BAB I

1. Jelaskan mengapa masalah ekonomi akhirnya menjadi suatu ilmu pengetahuan di samping Ilmu Pengetahuan lainnya ! Jawab : Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu pengetahuan sebagai cabang dari ilmu filsafat. Ilmu filsafat ini sifatnya murni yakni timbul karena dorongan hasrat manusia untuk meneliti, mengetahui dan memikirkannya, namun tidak hanya sampai pada memikirkannya saja melainkan berkembang ke arah penggunaan dari hasil penelitian tersebut. Perilaku ini menimbulkan atau menumbuhkan lebih lanjut apa yang disebut sebagai ilmu pengetahuan baru sebagai ilmu pengetahuan baru sebagai cabang ilmu filsafat dan salah satunya adalah ilmu Ekonomi disamping ilmu-ilmu lainnya. 2. Pendapat atau karya siapakah yang diakui umum sebagai tonggak atau lahirnya Ilmu Ekonomi dan sebutkan judul karyanya ! Jawab : Karya Adam Smith, judul karyanya : An Inquiry Into The Nature and causes of the Wealth of Nations 3. Sebutkan asal kata Ekonomi dan jelaskan artinya ! Jawab : Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani (Greek), yaitu Oikos = Rumah Tangga dan Nomos = Peraturan. 4. Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi ? Jawab : Ilmu yang mempelajari bagaimanakah usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan menggunakan alat-alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

BAB II
1. Jelaskan mengapa factor distribusi menjadi salah satu kegiatan/penggerak dalam ekonomi ! Jawab : Semakin maju peradaban suatu masyarakat maka akan semakin bercorak ragam kebutuhannya, sehingga timbul kebutuhan-kebutuh yang diluar kemampuan keluarga untuk mengahasilkannya, dilain pihak bersama dengan ini pada keluarga lain timbul kelebihan-kelebihan produksi dari beberapa barang yang bisa dihasilkannya,sehingga terjadilah kegiatan perekonomian yang disebut dengan distribusi. 2. Sebutkan sumber-sumber ekonomi. Jawab : y Sumber Alam y Sumber Tenaga y Sumber yang merupakan buatan manusia 3. Jelaskan, bilakah suatu barang disebut sebagai Economic goods Jawab : Suatu barang disebut sebagai Economic goods bila barang tersebut memiliki nilai ekonomi.

BAB III
1. Jelaskan yang dimaksud dengan ; What, How, For Whom dalam Ilmu Ekonomi ! Jawab : a. What, yakni : apa yang akan diproduksi dan dalam jumblah berapa b. How , yakni : bagaimana barang-barang tersebut diproduksi c. For Whom , yakni : untuk siapa barang-barang itu dihasilkan

2. Jelaskan yang dimaksud dengan system ekonomi campuran ! Jawab : Sistem ekonomi campuran adalah system ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh Negara dalam hal ini pemerintah, namun masyarakat masih mempunyai kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan ekonomi mereka yang jalankan.

3. Apa yang dimaksud dengan system ekonomi ? Jawab : Strategi atau tata cara suatu Negara mengatur ekonomi negaranya dalam rangka mencapai kemakmuran.

BAB IV
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendapatan nasional Jawab : Yang dimaksud dengan pendapatan nasional adalah arus perputaran ekonomi yang merupakan gambaran tentang kegiatan ekonomi dari suatu Negara. 2. Bagaimana cara menghitung pendapatan nasional ? Jawab : a. Metode produksi Menjumblahkan hasil produksi dari berbagai sector dalam suatu perekonomian. b. Metode pendapatan Menurut metode ini pendapatan nasional diperoleh dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yang diterima, karena keikutsertaan dalam proses produksi. Hasil perhitungannya disebut Pendapatan Nasional c. Metode pengeluaran Pendapatan nasional diperoleh dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh tiap-tiap rumah tangga dalam suatu perekonomian. Hasil perhitungannya disebut Gross National Product. 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan GDP, GNP, NNP, NI, PI, DI. Jawab : a. Gross Domestic Product (GDP) adalah hasil produksi yang dihasilkan oleh suatu perekonomian tanpa memperhatikan siapa pemilik pemilik faktor produksi tersebut. b. Gross National Product (GNP) adalah seluruh produk yang dihasilkan oleh semua factor produksi yang dimiliki oleh suatu perekonomian baik yang berasal dari dalam negri maupun luar negri, tanpa menghitung produksi milik warga Negara lain yang ada dalam wilayah domestic. c. Net National Product (NNP) jumlah GNP dikurangi dengan penyusutan atas barang-barang modal. d. National Income, adalah jumlah NNP yang telah dikurangi dengan pajak tidak langsung dan ditambah dengan jumlah subsidi yang diterima oleh masyarakat. e. Personal Income , adalah jumlah NI dikurangi dengan dividen, asuransi social yang harus dibayar, pajak perseroan ditambah dengan transfer payment (penerimaan bukan balas jasa ) f. Disposable Income, adalah pendapatan bersih yang diterima dari jumlah PI dikurangi dengan pajak langsung/pajak pribadi. 4. Bagaimanakah kita mengukur tingkat kemajuan ekonomi suatu Negara . Jawab : Untuk menghitung perkembangan ekonomi suatu Negara maka yang harus digunakan adalah data pengapatan nasional yang sudah menghilangkan adanya pengaruh kenaikkan harga ( pendapatan nasional menurut harga tahun dasar / pendapatan nasional riil )

