You are on page 1of 13

TOKOH PENDIRI BANGSA INDONESIA

SOEKARNO

Ahmad Soebardjo

SAYUTI MELIK

MOHAMMAD HATTA

Sutan Syahrir

00 WIB di gedung Pegangsaan Timur 56. Soekarno Soekarno lahir tanggal 6 Juni 1901. 8 Juni 1945. Bung Karno dibuang ke Ende (Flores) selama 4 tahun. pukul 10. Ratna Djuwani. di Lawang Seketeng. diikuti dengan pengibaran bendera Merah Putih yang dijahit oleh ibu Fatmawati. 10 Juni 1912. Bung Karno diangkat menjadi Presiden RI. Selama pembuangan ini bUng Karno banyak menulis artikel yang dkemudian diterbitkan dengan judul ” Surat-Surat Islam dari Ende “. . Soekarno lahir dari pasangan Ida Ayu Nyoman Rai Sarimben dengan Raden Soekemi Sosrodiharjo. 25 Mei 1926.TOKOH PENDIRI BANGSA INDONESIA 1. 9 Maret 1943. dengan nama asli Koesno. Semasa kecil Soekarno diasuh oleh Mbok Sarinah. Surabaya. Ir. Perjuangan Soekarno 4 Juli 1927. Kamis Pon. Jawa Timur. Bung Karno ditangkap oleh polisi kolonial Belanda dan dijebloskan ke penjara Sukamiskin selama 4 bulan. dan Ibu Asmi (mertua). didampingi ibu Inggit. Ki Hadjar Dewantara. dan KH Mas Mansyur memimpin Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA). Tahun 1915. 1 Agustus 1933. 17 Agustus 1945. 17 Februari 1934. Soekarno lulus dari EEUROPEESCHE LAGERE SCHOOL (ELS) di Mojokerto. mendirikan Perserikatan Nasional Indonesia (PNI). Bung Karno dipilih sebagai ketua PPKI. hari Jumat. Jakarta. lulus dari HOGERE BURGER SCHOOL (HBS) di Surabaya. Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh para pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok untuk didesak segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. 18 Agustus 1945. Bung Karno menikah dengan Fatmawati. Soekarno menyelesaikan studinya di TERHNISCHE HOGE SCHOOL (THS) Bandung dengan gelar CIVILE INGENIUER ( Insinyur Sipil). dan iiringi lagu ” Indonesia Raya “. Bung karno dan Bung Hatta mewakili rakyat Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Windu Sanjaya. 15 Agustus 1945. Bung Karno beserta Bung Hatta. Juni 1945.

