You are on page 1of 20

PROTOZOA

Rudi Alfian S. Pi





Hewan paling sederhana
1 sel
Berukuran mikroskopis 5-5.000 mikron
Terdiri dari protoplasma yg dibungkus membran sel
Pertukaran O2 secara difusi
Bergerak menggunakan kaki semu (pseudopodia),
cilia,flagela

Lobopodia seperti lidah atau jari . ex: Globigerina d. Axopodia Spt jarum. tdr dr ektoplasma. dan bersifat sementara terutama untuk berpindah tempat atau makan 4 tipe pseudopodia berdasarkan penjuluran protoplasma a. runcing. Filopodia Langsing. ex: Actinophrys .Pseudopodia berasal dr penjuluran sitoplasma. agak kaku dan semi permanen. Reticulopodia Panjang. ex : Vampyrella c. biasanya bercabang dan memijar dr pusat. ektoplasma saja . ex : Amoeba b. lembut spt benang (filamen). bercabang-cabang dan berpotongan spt jala.halus.

Membran berombak (undulating membrane) kumpulan cilia pendek-pendek yang tersusun dalam satu baris memanjang b.Cilia atau bulu getar merupakan alat gerak yg berbentuk bulu2 halus Perbedaan berdasarkan susunan cilia : a. Membranella spt membran kecil-kecil. Dapat bergerak ke berbagai arah. Cirrus (cirri) Rumpun cilia yang tumbuh berbentuk spt kerucut panjang atau duri. umumnya dua helai . dapat digunakan untuk merayap.berlari atau melompat Flagella (bulu cambuk) merupakan alat gerak berupa protoplasma panjang spt cambuk. tersusun dlm bentuk seri c. tdr atas beberapa cilia pendek saling melekat.

atau memakan organisme lain seperti bakteri. Amfitrof : Protozoa bersifat autotrof dan heterotrof .    Cara makan protozoa ada 3macam: Autotrof : dapat mensintesis makanan sendiri seperti tumbuh-tumbuhan dengan jalan fotosintesis.mendapatkan makanannya dengan cara menelan benda padat.jamur atau protozoa lain. contoh: flagelata Heterotrof : tidak dapat melakukan fotosintesis.

Protozoa yang berdinding tebal (pelikula) mengambil mangsanya dengan menggunakan mulut sel (Cytostome) dan biasanya dilengkapi cilia untuk mengalirkan air hingga bila ada makanan yang lewat dapat ditangkap dan dimasukkan kedalam sitoplasma.  Protozoa yang bersifat heterotrof dan dinding selnya terdiri dari suatu memberan tipis. .mengambil makanannya dengan cara membungkus makanan kemudian menelannya kedalam sitoplasma fagositosis.

Kelebihan air dalam sel akan dikeluarkan oleh organel yang disebut vakuola kontraktil dengan gerakan sistol dan diastolnya. Makanan didalam gastriola dicerna secara enzimatis. Sisa pencernaan dibuang melalui lubang sementara pada memberan sel. . hasil pencernaan disebarkan keseluruh bagian protoplasma dengan proses pynocytose.pada flagelata dan ciliata adakalanya terdapat lubang permanen yang disebut cytopyge atau cytoproct.    Gastriola(vakuola makanan) : rongga kecil tempat menyimpan makanan yang masuk kedalam sitoplasma bersama air.

.

dingin atau panas. pertunasan (budding) eksternal atau internal.Reproduksi     Reproduksi dilakukan dengan cara aseksual maupun seksual. Beberapa jenis dilindungi selubung sebagai rumah(cangkang.test) yang terbuat dari selulosa atau fosfoprotein. . aseksual: membelah diri menjadi dua atau banyak. Siste (cyst): dibentuk oleh protozoa air tawar yang resisten terhadap kekeringan.misalnya pada Arcella.

