You are on page 1of 53

Rahasia Toko Online Laris

5 Rahasia membangun toko online LARIS dengan


GRATIS

Fahmi Hakim,
@fahmirich
Founder Kelas BOS ( Kelas Bisnis Online )
Owner www.optikhebat.com
Melalui Kelas BOS ( Kelas Bisnis Online ), Fahmi telah mencetak
ratusan pebisnis online dengan omset puluhan - ratusan juta
rupiah perbulan

SELAMAT !
Anda termasuk orang yang NGEYEL! Ngeyel pengen sukses!
Buktinya, rela korbanin waktu untuk UPGRADE ILMU. Rela
luangkan waktu untuk belajar..
Banyak orang yang MALES nya minta ampun! Gak mau UPGRADE
ILMU. Dan bersyukurnya, anda bukan termasuk golongan itu.
Terbukti, saat ini anda sedang meluangkan waktu untuk belajar,
itu artinya anda lebih PANTAS untuk SUKSES. Iya atau iya?
Meski ini GRATIS, tapi anda perlu melakukan sedikit perjuangan.
Dengan melakukan beberapa tahap. YES! Itu yang saya HARGAI..
Mau bertindak

Semoga ini menjadi media silaturahmi dan awal persahabatan


kita. anggap saja mulai saat ini, saya adalah SAHABAT mu..
anda akan belajar Bagaimana membangun TOKO ONLINE modal
GRATIS, berakibat LARIS!
Tapiii, sebelum dimulai, ada sedikit syarat..

Anda harus penuhi SYARAT itu. Siap?


SYARAT WAJIB nya adalah, anda dituntut BERANI ACTION dan
BUANG ALASAN. Kalo kata Mas J ( Jaya Setiabudi ) Tanpa Tapi,

Tanpa Nanti. Jadi, ketika menerima materi, anda cerna, kemudian


PRAKTEKKAN dan buang alasan. Karena alasan hanya akan
menghambat kesuksesan anda.
Alasan seperti ini yang sering muncul :
Saya gak bisa karena gak ada waktu, Saya gak bisa karena gak ada
modal, Saya gak bisa karena gaptek, Saya gak bisa karena gak ada
modem, Daaan segudang alasan lainnya. Cape deeeh *-*

Kalo gak bisa beneran gimana? Jawab >> Ya belajar doong..


Aku gak punya modem dan koneksi internet! Gimana? Jawab
>> Kan ada warneeet
Buang Alasannya. Siap ya?

Buka toko online nya sekarang


Materi yang akan saya sampaikan ini sudah dibagikan ke seluruh
alumni Kelas Bos ( Kelas Bisnis Online ) yang saya dirikan. Setelah
mempraktekkan, mereka banyak terbantu. Beberapa diantaranya
sering kebanjiran ORDER hanya dengan membangun toko online
GRATIS.
Sekarang, anda akan belajar GRATIS! YA! G.R.A.T.I.S. Keterlaluan
kalo masih banyak alasan.
Saatnya sekarang anda >> membangun TOKO ONLINE.
Kapan? S E K A R A N G!
Memangnya kenapa mesti sekarang?
Saya balik tanya, memangnya mau nunggu apa kalo bukan
sekarang? Mau nunggu 3 kali puasa? 3 kali lebaran? Bang Toyib
dooong :p
Ok, ok.. Kelamaan INTRO nya. Hehe
Langsung aja kita mulai..

MEMBANGUN TOKO ONLINE


Anda mungkin bertanya, apa itu TOKO ONLINE?
Ya! seperti yang anda ketahui, TOKO ONLINE adalah toko yang
berada di dunia maya. Atau toko yang hadir secara digital. TOKO
ONLINE yang dimaksud bukanlah INSTAGRAM, TWITTER,
FACEBOOK, dan media social lainnya. Toko Online yang dimaksud
adalah >> WEBSITE.
Ada yang bertanya, Bukannya jualan dengan media social aja
bisa ya? Jawab saya, memang BISA. Tapi, website itu TETAP
PENTING. Karena website lah yang berperan sebagai TOKO. Media
social itu kalo diibaratkan, hanya sebagai Sales Promotion Girl
(SPG) yang bertugas menawarkan & mempromosikan barang
dagangan anda secara DIRECT ke konsumen.
Media Social itu ada jamannya. Dulu Friendster sangat booming.
Lama lama pindah ke FB. Lalu berpaling ke TWITTER. Berpindah
lagi ke INSTAGRAM. Sekarang berbondong bondong mulai ngePATH. Daaaan saat ini sudah mulai ramai soal LINE@. Iya kan?

