You are on page 1of 15

“STRUKTUR RESIKO DAN STRUKTUR

JANGKA WAKTU SUKU BUNGA”
Group 12
1. Fitra Ramadhan1411021043
2. Laila Sekar Wigati 1411021062
3. Lupita Indah Sari 1411021064
4. M. Agung Bhakti N
1411021067
5. Nanang Setiadi 1411021080
6. Rahayu Sri Wulan 1411021085
7. Verenada Tasyadila1411021113

Struktur Resiko Suku Bunga Hubungan antara suku bunga obligasi dengan jangka waktu jatuh tempo yang sama disebut dengan “Risk Structure Of Interest Rates” Hubungan antara suku bunga obligasi dengan jangka waktu jatuh tempo yang berbeda disebut dengan “Term Structure Of Interest Rates” .

Risiko Gagal Bayar (Default Risk) Terjadi ketika penerbit obligasi tidak dapat atau tidak ingin membayar bunga yang telah dijanjikan atau membayarkan nilai nominal pada saat jatuh tempo. P ST iT 2 Sc Premi Resiko Pc1 Pc2 Dc 2 Dc 1 Jumlah Obligasi Korporat PT2 PT1 D T2 D T1 Jumlah Obligasi Treasury . P Harga Obligasi. Harga Obligasi.

 Bagaimana penurunan likuiditas obligasi-obligasi korporat dapat mempengaruhi suku bunga relatif terhadap suku bunga obligasi teasury ? .  Obligasi Treasury As adalah obligasi yang palling likuid dari semua obligasi jangka panjang.APLIKASI KEBANGKRUTAN ENRON DAN SELISIH BAA-AAA LIKUIDITAS  Aset yang likuid adalah aset yang dapat secara cepat dan murah untuk dikonversikan kedalam bentuk tunai jika dibutuhkan.

P Sm Pm2 Pm1 Dm1 Dm2 Jumlah Obligasi Municipal .Pertimbangan Pajak Penghasilan 1. Pasar Obligasi Municipal Harga Obligasi.

P ST PT1 PT2 Dm1 Jumlah Obligasi Treasury Dm2 .• Pasar Obligasi Treasury Harga Obligasi.

dan karakteristik pajak mungkin memiliki tingkat bunga yang berbeda karena sisa waktu jatuh tempo yang berbeda. likuiditas . likuiditas dan pertimbangan pajak yang berbeda: .plot yield pada obligasi dengan jangka waktu yang tetapi risiko yang sama . Yield curve .Struktur jangka Suku Bunga Obligasi dengan risiko yang sama .

2. Suku bunga obligasi dengan jatuh tempo yang berbeda bergerak bersamaan sepanjang waktu. . Kurva Yield cenderung mempunyai kemiringan ke atas ketika suku bunga jangka pendek rendah. dan terbalik ketika suku bunga jangka pendek tinggi. Teori ekspektasi menjelaskan 2 fakta : 1.Teori Ekspektasi Teori ekspektasi menyatakan bahwa suku bunga obligasi jangka panjang akan sama dengan rata-rata suku bunga jangka pendek yang diharapkan (ekspektasi) masyarakat yang akan terjadi selama jangka waktu obligasi jangka panjang.

Rumus : Persamaan tersebut menyatakan bahwa suku bunga periode-n sama dengan rata-rata suku bunga satu periode yang diharapkan terjadi selama umur obligasi n-periode. .

investor mempunyai prefrensi atau pilihan tertentu terhadap suatu obligasi karena ekspektasi imbal hasil obligasi itu sendiri. . Seorang investor akan lebih suka terhadap obligasi dengan waktu jatuh tempo yang lebih singkat karena risiko tingkat bunga lebih rendah.Teori segmentasi pasar Dari sturktur tingkat bunga obligasi jatuh tempo berbeda dapat dipisahkan atau disegmentasikkan secara sempurna.Tingkat bunga setiap obligasi ditentukan oleh permintaan dan penawaran obligasi itu sendiri dan tidak dipegaruhi oleh ekspektasi imbal hasil dari obligasi lainnya serta tidak ada substitusi. Artinya.

.TEORI PREFERENSI LIKUIDITAS (LIQUIDITY PREFERENCE THEORY) Teori ini menyatakan jumlah tingkat bunga jangka panjang sama dengan rata-rata tingkat bunga jangka pendek yang diharapkan ditambah dengan premi likuiditas (resiko). Semakin lama waktu jatuh tempo suatu obligasi. ekspektasi imbal hasil dari suatu obligasi dipengaruhi ekspektasi imbal hasil obligasi lainnya. Asumsi pokok dari teori ini adalah bahwa obligasi dengan jatuh tempo berbeda dapat disubstitusikan secara sempurna. semakin besar tingkat ketidakpastian yang harus dihadapi investor obligasi. Untuk mendorong investor meminjamkan dananya dalam jangka panjang maka perusahaan memberikan premi likuiditas kepada investor yang memberikan pinjaman jangka panjang. Artinya.

bentuk kurva yield akan ditentukan oleh tingkat bunga di masa yang datang dan premi risiko. karena asumsinya investor mau mengubah preferensi sektor maturitasnya jika ada imbalan yang memadai. • Pada teori preferensi habitat.TEORI PREFERENSI HABITAT (PREFERRED HABITAT THEORY) • Investor mempunyai preferensi terhadap sektor maturitas (habitat) tertentu dan mereka akan beralih ke maturitas lain jika terdapat imbalan yang memadai. .

RUMUS lnt = premi(jangka waktu) likuiditas obligasi periode-n pada t. .

Hubungan Antara Premi Likuiditas (habitat Preferent) Dan Teori Ekspektasi .

kurva yield dan ekspektasi pasar atas suku bunga jangka pendek di masa depan menurut teori premi likuiditas .