You are on page 1of 38

LAPORAN PRAKTIKUM

AGROKLIMATOLOGI
TAMAN ALAT dan PENGUAPAN

Oleh:
1)
2)
3)
4)
5)

WAYAN EKO WIDIANTO
(J1B013120)
WARDI SOFIYAN
(J1B013121)
WINDA PUSPITASARI (J1B013122)
WIWIN APRIYANDITRA
(J1B013123)
WIWIN OKTARIAULFA
(J1B013124)

TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PANGAN dan AGROINDUSTRI

1

UNIVERSITAS MATARAM

LAPORAN PRAKTIKUM
AGROKLIMATOLOGI
TAMAN ALAT dan PENGUAPAN

Oleh:
1)
2)
3)
4)
5)

WAYAN EKO WIDIANTO
(J1B013120)
WARDI SOFIYAN
(J1B013121)
WINDA PUSPITASARI (J1B013122)
WIWIN APRIYANDITRA
(J1B013123)
WIWIN OKTARIAULFA
(J1B013124)

TEKNIK PERTANIAN
2

FAKULTAS TEKNOLOGI PANGAN dan AGROINDUSTRI
UNIVERSITAS MATARAM

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIKUM
AGROKLIMATOLOGI
TAMAN ALAT dan PENGUAPAN

Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan mata kuliah Agroklimatologi
sebagai pelengkap nilai

3

Laporan ini disusun sesuai dengan standar ilmu pengetahuan.J1B013123 KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum wr.wb. Segala puji bagi Allah tuhan pencipta alam ini yang sudah dengan senantiasa memberi kami ridhaNYA sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya. Laporan ini disusun agar kita dan pembaca dapat mengetahui secara jelas taman alat BMKG Kediri dan proses penguapan. 4 . NIM.Mengesahkan Penanggung jawab Coordinator praktikum Kelompok L1 (I PUTU SILAWIBAWA) (WIWIN APRIYANDITRA) NIP.semoga apa yang kita perbuat senantiasa mendapat balasan yang setimpal sesuai dengan yang kita perbuat.

................................................. LATAR BELAKANG ................................. DAFTAR LAMPIRAN ...................... Semoga laporan ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat dan lebih luas untuk kita semua..................................................................................laporan ini masih memiliki kekurangan dan membutuhkan saran dan keritikan yang sifatnya membangun laporan ini untuk mencapai kesempurnaan................................................... TUJUAN PENULISAN .......... 14 Juni 2014 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL .......................................................... HALAMAN PENGESAHAN .....................................................................................Laporan ini memuat tentang “TAMAN ALAT dan PENGUAPAN” Karena ada hubungan alat-alat dengan fungsinya Penyusun mengucapkan terimakasih kepada dosen yang telah memberi pengarahan dan membimbing kami sehingga laporan ini mampu kami selesaikan...................................... DAFTAR GAMBAR .......................... Tentu laporan ini jauh dari kata kesempurnaan..................................................................................................................................................... DAFTAR ISI .................................. DAFTAR TABEL ...................................... KATA PENGANTAR.......................................................... Terimakasih Wassalam Mataram................................ 5 ..................................................................................... BAB I PENDAHULUAN A..............terimakasih kepada kalurga dan teman-teman yang telah memberi kami semangat untuk menyelesaikan laporan ini....................... B............

......ALAT-ALAT .................BMKG .... DAFTAR GAMBAR 1................................................BAB II TINJAUAN PUSTAKA SEJARAH BERDIRINYA STASIUN KLIMATOLOGI................................................................................................................................. BAB III HASIL PENGAMATAN dan PEMBAHASAN A.......................................................... DAFTAR PUSTAKA........................................................... B.............................. C.................. BAB IV KESIMPULAN dan SARAN KESIMPULAN ...........................................................................EVAPORASI ........................................................................ PENGUAPAN ............................................................................................. Denah lapangan taman alat BMKG Kediri......................................NTB 6 ...........................................................................

HV.simpler 4. Panci penguapan 7 .2. Anemometer 3.

Pothography 6. Thermometer tanah (tanah berumput dan tanah kering) 8 .5.

penunjuk yang menyatakan lintang pada waktu alat di setel. lensa cembung mengumpulkan sinar matahari ke suatu titik api. Campbel stokes Bagian-bagian alat : Bola gelas. tempat menyisipkan kertas pias. 9 . pengatur kertas pias. tiga buah sekrup menyetel kedudukan horisontal.7.

Silinder jam tempat meletakkan pias 6.Alat pengatur tinggi rendah selang gelas (siphon) 12.Tabung tempat pelampung 8.Tangki pena 7. Lebar corong 3.selang gelas 10 .8. Pintu penakar hujan 10.Bibir atau mulut corong 2.Tangki pelampung 5.Tempat kunci atau gembok 4. Pelampung 9. Alat penyimpan data 11. Penakar hujan helman Penakar hujan jenis hellman beserta bagian-bagiannya keterangan gambar : 1.