Bayangkan jika bisnis anda mengandalkan MEDIA SOCIAL tanpa


WEBSITE, bagaimana jadinya? kerjaan anda hanya mengikuti
trend. Berpindah dari medsos satu ke medsos yang lainnya..
Tanpa sempat menggiring prospek anda untuk masuk ke website..
dan menjadikannya DATABASE.
So, sekarang bangun TOKO ONLINE (Website) anda. Kemudian,
Media Social jadikan sebagai SPG yang menyebarkan KONTEN
hingga VIRAL, melakukan promo produk secara DIRECT (
Langsung ), juga bertugas menggiring follower untuk
mengunjungi WEBSITE anda.
Kalo anda sudah punya WEBSITE, ketika era medsos nanti
berubah, anda aman. Tinggal giring lagi aja calon pembeli anda
ke website, melalui media social yang baru tersebut.
Jadi dalam hal ini Media Social berperan penting, dan WEBSITE
juga sangat penting. Keduanya perlu anda miliki.
Paham?
Sekarang mari kita bangun toko online nya..

Bagaimana membangun toko online yang GRATIS tapi hasil


FANTASTIS?
Anda bisa membuat gratis via BLOGGER atau WORDPRESS. Itu
semua BAGUS! Tapi, anda perlu menguasai ilmu SEO agar
websitenya ramai, dan perlu perjuangan yang ekstra agar website
anda ramai.
Kalo bikin website sendiri, selain ribet, itu seperti anda buka toko
di tanah yang masih KOSONG. Belum tentu pembeli langsung
ramai. Butuh perjuangan mendatangkan pembeli.
Cara TERMUDAH dan TERCEPAT agar TOKO ONLINE anda
langsung RAMAI sejak buka, saya sarankan buka toko online
langsung di keramaian. Seperti buka toko di PASAR / MALL.
Nah! Tepat sekali, di online juga ada MALL yang traffic
pengunjungnya GILA GILAAN setiap hari. Namanya mall online.
Anda buka toko disana? Pastilah CEPAT RAMAI. Tinggal membuat
penawaran yang MENGGODA, Laris deh.
Mall ini adalah www.yukbisnis.com traffic pengunjungnya besar,
dan milik INDONESIA ASLI. BAHAYANYA, bikin toko online di

www.yukbisnis.com GRATIS! Seperti membuat akun twitter, gratis.


BAHAYA KAN? Bisa GRATIS gitu?
Selain GRATISAN, anda juga gak perlu repot urus SEO. Karena di
yukbisnis tersedia fitur SEO yang mudah. Apa itu SEO? Search
Engine Optimization. Sederhananya, SEO itu teknik agar toko
online anda muncul di halaman pertama google.
Juga di yukbisnis tersedia fitur BLOG. Cocok! Selain upload
produk, anda bisa membuat artikel yang informatif.
Jangan remehkan yang GRATISAN. Yukbisnis memang GRATIS,
tapi meski gratis, anda bisa memilih TEMA toko online yang
keren. Tentu ini kalo bikin sendiri RIBET urusannya, dan mahal
biayanya. Minimal 300 500 Ribuan. Lah ini GRATIS!
Dan membuat toko online di yukbisnis sudah Mobile Friendly. Gak
paham apa maksudnya? Mobile Friendly itu bersahabat dengan
versi mobile. Intinya kalo dibuka via HP, toko online anda tetap
enak dilihat. Gak percaya? Coba klik www.optikhebat.com via HP.
Action dong.. biar tau :) Itu juga pakai yukbisnis. Layak banget
kan?

Dan menariknya, di yukbisnis.com setiap kali upload produk,


produk tersebut akan otomatis muncul di halaman awal yukbisnis.
Pengunjung yukbisnis banyak! Jadi anda ga perlu repot promosi.
Yukbisnis membantu promosi anda.

*Halaman awal www.yukbisnis.com

Agar lebih mantap, kerahkan dengan media social. Giring follower


medsos untuk klik toko online anda.
Sampai saat ini saya gunakan toko online dari yukbisnis. Ini
domain saya >> www.optikhebat.yukbisnis.com
Hanya saja, agar mudah menyebutkan ke konsumen, saya beli
domain (dot)com. Gak tau apa itu domain (dot)com?

Contohnya >> www.optikhebat.com << ini namanya domain


(dot)com.
Beli domain sekitar 100Ribu/tahun. Enaknya, kalo punya domain
jadi profesional dan mudah menyebutkannya. Cara
mengkawinkan domain yukbisnis dengan (dot)com cukup mudah.
Anda tinggal membeli domain ( Beli domainnya saja. Tak perlu
hosting ). Kemudian, anda gunakan fitur YUBIPRO yang
disediakan oleh yukbisnis. Anda tinggal klik menu YUBIPRO di
dashboard yukbisnis. Ada tutorialnya lengkap!
Mari kita praktek buka toko online di yukbisnis. Bingung? Mari
kita praktek.
Caranya bisa anda lihat di video tutorial berikut ini >>
LINK VIDEO TUTORIAL :

