You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang
Pada perkembangan dunia teknologi zaman sekarang pada bidang

pendidikan pula mengalami perkembangan. Pemerintah menetapkan dan
menerapkan kurikulum 2013 pada peserta didik yang ikut program belajar
mengajar pada tahun itu. Pada kurikulum 2013 ini, peserta didik dituntut untuk
lebih aktif dan kreatif dalam belajar dan guru hanya sebagai fasilitator dalam
proses tersebut.
Di Kota Palembang hampir seluruh sekolah telah menerapkan kurikulum
2013, khususnya SMA Negeri 6 Palembang. Di sana telah menetapkan dan
menerapkan kurikulum 2013 ini. Semua mata pelajaran telah menerapkan
program itu, salah satunya ialah mata pelajaran seni budaya.
Pada pelajaran kelas xii ini peserta didik mempelajari tentang seni rupa,
baik seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi. Pada semester ini peserta didik
dituntut untuk membuat karya seni rupa tiga dimensi. Seni rupa 3 dimensi
merupakan karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebar,
tetapi juga dibatasi oleh kedalaman contohnya tas belanja.
1.2

Tujuan
Adapun tujuan kami membuat makalah ini ialah :
1.Untuk member informasi tentang pembuatan tas belanja.
2.Untuk membuka wawasan kepada pembaca tentang pembuatan tas
belanja.
3. untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam hal mendesain
4. untuk mempromosikan kain motif jumputan khas Palembang

Dalam artian yang lebih luas.BAB II LANDASAN TEORI 2.1. . subjudul dan tubuh berita sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental. Prinsip keseimbangan ada dua. 2. garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud. Kesederhanaan Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Contohnya adalah ilustrasi. konsisten. Kemudian kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. 3. system. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya huruf judul. Keseimbangan Keseimbanagn adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.1 Hakikat Desain 2.1. Prinsip ini bias diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris.2 Prinsip Desain 1. 2. Kesatuan Kesatuan adalah kohesi. yaitu keseimbangan formal dan keseimbangan nonformal. komponen atau struktur.1 Pengertian Desain Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek.

sehingga ia ingin melihat danmembaca bagian desain yang dimaksud. Misalnya jarak antar kolom. Jika dalam konteks desain surat kabar ini bias dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan-perbandingan yang tepat. 2. 5. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.2 Hakikat Tas Belanja Tas belanja merupakan suatu alat atau media yang digunakan untuk menyimpan dan memindahkan suatu barang agar barang praktis untuk dibawa kemana saja. Penekanan Penenkanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca. nada warna. bentuk atau motif. jarak antar teks dengan tepi kertas. . Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang. Irama Irama merupakan pengulangan unsure-unsur pendukung karya seni.4. garis. ruang. serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama. Proporsi Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran serta kontras antara tekstur. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Hal ini mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. 6.

2. 2.1 Makna Simbolis . dan Malabis ini adalah bidang perusahaan kami. alasan kami menggunakan nama ini karena perusahaan kami adalah perusahaan yang bekerja pada bidang pembuatan pakaian islami yang berfungsikan sebagai media dakwah melalui pakaian.2.4. sehingga akan menimbulkan kesan bahwa sesama muslim itu bersaudara. dan brand yang sebenarnya adalah Akhi. tulisan. ukiran.3 Alasan pemilihan nama perusahaan Nama perusahan yang kami pilih adalah Akhi Malabis. atau pahatan pada kayu atau batu. dan nama Akhi Malabis sendiri itu diambil dari bahasa arab yang diamana arti “Akhi” adalah saudaraku dan “Malabis” adalah pakaian.4 Hakikat Motif Jumputan 2.4 Hakikat Ragam Hias Ragam Hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni.songket. Karya ini dapat berupa tenunan.

pada desain brand kami membuat desain retro. dengan adanya brand perusahaan pada kantong saku akan membuat penarikan perhatian orang-orang agar tertarik kepada perusahaan kami dan memperindah kantong saku tersebut. dengan adanya kantong saku seperti pada kantong saku yang ada pada celana jeans pada bagian belakangnya.1. dan pada bagian belakang adanya hadits tentang ajakan untuk berdakwah kepada umat islam kepada umat manusia untuk saling .5 cm 10 cm 30 cm BAB III 30 cm Pembahasan 3.1 Tahappersiapan 30 cm 30 cm 3.2.1 Konsepdesain 3.25 cm 2.2 Konsep desain yangdigunakkan adalah konsep pakaian jeans. dan jahitan coklat yang rapih dan tampak di luar bukan di dalam sehingga akan terlihat pola jahitan yang membentuk kantong saku dan pola jahitan lainnya. tetapi kami merubah konsep pakaian jeans menjadi konsep tas berlanja.

Siapkanalatdanbahanuntukmembuattasbelanja. Satukanlahpotongan-potongankain dengan menggunakan mesinjahithinggaterbentuktasbelanja. dan pada bagian tali 25 X 2. yang berbentuk seperti pada desain. 7. Kemudian jahit kantong saku yang telah di bordir pada bagian depan tas dengan benang jahit berwarna coklat. bagian samping 30 X 10 cm. bagian tengah kantong saku dengan mesin bordir yang sesuai dengan desain brand. 2. Bordir teks yang ada pada desain tas dengan mesin bordir . Buat kantong saku yang akan di jahit pada bagian depan tas.2 Tahap pembuatan 1. dan jahit dengan jahitan yang tampak di luar. Potonglahkaintasbelanjatersebutmenjadi dua bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang dengan ukuran 30 X 30 cm dan ukuran alas tas 30 X 10 cm. dan 4. potong kain jumputan dengan ukuran 30 X 10 cm Rapikanbagiankain yang telah dipotong dengancaramengobrasbagiankaintersebut. dengan gaya retro dan pemilihan font yang berbeda akan membuat orang tertarik untuk melihat dan membacanya.menasehati. 6. 5. 3. Alat dan bahan: Alat :     Gunting Mesinjahit Jarum jahit Mesin bordir Bahan :     Kain lea Kainjumputan Benang berwarna coklat Benang berwarna putih 3.5 cm. dan adapun ukuran yang kami buat pada bagian depan dan belakang tas berukuran 30 X 30 cm. Buatlahdesaintasbelanjasesuaidengan yang diinginkan. bagian alas 30 X 10 cm. . dan bordir pada 8.

Buatlah dua buah tali dengan panjang 25 cm dan lebar 2. dan satukan tiap tali pada bagian depan tas dan pada bagian belakang tas dengan mesin jahit dan 10.9. tas belanja siap untuk dipakai . benang berwarna coklat dengan jahitan yang timbul. Selesai.5 cm.