beliau berhasil meyakinkan kongres untuk mempergunakan kata “Indonesia” dan bukan “Hindia Belanda”. Padang. selain aktif dalam pergerakan daerah. Di tahun 1926. ia mewakili Indonesia untuk Kongres Demokrasi Internasional di Perancis. Di waktu kecil.00 WIB. Indonesia dibawah pemerintahan Jepang juga diperlakukan semena-mena. Belanda. Kelas 5 sampai 7 Bung Hatta tempuh di MULO (Meer Iutgebreid Lager Inderwijs) sampai tahun 1917. Ayahnya bernama Mohammad Jamil dan ibunya bernama Siti Saleha yang berasal dari kalangan pedagang. Pemerintah Hindia Belanda-pun pecah. Bung Karno menghembuskan nafas terakhir di RS Gatot Subroto. hari MInggu Pahing. Bung Hatta sangat mementingka kemerdekaan Indonesia. Setelah sekian lama menderita sakit gagal ginjal dan dikarantina di Wisma Yuso. Jong Sumatranen Bond. Beliau pernah menempuh ilmu di Handles Hogeschool dan Economische Hogeschool di Rotredam. Di tahun 1926 Bung Hatta terpilih menjadi ketua Indoneschie Vereniging (organisasi politik) sampai tahun 1930. Di Belgia. Dalam perjuangannya. Yang bernama. 2. Saat itu. Tetapi. Bung Hatta membacakan suatu pidato tentang cita-cita kemerdekaan Indonesia di lapangan Ikada (Monas) pada 8 Desember 1942. beliau menjelaskan keadaan rakyat Indonesia akibat Belanda. dan Jepang akan berkuasa. adalah pahlawan Indonesia. pukul 19. Setelah Perang Pasifik pecah beliau dikembalikan ke Jawa. beliau meiliki begitu banyak teman. Jepang mengangkat Bung Hatta dan 3 Tokoh Nasional lainnya untuk memimpin Potera (Pusat Tenaga Rakyat) yang didirikan oleh Jepang. Bung Hatta bersekolah dasar di Bukittinggi yang awalnya ditempuh secara privat. Bung Karno meninggal pada usia 69 tahun. dengan memperkenalkan perjuangan Indonesia di Eropa. Bung Hatta pernah mengalami pembuangan ke Digul dan Banda Neira. Mohammad Hatta Mohammad Hatta. Bung Hatta sangat aktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Di sana. Dilahirkan di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902. Setelah itu beliau bersekolah di ELS (Europeesche Lagere School). ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.21 Juni 1970. Beliau juga merupakan anggota BPUPKI dan . Saat lahir beliua diberi nama Mohammad Ahtar dan biasa dipanggil Atta.

Siti Rahmiati adalah isteri Bung Hatta. Sayuti Melik Sayuti Melik lahir di Kadisobo. Kemudian tahun 1939-1941 dipenjarakan di Sukamiskin Bandung dan terlibat "Pers delict". Ketika itu banyak orang.wakil ketua PPKI yang keduanya dibentuk oleh Jepang untuk persiapan kemerdekaan Indonesia. H. sehingga lambat laun koperasi tumbuh. 3. 2 Maret 1989. Setelah diusir dari wilayah Inggris ditangkap kembali oleh Belanda dan dibawa ke Jakarta. 14 Maret 1980 karena sakit. Pada usia belasan tahun itu. Rejodani. Beliau merupakan perdana menteri pada awalnya. Beliau meninggal pada hari Jum’at. Ayahnya bernama Abdul Muin alias Partoprawito. dimasukkan sel di Gang Tengah (1937-1938). Dari Kiai Misbach ia belajar Marxisme. hingga kelas IV dan diteruskan sampai mendapat ijazah di Yogyakarta. delegasi Indonesia diketuai oleh Bung Hatta dan diadakan di Den Haag pada tahun 1949. Bung Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Nasional.A. sedang ibunya bernama Sumilah. Sleman Yogyakarta. Ia menjadi anggota susulan PPKI dan turut hadir dalam peristiwa perumusan naskah Proklamasi. Selanjutnya kehidupan Sayuti Melik lebih banyak dinikmati di penjara. Solo. yangdinikahi pada tanggal 18 November 1945 dan memperoleh tiga orang anak. Perkenalannya yang pertama dengan Bung Karno terjadi di Bandung pada 1926. tetapi sejak tahun 1950 beliau merupakan wakil presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia.H. Teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno diketik oleh Sayuti Melik dengan beberapa perubahan kata. ia sudah tertarik membaca majalah Islam Bergerak pimpinan K. 25 November 1908 dan meninggal di Jakarta. ulama yang berhaluan kiri. . Zurink. Tahun 1920-1924 Sayuti Melik melanjutkan pendidikan Sekolah Guru di Solo. Tahun 1936 ditangkap Inggris. Misbach di Kauman. Pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 Bung Hatta bersama Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di Pegangsaan Timur 56. dipenjara di Singapura selama setahun. Pendidikan dimulai dari Sekolah Ongko Loro (Setingkat SD) di desa Srowolan. memandang Marxisme sebagai ideologi perjuangan untuk menentang penjajahan. Konfrensi Meja Bundar. Pada tahun 1926 ditangkap Belanda karena dituduh membantu PKI dan selanjutnya dibuang ke Boven Digul (1927-1933). Ketika Jepang masuk ke Indonesia tahun 1942 ia dipenjarakan lagi karena dituduh menyebarkan pamflet gelap PKI akhirnya menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia ia dibebaskan. Pada tanggal 15 Agustus 1972 Bung Hatta menerima Bintang Republik Indonesia Kelas I di Istana Merdeka. Beliau juga sangat aktif memberi perhatian pada koperasi. Di sana ia belajar nasionalisme dari guru sejarahnya yang berkebangsaan Belanda. termasuk tokoh Islam.