http://bit.ly/tutorialbukatokoonline

Ok, setelah anda punya toko online di yukbisnis, sekarang saatnya


buat tampilan toko online anda menarik untuk dilihat. Kenapa?
Dengan begini, orang betah berlama lama di toko anda. Jangan
sampai, baru klik toko anda, mereka sudah males. Langsung EXIT.
Mengharukan :(
Tugas anda selanjutnya, membuat pengunjung toko online dalam
hitungan 8 s/d 10 detik pertama TERTARIK untuk melihat lihat
toko anda. Caranya? Buat TAMPILAN toko online anda MENARIK.
Agar TAMPILAN toko online anda MENARIK, anda bisa melakukan
langkah - langkah berikut ini :
1. Gunakan TEMA yang bagus dengan warna yang cerah.
Sehingga enak dilihat oleh mata pengunjung
Cara mengaktifkan tema, anda masuk ke tab BISNISKU, lalu
KLIK bagian SHOP di kanan atas. Anda tinggal memilih
TEMA yang tersedia. Memang perlu BELI. Tapi jangan
khawatir. Sampai saat ini seluruh TEMA yang tersedia masih
DISKON 100% alias GRATIS. Silahkan klik tombol BELI.

Setelah itu, tema akan muncul di SETTING TEMA. Kemudian


silahkan AKTIFKAN tema.
Bingung? Berikut ini langkah langkah nya :

2. Masukan BANNER lebih dari 1. Bisa 2 atau 3 (agar banner


bergerak menjadi slide). Caranya, klik SETTING BANNER
sebelah kiri. Silahkan masukan banner melalui kolom

Tambah Banner ukuran banner 1500px X 400px. Tulis


nama bisnis anda di bagian Label, dan masukan LINK
twitter/facebook/instagram pada kolom Link ( Contoh
LINK : https://twitter.com/OptikHebat )

*Ini semua hanya akan anda temukan pada halaman


BISNISKU

3. Gunakan BANNER dengan gambar yang menarik dan warna


yang cerah. Anda bisa memasukan tulisan tulisan promo
atau foto produk. Agar mudah, membuat banner bisa
menggunakan www.canva.com

Anda bisa melihat VIDEO tutorial yang saya buat. Tentang


memilih tema, membuat banner melalui CANVA dan
mengupload banner.
Silahkan tonton, dengarkan, dan tentu sambil praktek. Supaya
langsung paham.
LINK VIDEO TUTORIAL :

http://bit.ly/tutorialbanner

Toko Online anda MASUK


GOOGLE!
Yes! Sekarang saatnya optimalkan toko online anda, agar muncul
di halaman GOOGLE. Mau?
Caranya, anda perlu menggunakan teknik SEO ( Search Engine
Optimization ). Ya, seperti yang sudah dijelaskan dalam materi
pertama, SEO sederhananya adalah teknik mengoptimalkan toko
online anda agar masuk ke halaman GOOGLE. Tentu targetnya
halaman 1 google.
Dengan menggunakan toko online di yukbisnis, anda bisa
mengoptimalkan SEO hingga muncul di halaman pertama. Saya
dan alumni Kelas Bisnis Online beberapa kali masuk halaman
pertama google. Hanya dengan teknik yang sederhana dan hanya
menggunakan toko online di yukbisnis yang GRATISAN.
Kenapa ini perlu? Sehingga saya tuliskan di BAB ke 2?
Karena, SEO ini bisa membantu mendatangkan prospek / calon
pembeli ke toko online anda.

Sadari oleh anda, jutaan orang diluar sana, ketika membutuhkan


sesuatu (Terutama melek Online), mereka akan menuliskan dan
mencari nya di GOOGLE. Termasuk anda juga kan?
NAH! Ini yang perlu anda manfaatkan.
Misal anda jualan hijab syari.
Ketika ada seseorang sedang membutuhkan Hijab Syari,
kemudian dia mencari informasinya via GOOGLE, bayangkan
bagaimana jika TOKO ONLINE anda muncul di halaman pertama
google? Jika menarik baginya, besar kemungkinan seseorang itu
akan mengKLIK toko online anda. Iya kan?
TEPAT SEKALI!
Itulah tugasnya SEO untuk toko online.
Dan kabar baiknya, melalui toko online di yukbisnis anda bisa
tampil dihalaman pertama google. Lho kok bisa?
1. Di yukbisnis, tersedia fitur untuk memaksimalkan SEO. Dan
sangat mudah dilakukan oleh pemula sekalipun (seperti
saya)

2. Yukbisnis, pengunjungnya banyak. Sehingga ini menjadi


salah satu faktor penyebab toko online di yukbisnis bisa
tampil di halaman pertama google
Dan masih banyak faktor lainnya..
Banyak yang bisa saya jelaskan tentang SEO. Namun, kali ini saya
hanya akan memberikan beberapa langkah saja.
Sisanya anda bisa belajar dari Ebook 7 Langkah Jitu White Hat
SEO Karya Mas Sando Husain, yang berbonus Ebook SEO untuk
pemula tentang toko online yukbisnis. Mengungkap RAHASIA
JITU tentang SEO
Silahkan membeli ebooknya disini >>

http://bit.ly/ebookseojitu
Ok, kita lanjut yaa..