Tempat kunci atau gembok 14. Alat dan Bahan 11 .Panci pengumpul air hujan bervolum DAFTAR TABEL A.13.

sempler Air Bola Kering EVAPORASI Hasil pengamatan evaporasi tiap penggunaan lahan adalah sebagai berikut : Sawah Tegalan Kebun Campur Kebun Rumput mm0 20 20.B.8 mm1 19.8 BAB I PENDAHULUAN A.6 mm2 19.7 19.9 19. LATAR BELAKANG 12 .4 20 20.3 19.5 19.8 20. No 1 2 3 4 5 6 7 Nama Alat Alat Tulis & Buku Flash Disk Kamera Penakar hujan helman Penakar hujan obsivaturium CAMPBELL STOKES Thermometer Bola Basah 8 (BB) Thermometer 9 10 11 12 (BK) Thermometer Maximum Thermometer Minimum Anemometer Thermometer Tanah Gundul 13 14 15 & Berumput Panci penguapan terbuka HV.6 18.

Penguapan ialah perubahan air dari keadaan cair kekeadaan gas. Curah hujan sering disebut prepitasi. Rata-rata molekul tidak memiliki energi yang cukup untuk lepas dari cairan. Terkadang transfer energi ini begitu berat sebelah. Jumlah uap air yang terkandung dalam udara merupakan indikatir potensi atmosfer untuk terjadinya prepitasi. Uap air adalah gas yang tidak berbau. cairan akan berubah menjadu uap dengan cepat. Kandungan uap air di atmosfer hanya kurang dari 2% dari total volume di atmosfer. Evaporasi (penguapan) terjadi ketika air dipanaskan oleh sinar matahari. Kadungan uap air dapat bervariasi antara 0% hingga 3% di daerah lintang menengah dan dapat mencapai 4% di daerah tropika basah. Agar supaya air dimanamana dapat menguap. tergantung bagaimana mereka bertumbukkan. Proses ini adalah kebalikan dari kondensasi. uap air ialah air dalam bentuk dan keadaan gas. kebasahan) udara. Ketika molekul-molekul saling bertumbukkan. molekul tersebut dapat terbang ke dalam gas dan menguap. sehingga salah satu moleul mendapatkan energy yang cukup buat menembus titik didih cairan. Dalam atmosfer senantiasa terdapat uap air. Hujan baru turun bila butir-butir air di awan bersatu menjadi besar dan mempunyai daya berat yang cukup dan suhu dibawah awan haris lebih rendah daru suhu awan itu sendiri. maka butir-butir air yang tealh besar dan berat jatuh sebagai hujan. mereka saling tukar energi dalam berbagai derajat. Semua uap air dalam atmosfer disebabkan kerana penguapan.Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul didalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Kadar uap air di udara disebut lengas (kelembaban. Umumnya penguapan dapat dilihat dari lenyapnya cairan secara berangsur-angsur ketika terpapar pada gas dengan bolume signifikan. tidak terlihat dan tidak berwarna. andai kata air tidak meresap kedalam tanah. uap air merupakan sub=mber prepitasi seperti hujan dan salju. Jumlah yang lepas 13 . permukaan molekul-molekul air memiliki cukup eergi melepaskan ikatan molekul air tersebut kemudian terlepas dan mengambang sebagai uap air yang tidak terlihat di atmosfer. Bila tidak. Prepitasi adalah air dalam bentuk cair atau padat yang mengendap ke bumi yang selalu didahului oleh proses kondensasi atau sublimasi atau kombinasi keduanya yang sering dinyatakan dalam (mm). adanya awan belum tentu turunnya hujan. Bila ini terjadi di dekat permukaan cairan. Curah hujan yang dinyatakan dalam millimeter (mm) yaitu tinggu lapisan air yang jatuh di atas permukaan tanah. maka diperlukan suatu jumlah panas yang tertentu. mengalir atau terjadi penguapan akan mempunyai bolume liter. Hujan turun dari awan.

