You are on page 1of 8

I.

RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMAMARY)
Jajanan Anak Sehat (JASAT)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Jajan,mungkin yang kita ketahui jajan adalah sejenis makanan ringan.Makanan
ringan ini memang banyak diminati oleh orang dewasa maupun anak-anak.Tapi
sebagian besar anak-anak lebih banyak menyukai makanan ini karena mereka merasa
tertarik dengan bentuknya yang menarik,beraneka ragam,dan rasanya yang
enak.Makanan ringan ini sering kita jumpai di depan sekolah SD,toko-toko,ataupun
di supermarket terdekat.
Namun tahukah anda,bahwa makanan ringan ini tidak sepenuhnya makanan yang
bergizi.Zat-zat yang terkandung dalam makanan ringan ini banyak yang berbahaya
bagi kesehatan.
JASAT menawarkan pelanggan dengan makanan anak sehat. Sate buah,
Puding buah, Susu Yogurt, Crepes, Pancake buah yang bentuknya bundar dan tipis,
biasanya dinikmati hangat menu dengan saus aneka buah-buahan, seperti blueberry,
raspberry, stroberi, atau madu. Makanan disajikan dengan gaya dan rasa yang lezat
dan sehat.
JASAT pertama kali dibuka di Bogor, JASAT akan berada di berbagai tempat
seperti mal, dan outletnya tersebar sekitar kampus, sekolah, dan perkantoran.
Meskipun banyak hidangan ringan yang disediakan dengan beragam penyajiannya,
tetapi JASAT memiliki cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat
untuk menu yang kami sediakan di JASAT.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara JASAT dengan
tempat makanan ringan lainnya adalah :

Produk yang berkualitas

Layanan konsumen yang extra

Lokasi yang strategis

Fasilitas yang maksimal

Desain dan atmosfer gerai yang cozy dan relax.

Cocok sebagai tempat berkumpul keluarga.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka café seluas 150 m², tetapi target
jangka panjang adalah meperluas cabang dengan beberapa café diseluruh wilayah
nusantara.

Konsep café ini berbeda dengan café dengan menu hidangan yang sama lainnya. Layanan Konsumen Yang Prima Tujuan perusahaan adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang akan diterima konsumen setiap kali mereka dating ke café JASAT. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen hidangan ringan yang lezat dan kualitas tinggi. 2. Selain itu juga. Menu diolah dengan dengan teliti dan professional untuk memberikan cita rasa yang berbeda dan unik serta modern dengan sajian yang menarik. ditawarkan hidanganhidangan pelengkap lain yang terjamin kualitasnya. Para pegawai mempunyai peranan penting dalam hal ini. Semua orang menyukai hidangan ringan yang lezat. BISNIS Konsep Bisnis Jajanan Anak Sehat (JASAT) adalah konsep café khusus hidangan makanan sehat yang diolah dengan adonan yang berkualitas dan dari bahan-bahan pilihan. Café ini yang akan dibuka pertama kali di Bogor dan dikembangkan di beberapa wilayah lainnya. ataupun gurih. manis. Dimana JASAT menyediakan fasilitas yang maksimal dan cozy antara lain ialah fasilitas internet dengan tempat yang pas untuk bersantai. motivasi tinggi. Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh JASAT yang membedakan dengan sesame café makanan sehat yang ada di Indonesia : Produk yang berkualitas tinggi Jajanan Makanan Sehat didirikan untuk menyediakan hidangan ringan yang berkualitas tinggi dan sehat. Rencana jangka menengah perusahaan adalah mengembangkan cabang baru dibeberapa wilayah. Rencana jangka pendek perusahaan akan café pertama seluas 150 m² di Bogor. 1. dan memiliki komitmen tinggi dalam melayani .II. Dan jangka panjang peruahaan adalah menjadi pemimpin pasar café hidangan ringan dengan menu utam. JASAT menawarkan menu dan tempat yang nyaman dengan menciptakan atmosfer untuk menikmati hidangan ringan yang lezat. cekatan. a. Oleh sebab itu. hal ini karena hidangan ringan dan bertemu di café dengan menu hidangan favorit bagi banyak orang merupakan kebiasaan dan kebutuhan. ramah. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru di kota-kota besar dan perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen. ceria. mal dan tempat-tempat strategis lainnya masih sangat terbuka. maka sangatlah penting bagi perusahaan dalam membina komunikasi yang baik terhadap pelanggan karena ini merupakan celah sukses bagi perusahaan. perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang-orang yang berpenampilan menarik. Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka café makanan sehat di sekitar sekolah.

