You are on page 1of 14

BUDIDAYA KACANG PANJANG

Tanaman kacang panjang ( Vigna sinensis L.)
sudah lama dibudidayakan oleh orang Indonesia.
sebenarnya kacang panjang berasal dari India
dan Afrika. Kemudian menyebar penanamanya ke
daerah-daerah Asia Tropika hingga ke Indonesia.
Klasifikasi kacang panjang adalah sebagai berikut
:
Divisi

: Spermatophyta

Kelas

: Angiospermae

Subkelas

: Dicotyledonae

Ordo

: Rosales

Famili

: Leguminoceae

Genus

: Vigna

Spesies : Vigna sinensis
Tanaman kacang panjang mempunyai sebutan
lain seperti kacang lanjaran (Jawa), kacang turus
(Pasundan), taukok

(Cina), sitao (Philipina),

kacang belut (Malaysia), paythenki, yardlong
bean dan asparagus bean. Tanaman ini mudah
tumbuh dengan baik di berbagai jenis lahan, baik
lahan sawah, tegalan bahkan pekarangan rumah.
Kacang panjang merupakan tanaman semusim
yang berbentuk perdu, bersifat memanjat dengan
Teknik bercocok tanam kacang panjang

1

Daun kacang panjang sangat baik bagi wanita yang sedang menyusui karena dapat memperbanyak air susu ibu.3 7. Bakteri tersebut berfungsi mengikat nitrogen bebas dari udara.7 0. Maka dari itu kacang panjang banyak ditanam oleh petani di pematang sawah baik monokultur maupun sebagai tanaman sela.1 3 Teknik bercocok tanam kacang panjang 2 . polongnya berwarna hijau berbentuk gilig dengan panjang sekitar 10 -80 cm. Selain itu kacang panjang banyak mengandung zat gizi seperti protein.7 50 0. Daunnya bersusun tiga-tiga helai. Tanaman sebagai penyubur tanah karena pada akar-akarnya terdapat bintil-bintil bakteri Rhizobium.A (RE ) Vit. vitamin A dan vitamin B. sedangkan bunga kacang panjang seperti kupukupu berwarna biru muda. B (m g) 44 2. Nilai gizi kacang panjang dan daun kacang per 100 g bahan : Energ i (Kal) Prot ein (gr) Lem ak (gr) Karb o (gr) Ca (m g) P (m g) Fe m g) Vit .membelit.8 49 437 0. artinya sebagai sayuran polong dan sebagai penyubur tanah. Kacang panjang bersifat dwiguna. kalori.

selain itu benih dapat diperoleh dari polong kacang panjang yang sudah masak pohon dengan ciri-ciri polongnya kering dipohon serta berasal dari tanaman yang sehat dan berproduksi banyak. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari dan curah hujan berkisar antara 600-2. Jenis pertumbuhannya tanah yang cocok adalah latosol ( 0- untuk lempung berpasir).5 – 6. A.000 mm/tahun.5. Waktu tanam yang baik adalah awal atau akhir musim hujan. Suhu udara yang dibutuhkan adalah 18-32º C dengan suhu optimal 25 ºC. regosol dan alluvial dengan pH 5. Persiapan Benih Salah satu menentukan faktor penting keberhasilan usaha yang tani sangat kacang panjang adalah mutu benih. Karakterisktik benih yang bermutu tinggi adalah sebagai berikut : Teknik bercocok tanam kacang panjang 3 .PERSYARATAN TUMBUH Kacang panjang dapat ditaman setiap saat dan dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 800 m dpl. Benih bersertifikat dapat diperoleh di toko pertanian.

2.1. Daya tumbuh tinggi. dan jumlah benih perlubang tanam. jumlah Teknik bercocok tanam kacang panjang 4 . gulma atau biji tanaman lain. tidak keriput. lebih dari 80 %. Jumlah benih yang dibutuhkan per luas sangat ditentukan oleh varietas. jarak tanam. 3. daya kecambah 85 %. bernas dan bebas dari gigitan serangga. Kebutuhan benih per luas lahan dapat dihitung menggunakan rumus : B = 10. Tidak tercampur dengan varietas lain atau dapat dikatakan tingkat kemurniannya tinggi. 5. Memilik kecepatan tumbuh ( vigor)yang baik. 4. Tidak tercampur dengan kotoran. yakni antara 98 %-100 %. jarak tanam 70x30 cm. Biji berwarna mengkilat.000 x (100/P) x (100/Q) x ( 100/r) x ( s/100) x t x 1 gr Keterangan : B = Benih yang diperlukan (g) P = Jarak tanam antar barisan (cm) Q = Jarak tanam dalam barisan (cm) r = Daya tumbuh benih (%) s = Bobot per 100 butir benih (g) t = Jumlah benih per lubang tanam Contoh penggunaan rumus: Jika bobot per 100 butir benih ±20 g. lahan tingkat kesuburan tanah.