BAB V

1. Apa yang dimaksud dengan uang, dan jelaskan fungsi-fungsi uang. Jawab : Uang adalah merupakan stok atas asset-aset yang digunakan dalam transaksi. Uang adalah sesuatu yang diterima / dipercaya oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah. Fungsi-fungsi uang : a. Unit of account ( satuan hitung), uang dapat memberikan harga baik suatu komoditas berdasarkann satu ukuran umum. b. Medium of exchange (alat transaksi) sebagai alat tukar, uang harus diterima / mendapat jaminan kepercayaan. Jaminan tersebut diperoleh dari pemerintah berdasarkan undang-undang atau keputusan yang berkekuatan hokum. c. Store of value (penyimpan nilai ), berhubungan dengan kemampuan uang untuk menyimpan hasil transaksi atau pemberian yang dapat meningkatkan daya beli, sehingga semua transaksi tidak perlu dihabiskan saat itu juga. d. Standart of deffered payment (standar pembayaran dimasa depan), digunakan untuk membayar transaksi masa depan dengan menggunakan daya beli ( purchasing power). 2. Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan ? Jawab : Suatu lembaga atau perusahaan yang bergerak dibidang keuangan , menghimpun dana, menyalurkan dana atau kedua-duanya. 3. Jelaskan peranan lembaga keuangan melalui gambar arus pendapatan dan pengeluaran ! Jawab : Pendapatan

Faktor Produksi R.T. Konsumen R.T. Produksi ( perusahaan ) Barang dan Jasa

Pengeluaran

Tab

Lembaga keuangan

Invest

Bab VI
1. Bilakah suatu inflasi dapat dikatakan inflasi yang parah, jelaskan Jawab : Ketika laju inflasi 20% dan semuanya berasal dari kenaikan harga dari barang-barang yang dibeli golongan yang berpenghasilan rendah. 2. Jelaskan bagaimana hubungan antara inflasi dan pengangguran Jawab : Inflasi dapat dicegah atau dihambat dengan meningkatkan pengangguran artinya semakin tinggi angka pengangguran maka semakin rendah inflasinya, sebaliknya semakin rendah angka pengangguran maka semakin tinggi tingkat inflasi karena rendahnya tingkat pengangguran daya beli masyarakat semakin besar berdampak pada meningkatny permintaan akan barang sehingga harga barang pun naik, maka terjadilah inflasi.

3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam inflasi Jawab : a. Didasarkan atas parah tidaknya suatu inflasi : y Inflasi ringan ( dibawah 10% per tahun ) y Inflasi sedang ( 10 30 % per tahun ) y Inflasi berat ( 30 100 % per tahun ) y Hiperinflasi ( diatas 100 % per tahun ) b. Didasarkan pada sebab terjadinya inflasi : y Demand Pull Inflation , yaitu inflasi yang timbul karena permintaan masyarakat terhadap barang-barang meningkat dengan tajam. y Cost Push Inflation , yaitu inflasi yang timbul karena kenaikkan ongkos produksi. y Domestic Inflation , yaitu inflasi yang berasal dari dalam negeri. y Imported Inflation , yaitu inflasi yang berasal dari luar negeri.