Produk yang ditawarkan Meskipun menu utama yang ditawarkan adalah hidangan ringan makanan sehat disediakan juga berbagai hidangan lainnya.  Menu Pancake JASAT menawarkan berbagai jenis hidangan ringan andalannya adalah saus aneka buah-buahan.Puding buah. Perusahaan juga memberikan perhatian pada pelatihan. seperti blueberry. sate buah yang menyehatkan. b. 3. Karena pengunjung dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan. Harga . atau madu. dan kompensasi bagi hasil kerja para karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang prima.konsumen. stroberi. Desain cafe yang bernuansa lounge JASAT di rancang dengan suasana yang nyaman dan relax bagi pengunjung. Metode Pemasaran Café ini akan menerapkan strategi pemasaran yang dirancang agar para konsumen dapat mengingat selalu Jajanan Makanan Sehat ini dengan cara memberikan susu gratis pada minggu pertama setiap pembelian krepes dan pancake . Semua hidangan disajikan dengan bentuk dan tampilan yang manarik.  Menu lain yang ditawarkan Selain itu pelanggan juga dapat memesan aneka hidangan lainnya seperti Crepes. raspberry. 1. 4. pengembangan diri karyawan.

dengan meliputi hal-hal : o Menerima kritik dan saran dari pelanggan untuk kemajuan JASAT o Layanan karyawan : dengan melatih dan mendidik karyawan mulai pengunjung masuk.000.o Crepes Rp. Desain Gerai . o Pelanggan dapat rilex dengan bersantai dengan dilengkapi fasilitas internet / browsing.o Sate Buah Rp. sampai meninggalkan tempat harus dengan pelayanan yang benarbenar puas.5.000. Persediaan Barang dan Pemasaran Strategi pemasarannya ditunjukkan dengan memberikan edukasi dengan memberikan berbagai kreasi hidangan untuk selanjutnya agar para pelanggan tidak cepat merasa bosan .000. 4. duduk.10. Layanan Pelanggan Untuk meningkatkan kualitas layanan karyawan selain berpakaian rapi dan menarik serta sopan.6.6.Harga yang diperkirakan sudah diukur dan relative murah dengan yang lain dan berusaha juga untuk menkreasikan hal yang baru dengan mengkombinasikan bahan yang ada sehingga muncul ide kreatif yang baru untuk menu yang disajikan.000-8.o Aneka Yogurt Rp. dengan dilengkapi atribut seperti topi dan aksesorisnya dan setiap bebarapa bulan sekali peawai bersama-sama diajak gathering agar mereka makin semangat untuk bekerja dengan baik.10.o Puding Buah Rp. 3.Harga yang ditawarkan oleh Jajanan Anak Sehat menjual harga standar dengan warung minuman yang lainnya Berikut adalah daftar harganya : o Pancake banana split Rp.000.000. 2.