Jadi pada pengupan diperlukan atau dipakai panas. Seperti diketahui penguapan. Kandungan uap air dalam udara hangat lebih banyak daripada kandungan uap air dalam udara dingin. Hal ini sangat penting dalam atmosfer dalam hal pemeliharaan sejumlah panas. Uap air berubah menjadi titik-titik air. tetapi dapat juga terjadi langsung dari tanah dan lebih-lebih dari tumbuhan Dalam kehidupan di bumi ini kelembaban udara merupakan salah satu unsur penting bagi manusia. bakau tersebut akan berkembang dan berproduktifitas dengan maksimal.5% pada 0 °C (32 °F). Dalam bidang pertanian kelembaban udara biasanya digunakan untuk meningkatkan produktifitas dan perkembangan tumbuhan budi daya. Konsentrasi air di udara pada tingkat permukaan laut dapat mencapai 3% pada 30 °C (86 °F). Perubahan tekanan sebagian uap air di udara berhubungan dengan perubahan suhu. Udara yan mengandung uap air sebanyak yang dapat dikandungnya disebut udara jenuh. dan tidak melebihi 0. sebaliknya jika bakau tersebut di tanam pada daerah yang mempunyai kelembaban yang rendah maka bakau tersebut tidak akan berproduktifitas dan berkembang secara maksimal. Kelembaban udara juga menentukan bagaimana mahluk hidup tersebut dapat beradaptasi dengan kelembaban yang ada di lingkungannya. tidak hanya terjadi pada permukaan air yang terbuka saja. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut. Kalau udara banyak mengandung uap air didinginkan maka suhunya turun dan udara tidak dapat menahan lagi uap air sebanyak itu. kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. hewan dan tumbuhan. Dapat dianalogikan dengan sebuah termometer dan termostat untuk suhu udara. Alat untuk mengukur kelembapan disebut higrometer. kelembaban spesifik dan kelelembaban relative udara yang menyatakan 14 . Sebuah humidistat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan udara dalam sebuah bangunan dengan sebuah pengawalembap (dehumidifier).disebut panas pengembu. Ada tiga macam pendekatan udara yang digunakan dalam bidang pertanian diantaranya kelembaban mutlak. Kelembaban udara adalah tingkat kebasahan udara karena dalam udara air selalu terkandung dalam bentuk uap air. misalnya tanaman bakau yang ditanam pada daerah yang berkelembaban tinggi. Dengan mengetahui kelembaban udara yang ada dilingkungan tempat yang akan di tanam tumbuhan. kita dapat menentukkan pemilihan jenis tanaman yang sesuai. sedangkan pada pengembunan dilepaskan panas. Kelembaban adalah konsentrasi uap air di udara.

Mempelajari prinsip kerja. Mengenal stasiun klimatologi dan alat-alat pengukur anasir cuaca yang biasa digunakan dalam bidang meteorology pertanian. menjelaskan. udara tiap-tiap 1 m3 maksimal dapat memuat 25 gram uap air pada suhu yang sama ada 20 gram uap air.nilai nisbi antara uap air yang terkandung dan daya kandung maksimum uap air diudara pada suatu suhu dan tekanan tertentu. 2) Kelembaban absolut / mutlak yaitu banyaknya uap air dalam gram pada 1 m3. karena akan berpengaruh dalam mengamati unsur-unsur iklim mulai dari temperatur. Contoh : 1 m3 udara suhunya 250 C terdapat 15 gram uap air maka kelembaban mutlak = 15 gram. Macam-macam kelembaban udara sebagai berikut : 1) Kelembaban relatif / Nisbi yaitu perbandingan jumlah uap air di udara dengan yang terkandung di udara pada suhu yang sama.maka lembab udara pada waktu itu sama dengan 20/25 x 100 % = 80 % . 2010. Jika dalam suhu yang sama . cara penggunaan alat. Misalnya pada suhu 270C. maka Kelembaban B. untuk melakukan pengamatan cuaca dan iklim tidak boleh terhalang oleh bangunan. dan kelembapan 15 . yang dinyatakan dalam persen (%). bagai mana cara mengukur kelembaban udara serta alat-alat apa saja yang harus digunakan untuk mengukur kelembaban udara tersebut BAB II TINJAUAN PUSTAKA SEJARAH BERDIRINYA STASIUN KLIMATOLOGI Berdirinya Stasiun Klimatologi pada suatu daerah didasari pada kebutuhan masyarakat akan perlunya pengamatan iklim untuk diinformasikan pada masyarak luas agar dalam melakukan kegiatan bercocok tanam mereka mengetahui masa tanam dan masa panen yang baik. 2. lokasi stasiun Klimatologi Kelas 1 Maros sudah memenuhi standar karena dibangun diareal lahan yang jauh dari bangunan fisik. relatifnya = 15/18 X 100 % = 83.Khaeruddin. serta macam dan kualitas data yang dihasilkan dari sesuatu alat pengukur anasir cuaca 3. curah hujan. 1 m3 udara maksimum mengandung 18 gram uap air.33 %. TUJUAN 1. Sebab.

