You are on page 1of 7

Tanda-tanda

bahaya pada
kehamilan

.2003). yang apabila tidak dilaporkan atau tidak terdeteksi bisa menyebabkan kematian ibu (Pusdiknakes.Pengertian Tanda bahaya kehamilan adalah tanda-tanda yang mengindikasikan adanya bahaya yang dapat terjadi selama kehamilan/ periode antenatal.

Tujuan Mengenali Tanda Bahaya Kehamilan Mengenali tanda-tanda yang mengancam bagi ibu hamil dan janinnya sejak dini. 2. 1. . Dapat mengambil tindakan yang tepat yaitu menghubungi tenaga kesehatan terdekat bila menemui tanda bahaya kehamilan untuk mendapat perawatan segera.

Trimester III .Trimester II.Macam-macam Tanda Bahaya Kehamilan Trimester I.

Demam Tinggi b. Perdarahan Pada Kehamilan Muda a) Abortus b) Kehamilan ektopik c) Mola hidatidosa Muntah terus dan tidak bisa makan pada kehamilan c. .Tanda Bahaya Kehamilan Trimester I (0 – 12 minggu) a. Selaput kelopak mata pucat d.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester II (13 – 28 minggu) Demam Tinggi Bayi kurang bergerak seperti biasa Selaput kelopak mata pucat .

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester III (29 – 42 minggu) Perdarahan Pervaginam  Sakit Kepala Yang Hebat  Penglihatan Kabur  Bengkak di muka atau tangan Janin Kurang Bergerak Seperti Biasa Pengeluaran Cairan Pervaginam (Ketuban Pecah Dini) Kejang  Selaput kelopak mata pucat Demam Tinggi .