Pasokan Barang dagangan Bahan Baku yaitu berbagai macam rempah seperti tepung terigu. 6. kumpul . dan hangat.mentega leleh. PASAR Perlu dipahami segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran JASAT. .telur.30-21. dan rekan kerja. setiap hari Senin-Minggu III. Serta camilan kue tambahan 7. gula pasir. perilaku konsumen ke warung dan positioning yang akan digunakan oleh JASAT SEGMENTASI PASAR Dilihat dari segmentasi pasar Indonesia secara umum maka potensi segmen yang dijadikan sasaran Jajanan Makanan Sehat adalah segmen The networking Pleasure seeker.00. The Savvy Canquer dan The Spontaneous Fun Loving dengan kisaran masing-masing 20%. The Change Expect Lad. susu cair. relax.Operasi gerai dan manajemen Café akan dioperasikan oleh satu manajer café yang akan bekerja penuh waktu dan dua sampai empat orang pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu. garam. Dengan pembuatan konsep yang bekerja sama dengan arsitek desain interior. Jam Operasi gerai adalah pukul 06. baking powder.buah-buahan. Confident Estabilish. 5. teman-teman. Cocok untuk berkumpul para keluarga. Lokasi dan pilihan wilayah Pilihan lokasi yang strategis adalah di pusat kota bogor dengan criteria dipinggiran jalan raya sehingga lokasi mudah terjangkau. PERILAKU KONSUMEN KE CAFÉ PANCAKE CERIA Perilaku konsumen ke Jajanan Makanan Sehat khususnya masyarakat kota Bogor dan sekitarnya suka menikmati makanan sehat dengan mengobrol .Jajanan Anak Sehat akan dirancang dengan konsep cozy.

serta canda tawa ataupun mengadakan ulang tahun. mereka cenderung pergi keluar dan mencari tempat yang nyaman dan fun untuk bercerita . POSITIONING Untuk membuat rasa ingin tahu calon pelanggan . Dibuat fasilitas semaksimal mungkin demi kepuasan pelanggan. apalagi orang-orang jarang meluangkan waktu dirumah untuk berkumpul bersama teman . kepenatan dan sehat” . Maka dari situlah diambil kesempatan untuk membuat para konsumen betah dengan membuat fasilitas yang semakin membuat mereka nyaman berlama-lama hingga lupa waktu di tempat kami. Mengobrol atau sharing adalah kegiatan yang sehari-hari dapat dilihat di berbagai tempat . arisan mingguan bagi para kaum wanita muda bahkan cocok untuk dilakukannya acara meeting bagi pengusaha/ rekan kerja. salah satunya dengan cara menampilkan acara musik yang dilengkapi band-band muda zaman sekarang. maka Jajanan Anak Sehat ini mencari peluang walaupun banyak saingan tempat-tempat lain namun diberikan dan disajikan sesuatu yang berbeda sehingga dapat membuat konsumen sangat nyaman . Jajanan Anak Sehat merancang strategi positioning yang menarik Misalnya dengan menggunakan strategi positioningnya adalah : “Jajanan Anak Sehat” “café hidangan lezat …penghilang rasa stress.

semua pekerja akan berlokasi di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi sebagaian besar kalangan masyarakat karena letak lokasi dipinggir jalan raya. ibu-ibu dan bapak-bapak dengan keluarga. berger love. lokasi tempat . kalangan pelajar (mahasiswa/ anak sekolah). serta menu makanan yang disajikan. Pengetahuan dan Kreasi e. PERSAINGAN Persaingan yang utama adalah berkaitan dengan kualitas pelayanan. Kepuasan Pelanggan VII. semua pekerja akan bersaing dengan cafe lainnya seperti pizza kriuk. dan sebagainya. V.IV. Aspek Hukum c. VI. MANAJEMEN Struktur Manajemennya berkaitan dengan aspek-aspek : a. Kualifikasi Karyawan d. PROYEKSI KEUANGAN Modal . Pelayanan b. produk . PELANGGAN Pasar sasaran Jajanan Makanan Sehat adalah Pegawai (semua pekerja). dan fasilitas penunjang lainnya.

per bulan.PENJUALAN Asumsi penjulan tahap awal adalah rata-rata 100 orang setiap hari berkunjung untuk 1 tahun pertama. . GAJI Karyawan penuh waktu akan digaji sebesar Rp 800..000.