.

atau tidak ada.Subfilum Sarcomastigophora Organel untuk bergerak adalah flagela. nukleus satu macam. Kelas Mastigophora (=flagelata) Bergerak dengan satu atau beberapa buah flagela. contoh : opalina di dalam usus amfibi.euglena. . b.contoh pada ceratium. Semua bersifat parasit.pseudopodia.dan noctiluca.Klasifikasi Filum protozoa berdasarkan alat geraknya terbagi 3 subfilum : 1. Nukleus 2 buah atau lebih. a. Kelas Opalinata Organel seperti cilia berjumlah banyak sekali terdapat di seluruh permukaan tubuh.

Euglena Ceratium Opalina .

dan globigerina 2.Subfilum Ciliophora Mempunyai cilia atau organel cilia pada sebagian atau seluruh stadium hidupnya.C. .misalnya arcella. terdapat di seluruh atau sebagian permukaan tubuh. 3. Kelas Holotrichia Cilia sederhana. kelas sarcodina (=rhizopoda) Bergerak dengan pseudopodia.contoh paramaecium dan tetrahymena. mempunyai dua macam nuklei. a. cilia adoral biasanya tidak ada atau tidak jelas.amoeba.c ontoh antara lain plasmodium vivax (penyebab penyakit malaria) dan sphaeromyxa parasit ikan.Subfilum Sporozoa Tidak mempunyai alat gerak. semua anggotanya parasit.

arcella globigerina tetrahymena .

Kelas Peritricha Bentuk sel seperti lonceng atau jambangan.contoh stentor.misalnya Tokophrya. Kelas Suctoria Cilia hanya pada stadium muda. Kelas Spirotrichia Cilia dalam kelompok yang agak jarang.dewasa biasanya sessile.stylonichia.bertangkai dan dan mempubyai tentakel. C.b.cilia adoral jarum jam terhadap cytostome. Jajaran cilia hanya pada bagian adoral dan memutar berlawanan arah jarum jam terhadap cytostome.terdiri atas banyak membransel. . Umumnya sessile.dan tintinnopsis. d. contohnya vorticella dan trichodina.

trichodina Tokophrya Vorticella tintinnopsis stentor .

Keterkaitan dengan ekosistem    Parasit bagi hewan. tumbuhan dan manusia Makanan bagi anak ikan Penyebab red tide : dapat menyebabkan kematian massal pada ikan .

 Protozoa yang menguntungkan antara lain. Entamoeba coli yang hidup di usus sapi dapat membantu pencernaan sapi. Disamping itu fungsi lainnya adalah digunakan sebagai petunjuk adanya sumber minyak bumi. Jika hewan tersebut mati maka cangkangnya tetap utuh dalam waktu yang lama sehingga dapat berubah menjadi fosil.  Rhizopoda ada yang memiliki cangkang keras untuk melindungi selnya. Cangkang tersebut dari silikon (contoh Radiolaria) atau kalsium karbonat (misal Foraminifera). Fosil ini digunakan untuk menentukan umur lapisan bumi atau sebagai petunjuk sejarah bumi.  . Keduanya hidup di laut.

Penyebab timbulnya penyakit pada manusia 1.Plasmodium falcifarum. 3. disebut malaria ovale tertiana. 2. penyebab penyakit malaria tertiana dengan gejala demam (masa sporulasi) selang waktu 48 jam. penyebab penyakit malaria Quartana dengan gejala demam (masa sporulasi) selang waktu 72 jam. Plasmadium vivax. akan tetapi gejala demamnya lebih ringan daripada malaria tertiana yang disebabkan Plasmodium vivax. Plasmodium malariae. Plasmadium ovale. penyebab penyakit malaria tropika dengan gejala demam yang tidak teratur. . 4.

4. 3. 2. Sebutkan 3 macam alat gerak dari Protozoa! Jelaskan proses makan untuk protozoa yang heterotrof! Sebutkan 3 subfilum dari filum Protozoa Jelaskan 3 peran dari Filum Protozoa bagi ekosistem perairan dan bagi manusia .QUIZ 1.