Secara luas meteorologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari atmosfer yang menyangkut keadaan fisis dan dinamisnya serta interaksinya dengan permukaan bumi di bawahnya. air dan iklim dimana data tersebut diperoleh. durasi penyinaran matahari dan suhu tanah . Pengamat cukup tersedia dan terlatih dengan baik serta bertempat tinggal tidak jauh dari stasiun klimatologi demi kelancaran pengamatan. oleh karena itu persyaratan stsiun klimatologi ialah lokasi. Masing-masing instrument harus menghasilkan data-data meteorology yang benar dan alat- alat tesebut tidak mudah rusak dan mudah dipelihara. kelembapan. Maksud dari stasiun meteorologi ini ialah menghasilkan serempak data meteorologis dan data biologis dan atau data-data yang lain yang dapat menyumbangkan hubungan antara cuaca dan pertumbuhan atau hidup tanaman dan hewan. Pembacaan alat mudah dilaksanakan dan mudah dicatat 4. Kebutuhan pokok stasiun klimatologi agar mendapatkan data yang benar diperlukan yaitu: 1. Klimatologi yang pengukurannnya dilakukan secara kontinyu dan meliputi periode waktu yang lama paling sedikit 10 tahun. 2. macam dan tinggi dasar awan. 1999.Pengamatan cuaca atau pengukuran unsur cuaca dilakukan pada lokasi yang dinamakan stasiun cuaca atau yang lebih dikenal dengan stasiun meteorologi. keadaan stasiun dan lingkungan sekitar yang tidak mengalami perubahan agar pemasangan dan perletakan alat tetap memenuhi persyaratan untuk menghasilkan pengukuran yang dapat mewakili (prawirowardoyo. suhu udara. arah dan laju angin. bagi stasiun klimatologi pengamatan utama yang dilakukan meliputi unsur curah hujan. Informasi meteorogis yang secara rutin diamati antara lain ialah keadaan lapisan atmosfer yang paling bawah. 3. Letak stasiun klimatologi harus memiliki hubungan tanah. Lokasi stasiun ini harus dapat mewakili keadaan pertanian dan keadaan alami daerah tempat stasiun itu berada. suhu dan kelengasan tanah pada 16 . banglash horizontal. 1996).Sudiira.Dalam pelaksanaan pengamatannya menggunakan hukum dan teknik matematik.

Sedangkan 17 . 1996). Dalam bidang pertanian. Kemampuan menyimpan air oleh tanah itu terbatas. mempunyai arti dalam kegiatan harian misalnya untuk pelaksanaan pemupukan dan pemberantasan hama.Ukuran utama dibuat di stasiun meteorologi danau vida.Jadi. Prakiraan permulaan musim hujan mempunyai arti penting dalam menentukan saat tanam di suatu wilayah. Prakiraan cuaca 24 jam yang dilakukan oleh BMG. durasi penyinaran dan reaksi matahari (Prawirowardoyo. bidang pertanian ini memanfaatkan informasi tentang cuaca dan iklim mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya (Setiawan. KLIMATOLOGI 1. dan kelembaban nisbi udara adalah unsur iklim yang penting. air. Meteorologi dan Klimatologi Meteorologi berasal dari dua kata yang mempunyai makna /arti yaitu Meteoros yang berarti benda yang ada di dalam udara dan Logos yang berarti ilmu/kajian. dan temperatur menjadi faktor yang penting. dan curahan lainnya. evaporasi. 2003). evaporasi. curah hujan. angin. temperatur tanah (Fontain. kelembaban relatif.Iklim mempengaruhi dunia pertanian. udara. Prakiraan cuaca baik harian maupun prakiraan musim. Dalam dunia pertanian. pemakaian alat untuk temperatur udara. 2002). suhu. Sebagian air meninggalkan tanah dengan cara transpirasi. menurut Wisnubroto (1999) ilmu prakiraan penentuan kondisi iklim atmosfer ini adalah untuk menentukan wilayah pengembangan tanaman. Misalnya pemupukan dan penyemprotan hama perlu dilakukan pada pagi hari atau ditunda jika menurut prakiraan sore hari akan hujan lebat. Stasiun meteorologi mengadakan contoh penginderaan setiap 30 detik dan mengirimkan kutipan statistik (sebagai contoh. dan drainase. mempunyai arti penting dan banyak dimanfaatkan dalam bidang pertanian.Untuk yang keras menyimpan modulmodul setiap 15 menit.Presipitasi.Hal ini dapat menghasilkan kira-kira 20 nilai dari hasil rekaman untuk penyimpanan akhir disetiap interval keluaran. rata-rata dan maksimum).berbagai kedalaman. jadi Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari proses fisis dan gejala cuaca yang terjadi di lapisan atmosfer (troposfer).