BAB VII
1. Jelaskan yang dimaksudkan dengan Kebijakan Fiskal Jawab : Tindakan yang diambil pemerintah dalam bidang anggaran belanja Negara dengan maksud untuk mempengaruhi jalannya perekonomian. 2. Apa yang dimaksudkan dengan Pajak/Tax menurut teori ekonomi makro Jawab : Uang atau daya beli yang diserahkan oleh masyarakat kepada pemerintah dimana terhadap penyerahan uang dan daya beli tersebut pemerintah tidak member balas jasa yang langsung pada masyarakat melainkan balas jasa berupa penyediaan infrastruktur (jalan-jembatan dan lain-lain ) 3. Apa yang dimaksud dengan teori moneter dan kebijakan moneter Jawab : Teori moneter adalah teori mengenai permintaan dan penawaran akan uang. Singkatnya teori moneter adalah teori mengenai pasar uang. Kebijakan moneter adalah tindakan yang dilakukan penguasa moneter ( biasa Bank central dalam hal ini Bank Indonesia ) untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar dan pinjaman yang disalurkan kredit yang pada gilirannya akan mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat. 4. Mengapa uang diterima oleh masyarakat luas sebagai alat tukar, jelaskan ! Jawab : Dalam masyarakat modern uang yang dipakai secara luas dan diterima oleh seluruh masyarakat karena fungsinya antara lain : a. Alat tukar, yaitu media untuk memperoleh barang dan jasa yang hendak ditukarkan. b. Alat Penghitung, yaitu standar nilai dari barang dan jasa yang hendak diperlukan. c. Alat Pembayaran, yaitu saluran ukuran dari kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi. d. Alat penimbun harta, yaitu penyimpanan dan penumpuk barang dan jasa yang tidak dipakai sekarang berhubung adanya daya beli yang terkandung didalamnya. e. Alat pemindah harta, yaitu pengganti kekayaan yang dapat di alihkan disembarang tempat dan waktu dengan mudah.

BAB VIII
1. Sebutkan materi pembahasan dari Mikro ekonomi ! Jawab :

a. b. c. d.

Teori Perilaku Konsumen ( Consumen Behaviour ) Teori Perilaku Produsen ( Producers Behaviour ) Teori Harga Pasar ( Teori Penetapan Jumlah Output dan harga ) Teori Keseimbangan Umum dan Teori Ekonomi Kesejahteraan ( General Equilibrium Theory dan Welfare Economic )

2. Apa yang dimaksud dengan Equilibrium dalam ilmu ekonomi ? Jawab : Equilibrium (keseimbangan) adalah harga yang diciptakan melalui penggabungan permintaan dan penawaran. 3. Bagaimanakah bunyi Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran ? Jawab : Hukum Permintaan : Makin rendah harga dari suatu barang, makin banyak permintaan terhadap barang tersebut, sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit permintaaan terhadap barang tersebut Hukum Penawaran : Makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh penjual. Sebaliknya semakin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh penjual. 4. Bilakah Equilibrium itu tercapai ? Jawab : Keadaan Equilibrium terjadi apabila jumlah barang yang ditawarkan penjual pada suatu tingkat harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tersebut pula.

BAB IX
1. Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Internasional ? Jawab : Bagian daripada ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku transaksi-transaksi ekonomi internasional perekonomian dunia pada umumnya.

2. Jelaskan dalam hal-hal apa sajakah yang menjadi sorotan Ekonomi Internasional dibandingkan dengan ekonomi umum ! Jawab : a. Perbedaan dalam mata uang yang digunakan walaupun sebenarnya dengan makin sempitnya dunia, namun banyak jenis mata uang yang berlaku di dunia. b. Peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berhubungan dengan hubungan-hubungan ekonomi tersebut. c. Derajat mobilitas sumber daya yang dipakai seperti tanah, sumber daya alam lainnya, tenaga kerja modal. d. Perbedaan dalam hukum, selera dan adat istiadat. 3. Sebutkan dampak positif perdagangan antar Negara yang saudara ketaui. Jawab : Dampak positifn dari perdagangan antar Negara adalah memungkinkan terjadinya :  Pertukaran barang dan jasa  Pergerakan sumber daya melampaui batas-batas Negara  Pertukaran perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Negara-negara yang terlibat di dalamnya.

4. Sebutkan dan Jelaskan macam-macam transaksi internasional ! Jawab : 1) Transaksi Perdagangan ; yang terdiri dari Transaksi Ekspor dan Impor baik berupa barang maupun jasa.