Berikut ini langkah langkah sederhana yang bisa anda lakukan


untuk mengoptimalkan toko online di yukbisnis agar masuk
Halaman Pertama Google :
1. Temukan KATA KUNCI yang relevan untuk bisnis anda(
Keyword )
Untuk menentukan kata kunci, silahkan anda masuk ke
http://adwords.google.com/KeywordPlanner
Log in melalui akun gmail anda. Kemudian Klik bagian

Search for new keyword.


Tentang KEYWORD, lebih lengkapnya anda bisa belajar dari
video rekaman yubinar tentang SEO disini >>
http://bit.ly/tutorialtukangseo
2. Setelah anda mendapatkan kata kunci, masukan 1 kata kunci
yang sudah anda riset tadi pada bagian Nama Bisnis dan
Meta Title di pengaturan bisnisku. Anda bisa memasukan
Nama Bisnis dan meta title dengan format seperti ini : Kata
Kunci | Nama Toko.
Kata kunci ini bisa anda tambahkan dengan kata kata yang
menjual.

Misal kata kunci yang sudah anda dapatkan Hijab Fashion.


Nah agar menarik, anda bisa menambahkan kalimatnya
menjadi Hijab Fashion Murah
Jadi nanti yang anda masukan ke dalam nama bisnis & meta
tittle formatnya seperti ini : Hijab Fashion Murah | Nama
Toko Anda
Ingat ya. Dalam membuat kata kunci, maksimal 60 karakter.
Karena selebihnya akan terpotong.
3. Anda juga bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk
membuat domain di yukbisnis. Ini membantu halaman toko
online anda berada di halaman google

4. Masukan juga kata kunci pada saat upload foto ( Hal ini akan
dibahas di bab selanjutnya )
5. Masukan juga kata kunci di deskripsi produk anda ( Hal ini
akan dibahas di bab selanjutnya )

6. Manfaatkan Meta Tittle & Meta Description di pengaturan


bisnis dan saat anda upload foto dengan memasukan
Keyword.

Yang ditandai oleh warna merah, itu adalah META TITTLE. Hal ini
bisa anda lakukan dengan menuliskan KEYWORD di Nama Bisnis
& Meta Tittle
Yang ditandai oleh warna biru, itu adalah META DESCRIPTION. Hal
ini bisa anda dapatkan dengan menuliskan KEYWORD di Deskripsi
Setiap produk & Meta Description

Selanjutnya anda bisa belajar dari video berikut ini >>


LINK VIDEO TUTORIAL :

http://bit.ly/seosederhana

Foto produk yang MENGGODA


Salah satu faktor penyebab LARIS dalam berjualan online, adalah
foto produk yang menggoda. Melalui foto produk yang
menggoda, orang tertarik, lalu muncul hasrat Ingin membeli.
Saya ibaratkan begini..
Anda tentu pernah pergi ke mall atau supermarket, dan
berbelanja disana. Iya kan?
Coba anda ingat ingat. Di mall, setiap produk di DISPLAY
sedemikian rupa. Ambil contoh, jam tangan. Jam tangan di
sebuah mall di DISPLAY begitu menarik. Dengan etalase yang
bersih, dan sorotan lampu yang membuat terlihat semakin bagus.
Gara gara begitu, ada hasrat orang ingin membeli nya.
Bayangkan oleh anda sendiri. Bagaimana rasanya jika melihat jam
tangan di DISPLAY asal asalan, tanpa tata cahaya yang bagus.
Mungkinkah MATA ANDA melirik? Sangat tipis kemungkinan anda
mau melirik.

Lalu kenapa di mall setiap produk di display begitu menarik


dengan tata cahaya yang indah? Itu sengaja dilakukan, supaya
MATA pengunjung MELIRIK.
Nah! Di TOKO ONLINE pun demikian. Foto produk ibarat DISPLAY
dalam MALL. Buat orang yang berkunjung ke TOKO ONLINE anda
MELIRIK foto produk anda, membuat mereka betah melihat lihat
foto produk anda, kemudian terpicu HASRAT ingin membeli.
Modalnya FOTO PRODUK yang MENGGODA.
Bagaimana jadinya jika foto produk yang anda tampilkan ALA
KADARNYA? Hmmmm.. Silahkan jawab sendiri..
Dan ternyata, berdasarkan fakta, lebih dari 50% orang
dikendalikan oleh daya tarik VISUAL nya. Terbukti dari banyaknya
penikmat Televisi daripada siaran radio.
NAH! Inilah yang akan kita manfaatkan.. Gunakan foto produk
yang menggoda. Yang membuat orang tertarik dengan produk
anda. kemudian ingin membeli nya.

