktor-faktor tak terduga di lingkungan tiba-tiba menjadi dikenal. Lingkungan yang dihadapi oleh petani yang memiliki tidak hanya hujan untuk dipertimbangkan tetapi juga harga pasar untuk biji-bijian dan harga dapat berkorelasi. Pasar ini dapat disesuaikan satu per satu tanpa memperhatikan satu sama lain karena pasar yang independen satu sama lain. Ketidakpastian tanpa kompleksitas dapat ditangani dapat ditangani dengan secara lokal. seperti yang akan kita lihat di bawah.

Ada banyak faktor yang independen. harga global bahan bakar jet. Selanjutnya. pesaing global. faktor-faktor ini dapat menjadi mandiri. Selanjutnya. Diagnostic Questions . munculnya pesaing niche price yang rendah. Setelah muncul dari regulasi lingkungan yang relatif tenang. Hari ini penerbangan global yang menghadapi Turbulent environment. keamanan global mempengaruhi harga bahan bakar jet.tindakan bagi organisasi. Dengan demikian. sekarang mereka memiliki banyak faktor untuk mempertimbangkan: harga tiket pesawat dari pesaing global lainnya. sulit untuk memprediksi perilaku mereka. penggunaan video conferencing mungkin berhubungan dengan harga perjalanan dan juga situasi keamanan global. Sebagai contoh. penyesuaian harus dilakukan bersama-sama dengan cepat. di samping itu. untuk beberapa nama. kompetisi untuk pengganti non perjalanan seperti video conferencing. keamanan global yang situasi.

sumber daya talenta sumber daya manusia. Faktor eksternal yang mempengaruhi operasi dan hasil organisasi: 1. pesaing. dengan melakukan kerja-sama dengan pihak lain tentu memudahkan Unilever dalam menyediakan pasokan bahan mentah. kondisi keuangan. dan kondisi politik. Ini harus menjadi kondisi yang terus-menerus perlu anda untuk memindai dan memonitor. atau tinggi Jawab: ( Unilever) a. Contoh kondisi eksternal adalah: a. Hal ini mengacu pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi operasi dan hasil organisasi Anda. Apa saling ketergantungan secara keseluruhan antara faktor-faktor tersebut? Artinya. vs berkorelasi dengan satu sama lain? Pilih rating keseluruhan: rendah. sistem keuangan. menilai tingkat kompleksitas lingkungan untuk unit Anda analisis. teknologi baru. sampai sejauh mana set faktor yang saling terkait. walaupun unilever masih berada posisi puncak dalam semua kategori bisnis. tetapi tetap ada celah untuk pesaing mengambil pangsa pasar unilever. persyaratan mutu. harga.Pertama. . di antara banyak faktor lainnya. Mengidentifikasi kondisi eksternal yang secara signifikan dapat mempengaruhi organisasi yang Anda pilih. Apa sejumlah faktor penting dalam lingkungan organisasi? Daftar setiap faktor di bawah ini dan kemudian menghitung untuk memperkirakan jumlah total faktor penting b. pemasok. hal ini membuat unilever untuk terus melakukan pembenahan dan inovasi. Kompleksitas adalah jumlah variabel dalam lingkungan dan kemandirian mereka. hubungan pemerintah. Ini mungkin termasuk industri. 2. Pemasok. sedang. Sektor industri atau pesaing.

Secara tidak langsung akan mempengaruhi harga dan minat beli di pasar Indonesia. 4. . distributor memegang satu peran penting dalam menyalurkan barang produksi Unilever hingga end customer. Hubungan pemerintah dan kondisi politik. Hal ini terjadi sesuai dengan suasana kondusif dari ekonomi Indonesia 6. Namun dari tahun ke tahun peningkatan remunerasi di Indonesia selalu meningkat diatas inflasi. Selain dari pihak distributor. sumber daya manusia di unilever dituntut untuk selalu berinovasi dan bekerja secara efisien dan efektif.Namun dalam hal ini. distribusi produk Unilever sangat bergantung akan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang masih jelek. supply chain dan harga jual. beberapa target bisnis unilever masih terkendala oleh lemahnya kemampuan dan kualitas infrastruktur di indonesia dan unilever terus mengupayakan berbagai alternatif moda transportasi untuk menyiasati kondisi aktual indonesia. dalam faktor ini tingkat inflasi sangat berpengaruh terhadap harga bahan baku. 5. Hal ini akan berakibat fatal apabila terjadi gangguan dalam pihak distributor itu sendiri. harga keluaran produk unilever masih dianggap kompetitif dengan kompetitornya. ini akan mengakibatkan biaya yang akan diterima oleh Unilever. Harga. Distributor. 7. Sumber daya manusia. 3. akan membuat ketergantungan Unilever akan pihak ketiga menjadi tinggi sehingga produksi Unilever bergantung atas ketersediaan dari pihak ketiga. Pembangunan Indonesia.

Point of complexity score is : 4 2.3 So. to what extent is this set of factors interrelated. Critical Factors in the environment 1. Sektor industri dan pesaing 2. Unpredictability . Unpredictability 3 2 1 1 3 3 3 . Sumber daya manusia 5. or high. What is the overall interdependency among these factors? That is. score its unpredictability on the scale from 1 to 5 as follow very low-very high. Hubungan Pemerintah dan kondisi politik 7. Pembangunan Indonesia Unpredictability Score : 2. or correlated with one another? Select an overall rating of : low. for each factor that you have included in the firm’s environment in part 1a above. Distributor 4. Harga 6.b. medium. Unilever in Varied Environment. karena pada masing-masing faktor yang sudah dijelaskan diatas memiliki ketergantungan satu sama lainnya. Pemasok 3. High.