You are on page 1of 7

Makalah Farmakologi Molekuler

Reseptor Tirosin Kinase Inhibitor
Imatinib

Disusun Oleh :
KELOMPOK 1
Nama Anggota : 1. Eva Karyati

( G1F014002 )

2. Fitri Wulan Ramadhani

( G1F014004 )

Nama Dosen Pembimbing : Hanif Nasiatul Baroroh, M.Sc., Apt.

JURUSAN FARMASI
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PURWOKERTO
2015

BAB I PENDAHULUAN Reseptor Tirosin Kinase Protein Tirosin Kinase (PTK) adalah enzim yang mengkatalisis proses fosforilasi dari residu tirosin. yaitu jalur yang berperan dalam pembelahan sel. Jumlah protein kinase tidak kurang dari 1000 macam. dan proliferasi sel. Jalur Jak/Stat yang diaktivasi oleh berbagai cytokines dan mengontrol sintesis dan pelepasan berbagai mediator inflamasi. Struktur Reseptor Tirosin Kinase Reseptor Tirosin Kinase ada beberapa macam family yaitu diantaranya EGF (epithelial growth factor). Reseptor Tirosin Kinase (Tyrosine kinase-linked receptor) adalah suatu protein transmembran yang memiliki tempat ikatan ligan pada sisi luar membran plasma dan hanya memiliki satu segmen transmembran atau dikatakan berbentuk monomer (Ikawati. PDGF. yaitu proses transfer ion fosfat dari ATP ke gugud hidroksil (OH) tirosin pada protein targetnya. yang terdiri dari 32 tirosin kinase seluler (nonreseptor) dan 59 reseptor tirosin kinase. NGF (nerve growth factor). dan reseptor insulin. Contohnya adalah pada reseptor cytokines (Ikawati. 2. Contohnya adalah reseptor growth factor seperti EGFR. pertumbuhan.2014). VEGF. Gambar 1. . dan M-CSF (macrophage colony stimulating factor). Jalur Ras/Raf/MAP kinase. dan yang teridentifikasi ada 91 jenis PTK. Signal transduksi pada reseptor tirosin kinase ada dua jalur. FGF (fibroblast growth factor).2014). VEGF (vescular endothelial growth factor). yaitu : 1. PDGF (platelet derived growth factor).

Gambar 2. Jalur MAP Kinase BAB II RESEPTOR TIROSIN KINASE INHIBITOR A. eosinofil. yang merupakan faktor utama bagi perkembangan kanker. Chronic Myeloid Leukemia adalah salah satu bentuk dari leukemia yang ditandai dengan meningkatnya dan pertumbuhan yang tidak teratur dari sel myeloid di dalam sum-sum tulang dan terakumulasi juga di dalam darah. Enzim tersebut dapat menempel pada protein tertentu di permukaan sel sehingga memicu sel tersebut untuk tumbuh dan memperbanyak diri. sel-sel yang diproduksi memiliki kerusakan pada reseptor proteinnya. Chronic myeloid leukemia adalah salah satu tipe penyakit myeloproliferasi yang dihubungkan dengan adanya translokasi kromosom yang disebut dengan philadelphia chromosome. Mekanisme Imatinib Imatinib Mesilat bekerja dengan menghambat signal di dalam sel kanker dan menghambat rangkaian reaksi kimia yang menyebabkan sel tumbuh dan berkembang. terutama pada domain sitoplasmiknya. Oleh karena itu. Translokasi ini mendekatkan gen bcr pada kromosom 22 dengan gen abl pada kromosom 9. Definisi Imatinib Imatinib Mesilat digunakan dalam terapi leukemia myeloid kronis. dan basofil). Pada pasien yang menderita chronic myeloid leukaemia atau gastro-intestinal stromal tumour (GIST). C. inhibitor kinase. Protein kinase dapat bermutasi menyebabkan pertumbuhan yang tidak diatur di sel. Reseptor Tirosin Kinase Inhibitor Tirosin kinase banyak ditemukan pada faktor pertumbuhan. seperti imatinib. Pertumbuhan sel dalam tubuh dikendalikan oleh sekumpulan senyawa kimia atau enzim yang disebut dengan faktor pertumbuhan. sehingga menghasilkan gen gabungan yang menyandi protein gabungan bcr-abl (Sweetman. 2009). Sean C. Chronic myeloid Leukemia adalah gangguan pda sum-sum tulang dimana terjadi proliferasi dari granulosit yang matur (neutrofil. B. Reseptor tersebut mengirimkan signal untuk tumbuh dan . dimana transplantasi sum-sum tulang belakang tidak dapat digunakan sebagai terapi pertama dan untuk leukemia myeloid kronis pada fase kronis setelah rusaknya interferon alfa. sering dimanfaatkan sebagai pengobatan kanker efektif.