2) Transaksi Penanaman Modal, baik transaksi penanaman modal portfolio (surat-surat berharga) serta transaksi lainnya yang berkaitan dengannya. 3) Transaksi Unilateral yakni transaksi yang melibatkan beberapa Negara. 4) Transaksi Hutang Piutang 5) Transaksi moneter 5. Sebutkan beberapa organisasi kerjasama internasional ! Jawab : y Kerjasama multilateral : a) Organisasi Multilateral Internasional Contoh : General Agreement on Trade and Tarrif ( GATT-WTO ) b) Organisasi Multilateral Regional Contoh : Asean Free Trade Area (AFTA ) y Kerjasama Bilateral y Kerjasama Sektoral Contoh : Organization Petroleum Exporting Countries ( OPEC ) 6. Sebutkan dan Jelaskan tiga system moneter internasional ! Jawab :  Sistem Kurs tetap atau stabil ( Fixed Exchange Rate System ) Sistem ini menetapkan ketentuan pokok : - System moneter internasional didasarkan kepada standar emas - System nilai tukar antara Negara anggota harus stabil/tetap - Kurs hanya boleh berfluktuasi antara 1-2,5% diatas atau dibawah kurs resmi - Anggota IMF dilarang menggunakan kebijakan devaluasi dan dapat meminta bantuan dalam bentuk Special drawing rights untuk mengatasi kesulitan BOP  Sistem kurs mengambang atau berubah ( Floating Exchange Rate System ) 1) System kurs mengambang murni ( Freely floating system ), yaitu penentuan kurs valas dibursa valas tanpa campur tangan pemerintah. 2) Sistem kurs mengambang terkendali ( Managed floating system ), yaitu penentuan kurs valas dengan campur tangan pemerintah melalui kebijakan moneter, fiscal dan perdagangan luar negeri. 

System Kurs terkait ( Pegged Exchange Rate System ) System ini ditetapkan dengan cara mengaitkan nilai tukar mata uang suatu Negara dengan mata uang Negara lain atau sejumlah mata uang tertentu.

7. Gambarkan Skema Diamond dari Michael Porter ! Firm Strategy Structure & Rivalry

Factor Conditions

Demand Conditions

Related & Supporting Industry

BAB X
1. Apa yang dimaksud dengan ekonomi pembangunan ? Jawab :

Pengertian tentang ilmu ekonomi yang diterapkan dalam analisis masalah dan kebijakan perekonomian Negara-negara yang belum mau ( undeveloped countries ) dan atau Negaranegara sedang berkembang ( developing Countries ). 2. Sebutkan karakteristik Negara sedang berkembang ! Jawab :  Rendahnya Tingkat Kehidupan ( Low Level of Living )  Rendahnya Tingkat Produktivitas ( Low Level of Productivity )  Tingginya Pertambahan Penduduk ( High Rates of Population Growth )  Tingginya Rasio Tingkat ketergantungan ( High Rates of Dependency Ratio )  Tingginya Tingkat Pengangguran ( High Rates of Unemployment )  Ketergantungan Pada Sektor Pertanian Primer (Substantial Dependence on Agricultural-Primary Production )  Pasar dan Informasi yang tidak semourna ( Imperfect Market and Information )  Ketergantungan yang besar dan kerentanan terhadap kondisi eksternal ( Dominance, Dependence and Vulnerability in International Relation ) 3. Sebutkan dan jelaskan beberapa teori ekonomi pembangunan ! Jawab :  Teori Adam Smith Adam Smith melihat pembangunan ekonomi sebagai proses pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi dengan memanfaatkan mekanisme pasar.  Teori T.R. Malthus T.R. Malthus menyoroti keterkaitan antara pertambahan ekonomi dengan pertambahan penduduk. Ekonomi hanya akan bertumbuh dalam jangka panjang jika pertambahan penduduk lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi.  Teori Rostow Teori ini melihat pembangunan ekonomi sebagai proses berubahan yang bersifat garis lurus dan bertahap. Suatu perekonomian akan berkembang menjadi perekonomian maju dalam 5 tahap : 1. Tahap perekonomian tradisional 2. Tahap pra lepas landas 3. Tahap lepas landas 4. Tahap kedewasaan 5. Tahap konsumsi masa tingkat tinggi.

Tugas Ekonomi

Yowanda 090711381

Universitas Sam Ratulangi Fakultas Hukum 2009

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful