You are on page 1of 8

ASAM DAN BASA

ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan .

ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan LAILATUR ROHMANINGSIH IKRIMA AVICENNA AGUS MAULIDI Arrhenius SITI MAHMUDAH DEWI SUSANTI BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan BADRUS SALIM ALFARISI .

. Senyawa asam dan basa juga sudah lama diketahui dapat saling menetralkan. karena diketahui zat utama dalam cuka adalah asam asetat. Adapun basa (alkali) berasal dari bahasa arab yang berarti abu.ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan Asam dan basa sudah dikenal sejak zama dahulu. Istilah asam (acid) berasal dari bahasa latin “ acetum ” yang berarti cuka.

ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan asam adalah zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilakn ion H+. sedangkan basa adalah zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion OHsenyawa asam-basa dapat dikelompokkan menjadi asam-basa monoprotik dan asam-basa polipotrik. .

negatif. CO3-. H3O+ DAN NH4+. Basa adalah zat yang dapat menerima proton (H+) dari zat lain (akseptor proton). H2SO4.ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan Asam adalah zat yang dapat memberi proton (H +) pada zat lain (donor proton). Suatu zat baik yang bermuatan positif. Suatu zat baik yang bermuatan positif. . misalnya NH3. DAN OH-. HSO4-. ataupun netral termasuk asam Brosted-Lowry asalkan mempunyai minimal satu atom H. ataupun netral termasuk basa Bronsted-Lowry jika mempunyai pasangan elektron bebas yang dapat berikatan dengan atom H. HCl. Misalnya. negatif.

Agaknya sifat asam atau basa dari zat hanya dapat dirinci dalam kaitannya dengan pelarut yang dipakai.ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan Definisi ini dapat diterapkan pada sekalian kasus yang pelarutnya mempunyai otoinisasi yang berarti. . tanpa menghiraukan ada tidaknya proton. karena menerangkan mengapa sifat asam atau basa bukanlah sifat mutlat zat terlarut. Bagi pelarut berproton definisi ini bahkan lebih luas dan lebih bermanfaat.

Secara umum zat-zat yang berasa asam mengandung asam. misalnya sabun. asam tartrat pada anggur.ASAM DAN BASA Penyusun Pendahuluan Arrhenius BronstedLowry Sistem pelarut Kesimpulan Senyawa asam dan basa dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan basa umumnya mempunyai sifat yang licin dan berasa pahit. misalnya asam sitrat pada jeruk. para penderita penyakit maag selalu meminum obatyang mengandung magnesium hidroksida. . asam laktat ditimbulkan dari air susu yang rusak. asam cuka.