Pengolahan Tanah Lahan yang akan ditanami kacang panjang sebaiknya diolah dengan tahapan : 1. Diantara bedengan dibuat saluran drainase dengan lebar 30 cm.4 Kg) Benih yang akan ditanam harus diseleksi dahulu dengan cara merendam benih dalam air. Buat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter. Teknik bercocok tanam kacang panjang 5 . 3.benih per lubang 2 butir. Benih yang tenggelam adalah benih yan baik untuk ditanam.000 x (100/70) x( 100/30)x (100/85) x (20/100) x 2 x 1 g = 22.408 g (±22. sedangkan benih yang mengambang tidak baik untuk ditanam. Cangkul lahan penanaman hingga gembur dengan kedalaman 20-30 cm. 2. tinggi 20-30 cm dan panjang sesuai dengan lahan yang tersedia. B. Berapa benih kacang panjang (kg) yang diperlukan untuk satu hektar lahan? Jawab: B = 10.

5.5 ton/ha. Sebaiknya dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang 10-15 ton/ha satu minggu sebelum tanam. Benih biasanya berkecambah setelah 5 hari. Penyulaman Teknik bercocok tanam kacang panjang 6 .4. Penanaman Kacang panjang sebaiknya ditanam pada awal atau akhir musim hujan pada musim kemarau dapat dilakukan penanaman dengan syarat kebutuhan airnya tercukupi. tipis tanpa dipadatkan. Untuk tanah yang mempunyai pH kurang dari 5. Sebelum ditanam benih sebaiknya direndam dulu dalam air ± 2-4 jam. Pemeliharaan 1. C. D. Lubang tanam dibuat menggunakan tugal sedalam 4-5 cm dengan jarak antar lubang tanam 25-30 cm dan jarak antar barisan 60-75 cm. Setiap lubang kemudian tanam ditutup diisi dengan dua tanah butir benih.5 diperlukan tambahan dolomite sekitar 11. Dibiarkan 2-3 minggu sebelum tanam.

sebelah tanaman.Untuk mengganti benih yang tidak tumbuh atau mati. Penyiraman dilakukan secukupnya saja. Kegiatan penyulaman selambat-lambatnya dilakukan 1 minggu setelah penanaman. belahan bambu dapat dipasang Ajir/lanjaran atau ajir di dibuat menggunakan dari kayu dengan panjang sekitar 2 meter. dilakukan penyulaman. Penyiraman Meskipun tanaman kacang panjang dapat tumbuh dengan baik dilahan kering. maka sore harinya dilakukan penyiraman. Setelah benih ditanam. Penyiraman bisa dilakukan dengan mengunakan gembor atau mengalirkan air melalui saluran disekitar bedengan. tetapi kebutuhan airnya tetap harus dipenuhi agar pertumbuhannya tidak terhambat. 2. Pemasangan Ajir Setelah tanaman mulai tumbuh dan tinggi mencapai 25 cm. Selanjutnya penyiraman rutin dilakukan tiap pagi atau sore hari. Teknik bercocok tanam kacang panjang 7 . sampai tanah cukup lembab. 3.

Kemudian diberi tali untuk merambatkan tanaman. Pemasangan tali yang mengikat tanaman dengan lanjaran dilakukan dua kali. tanaman muda Pemasangan ajir Masa berbuah 4.Pemasangan ajir dimaksudkan sebagai tempat merambatnya tanaman.Pemasangan ajir dilakukan 10 hari setelah tanam yaitu diantara dua lubang tanam. Penyiangan Pengendalian melakukan gulma penyiangan. Setiap lima lanjaran dipasangi silang lanjaran. dilakukan Penyiangan dengan dapat Teknik bercocok tanam kacang panjang 8 . yaitu pada saat tinggi tanaman 70 cm dan 150 cm.

6. Teknik bercocok tanam kacang panjang 9 .dilakukan secara manual dengan mencabuti rumput yang tumbuh. Selain sacara manul penyiangan dapat juga dilakukan dengan menggunakan herbisida. Pemberian pupuk anorganik dilakukan dua kali yaitu pada saat umur satu minggu dan tiga minggu setelah tanam. 5. Dengan pertumbuhan generative harus dilakukan tujuan dapat agar berjalan dengan baik. dengan dosis 1-2 ml per liter air. Pemupukan Selain pupuk dasar. tanaman membutuhkan pupuk anorganik untuk pertumbuhannya. Pemangkasan Apabila daun terlalu subur atau banyak cabang yang kurang produktif pemangkasan. Pemangkasan dilakuan pada saat tanaman belum berbunga atau sekitar umur 34 minggu dengan memotong pucuk sekitar 2-3 ruas menggunakan pisau tajam atau gunting setek. Bersamaan dengan penyiangan bisa juga dilakukan pendangiran yang berfungsi untuk menggemburkan tanah.