Sebelum membuat FOTO PRODUK yang menggoda syaratnya


hanya 1. Anda dilarang MENIPU! Membuat produk anda terlihat
bagus, padahal aslinya nggak. Nah itu penipuan namanya
Jadi pastikan dulu oleh anda. Produk anda memang benar benar
bagus dan berkualitas. Sip?
Bagaimana anda bisa menghasilkan foto yang menggoda?
Anda bisa mengikuti cara saya berikut ini :
1. Gunakan kamera yang bisa fokus/auto fokus. Memakai
kamera HP juga bisa. Asalkan kamera nya dapat menangkap
foto dengan hasil yang baik, jernih dan fokus
2. Anda bisa buat foto produk dengan natural. Gak perlu studio
yang monoton. Kesan natural terkadang lebih enak dilihat
3. Anda bisa gunakan cahaya yang alami pada saat mengambil
gambar. Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari, dengan
mengambil foto pagi atau siang hari. Tapi, jangan persis
dibawah terik matahari. Nanti terlalu terang. Hasilnya jelek

4. Atau pencahayaan bisa dibantu dengan lampu belajar. Ganti


lampunya dengan lampu warna putih. Bukan lampu pijar
warna kuning
5. Tambahkan property pada saat mengambil foto. Property itu
membuat kesan foto menjadi hidup, gak monoton
6. Ambil foto dari angle ( sudut ) yang bagus. Jangan ngasal.
Bisa diambil dari atas, pinggir, lebih dekat, dll
7. Cobalah simpan produk anda dengan gaya yang berbeda
dan simpan di tempat yang natural. Tambakan property, lalu
SHOOT!
8. Kebanyakan orang foto di studio atau bikin studio mini pakai
kardus. Saran saya, cari yang beda. Bisa mengambil foto di
alam terbuka, di atas meja, di atas rumput hijau, atau
dimanapun.
9. Setelah foto diambil, jangan lupa edit sedikit. Dalam
mengedit, gak perlu berlebih. Kasih sedikit efek, atur
contrast & bright nya. Ingat! Gak perlu berlebih ya. Tugasnya
hanya membuat foto anda lebih cerah.

Untuk mengedit foto, anda bisa gunakan aplikasi


photoscape di komputer / laptop anda. Gak punya?
Download aja via google. Search Free Download
Photoscape
Atau anda bisa manfaatkan aplikasi picsart di handphone
anda. Belum ada? Silahkan download terlebih dahulu melalui

Play Store, lalu search Picsart. Selain picsart, banyak sekali


aplikasi edit foto yang lain.
Berikut ini contoh foto yang menggoda :

*Sumber foto diambil dari geluk design

*Sumber foto diambil dari geluk design


Ngiler kan?
Atau foto yang saya ambil dari kamera HP dan hanya beralaskan
handuk putih. Gara gara foto begini, penjualan LARIS. Ya
bermodal kamera hp.

Oya, jangan lupa fotonya anda Rename menggunakan kata


kunci. Biasanya nama foto tak beraturan seperti IMG120615.JPG
Kalo gitu, anda perlu merubahnya sesuai dengan kata kunci. Agar
foto anda masuk daftar pencarian google.
Setelah anda selesai membuat foto yang menarik perhatian,
sudah di rename menggunakan kata kunci, saatnya upload ke
toko online anda di yukbisnis. Untuk upload foto, anda tinggal
masuk ke bagian BISNISKU, lalu klik Katalog, kemudian klik
Tambah Produk.
Pada saat upload foto produk, tuliskan KATA KUNCI produk anda,
di bagian Nama Produk.

Untuk lebih jelas, anda bisa melihat VIDEO Tutorial membuat


foto produk menggoda disini >>
LINK VIDEO TUTORIAL :

http://bit.ly/fotoprodukmenggoda

Deskripsi produk yang MENJUAL


Anda sudah belajar tentang bagaimana membuat Toko Online
GRATIS melalui yukbisnis, sudah belajar tentang SEO sederhana,
juga sudah belajar tentang membuat foto produk yang
menggoda hingga menguploadnya ke toko online. Iya kan?
Saatnya sekarang, anda belajar tentang bagaimana membuat

Deskripsi Produk Yang Menjual .


Sebelum membuat deskripsi produk yang menjual, anda perlu
memahami beberapa hal berikut ini :
1. Orang membeli karena kejelasan informasi
2. Orang membeli karena kualitas produk
3. Orang membeli karena manfaat produk
4. Orang membeli karena keuntungan yang didapat
5. Orang membeli karena tidak ingin rugi
Masih banyak alasan orang ingin membeli produk dari anda. Tapi
kali ini saya hanya mengulas 5 hal diatas.