Jawa Barat. Ahmad Soebardjo Mr. dan seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Di Jakarta. Bung Hatta. Shodanco Singgih. ia pun menjadi wakil Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta dan para ahli gerakan-gerakan Indonesia pada persidangan antarbangsa "Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah" yang pertama di Brussels dan kemudiannya di Jerman. dan Achmad Soebardjo di rumah Laksamana Muda Maeda. dan golongan tua.4. dan Wikana. Konsep naskah proklamasi disusun oleh Bung Karno. Pada bulan Februari 1927. Pada persidangan pertama itu juga ada Jawaharlal Nehru dan pemimpin-pemimpin nasionalis yang terkenal dari Asia dan Afrika. Pada tanggal 16 Agustus 1945 Para pemuda pejuang. Hatta kembali ke Jakarta. 5. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo (lahir di Karawang. golongan muda. 23 Maret 1896 – meninggal 15 Desember 1978 pada umur 82 tahun) adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. membawa Soekarno dan Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Mereka menjemput Soekarno dan Moh. termasuk Chaerul Saleh. Peristiwa ini dinamakan Peristiwa Rengasdengklok. Achmad Soebardjo memiliki gelar Meester in de Rechten. mereka kembali meyakinkan Soekarno bahwa Jepang telah menyerah dan para pejuang telah siap untuk melawan Jepang. dinihari 17 Agustus 1945. Di sini. Sukarni. yang diperoleh di Universitas Leiden Belanda pada tahun 1933. Sutan Syahrir . dan kemudian Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Setelah selesai dan beragumentasi dengan para pemuda. Tujuannya adalah agar Ir. apa pun risikonya. diplomat. Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Achmad Soebardjo berhasil meyakinkan para pemuda untuk tidak terburu-buru memproklamasikan kemerdekaan. yaitu Achmad Soebardjo melakukan perundingan. Maka diutuslah Yusuf Kunto untuk mengantar Achmad Soebardjo ke Rengasdengklok. dan pemuda lain. ia aktif menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Bung Karno pun segera memerintahkan Sayuti Melik untuk mengetik naskah proklamasi. Soebardjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda. Wikana. Sewaktu kembalinya ke Indonesia. Semasa masih menjadi mahasiswa. Achmad Soebardjo menyetujui untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Soekarno dan Drs. Ia adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama.