perubahan iklim). keterkaitan degan aktivitas manusia. Semua fenomena tentang cuaca dan hujan terjadi di lapisan ini. Banyak gejala atmosfer (awan. Jadi atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti planet termasuk bumi. badai guruh. Media transportasi peka cuaca (cumulonimbus: jalan maut). energi angin). Tempat pembuangan zat pencemar. Stratosfer lebih tebal di kutub dan tipis di equator bahkan sering tidak ditemukan di equator. Berikut adalah penjelasannya. Pertukaran panas banyak terjadi di lapisan troposfer bawah. 2. mengapa berbeda. Merupakan lapisan inversi. termosfer dan a. b. mesosfer . Batas yang menandai berakhirnya lapisan ini disebut dengan tropopause. Atmosfer sendiri mempunyai karakteristik. sehingga 18 . tidak berwarna dan dapat dimampatkan (kompresibel) Masa total 56 x 1014 ton. stratosfer.Atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan yaitu troposfer lapisan paling bawah dari atmosfer. Dapat dieksplorasi dan dieksploitasi (teknologi hujan buatan. hujan. Ketinggiannya lebih besar di daerah equator daripada di daerah kutub. badai tropis. Atmosfer Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu Atmos berarti lapisan uap dan Spaira yang berarti bulatan. Didalam troposfer Terdapat penurunan suhu. TROPOSFER Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling bawah. eksofer. Terjadi kenaikan suhu dikarenakan adanya lapisan ozonosfer (O3) yang menyerap radiasi ultra violet matahari. Atmosfer juga mempunyai kegunaan bagi bumi dan brperan penting seperti melindungi penghuni bumi dari radiasi matahari. STRATOSFER Stratosfer merupakan lapisan di atas tropopause. Di equator ketinggiannya terletak pada 18 km dengan suhu -80 οC. sedangkan di kutub hanya mencapai 6 km dengan suhu -40 οC. Karakteristik atmosfer tersebut adalah tidak tampak.Klimatologi berasal dari kata klima yang berarti kemiringan bumi (lintang tempat) dan logos yang berarti ilmu jadi klimatologi adalah ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan sifat iklim.

Fenomena El-Nino akan menyebabkan 19 . Arti penting atmosfer bagi kehidupan di bumi adalah melindungi kehidupan di bumi dari radiasi matahari yang kuat pada siang hari dan mencegah hilangnya panas ke ruang angkasa pada malam hari. Terletak pada ketinggian sekitar 60 km. Menurut Effendy (2001) salah satu akibat dari penyimpangan iklim adalah terjadinya fenomena El-Nino dan La-Nina. c. dengan suhu mencapai 0 οC MESOSFER Merupakan lapisan di atas stratosfer dengan ketinggian antara 60 – 85 km. Kerapatan termopause sangat kecil kirakira 10-13 kali kerapatan atmosfer permukaan tanah.4 οC setiap 100 m.pertukaran antara stratosfer dengan troposfer melalui tropopause sangat kecil. TERMOSFER Terletak di atas mesopause dengan ketinggian 85 – 300 km Ditandai dengan kenaikan suhu dari . Mesopause terletak pada ketinggian sekitar 85 km. karena lapisan mesosfe mempunyai keseimbangan radiasi yang negatif. Mencegah benda-benda asing masuk ke bumi. Suhu malam hari berkisar antara 300 – 1200 οC. Siang hari berosilasi antara 700 dan 1700 οC. Ditandai dengan adanya penurunan orde suhu 0. PENGUAPAN Trenberth. Bagian atas lapisan atmosfer dibatasi oleh termopause yang meluas dari ketinggian 300 km sampai pada ketinggian rumbai-rumbai bumi. Batas yang menandai berakhirnya lapisan ini adalah stratopause. yaitu 1000 km.100 οC sampai ratusan bahkan ribuan derajat. Di lapisan ini sebagian meteor terbakar. yaitu lapisan di dalam atmosfer yang mempunyai suhu paling rendah. Bagian atas mesosfer dibatasi oleh mesopause. kira-kira -100οC. Houghton and Filho (1995) dalam Hidayati (2001) mendefinisikan perubahan iklim sebagai perubahan pada iklim yang dipengaruhi langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia yang merubah komposisi atmosfer yang akan memperbesar keragaman iklim teramati pada periode yang cukup panjang. d. akan tetapi berubah dengan waktu. Suhu termopause adalah konstan terhadap ketinggian.