Itulah alasan orang MAU membeli. So, tugas anda dalam


membuat deskripsi produk adalah dengan memasukan unsur
yang bisa menjawab 5 hal tadi.
Unsur itu bisa berupa :
1. Tuliskan info produk yang jelas
2. Sampaikan kualitas produk
3. Ceritakan manfaat produk ( Setidaknya 3 manfaat sekaligus )
4. Tuliskan apa saja keuntungan yang didapat ( Bisa berupa
fitur produk atau kelengkapan )
5. Berikan GARANSI & Testimoni
5 Hal itu sederhana. Tapi cukup untuk menjadi deskripsi yang
menjual.
Selain menuliskan unsur diatas, dalam deskripsi produk upayakan
mengandung Kata Kunci yang sesuai dengan produk anda. Cara
riset kata kunci sudah dibahas pada bab 2. Anda bisa memasukan
kata kunci sebanyak 2 kali dalam deskripsi produk. Bisa dibagian
awal dan bagian akhir deskripsi. Ini membantu toko online anda
menjadi mudah ditemukan oleh google. Dan membantu proses
toko online anda masuk halaman pertama google.

Ok langsung praktek ya..


Anda bisa mencontoh deskripsi produk yang saya buat disini >>
http://bit.ly/membuatdeskripsi

Untuk lebih lengkap, anda bisa melihat video ini. Bagaimana


mengupload produk dari awal hingga mengisi deskripsi
produk.
LINK VIDEO TUTORIAL :

http://bit.ly/tutorialdeskripsi

TOKO ONLINE anda RAMAI


pengunjung dan LARIS!
Anda sekarang sudah punya toko online di yukbisnis, semua
proses GRATIS. Agar fantastis dan menghasilkan penjualan hingga
LARIS, tentu langkah selanjutnya anda harus membuat TOKO
ONLINE tersebut ramai pengunjung.
Kalo sepi memangnya siapa yang mau beli? Hayooo kalo sepi
toko onlinenya, siapa coba yang mau beli? Si dia? Atau si mantan?
:p
Kalau anda JOMBLO, lalu siapa yang akan datang ke toko anda?
#eh
Ok, lanjuut..
Lalu bagaimana caranya agar ramai pengunjung?

Sebelum saya membahasa caranya, berikut ini alur yang bisa anda
lakukan agar toko online RAMAI dan LARIS :
1. Menarik banyak pengunjung ke TOKO ONLINE
2. Membuat pengunjung BETAH berada di halaman TOKO
ONLINE anda
3. Menggiring pengunjung agar MEMBELI produk anda
4. Membuat mereka ketagihan kembali ke TOKO ONLINE
anda
5. Dan membuat mereka mengajak teman temannya
untuk berkunjung juga ke TOKO ONLINE anda
Itulah sedikitnya alur yang bisa anda pahami dan lakukan. Untuk
apa? Untuk menjadikan toko online anda ramai pengunjung dan
LARIS!
Mari kita bahas

MENARIK BANYAK PENGUNJUNG KE TOKO ONLINE


Di materi kali ini anda diminta untuk mendatangkan pengunjung
yang banyak ke TOKO ONLINE anda. Ya jelas harus ada
pengunjung. Kalo gak ada pengunjung, SEPI doong.. *krik krik krik
krik*
Kalo sepi, gak ada yang beli dong? Mengharukan hiks hiks hiks..
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan
pengunjung. Berikut ini cara cara sederhananya :
1. Otomatis di promosikan oleh yukbisnis, melalui halaman
awal yukbisnis.com
Yes! Setiap kali upload foto produk, maka foto produk anda
secara otomatis akan masuk halaman awal yukbisnis.com. Itu
artinya, yukbisnis mempromosikan secara GRATIS! Dan
karena yukbisnis ini mall online, yang pengunjung hariannya
banyak, ini jadi kesempatan bagi anda untuk mendatangkan
pengunjung secara gratis tanpa perlu REPOT.