Pemerintah menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang sebagai peghormatan atas jasa dan pengorbananya.Ayahanda Sutan Syahrir adalah muhammad Rasad yang juga bergelar maharaja sutan. sekembalinya dari sekolah hukum di amsterdam. perjanjian tersebut banyak mengundang simpati dan dukungan internasional. dan sukabumi (1 Februari 1942).76/1966. Syahrir bersama-sama dengan tokoh PSI dan Masyumi ditangkap oleh pemerintahan orde lama dengan tujuan palsu akan melakukan kudeta dan percobaan pembunuhan terhadap Presiden RI. Setelah proklamasi kemerdekaan. . Satu tahun kemudian syahrir terpilih sebagai ketua umum partai pendidikan nasional indonesia baru (PNI Baru). Pada 14 November 1945. syahrir selaku mengikuti berbagai kegiatan seni maupun politik. banda neira (1936-1942). antara lain ke Boven Digul (1935). saat pemakaman. Sutan Syahrir diangkat sebagai Pahlawan Nasional. syahrir pernah diangkat sebagai ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Syahrir juga pernah tiga kali memmpin Kabinet Parlementer. di antaranya menjadi anggota teater batovis. Namun. Semasa Masih menjadi pelajar AMS Di Bandung. Pada tahun 1931. Meskipun isi perjanjian tersebut banyak yang menentang sehingga kabinet Syahrir jatuh. Sutan Syahrir meninggal saat berobat di swiss. Perjanjian Linggar jati adalah puncak kebehasilan Syahrir dalam Diplomasi. dia ditangkap dan diasingkan. Selain sebagai jaksa penuntut umum ternama. dia dihormati bagai raja. Berdasarkan SK Presiden RI No. sutan syahrir memulai karir politiknya. ayahnya adalah penasehat sutan Deli. Pada tanggal 16 januari 1962. Namun oada tahun 1934. oleh pemerintah hindia belanda. syahrir diangkat sebagai perdana menteri termuda didunia saat itu.

Janji kemerdekaan ini sering disebut dengan istilah Deklarasi Kaiso. Selain dari organisasi pertahanan yang sudah ada ditambah lagi dengan organisasi lainnya seperti: Barisan Pelajar (Suishintai). Pada tanggal 18 Juli 1944. . namun di sisi lain pemerintah Jepang semakin meningkatkan jumlah tenga pemuda untuk pertahanan. Di sisi lain kekuatan Angkatan Laut Sekutu yang berpusat di Biak dan Morotai berhasil menghujani bom pada pusat pertahanan militer Jepang di Maluku. Barisan Berani Mati (Jikakutai) beranggotakan 50. Sejak saat itu pemerintah Jepang memberi kesempatan pada bangsa Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih berdampingan dengan Hinomaru (bendera Jepang). begitu pula lagu kebangsaan Indonesia Raya boleh dinyanyikan setelah lagu Kimigayo. Koiso dianggap menciptakan perdamaian dengan Sekutu. Sementara posisi Angkatan Darat Amerika Serikat yang dipimpin oleh Jendral Douglas Mac Arthur melalui siasat loncat kataknya berhasil pantai Irian dan membangun markasnya di Holandia (Jayapura). kedudukan Jepang dalam perang Pasifik semakin terdesak.000 orang (pasukan berani mati pada saat penyerangan ke Pearl Harbour). Perdana Menteri Koiso mengumumkan bahwa Negara-negara yang ada di bawah kekuasaan Jepang diperkenankan merdeka “kelak di kemudian hari”. Kondisi tersebut menyebabkan jatuhnya pusat pertahanan Jepang dan merosotnya semangat juang tentara Jepang. Tidian dan Guan yang memberi kesempatan untuk Sekutu melakukan serangan langsung ke Kepulauan Jepang. Dari Holandia inilah Mac Arthur akan menyerang Filipina untuk memenuhi janjinya. Dalam rangka menarik simpati bangsa Indonesia agar lebih meningkatkan bantuannya baik moril maupun materiil. Pada saat itu. Angkatan Laut Amerika Serikat dipimpin Laksamana Nimitz berhasil menduduki posisi penting di Kepulauan Mariana seperti Saipan. Kepada bangsa Indonesia. Di satu sisi ada sedikit kebebasan. pemerintah militer Jepang masih tetap menggembar gemborkan (meyakinkan) bahwa Jepang akan menang dalam perang Pasifik. namun ia tak bisa menemukan solusi yang akan menenteramkan militer Jepang atau Amerika. maka dalam sidang istimewa ke-85 Parlemen Jepang (Teikoku Ginkai) pada tanggal 7 September 1944 (ada yang menyebutkan 19 September 1944).Sejarah Pembentukan BPUPKI Memasuki awal tahun 1944.000 orang yang diilhami oleh pasukan Kamikaze Jepang yang jumlahnya 50. Perdana Menteri Hideki Tojo terpaksa mengundurkan diri dan diganti oleh Perdana Menteri Koiso Kuniaki. Surabaya dan Semarang. Sulawesi. Kekuatan tentara Jepang yang semula ofensif (menyerang) berubah menjadi defensif (bertahan).