yang tidak dapat di lihat. Kondisi sebaliknya terjadi pada saat fenomena La-nina berlangsung. Perubahan iklim terjadi akibat adanya pemanasan global yang diakibatkan meningkatnya emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia. bulan basah (Desember. (2006) dalam Slamet dan Berliana (2006) menyatakan bahwa hasil uji statistik F untuk variansi curah hujan tahunan. Kabut dan awan adalah titik air atau butir-butir air yang melayang-layang di udara. Pada umumnya di wilayah benua maritim Indonesia memiliki variabilitas unsur iklim curah hujan yang lebih besar dibanding unsur iklim lainnya seperti suhu. et al. Kabut melayang laying dekat permukaan tanah. baru terjadi perubahan yang sifatnya variabilitas saja. Pada umumnya perubahan iklim tersebut ditandai dengan terjadinya kenaikan suhu udara di permukaan bumi dan naiknya paras permukaan laut. 2006). variabilitas iklim musiman (musim hujan dan kemarau yang berubah mendadak). April.layang di angkasa. Oleh karena itu. bulan kering (Juni. Kondisi tersebut biasa diikuti oleh kenaikan curah hujan yang disebabkan oleh kenaikan aktivitas konveksi (naiknya massa udara karena pemanasan) di wilayah tersebut. dan kelembaban udara (Qodrita dan Berliana. tekanan. kebakaran hutan. yang merupakan salah satu bagian dari atmosfer.penurunan jumlah curah hujan jauh di bawah normal untuk beberapa daerah di Indonesia. Februari). Nopember) atau sebaliknya dari musim penghujan ke musim kemarau (Maret. dan bulan peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan (September. 2006). transportasi. perubahan tata guna lahan dan sebagainya. Januari. tahunan (musim kemarau atau hujan yang berubah periodisitasnya) dan dekadal (kejadian iklim ekstrim seperti El Nino dan La Nina) tidak termasuk dalam kategori perubahan iklim. kalau awan melayang. 1988 dalam Slamet dan Berliana. Juli. Oktober. Agustus). fluktuasi curah hujan dari rata-rata baik bulanan maupun tahunan serta intensitas hujannya dapat menggambarkan perubahan iklim Murdiyarso (2003) dalam Berliana et al (2005) dalam Slamet dan Berliana (2006) menyatakan bahwa perubahan iklim adalah berubahnya intensitas unsur-unsur iklim (atau unsur cuaca) dalam jangka panjang ( ± 100 tahun). Supriatin. seperti industri. Mei) dan uji t terhadap rata-rata curah hujan perlakuan (katagori bulan) yang sama menyebutkan bahwa belum terjadi perubahan iklim. Uap air adalah suatu gas. Curah hujan adalah salah satu indikator perubahan iklim (Ahrens. 20 . Perubahan iklim ditandai dengan kenaikan suhu atmosfer yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Massa udara lembab adalah total massa dari seluruh gas-gas atmosfer yang terkandung. Seperti gas-gas lainnya. serta (3) metode termodinamika.jika massa uap air tidak diikutkan. Perbandingan antara massa uap air dengan massa udara lembab dalam satuan volume udara tertentu disebut sebagai kelembaban spesifik. Makin tinggi temperatur makin banyak uap air yang dapat dikandung oleh hawa (Hardjodinomo. Dalam atmosfer (lautan udara) senantiasa terdapat uap air. Molekul-molekul air yang mempunyai energi kinetik yang cukup untuk mengatasi gaya-gaya tarik yang cenderung untuk menahannya dalam badan air diproyeksikkan melalui permukaan air. termasuk uap air. 1986). Jika udara pada suatu temperatur sudah kenyang (jenuh) maka tekanan uap pada temperatur tersebut mencapai maksimum. Proses perubahan air menjadi uap air di sebut pengupan (vaporisasi atau evaporasi).pada benda-benda higroskopis. Tekanan tersebut dinamakan tekanan uap. Kelembaban udara ditentukan oleh jumlah uap air yang terkandung di dalam udara. yang makin lebih besar apabila temperatur naik. Tekanan uap itu adalah juga bagian dari tekanan udara semuanya dapat diukur dengan milimeter air raksa atau milibar. Total massa uap air per satuan volume udara disebut sebagai kelembaban absolut. Hampir semua uap di atmosfer adalah hasil penguapan dari permukaan air (Linsley. 1989). uap air juga mempunyai tekanan. maka laju penguapan naik menurut temperatur.Banyaknya uap air yang dikandung oleh hawa tergantung pada temperatur. Oleh karena energi kinetik bertambah dan tegangan permukaan berkurang ketika temperatur naik. 1990). Beberapa prinsip yang umum digunkan dalam pengukuran kelembaban udara yaitu (1) metode pertambahan panjang dan (2) berat. Angka maksimum tersebut disebut tekanan uap maksimum (Zailani. 2009 ). jumlah uap air dalam udara ini sebetulnya hanya merupakan sebagian kecil saja dari seluruh atmosfer. Alat pengukur kelembaban udara secara umum disebut hygrometer sedangkan yang menggunakan metode termodinamika disebut psikrometer (Gunarsih. Kadar uap air dalam udara disebut kelembaban (lengas udara). Kadar ini selalu berubah-ubah tergantung pada temperatur udara setempat. maka disebut sebagai massa udara kering( Anonim. Kelembaban udara adalah persentase kandungan uap air dalam udara. Yaitu hanya 21 . Tekanan uap adalah tekanan yang diberikan atau ditimbulkan oleh uap air sebagai bagian dari udara pada temperatur yang tertentu. 1975). Kelembapan udara menyatakan banyaknya uap air dalam udara.