Tugas anda hanya membuat foto yang menggoda, judul


produk yang menggoda dan harga yang bikin ngiler ( Bisa
gunakan harga coret ). Dengan begitu, orang akan
PENASARAN, lalu meng-klik foto anda dan masuk ke
halaman TOKO ONLINE anda.
2. Datangkan pengunjung oleh teknik SEO yang sederhana
Ya, anda perlu mengoptimasikan halaman toko online
dengan teknik SEO, agar masuk di halaman pertama google.
Dengan begitu, kesempatan toko anda di KLIK oleh banyak
orang itu sangat BESAR. Sehingga langkah ini bisa
mendatangkan pengunjung ke toko online anda.
Teknik SEO sederhana sudah saya bahas di bab sebelumnya.
Sudah diulas juga melalui video rekaman yubinar. Tapi untuk
mengingatkan anda, ini 6 langkah sederhana yang bisa anda
lakukan :
1. Menggunakan kata kunci pada nama bisnis di toko online
anda
2. Menuliskan kata kunci pada nama produk yang di upload
3. Menuliskan kata kunci pada deskripsi produk
4. Merubah nama foto produk, menggunakan kata kunci

5. Memanfaatkan fitur meta tittle dengan kata kunci


6. Memanfaatkan fitur meta description dengan kata kunci
3. Datangkan pengunjung oleh SOCIAL MEDIA
Anda perlu menggiring follower akun social media untuk
mengunjungi TOKO ONLINE anda. Dengan cara membuat
promo GRATIS yang hanya bisa didapatkan setelah klik
TOKO ONLINE anda. Sebagai bukti mereka bisa capture lalu
upload di media social, hingga menjadi viral. Atau cara cara
lain yang kreatif.
Mungkin anda juga bisa memberlakukan DISKON yang
hanya bisa didapat jika membeli melalui toko online anda.
Atau mungkin anda sekedar menampilkan foto produk di
akun social media, lalu melampirkan alamat (link) toko
online anda. Arahkan follower untuk meng-klik toko online
anda.
Juga, anda bisa membuat artikel yang bermanfaat dibagian
blog. Artikel tersebut, anda sebarkan melalui media social.
Upayakan artikelnya bermanfaat,

sehingga orang mau meng-KLIK. Ini juga salah satu upaya


mendatangkan pengunjung.
Tentu itu semua bisa maksimal jika follower social media
anda sudah tertarget.
4. Dengan cara berbayar
Ya, anda juga bisa membeli pengunjung. Maksudnya, anda
bisa membeli iklan, supaya mendatangakn pengunjung.
Banyak sekali penyedia iklan yang bagus..
Tapi salah satu yang MUDAH dan terbaik, anda bisa gunakan
iklan FACEBOOK. Apalagi saat ini sudah bisa ngiklan tanpa
kartu kredit. Cukup transfer via ATM. Soal ini dibahas khusus
di Kelas Bisnis Online bareng saya, 1 bulan full.

MEMBUAT PENGUNJUNG BETAH BERADA DI HALAMAN


TOKO ONLINE ANDA
Jika sudah berhasil mengajak prospek mengunjungi TOKO
ONLINE anda, selanjutnya jangan buat mereka dengan cepat EXIT
alias keluar dari TOKO ONLINE anda.

Percuma sudah membuat mereka berkunjung, jika akhirnya


mereka gak betah berada di halaman TOKO ONLINE anda. Kalo
gitu, boro boro beli. Karena baru aja klik udah langsung keluar
dari toko online anda.
Gimana caranya agar pengunjung betah berada di toko online
anda? bahkan dalam waktu yang lama?
Berikut ini cara sederhana yang bisa anda lakukan :
1. Buat tampilan TOKO ONLINE anda menarik.
Memang kesan pertama itulah yang akan membuat orang
tertarik. Melalui tampilan, TOKO ONLINE anda bisa menjadi
lebih MENARIK. Untuk membuat tampilan TOKO ONLINE
menarik, anda perlu melakukan beberapa hal dibawah ini :
a. Menggunakan tema yang bagus, mobile friendly dan
warna yang cerah. Sehingga enak dipandang oleh MATA.
Semua itu tersedia di yukbisnis. Anda tinggal memilihnya
dengan GRATIS
b. Membuat banner yang bagus dengan warna yang cerah.
Lebih baik lagi jika banner yang di upload lebih dari 1 (2

atau 3), sehingga menjadi slide. Mengupload banner


sudah dibahas pada bab pertama
2. Upload FOTO di toko online 20 atau LEBIH
Kenapa harus upload foto 20? Karena kalo foto yang tersedia
hanya sedikit, pengunjung tidak akan lama bertahan di
TOKO ONLINE anda. Hanya sesaat, lalu mereka EXIT. Jika
foto yang di upload banyak dan seluruh fotonya menggoda,
ada kesempatan mereka untuk melihat lihat foto produk
yang tersedia, sehingga mereka betah berada di halaman
toko online anda. Dan semakin banyak foto, juga bisa
berpengaruh terhadap SEO.
Coba anda bayangkan dan rasakan sendiri. Apa jadinya jika
FOTO PRODUK yang di upload oleh sebuah toko online,
hanya 1 atau 2 foto? Sepiiii malesin.
Lalu foto seperti apa yang harus anda upload? Jelas foto
yang menggoda. Soal ini sudah dibahas pada bab ketiga.