kesejahteraan rakyat d. Adapun keanggotaan yang terbentuk berjumlah 67 orang dengan ketua Dr. Rajiman Widyodiningrat selaku ketua dalam pidato pembukaannya menyampaikan masalah pokok menyangkut dasar negara Indonesia yang ingin dibentuk pada tanggal 29 Mei 1945. Muhammad Yamin. . Kepulauan Marshall. Dr. maka pada tanggal 1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang di Jawa yang dipimpin oleh Panglima tentara ke-16 Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Muhammad Yamin. Dr. Selama masa tugasnya BPUPKI hanya mengadakan sidang dua kali. Makasar. yaitu Kaisar Hirohito. Suroso dan seorang Jepang sebagai wakilnya Ichi Bangase ditambah 7 anggota Jepang yang tidak memiliki suara. Pada tanggal 28 Mei 1945 dilangsungkanlah upacara peresmian BPUPKI bertempat di Gedung Cuo Sangi In. Sidang pertama dilakukan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 di gedung Chou Sang In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila.R. karena biasanya peranan ketua sebagai moderator atau pihak yang menegahi dalam memberi keputusan tidak mutlak. peri ke Tuhanan c. Sekutu kemudian menyerang Ambon. politik dan tata pemerintahan sebagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia. Ir. Tujuan pembentukan badan tersebut adalah menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi. namun akhirnya BPUPKI berhasil dilantik 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar Jepang. Tarakan. Radjiman Widiodiningrat dan R. K. posisi Jepang semakin terjepit dalam Perang Asia Timur Raya dimana Sekutu berhasil menduduki wilayah-wilayah kekuasaan Jepang.Pada akhir 1944. Pada sidang pertama. Ada tiga orang yang memberikan pandangannya mengenai dasar negara Indonesia yaitu Mr. Supomo dan Ir. Soekarno yang pada waktu itu juga dicalonkan menjadi ketua.T. BPUPKI mulai melaksanakan tugasnya dengan melakukan persidangan untuk merumuskan undang-undang dasar bagi Indonesia kelak. seperti Papua Nugini. Manado. peri kebangsaan b. Hal utama yang dibahas adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka. Orang pertama yang memberikan pandangannya Dalam pidato singkatnya. Menghadapi situasi yang kritis itu. menolak pencalonannya karena ingin memperoleh kebebasan yang lebih besar dalam perdebatan. Prof. dihadiri oleh Panglima Tentara Jepang Wilayah Ketujuh Jenderal Itagaki dan Panglima Tentara Keenam Belas di Jawa Letnan Jenderal Nagano. KRT. dan Surabaya. Jalan Pejambon Jakarta. Walaupun dalam penyusunan keanggotaan berlangsung lama karena terjadi tawar menawar antara pihak Indonesia dan Jepang. Kepulauan Solomon. ia mengemukakan lima asas yaitu: a. bahkan Kepulauan Saipan yang letaknya sudah sangat dekat dengan Jepang berhasil diduduki oleh Amerika pada bulan Juli 1944. Balikpapan. Soekarno. peri kemanusiaan adalah Mr.