Kelembaban udara dalam ruang tertutup dapat diatur sesuai dengan keinginan. Demikian pula halnya jika hidrat kristal garam-garam (salt cristal bydrate) tertentu dimasukkan dalam ruang tertutup makaair dari hidrat kristal garam akan menguap sampai terjadi keseimbangan potensi air( Lakitan. 1987 ). Jumlah uap air dalam udara ini sebetulnya hanya merupakan sebagian kecil saja dari seluruh atmosfer uap air ini merupakan komponen udara yang sangat penting ditinjau dari segi cuaca dan iklim ( Anonim. satuan lainya dipakai untuk menyatakan kandungan uap air( Guslim. tetapi dalam penggunaanya yang lebih sering. Semua uap air yang ada di dalam udara berasal dari penguapan. tetapi dapat juga terjadi langsung dari tanah dan lebih-lebih dari tumbuh-tumbuhan. dkk. maka air dari larutan tersebut akan menguap sampai terjadi keseimbangan antara potensi air pada udara dengan potensi air larutan. Kelembaban nisbi membandingkan antara kandungan/tekanan uap air aktual dengan keadaan jenuhnya atau pada kapasitas udara untuk menampung uap air. Sedangkan defisit tekanan uap air adalah selisih antara tekanan uap jenuh dan tekanan uap 22 . Seperti diketahui. Pengaturan kelembaban udara ini didasarkan atas prinsip kesetaraan potensiair antara udara dengan larutan atau dengan bahan padat tertentu. Penguapan dari tiga tempat itu disebut dengan Evapora (Karim. kelembaban nisbi (relatif) maupun defisit tekanan uap air. Pada proses penguapan diperlukan atau dipakai panas.. Kelembaban udara menggambarkan kandungan uap air di udara yang dapat dinyatakan sebagai kelembaban mutlak. Jika ke dalam suatu ruang tertutup dimasukkan larutan. Penguapan adalah perubahan air dari keadaan cair kekeadaan gas. Kelembaban mutlak adalah kandungan uap air (dapat dinyatakan dengan massa uap air atau tekanannya) per satuan volume. Kapasitas udara untuk menampung uap air tersebut (pada keadaan jenuh) ditentukan oleh suhu udara. Akan tetapi uap air ini merupakan komponen udara yang sangat penting ditinjau dari segi cuaca dan iklim ( Guslim. 2009 ). Kelembaban udara menyatakan banyaknya uap air dalam udara. sedangkan pada pengembunan dilepaskan panas.1985). 2009 ). 1994 ). penguapan tidak hanya terjadi pada permukaan air yang terbuka saja. Tekanan uap yang dinyatakan dalam minibar. Kandungan uap air atmosfer dapat diperlihatkan dengan berbagai cara.kira-kira 2 % dari jumlah masa.

Pada umumnya.R. Kapasitas udara untuk menampung uap air tersbeut (pada keadaan jenuh) ditentukan oleh suhu udara. Masing-masing pernyataan kelembaban udara tersebut mempunyai arti dan fungsi tertentu dikaitkan dengan masalah yang dibahas( Handoko. Defisit tekanan uap air adalah selisih antara tekanan uap air jenuh dengan tekanan uap aktual. 2009 ). Kelembaban udara menggambarkan kandungan uap air diudara yang dapat dinyatakan sebagai kelembaban mutlak. Kapasitas udara untuk menampung uap air (pada keadaan jenuh) tergantung pada suhu udara.aktual. curah hujanya kecil( Kartasapoetra. Masing-masing pernyataan kelembaban udara tersebut mempunyai arti dan fungsi tertentu dikaitkan dengan masalah yang dibahas. Dibidang pertanian kedua penguapan berjalan bersamaan. Penguapan yang diperankan oleh benda mati disebut evaporasi.442 23 . Penguapan adalah pengubahan cairan/es menjadi gas (uap air). 1994 ). Kelembaban mutlak adalah kandugan uap air (dapat dinyatakan dengan massa uap air atau tekanannya) persatu air aktual dengan keadaan jenuhnya atau pada kapasitas udara untuk menampung uap air. Proses ini merupakan komponen dasar daur hidrologi yang membutuhkan energi.k 2. kelembapan tertinggi ada di khatulistiwa sedangkan terendah ada pada lintang 40o daerah rendah ini disebut horse latitude.1979). rata-rata kurang lebih dari 2 % masa keseluruhan. Total masa uap air per satuan volume udara disebut kelembapan absolut ( absolute humidity ) umumnya dinyatakan dalam satuan kg/m3 ( Hanum. Sebagai contoh. Sedangkan pengembunan akan terjadi bila kelembaban nisbi telah mencapai 100% meskipun tekanan uap air aktualnya relatif rendah (Holton J. Sedangkan deficit tekanan uap air adalah slisih antara tekanan uap jenuh dan tekanan uap aktual. maka penguapan ini disebut evapotranspirasi. kelembaban nisbi(relatif) maupun defist tekanan uap air. Keadaan kelembapan diatas permukaan bumi berbeda-beda. 2009 ). Kelembabaan adalah banyaknya uap air yang ada diudara meskipun uap airnya hanya merupakan sebagian kecil saja dari atmosfer . Evapotranspirasi juga disebut kebutuhan konsumtif tanaman. Proses ini juga membutuhkan energi yang cukup besar yaitu l. 2004 ). sedangkan penguapan yang diperankan oleh tanaman disebut transpirasi. Pengembunan akan terjadi bila kelembaban nisbi mencapai 100%(Anonim. laju penguapan dari permukaan tanah lebih ditentukan oleh deficit tekanan uap air daripada kelembaban mutlak maupun nisbi. Proses ini bisa berlangsung pada permukaan bumi (benda mati) ataupun pada permukaan tanaman (benda hidup).

