You are on page 1of 6

TUGAS

ETIKA PROFESI TI DAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
E-BUDGET

NI WAYAN SRI LESTARI

(1204505046)

I WAYAN WIDARMA EKA PUTRA

(1204505054)

I MADE SURYANATA

(1204505055)

PARANGKAN NURTANTIO QUIDAR

(1204505067)

JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
2015

contoh pembuatan satu pengajuan untuk biaya tol. Berkas-berkas biaya ini biasanya dibuat oleh admin dan dikumpulkan terlebih dahulu. kemudian akan diadakan evaluasinya setiap bulan oleh perusahaan. Ada divisi yang memiliki budget yang berlebih dan ada juga yang kurang untuk biaya kegiatan yang dikeluarkan. Perusahaan menentukan budget masing masing divisi untuk kemudian pengelolaannya dan penggunaannya diserahkan ke masing masing divisi. sedangkan biaya promosi harus melalui dua kali persetujuan. Dari tiap tiap pengajuan biaya yang dikirimkan oleh admin. perjalanan dinas. Pembuatan pengajuan biaya ini biasanya berisi informasi tentang total biaya penggabungan saja dari beberapa transaksi yang digunakan. yang . tentu saja ini menyebabkan terhambatnya kegiatan operasional dan promosi yang akan dilakukan. Biaya-biaya operasional dan promosi yang digunakan oleh masing masing divisi haruslah melalui persetujuan dari atasan terkait. admin menunggu hingga proses claim selesai dilakukan dan diberikan rekap claim yang sudah di proses dari pengajuan biaya yang ada. Dana dalam bentuk uang digunakan sebagai modal yang selanjutnya akan digunakan oleh masing-masing divisi yang terdapat pada perusahaan. Seringkali atasan terkait melakukan perjalanan dinas sehingga untuk persetujuan harus menunggu hingga atasan kembali. Setelah mendapatkan semua persetujuan maka akan diserahkan di pihak accounting. Latar Belakang E-Budget Sebuah perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulan semua faktor produksi.1. Dari masalah budget tersebut maka kebijakannya dirubah menjadi tiap-tiap divisi mengajukan budget ke perusahaan untuk penggunaannya diserahkan kemasing-masing divisi. lampiran surat program untuk bukti claim dan lain lain. bensin. Berkas-berkas ini di rekap dalam sebuah file excel. Proses closing sering terlambat melebihi target. tergantung dari jenis biaya yang dikeluarkan. Salah satu faktor produksi yang penting adalah dana. Setelah berkas dikirimkan ke accounting. entertain. maka tiap tiap transaksinya di pisahkan kembali sesuai dengan account yang memang sudah dibentuk di accounting. Untuk operasional hanya melalui persetujuan dari manager.

Sehingga monitoring sangat sulit dilakukan dan akan terlihat ketika sudah di akhir. memudahkan proses pelaporan. Badan Perencanaan Kota (Bappeko). Tim Peneliti berhak membuat perubahan 3 komponen yang diajukan SKDP. Tim Data. Bertugas menentukan program dan 5 anggaran SKDP. Administrator. menghapus komponen dan mengunci 4 komponen. 2. Anggota Dewan dapat melihat usulan perencanaan setiap satuan 6 kerja. Tim Peneliti. Pencatatan manual di divisi lain dengan pencatatan di aplikasi accounting adalah menggunakan sumber yang berbeda sehingga untuk mengetahui data secara update sangat sulit. Dapat mengakses semua akses user dan mengunci kegiatan yang sudah diusulkan satuan kerja. Tujuan manfaat E-Budgeting antara lain salah satunya adalah dalam rangka menutup celah untuk melakukan tindak kriminal misal korupsi anggaran perusahaan di masa mendatang. Melihat hal tersebut diatas maka team IT berinisiatif hendak membangun system aplikasi yang mampu memecahkan masalah tersebut diatas dengan menggunakan perangkat lunak yang bisa mengolah data dan dapat diakses oleh masing masing divisi dan accounting sehingga tiap-tiap divisi bisa memonitoring transaksi mereka masing-masing. Kelompok ini bertugas memeriksa komponen yang diusulkan SKDP kena pajak atau tidak kena pajak. Pihak yang berperan dalam E-Budgeting serta tugas dan peran masing-masing pihak dalam E-Bugdgeting untuk studi kasus EBudgeting Pemprov DKI Jakarta antara lain adalah sebagai berikut: 1 SKDP. Selain itu Tim Data dapat merubah komponen harga. Legislatif. data yang dibutuhkan selalu update. Setiap satuan dinas mempunyai login untuk mengisi usulan 2 kegiatan dan harga yang disesuaikan dengan anggaran yang diberikan. Kelebihan dan Kekurangan E-Budget . Merupakan kelompok yang ditunjuk untuk memonitoring anggaran dan usulan dari SKDP.menyebabkan terhambat pula pembuatan laporan ke manajemen perusahaan untuk pertanggungjawaban penggunaan budget.

5. Manajer perusahaan dan karyawan dengan tanggung jawab penganggaran dapat memperoleh akses ke anggaran melalui Internet. 2. Semua kegiatan dicatat untuk menyediakan jejak audit lengkap untuk mempertahankan kontrol. dll E-budget dapat membantu melakukan hal ini dan masih banyak lagi contoh lainnya. Aksesibilitas E-budget menyediakan akses anggaran dimana saja. solusi berbasis web memungkinkan departemen keuangan untuk menyalurkan energi mereka pada perumusan strategi bukan pada kertas kerja. 3. Sebagai contoh. Oleh karena itu. dan memperluas ketersediaan pengguna anggaran kepada masyarakat. Menghilangkan tugas akuntansi rumit: Membuat angka dari file yang berbeda. bonus. Manajer keuangan tidak memiliki waktu untuk tugas-tugas yang berulangulang tersebut. kapan saja. Keanekaragaman Karyawan di luar departemen keuangan tanpa memiliki pengetahuan keuangan juga dapat secara aktif berpartisipasi dalam proses penganggaran. Kelebihan E-Budget 1. dan komponen lainnya akan secara otomatis diperbarui. seorang manajer layanan pelanggan dengan tanggung jawab perencanaan tenaga kerja membutuhkan aplikasi untuk melakukan studi rinci individu karyawan dan bukan hanya kenaikan gaji. Fleksibilitas E-budget menyediakan fleksibilitas dari kinerja organisasi. 6. mereka dapat membuat perubahan dalam anggaran jika diperlukan. Strategic Planning Tool Sistem E-budget membantu membangun beragam jenis anggaran seperti modal. 4. cut dan paste. Setiap perubahan dapat ditampung dengan mudah dan langsung tanpa melalui latihan dalam memasukkan data. biaya. Selain itu. Keamanan E-budget menggabungkan "check-out atau check-in" otomatis pada proses yang menyediakan banyak fleksibilitas bagi distribusi pengguna. dan menjaga keamanan ketat untuk informasi sensitif.A. masuk dan mengupload data dan rekonsiliasi terus melakukan adalah tugas yang banyak. sumber daya manusia dan pendapatan dengan mudah dan . lembur.

tidak ada pertimbangan untuk menentukan apakah aktivitas tersebut merupakan alat terbaik untuk mencapai tujuan organisasi 5. Misalnya controller akan mengusulkan "apa yang akan terjadi jika kita meningkatkan pendapatan sebesar 15% atau memotong R & D sebesar 2%". 2. Hal ini mampu mendukung pembaruan massa dan perubahan melalui top-down dan bottom-up revisi. Tidak semua kegiatan dapat distandarkan dan diukur secara kuantitatif. Tidak terdapat kejelasan tentang penanggung jawab dan siapa yang menanggung dampak dari setiap keputusan. Aplikasi menunjukkan model hasilnya. 3. Permainan discount volume (harga eceran dengan harga partai tentu beda) . Misalnya membantu menentukan periode akuisisi aset dan juga menghitung depresiasi pada aset. Banyak jasa dan aktivitas pemerintah tidak dapat langsung terukur dalam satuan unit output atau biaya per unit yang dapat dimengerti dengan mudah.fleksibilitas. bahkan kadang kala tidak memungkinkan. 6. Cenderung menurunkan peran badan legislatif dalam proses perumusan kebijaksanaan dan penentuan anggaran. 7. 7. B. sehingga individu dapat dengan cepat memperkirakan implikasi dari keputusan mereka. Kadang kala. Kekurangan E-Budget 1. 8. Hal ini membuat pengumpulan data untuk keperluan pengukuran kinerja sangat sulit. Akun-akun dalam pemerintahan telah secara khusus dibuat dengan dasar anggaran yang dikeluarkan (cash basis). 4. Dengan kata lain. Hanya sedikit dari pemerintah pusat dan daerah yang memiliki staf anggaran atau akuntansi yang memiliki kemampuan yang memadai untuk mengidentifikasi unit pengukuran dan melaksanakan analisis biaya. aktivitas langsung diukur biayanya secara detail dan dilakukan pengukuran secara detail lainnya tanpa adanya pertimbanga nmemadai yang diberikan pada perlu atau tidaknya aktivitas itu sendiri. Perencanaan Contingency: E-budget memfasilitasi "what-if" dalam kemampuan modeling.

dan sebagainya. Jaminan atau komitmen kepada rekanan untuk memperoleh order. garansi atau jaminan purna jual. Saat pembelian/penjualan. i.Melakukan pengecekan lebihkan anggaran yang akan dengan teliti anggaran diajukan untuk kepentingan biaya sendiri Tim Peneliti Melakukan dengan apakah sesuai apa yang direncanakan perubahan Memberikan hukuman anggaran biaya yang telah yang tegas atas diusulkan oleh SKDP untuk perubahan yang telah Tim Data kepentingan tim peneliti Mengubah harga dilakukan dan Pemberian sangsi yang menghapus data yang penting tegas sehingga sistem menjadi kacau Badan Perencanaan Menentukan Kota (Bappeko) program tindak kecurangan pada saat penghapusan data yang Mengecek kembali tidak sesuai untuk SKDP apakah program sudah sesuai Administrator dalam dengan tugas yang diberikan Mengakses akun user untuk Pengawasan personel melakukan kejahatan atau dan mengganti data data dari user pemberian hukuman atas upaya tindakan kejahatan . harga. 3. itupun merupakan celah adanya korupsi. Mulai dari permainan spesifikasi teknis.9. Kecurangan yang bisa terjadi dan solusinya dalam E-Budget Nama Pekerjaan Permasalahan yang bisa terjadi Solusi SKDP Satuan dinas sengaja melebih.