berkembang pada sel-sel yang tidak memiliki faktor pertumbuhan. Gambar 3. dan diabsorbsi baik secara oral dengan konsentrasi puncak dalam darah terjadi setelah 2-4 jam. 2009). yang terjadi tanpa stimulus dari luar. insomnia. Farmakokinetik Imatinib Mesilat diberikan secara oral dengan dosis 400 mg/hari setelah makan. Ekskersi banyak dalam bentuk metabolitnya. Sean C. pusing. anemia.. parestesia Parestesia adalah sensasi kulit abnormal. hanya sekitar 25% yang diekskresi dalam bentuk tidak berubah (Sweetman. G. dispnea (sesak nafas). E. konjungtivitis (peradangan selaput mata). peningkatan BB. Imatinib Mesilat dikenal sebagai signal transductase inhibitor atau penghambat signal transduksi. reaksi kulit. Kemasan . Imatinib Mesilat dilaporkan berikatan dengan protein plasma sekitar 95%. Bioavailabilitas rata-rata sekitar 98%. F. trombositopenia. Sekitar 81% dari dosis dieliminasi dalam 7 hari pada feses (68%) dan urin (13%). karena dapat memblok signal pertumbuhan. Efek Samping Imatinib Efek samping dari Imatinib yaitu Netropenia (kekurangan sel darah putih). sakit kepala. gangguan gastrointestinal (saluran cerna). simvastatin. Senyawa kimia atau enzim yang dihambat disebut tyrosine kinase. sehingga Imatinib Mesilat juga dikenal dengan nama Tyrosine Kinase Inhibitor (Penghambat tirosin kinase) (Sweetman. gangguan penglihatan. anoreksia. kram otot. bengkak pada sendi. penokong CYP3A4. Imatinib Mesilat bekerja dengan mengidentifikasi reseptor yang cacat dan masuk kedalamnya dan mencegah sel tersebut untuk tumbuh dan berkembang. epistaksis (mimisan). Mekanisme Imatinib D. retensi cairan. 2009). Interaksi Obat Interaksi obat yaitu dengan Inhibitor CYP3A4. Sean C. gangguan daya pengecapan. parasetamol. seperti terbakar atau menusuknusuk. lakrimasi (kelebihan produksi air mata).

Perbedaan Imatinib dengan Obat kemoterapi yang lain Imatinib Selektif Tidak merusak sel sehat Menyerang Sel kanker secara molekuler dan menghambat pertumbuhan sel kanker BAB III DISKUSI Obat Kemoterapi Tidak Selektif Merusak Sel sehat Menghancurkan sel kanker . Kemasan Obat Imatinib H. Struktur Imatinib Gambar 5. Gambar 4.Tablet salut selaput 100 mg x 6 x 10.

trombositopenia. gangguan penglihatan. gangguan gastrointestinal (saluran cerna). Zullies. 2009. Marta T. NIM G1F014010) Jawaban : Imatinib dapat digunakan untuk penyakit yang lain. meskipun bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang kecil. yang terjadi tanpa stimulus dari luar. 2. ICC ini merupakan pacemaker pada usus yang berfungsi untuk mengatur motilitas dan peristaltik. tetapi kondisinya sehat dan tanpa cacat. mechanism of action and therapeutic interests for bone cancers. Sean C. kram otot. Sedangkan ibu hamil yang lain mengalami keguguran pada trimester pertama. transeluler segmen . dan bagian intraseluler. Bagaimana efek samping imatinib kepada ibu hamil ? (Ilmi Nur. anemia. NIM G1F014008) Jawaban : Pada Ibu hamil. Pharmaceutical Press.H. 2014. GIST ini diduga berasal dari interstitial sel cajal ( ICC) yang pada keadaan normal merupakan bagian dari system saraf otonom pada usus. 3. Apa efek samping dari Imatinib? (Charlina Detty V . sakit kepala. DAFTAR PUSTAKA Ikawati. 2 dari 3 ibu hamil yang menggunakan imatinib menunjukkan kesuksesan. 2015. yaitu penyakit Gastrointestinal Stromal Tumor (GIST). reaksi kulit. Mutasi ini menyebabkan fungsi c-kit tidak tergantung pada aktivasi stem cell factor sehingga terjadi pembelahan sel yang sangat cepat. Farmakologi Molekuler.I. Mekanisme imatinib ini menghambat pada reseptor growth factor c-kit sehingga tumor tidak dapat berkembang dan akhirnya akan mati.G. pusing. parestesia Parestesia adalah sensasi kulit abnormal. insomnia. anoreksia. seperti terbakar atau menusuk-nusuk.. France : www. Mutasi gen c-kit terjadi pada bagian intraseluler yang berfungsi sebagai tyrosin kinase untuk mengaktivasi berbagai enzyme.elsevier. contohnya penyakit apa dan mekanismenya bagaimana ? (Hamidah Raisa U.1. Jurnal of Bone Oncology : Receptor tyrosine kinases: Characterisation. Marie F. Dominique H. bengkak pada sendi. E Book Martindale : The Complete Drug Reference Ed 13.UK .com diakses 6 November 2015 Sweetman. peningkatan BB. Yogyakarta : UGM Press Segalyni A. epistaksis (mimisan). dispnea (sesak nafas). retensi cairan. C-kit terdiri dari extracelluler domain . gangguan daya pengecapan. Apakah Imatinib dapat digunakan untuk penyakit yang lain. konjungtivitis (peradangan selaput mata). Pada ICC ini terdapat gen c-kit yang meng-encode reseptor transmembran pada growth factor (stem cell factor) . NIM G1F014006) Jawaban : Efek samping dari Imatinib yaitu Netropenia (kekurangan sel darah putih). lakrimasi (kelebihan produksi air mata).