1882 ). Pengukuran evapotranspirasi meliputi evapotranspirasi potensial dan evapotranspirasi aktual. diameter 121 cm dan kedalaman panic 25. dan f(u) = fungsi kecepatan angin. ETo juga dapat diukur langsung dengan panci evaporasi.5 cm. Dengan demikian evaporasi ditentukan oleh jumlah air. suhu udara. Radiasi. es = tekanan uap jenuh pada suhu udara di permukaan air. No 1 2 3 4 5 6 Nama Alat Alat Tulis & Buku Flash Disk Kamera Penakar hujan helman Penakar hujan obsivaturium CAMPBELL STOKES 24 . Besarnua penguapan ini dapat digunakan sebagai dasar pemberian air dalam pot di suatu tempat.f(u) E = evaporasi . misalnya pada rumah kaca. suhu udara. kelembaban nisbi udara. yaitu panci evaporasi klas A. Doorenbos dan Pruitt (1977) menyatakan bahwa evaporasi permukaan tanah ditentukan oleh kejenuhan tanah. Alat dan Bahan C. rumput masih tumbuh aktif tanpa kekuranagn air (Doonrenbos dan Pruitt. Cara ini kurang teliti.KJ/kg air atau 583 cal/g air. Evapotranspirasi potensial (ETo) adalah penguapan air dari areal tanaman rumput hijau setinggi 8-15 cm dengan ketinggian seragam dan seluruh permukaan tanah teduh tanpa bagian yang menerima sinar matahari langsung. Pada penguapan ini terjadi hilangnya air dan terambilnya energi dari permukaan benda yang menguap. dan Penman. dan kecepatan angin. Pada acara ini akan dipraktikkan pendugaan penguapan air dengan panci evaporasi. tetapi setidaknya memberikan gambaran kasar berapa penguapan harian di suatu tempat. Prinsip utama penguapan adalah perbedaan tekanan uap di permukaan dan di udara ( Dalton. Eto ini dapat diduga dengan menggunakan rumus empiris. E = ( es-ed ). dan kecepatan angin. 1977). dan ed = tekanan uap pada suhu titik embun. Penguapan bisa dihitung secara gravimetri. Rumus yang digunakan dapat dengan metode Biancy-cridle.

Mahasiswa berkunjung ke kantor TAMAN ALAT BMKG KEDIRI.LOBAR dengan 2. menggunakan kendaraan masing-masing Mahasiswa mendengarkan materi yang disampaikan oleh petugas BMKG. Langkah Kerja 1. Mahasiswa melakukan pengamatan langsung terhadap alat-alat BMKG di 4.7 Thermometer Bola Basah 8 (BB) Thermometer Bola Kering 9 10 11 12 (BK) Thermometer Maximum Thermometer Minimum Anemometer Thermometer Tanah Gundul 13 14 15 & Berumput Panci penguapan terbuka HV. Mahasiswa mencatat informasi penting yang disampaikan petugas BMKG. 3. 5. BMKG 25 . Mahasiswa membuat laporan hasil pengamatan sesuai dengan sistematika yang benar BAB III HASIL PENGAMATAN dan PEMBAHASAN A. lapangan di dampingi oleh petugas BMKG.sempler Air D.

organisasi dan tatalaksana. kualitas udara dan geofisika memfasilitasi dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan swasta di bidang meteorologi. kecepatan angin. Bentu taman 26 . kelembaban udara. klimatologi. klimatologi. suhu udara. persandian. menginformasikan gempa. kearsipan. klimatologi. hukum. Tugas-tugas Klimatologi adalah membuat prakiraan cuaca. perlengkapan dan rumah tangga. kualitas udara dan geofisika. Tugas tugas tersebut didukung dengan berbagai data yang menjadi kajian dari BMKG sendiri. penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum. dan Geofisika (disingkat BMKG). penglihatan mendatar. tempat olah data serta tempat prakiraan cuaca dan musim. klimatologi. tekanan udara. Secara spesisfik tugas BMKG meliputi pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang meteorologi. kepegawaian. pengumpulan dan penyebaran. dan suhu tanah. Lokasi Stasiun BMKG / Klimatologi Semarang ini dari arah Tugu Muda sebelum Ereveld Kalibanteng. Taman alat-alat klimatologi merupakan tempat dimana terdapat berbagai alat-alat yang menunjang untuk pengambilan berbagai data seperti suhu. jumlah macam dan tinggi dasar awan. penyinaran matahari.Badan Meteorologi. kualitas udara dan geofisika koordinasi kegiatan fungsional di bidang meteorologi. Taman alat. ketatausahaan. kualitas udara dan geofisika penyelenggaraan kegiatan kerjasama di bidang meteorologi. dan geofisika. menginformasikan cuaca ektrim. Data-data yang dimaksud adalah keadaan cuaca. angin. