You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN
1.1

Pengenalan Produk
Bermula dari kepedulian seorang wanita lulusan Farmasi ITB terhadap
kehalalan produk kosmetika yang beredar di pasaran Indonesia, Nurhayati, maka
terciptalah produk kosmetika halal sesuai dengan ketentuan syariah Islam,
“WARDAH” yang berarti bunga mawar. Produk WARDAH ini mengantongi sertifikat
halal MUI memberikan jaminan kebaikan produk.
Produk Wardah sudah dikenal masyarakat luas sebagai kosmetik halal dan
aman. Wardah Cosmetic menghadirkan kosmetika berformula inovatif yang aman,
halal, praktis, bahkan memenuhi kebutuhan dan selera setiap wanita. Sebagai
kosmetika

modern,

tiap

produk

Wardah

diracik

dengan

formula:

a.

Non Comedogenic: tidak menyumbat pori; mencegah komedo dan jerawat

b.

Oil Control: mencegah produksi minyak berlebih karena suhu panas

c.

UV Protection: mencegah efek buruk sinar UV A dan B pada kulit

d.

Non Photosensitisasi: tidak bereaksi terhadap cahaya matahari terlalu signifikan

karena zat pewarna yang digunakan aman.
Selain itu, Wardah memiliki tiga konsep kecantikan sebagai prinsip mereka:
a. Pure and Safe
WARDAH kosmetik dibuat dari bahan berkualitas dan terbukti aman serta halal.
b. Beauty Expert
WARDAH diformulasikan oleh para ahli farmasi dan kecantikan yang
menghadirkan produk berkualitas dengan inovasi terkini.
c. Inspiring Beauty
Kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Wardah

yaitu: Basic Series for Skin Care 1.2 Body Treatment Make Up Dekoratif Paket Haji dan Umroh Situasi Lingkungan Pemasaran Persaingan Berdasarkan Hasil Survey dari Frontier Consulting Group yang pada majalah marketing memperlihatkan rating produk lipstik yang masuk ke dalam top brand index (merek-merek yang tergolong sebagai merek yang top) pada tahun 2009-2012 seperti dalam tabel 1.1 berikut ini : .mendorong setiap wanita untuk senantiasa percaya diri dan peduli terhadap sesama. Produk “WARDAH” terdiri dari bermacam kategori sesuai jenis kulit dan kebutuhan customer. Kami menyebutnya ‘ kecantikan yang menginspirasi’.

Tren “hijabers”di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Wardah dengan memunculkan artis artis ternama hijabers seperti Inneke Koesherawati. Namun. . Targeting. dan Positioning. Segmenting atau segmentasi pasar adalah tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompokkelompok pembeli yang berbeda beda yang mungkin membutuhkan produkproduk dan kombinasi pemasaran yang terpisah. bisa dikatakan bahwa jantung pemasaran strategis modern dapat dijelaskan sebagai pemasaran STP. dll sehingga para remaja hijabers pun tertarik mengggunakan produk Wardah. Targeting atau penentuan pasar sasaran adalah suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar tersebut untuk dimasuki. Dewi Sandra. Targeting. BAB II PEMBAHASAN Analisis STP (Segmenting. Marshanda. Pada zaman sekarang ini. Wardah berhasil menunjukan keeksistensiannya selama tiga tahun terakhir dikarenakan strategi nya yang cukup berhasil dalam memasarkan dan menjualkan produknya. STP merupakan singkatan dari Segmenting. dan Positioning) dan Differentiation. namun umumnya produk tersebut memiliki kemiripan dalam hal khasiat dan kandungan produknya.Terlihat bahwa produk Wardah memiliki banyak pesaing/competitor. Beberapa wanita mulai sadar akan kesehatan dan jaminan kehalalan produk kosmetik yang mereka gunakan sehari-hari. Trend dan Perilaku Konsumen Kini bermacam-macam produk kecantikan beredar di pasaran. A. Hal ini dapat dilihat dari hasil survey yang menunjukan munculnya Wardah sebagai produk kosmetik yang mulai banyak digunakan oleh para konsumen wanita di Indonesia.

2 Targeting Target pasar dari produk wardah sendiri adalah muslimah usia 16 sampai 34 tahun.Kemudian yang terakhir.1 Segmenting Produk wardah pada awalnya memiliki segmentasi pasar yang masih luas. yaitu para wanita yang peduli akan kecantikan. maka kami mengkarakteristikan produk wardah dengan penjabaran sebagai berikut : A.. positioning atau penempatan produk merupakan langkah untuk menempatkan posisi barang atau produk untuk pada posisi bersaing dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar yang dimasuki. berpendidikan.3 Positioning Produk wardah menempatkan diri sebagai produk kosmetika muslimah dengan penekanan pada keunggulan kualitas dan mutu harga yang terjangkau (kelas menengah). Berdasarkan penjelasan di atas. A. Dikarenakan kejelian dari wardah melihat keadaan pasar di masa yang akan datang seiring bertumbuhnya kepedulian masyarakat Indonesia akan produk halal. berprofesi sebagai ibu rumah tangga maupun mahasiswa yang ingin memperoleh hasil terbaik dengan menggunakan produk kosmetika ini. A. dan memiliki sertifikat halal pada produknya yang . Produk kosmetik wardah melakukan segmentasi produknya Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan aspek demografi. psikografi dan perilaku konsumen dan berbasis religius. saat ini produk wardah telah mnejelma menjadi salah satu produk kosmetik ternama di Indonesia.

Diferensiasi pelayanan . wardah juga fokus untuk pelayanan optimal dengan menspesifikasi kembali sub induk produk berdasarkan body category. A. 1. 2.menggunakan bahan baku alami yang aman dan bebas alkohol. body concern dan juga skin concern.4 Differentiation Strategi Diferensiasi Produk Wardah Beauty terdiri dari lima (5) dimensi strategi diferensiasi: . Diferensiasi produk : Wardah memiliki berbagai macam variasi produk yang dibagi dalam 4 induk produk:  Skin Treatment  Body Series  Make Up  Haji & Umrah Tidak hanya itu. sehingga konsumen bebas memakainya setiap saat termasuk saat melakukan ibadah.

5. Diferensiasi citra Pada dimensi citra Wardah melabelkan produknya dengan citra kosmetik yang menggunakan bahan-bahan pembuatan yang halal di mana label produk kosmetik halal belum pernah ada di Indonesia. Diferensiasi personil Pada dimensi personil Wardah membudayakan untuk merekrut setiap karyawannya . Wardah dalam segi offline nya melakukan diferensiasi dengan menggandeng komunitas-komunitas hijabers dan mengadakan acara seperti goes to campus. 4. Untuk website wardah secara khusus membuat tab Beauty Lounge dimana konsumen bisa berkonsultasi maupun bertanya mengenai cara penggunaan maupun hal-hal lainnya bahkan untuk sekedar mengobrol biasa. Diferensiasi saluran Pada dimensi saluran distribusi Wardah menerapakan konsep retailer online dengan dua kategori. 3. B. Strategi ini cukup berhasil dengan terbukti banyaknya website online sebagai distributor wardah yang membuat wardha dapat menjangkau setiap pelangannya lebih luas.Pada dimensi pelayanan wardah mengoptimalkan fungsi online dan offline dalam berhubungan dengan pelanggannya. Analisis “Marketing Mix” (4P) B. Tidak hanya itu.1 Strategi Produk . sponsor. yaitu reseller cantik dan reseller inspiratif. Wardah juga memberikan info terbaru mengenai produk dan tips-tips kecantikan yang sangat membantu pelanggannya. hijab tutorial.

2 Pencitraan yang dibawa oleh Wardah sesuai dengan visi dan misi nya sebagai kosmetik Halal yang terus dijaga hingga sekarang yaitu cantik secara syariah.2 Strategi Price Berikut adalah harga yang ditawarkan produk Wardah di pasaran: . Produk Wardah saat ini mencapai 200 produk kosmetik halal meliputi kosmetik rias wajah hingga minyak wangi. 3 Dinamisnya Wardah memenuhi permintaan pasar. konsep yang mengusung kosmetika “halal dan Islami” tidak pernah tergoyahkan dan konsisten dijalani oleh perusahaan baik dalam pembuatan maupun pemasaran. Sehingga seolah-olah terpatri dalam pikiran konsumen ketika mendengar kata kosmetik alami maka akan teringat Wardah. Misal. B.1 Konsistensi dari konsep yang diusung Wardah selalu dipertahankan sehingga konsumen yang memang tertarik dan mendapatkan apa yang diinginkannya dalam produk Wardah akan setia menggunakannya. Beragamnya produk makin menambah konsumen sulit beralasan untuk pindah ke merk lain.

Selain aman dan halal. . sehingga bahan-bahan dari beberapa produk yang ditawarkan ada yang di import. dan cukup kompetitif. namun ia lebih merekomendasikan pembelian per paket sesuai jenis kulit dan kebutuhan customer sehingga customer dapat dengan mudah memilih paket kosmetik yang tepat untuk mereka gunakan melalui katalog dan Wardah Sales Girl yang cukup ramah dalam menjelaskan variasi produk Wadah.Berdasarkan analisis kami. produk Wardah menawarkan harga yang cukup mahal. Wardah sangat mengutamakan kualitas produknya. namun tidak murahan. Wardah menjual produknya per pieces.

Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar produk ini.4 Strategi Promotion Berdasarkan analisis Ansoff-Matrix yang kami lakukan. iklan .3 Strategi Place Produk ekspor ke negara yang baru contohnya dengan jaringan pemasaran kosmetik Wardah Indonesia yang telah menjangkau Malaysia. Kosmetik Wardah di Malaysia dan di Indonesia memiliki jenis dan kualitas yang sama.promosi penjualan dan mungkin lebih banyak sumber daya pribadi yang didedikasikan untuk menjual. hal ini dapat dicapai oleh kombinasi dari strategi harga yang kompetitif. Wardah menerapkan cara di atas dengan menyusun ulang strategi IMC (Integrated Marketing . tapi Wardah Indonesia bisa menggunguli Wardah Malaysia. B. Wardah menggunakan strategi berikut: 1 Penetrasi Pasar (Market Penetration) Dalam Penetrasi pasar Wardah berusaha untuk mencapai tiga tujuan utama: a.B.

Harga kosmetika produksi Wardah cukup terjangkau. dan lain sebagainya.termasuk: a. Aman dari dominasi pertumbuhan pasar karena target Wardah kaum muslimah. dalam hal ini dapat kita baca pada kasus di atas bahwa Wardah membuka Wardah Store yang mana selain membeli produk. mengikuti bazaar. Belakangan Wardah juga membuat online dan offline marketing campaign. contohnya memperkenalkan program loyalitas konsumen Implementasi penetrasi pasar sebagai strategi pemasaran di kondisikan sebagai "bisnis seperti biasa". tapi Wardah Indonesia bisa menggunguli Wardah Malaysia. c. konsumen juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti massage dan layanan konsultasi pelanggan di situs Wardah. stand khusus di mall. sehingga costumer Wardah tak perlu ragu untuk menjadi pelanggan setia Wardah. mulai dari menjadikan model muslimah ternama sekelas Inneke Koesherawati. Kosmetik Wardah di Malaysia dan di Indonesia memiliki jenis dan kualitas yang sama.Communication) nya. Geografis pasar baru misalnya produk ekspor ke negara yang baru contohnya dengan jaringan pemasaran kosmetik Wardah Indonesia yang telah menjangkau Malaysia. b. yang mana kaum Muslimah selalu mendominasi pertumbuhan pasar dalam bidang kosmetik. membership langsung mendapat diskon. 2 Pengembangan Pasar (Market Development) Ada banyak cara yang dilakukan Wardah untuk mengaplikasikan strategi ini. sampai mualaf selebritis menawan Dewi Sandra dan juga hingga barisan terdepan Sales Promotion Girl Wardah. kosmetik partner Jakarta Fashion Week. . Mulai dari hardsell. seperti iklan. Meningkatkan penggunaan oleh pelanggan yang ada.

seiring dengan pengembangan kualitasya. menyejukkan mata sehingga konsumen Ingin secepatnya mencoba dan mendulang manfaatnya. wardah jugamengembangkan jenis produknya. dengan soft sell seperti kegiatan belajar menggunakan hijab (hijabers beautyclass) dan sampai menjajaki kosmetik mengadakan event peragaan busana muslimah internasional di Inggris. d. Oil Control. bahkan ada produkkhusus untuk umroh dan haji. 4 Diversifikasi (Diversification) Dalam Diverifikasi. Non Photosensitisasi dan terdaftar di BPOM dan telah memperoleh sertifikat halal dari LPPOM MUI. Ada sekitar 200 produk. c. Wardahmengadakan blind test sebelumproduct launchinguntuk menjamin produkyang dihasilkan benar-benar berkualitas dan aman. UV Protection. Menerapkan kebijakan harga yang berbeda untuk menarik pelanggan baru atau membuat segmen pasar yang baru. Wardah cukup cerdas mendekati designer Dian Pelangi untuk menambah credit Wardah sebagai kosmetik yang digunakan Dian.Dalam pengembangan produk Wardah mengusung teknologi modern di bawahpengawasan dokter ahli kulit. . Dari tampilan luarnya atau kemasannya berwarna indah. Produk kosmetika Wardah demikian memikat hati konsumen. 3 Pengembangan Produk (Product Development) Selain produk yang mendapat Top Brand Award 2014 yaitu kategori bedakmuka dan lipstik. formulasi sesuai international dermatologiststandard dengan bahan-bahan alami yang berkualitas serta aman.b. dan diproduksi dengan formula Non-Comedogenic. Dimensi atau kemasan produk yang baru. Saluran distribusinya yang baru dengan pendistribusiannya dikelola sendiri dengan 30 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran yang mereka lakukan untuk meningkatkan profit dan menyebarkan perilaku konsumen agar lebih memilih produk yang aman dan halal. Market Development. Selain itu. setelah 29 tahun Wadah memasuki pasar di Indonesia. Strategi pemasaran yang dilakukan Wardah untuk mendongkrak penjualan berdasarkan analisis Ansoff Matrix. Wardah baru mulai menunjukan eksistensi nya di tiga tahun terakhir. . antara lain: Market Penetration. Product Development. dan Diversification.BAB III PENUTUP 3. kekuatan Wardah terletak di strategi Diferensiasi Citra di mana Wardah merupakan cosmetic brand pertama di Indonesia yang berlabel halal dan pastinya aman sehingga target pasar yang merupakan para muslimah percaya dan yakin dengan produk Wardah.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang kami lakukan.