Maramis (anggota) 6. Panitia khusus ini yang dikenal dengan Panitia 9 atau panitia kecil yang terdiri dari: 1. Abikoesno Tjokrosoeyoso (anggota) 7. Prof. Soekarno mengusulkan lima dasar negara Indonesia merdeka yaitu: a. Mufakat atau demokrasi d. Ketuhanan yang berkebudayaan Bahkan menurut Ir. peri kerakyatan Pada tanggal 31 Mei 1945. persatuan b. H. Kelima asas dari Ir. Soekarno Trisila tersebut di atas masih dapat diperas menjadi Eka sila yaitu sila Gotong Royong. baik lisan maupun tertulis dari hasil sidang pertama. Ketuhanan yang Maha Esa. Soepomo dalam pidatonya mengusulkan pula lima asas yaitu: a. Sosiodemokrasi c. Drs. KH. kekeluargaan e.e. Abdoel Kahar Muzakar (anggota) 5. Ir. musyawarah Pada sidang hari ketiga tanggal 1 Juni 1945. Ir. mufakat dan demokrasi c. Agus Salim (anggota) . Kebangsaan Indonesia b.A. Wachid Hasyim (anggota) 4. Internasionalisme dan peri kemanusiaan c. Hatta (wakil ketua) 3. A. Kesejahteraan social e. keadilan social d. Soekarno itu disebut Pancasila yang menurut beliau dapat diperas menjadi Tri Sila atau Tiga Sila yaitu: a. namun sampai 1 Juni 1945 sidang BPUPKI belum berhasil mencapai kata sepakat tentang dasar negara. Meskipun sudah ada tiga usulan tentang dasar negara. Dr. Moh. Sosionasionalisme b. Maka diputuskan untuk membentuk panitia khusus yang diserahi tugas untuk membahas dan merumuskan kembali usulan dari anggota. Soekarno (ketua) 2.

Mr. A. Soekarno dan beranggotakan 19 orang. Selain panitia kecil di atas. Dr. Achmad Soebardjo d. Setelah piagam Jakarta berhasil disusun. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.A. Prof. Pada sidang tanggal 11 Juli 1945. direkomondasikan Rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang berisi 1. panitia Perancang UUD membentuk panitia kecil yang beranggotakan 7 orang. Panitia ini diketuai oleh Ir. 3. Mr.A. Coba Anda perhatikan rumusan piagam Jakarta point pertama.8. a. Maramis e. Dr. Mr. Singgih f. BPUPKI membentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. H. Agus Salim g.16 Juli 1945. Hasil dari pertemuan tersebut. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Mr. Wongsonegoro c.P. R. Mr. Persatuan Indonesia. Prof. konsep inilah yang pada akhirnya mengalami perubahan karena adanya kritik bahwa bangsa Indonesia majemuk dalam beragama. Di sisi lain konsep tersebut saat ini sedang gencar-gencarnya untuk diusahakan kembali yaitu upaya untuk menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya mengingat agama Islam merupakan mayoritas di Indonesia. Mr. Muhammad Yamin (anggota). Hoesein Djayadiningrat. 5. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 4. Dr. Pada tanggal 22 Juni 1945. Achmad Soebardjo (anggota) 9. Sukiman. Soepomo.A. Dr. Panitia Sembilan mengadakan pertemuan. P. Soepomo (ketua merangkap anggota) b. Soekarno mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini merupakan sidangnya yang ke-2 pada tanggal 10 . Pada tanggal 14 Juli 1945 dalam rapat pleno BPUPKI menerima laporan panitia perancang UUD . Tugas panitia kecil adalah menyempurnakan dan menyusun kembali rancangan UUD yang telah disepakati. Mr. 2. adapula panitia Penghalus bahasa yang anggotanya terdiri dari Prof. Tanggal 13 Juli 1945 panitia perancang UUD yang diketuai Ir.