Pupuk diberikan dalam larikan yang berada diantara dua sisi barisan tanaman kemudian ditutup kembali dengan tanah. KCl 100kg/ha. Penanggulangan hama dan penyakit Beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kacang panjang adalah sebagai berikut : a. Ulat ini menyerang daun tanaman sehingga menjadi berlubang-lubang. Dilakukan pada saat menjelang berbunga sekitar 4 minggu setelah tanam. Gejalanya tulang terdapat daun. Ulat grayak (Prodenis sp). Tanaman tua yang terserang lalat kacang akan menjadi layu dan Teknik bercocok tanam kacang panjang 10 . terserang bintik-bintik pertumbuhan terhambat dan putih tanaman daun sekitar yang berwarna kekuningan. pangkal batang terjadi perakaran sekunder dan membengkak.Jenis pupuk yang diberikan adalah urea 100 kg/ha. Lalat kacang (Ophiomya phaseoli Tryon). Dosis pupuk dibagi dua kali pemberian. Pada serangan yang parah menyebabkan daun hanya tersisa tulangnya saja. Selain itu dapat pula diberikan pupuk daun. b. TSP 200 kg/ha.

Penyakit layu fusarium (Fusarium oxysporum).pertumbuhannya terhambat. Pada serangan yang parah akan mengakibatkan daun rontok. Sementara tanaman yang baru tumbuh dapat mati. e. Teknik bercocok tanam kacang panjang 11 . Kutu cracivora Koch). ulat bersarang daun (Aphis di Kadang-kadang dalam polong tanaman. Kutu bergerombol di pucuk tanaman dan berperan sebagai vektor virus. Penyakit ini menyerang daun dengan gejala berupa bercak-bercak kuning bulat pada daun. kemudian menjalar ke tangkai daun dan akhirnya daun menjadi layu. Ulat ini menyerang polong tanaman sehingga polong ditemukan berlubang. d. f. Gejalanya adalah bagian tulang daun pada mulanya menguning. Penyakit bercak daun (Cercospora sp). Gejalanya pertumbuhan terlambat karena hama mengisap cairan sel tanaman. Ulat penggerek polong (Maruca testulalis). Warna kuning ini juga dapat menjalar ke helai daun. c.

entomopatogen kimiawi dengan dan menggunakan insektisida untuk hama dan fungisida untuk penyakit. E.polong mudah dipatahkan.Pengendalain dapat dilakukan dengan cara tanam awal dan pergiliran serempak. penggunaan predator lingkungan. musim dan tinggi rendahnya daerah penanaman. Panen dan pasca panen Kacang panjang dapat mulai dipanen setelah umur 45-60 hari tergantung pada varietas. yaitu dengan memutar bagian pangkal polong hinga polong terlepas seluruhnya. Panen polong muda jangan sampai terlambat karena akan menyebabkan polong berserat dan liat. Teknik bercocok tanam kacang panjang 12 . Pemanenan dilakukan dengan cara dipetik. musuh alami maupun pengendalian sanitasi baik parasitoid. Ciri kacang panjang yang sudah siap panen yaitu polongnya tersisi penuh. dengan tanaman bukan penggunan mulsa jerami. warna polong hijau merata sampai hijau keputihan. tanaman kacang-kacangan.

Pemanenan dihentikan setelah tanaman berumur sekitar 3-4 bulan. Penerbit Kanisius Yogyakarta. H dan Cahyo Saparinto.Pemanenan sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan selang waktu 2 hari. Panen sayur secara rutin dilahan sempit. Budidaya Kacang-kacangan. 2000. Teknik bercocok tanam kacang panjang 13 . panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Penebar swadaya. Jakarta. Fachruddin. 2011. DAFTAR PUSTAKA Dwi Setyanigrum. L. Produksi kacang panjang bisa mencapai 15-30 ton/ha.

2012.http://penyuluhthl. Jakarta.wordpress. Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Teknik bercocok tanam kacang panjang 14 .com/2011/01/02/ha ma-dan-penyakit-tanamankacang-panjang/ PUSTAKA. Teknologi Budidaya Sayuran.