3. Manfaatkan fitur BLOG dengan artikel yang bermanfaat


Pernah anda berkunjung ke salah satu website? Lalu anda
larut di dalamnya, akibat keasikan membaca artikel yang
menarik dan bermanfaat?
YES! Itu salah satu cara juga. Agar orang mau bertahan lama
di TOKO ONLINE anda, buatlah artikel yang bermanfaat.
Dengan begitu, ada SESUATU yang bisa membuat mereka
betah berada di halaman TOKO ONLINE anda.
Dan beruntungnya, di yukbisnis sudah tersedia fitur blog.
Anda tinggal tambahkan artikel melalui pilihan di sebelah
kiri bertuliskan Artikel lalu klik tambahkan artikel. Artikel
yang anda tulis bisa sesuai dengan produk yang anda jual,
bisa berupa informasi, tips, trik atau cerita yang sesuai
dengan target market anda

4. Manfaatkan Tools Tawk.to (Aplikasi Chating di web)


Tools ini sudah tersedia di yukbisnis. Anda tinggal masuk ke
bisnisku. Kemudian klik bagian sebelah kiri Tawk.to

Kemudian anda akan diarahkan oleh pihak yukbisnis. Ada


video tutorial yang sudah disiapkan. Anda tinggal
menontonnya, dan praktek.

Jika berhasil, maka toko online anda akan muncul aplikasi


chating dibagian bawah. Seperti ini contohnya :

Dengan cara ini, pengunjung akan betah. Karena bisa


berinteraksi langsung dengan anda.

Menggiring pengunjung agar MEMBELI produk anda


Bagaimana caranya agar menggiring pengunjung menjadi
pembeli?

Ada 6 langkah yang bisa anda lakukan dengan mudah :


1. Buat nama toko yang mudah diingat. Sehingga sekalipun
prospek tidak membeli saat pertama kali datang ke toko
anda, dia akan mudah kembali ke toko anda karena nama
toko anda Mudah Diingat oleh nya.
2. Buat foto produk yang menggoda ( Bukan foto biasa )
Dengan membuat FOTO PRODUK menggoda, orang tertarik
ingin beli.
3. Buat deskripsi produk yang menjual.
4. Anda bisa memanfaatkan FITUR Tawk.to. Aplikasi chatting
dalam toko online. Ketika ada orang yang berkunjung,
segera tanggapi oleh anda melalui fiture chat.

5. Anda juga bisa follow up dengan SMS konsumen secara


langsung. Dengan bahasa yang santun dan tentu bahasa
yang menjual.
6. Setelah Follow Up, anda juga bisa bangun kedekatan terlebih
dahulu dengan prospek. Dengan menanyakan kabarnya,
memberikan informasi bermanfaat, tips tips, dll
7. Manfaatkan HARGA CORET. Anda bisa gunakan diskon (
Harga coret ) Agar lebih menarik.
8. Berikan BONUS & MANFAAT yang lebih.
Dan masih banyak lagi

Membuat mereka ketagihan kembali ke TOKO ONLINE


anda
Jelas, teknik yang digunakan agar mereka KETAGIHAN adalah
salah satunya dengan memberi KEPUASAN. Kepuasan seperti apa
yang harus kita berikan kepada konsumen? Hal ini banyak
dipelajari di Kelas Bisnis Online.

Membuat mereka mengajak teman temannya untuk


berkunjung juga ke TOKO ONLINE anda
Hal ini juga bisa didapatkan jika anda memberikan KEPUASAN
kepada konsumen. Sehingga MULUTNYA, JEMPOLNYA menyebar..
menulis status, tentang kepuasan berbelanja di toko online anda.
dan mereka akan merekomendasikan teman teman nya untuk
berbelanja di toko online anda.

5 RAHASIA yang sederhana ini sudah saya bagikan. Saatnya anda


PRAKTEK. Memang materi ini mendasar dan sangat sederhana.
Tapi, semoga ini CUKUP bagi anda untuk MEMULAI.
Kesalahan dalam penulisan sudah pasti saya yang buat. Jika
bermanfaat untuk anda, tentu atas izin Allah.
Silahkan PRAKTEK sebanyak banyaknya. Semoga bermanfaat.

Untuk pembahasan lanjutan, update materi dan


pertanyaan, serta RAHASIA RAHASIA lainnya,
melalui GROUP FACEBOOK yang bisa anda akses
melalui LINK ini >> http://bit.ly/tokoonlinelaris

Terimakasih

Kirimkan komentar positif anda tentang Ebook ini melalui


akun twitter @fahmirich
Dan saya akan Follow Back anda :)

Silahkan Follow
media social saya.
Rutin berbagi tips
bisnis online.
Juga INVITE BBM
saya, karena setiap
RABU & JUMAT rutin
sharing tips trik
Bisnis Online

TESTIMONI ALUMNI KELAS BISNIS ONLINE