2 orang dari Sulawesi. dengan anggota berjumlah 21 orang terdiri dari 12 orang dari Jawa. 1 orang dari Kalimantan. Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat piagam Jakarta. batang tubuh UUD. Kejadian ini merupakan momentum yang sangat penting karena disinilah masa depan bangsa dan negara dibentuk. pernyataan Indonesia merdeka b. Pada tanggal itu pula dibentuk PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai. pembukaan UUD c. BPUPKI atau Dokurtsu Junbi Cosakai dibubarkan oleh Jepang karena dianggap terlalu cepat mewujudkan kehendak Indonesia merdeka dan mereka menolak adanya keterlibatan pemimpin pendudukan Jepang dalam persiapan kemerdekaan Indonesia. . Dalam laporan tersebut tiga masalah pokok yaitu: a. Hasil kerja panitia perancang UUD yang dilaporkan akhirnya diterima oleh BPUPKI. Konsep pernyataan Indonesia merdeka disusun dengan mengambil tiga alenia pertama piagam Jakarta. 1 orang dari Nusa Tenggara. Pada tanggal 7 Agustus 1945. 1 orang dari Tionghoa. 1 orang dari Maluku. Soekarno. 3 orang dari Sumatra.yang dibacakan Ir.

Soekarno (Ketua)  Drs. Soekarno ini mempunyai tugas untuk mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Moh. 6. Wilayah Indonesia meliputi seluruh bekas wilayah Hindi Belanda. 7. Hatta (Wakil Ketua)  Prof. 4. Ia adalah panglima tentara umum selatan yang membawahi seluruh tentara Jepang di Asia Tenggara. Marsekal Muda Terauchi menyampaikan kepada ketiga pemimpin nasional Indonesia tersebut bahwa kemaharajaan telah memutuskan untuk memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Soekarno. Susunan awal anggota PPKI adalah sebagai berikut  Ir. Pada tanggal 9 Agustus 1945.Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau 独 立 準 備 委 員 会 (Dokuritsu Junbi Iinkai). 3 orang dari Sumatra. 1 orang dari Nusa Tenggara. Dr. Radjiman Wediodiningrat bertolak ke Dalat (Vietnam Selatan) untuk memenuhi panggilan Marsekal Muda Terauchi. 2. 3. Panitia Yang dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Ir. Soepomo (Anggota)  KRT Radjiman Wedyodiningrat (Anggota) kemerdekaan. 12 orang dari Jawa. maka Jepang .Sejarah Pembentukan PPKI PPKI Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia . 5. 1 orang dari Maluku. dan dr. Mr. Pada awalnya PPKI beranggotakan 21 orang : 1. 2 orang dari Sulawesi. Hatta. Ir. Drs. 1 orang dari Kalimantan. Sebelumnya sudah ada BPUPKI namun karena dianggap terlalu cepat ingin melaksanakan proklamasi membubarkannya. Moh. 1 orang dari golongan Tionghoa.

P. Teuku Mohammad Hasan (Anggota)  Dr. Hamidan (Anggota)  I Goesti Ketoet Poedja (Anggota)  Mr. Abdul Maghfar (Anggota)  Mr. Wiranatakoesoema (Anggota)  Kasman Singodimedjo (Anggota)  Iwa Koesoemasoemantri (Anggota). GSSJ Ratulangi (Anggota)  Andi Pangerang (Anggota)  A. Yap Tjwan Bing (Anggota) Selanjutnya tanpa sepengetahuan Jepang. R. Soeroso (Anggota)  Soetardjo Kartohadikoesoemo (Anggota)  Kiai Abdoel Wachid Hasjim (Anggota)  Ki Bagus Hadikusumo (Anggota)  Otto Iskandardinata (Anggota)  Abdoel Kadir (Anggota)  Pangeran Soerjohamidjojo (Anggota)  Pangeran Poerbojo (Anggota)  Dr.H. Mohammad Amir (Anggota)  Mr.A.A. keanggotaan bertambah 6 yaitu :  Achmad Soebardjo (Penasehat)  Sajoeti Melik (Anggota)  Ki Hadjar Dewantara (Anggota)  R. Johannes Latuharhary (Anggota)  Drs.[gs .