You are on page 1of 12

KESADARAN

Fasilitator:
Ns. Moh. Saifudin, S.Kep., S.Psi., M.Kes
Program Studi S1 Keperawatan
STiKes Hang Tuah
Surabaya

Kesadaran: Merupakan kemampuan individu mengadakan hubungan dengan lingkunganya serta dengan dirinya sendiri (melalui panca inderanya) dan mengadakan pembatasan terhadap lingkunganya serta terhadap dirinya sendiri (melalui perhatian). . Alam sadar: Alam yang berisi hasil-hasil pengamatan kita kepada dunia luar.

waktu dan orang dalam keadaan baik. Kesadaran normal: ditandai dengan individu sadar tentang diri dan lingkunganya sehingga daya ingat. kesadaran waktu tidur. perhatian. Trance dan kesadaran yang terganggu. kesadaran waktu disosiasi. hipnotis. kesadaran waktu mimpi. dan orientasinya mencakup ruang. . kesadaran meninggi. kesadaran menurun.Bentuk kesadaran: kesadaran normal.

apatis (acuh). somnolensi (mengantuk). subkoma dan koma (tidak ada respon dengan respon yang keras). somnambulisme. nightmare/pavor nocturnus. .Tingkatan menurunya kesadaran: Amnesia. sopor (ditandai hilangnya ingatan dll). Kesadaran yang meninggi: Contoh: mendengar suara lebih keras dll Gangguan tidur: Insomnia.

trance : keadaan kesadaran tanpa reaksi yang jelas terhadap lingkungan yang biasanya mulai dengan mendadak (kesurupan dll) b. Serangan histerik (biasanya untuk menarik perhatian). Hipnotis: Kesadaran yang sengaja diubah melalui sugesti. .Kesadaran waktu disosiasi: Pemisahan tingkah laku secara psikologik dari kesadaran. Dll. contoh: a.

ego dan superego. atau alam yang berisi kompleks-kompleks id. . yang tidak dapat diingat kembali karena ditahan oleh alam prasadar sebagai sensor.Alam tak sadar: daerah kesadaran yang berbagai ide dan afek yang ditekan.

ego dan super ego. Carl Gustav Jung jiwa manusia terdiri atas dua alam : sadar dan tidak sadar. prasadar dan tidak sadar. Ketidak sadaran merupakan tenaga utama dari kehidupan manusia. Sigmund Freud (1856-1939) Kesadaran merupakan sebagian kecil dari kehidupan psikis (fenomena gunung es).Teori alam sadar dan tidak sadar: 1. yang dibentuk dari id. . 2. membagi kesadaran menjadi : alam sadar.

Fungsi pendirian (irasional tanpa penilaian . Fungsi perasaan (irasional tanpa penilaian. sadar (indrawi). 4. Fungsi pikiran (rasional benar-salah) 2. Fungsi intuitif (rasional senang/tidak) 3.G. tak sadar (naluri). .Fungsi jiwa menurut C. Setiap manusia memiliki salah satu fungsi jiwa yang dominan. Jung: 1.

Keluar (ditujukan keluar diri/lahiriyah) Setiap individu berbeda dalam mengadakan orientasi pada dunia sekitarnya: contohnya: ada kecelakaan ada yang peduli ada yang acuh. Sehingga muncul teori (tipolog Jung): Yaitu : tipe manusia introvert dan ekstravert. Kedalam (ditujukan kedalam diri/batiniyah) 2. Individu yang kesadaranya introvert maka ketidaksadaranya adalah ekstravert dll. 2 arah: 1. .Energi psikis memiliki.

Manifestasi ketidaksadaran dapat berupa.Struktur ketidak sadaran. Bentuk khusus isi ketidaksadaran. . mimpi dan archetypus. terdiri atas ketidak sadaran pribadi dan kolektif.animus. symtom dan kompleks-kompleks. bayang bayang. imago. proyeksi. anima.

2009) . dan hati nurani adalah penuntun kebenaran itu” (Oedheen. bahwa dirinya mampu untuk berbuat yang terbaik menurut hati nuraninya.“Orang yang sadar. pastilah dia adalah orang yang benar” “baik belum tentu benar.

amin .Terimakasih. selamat belajar semoga sukses.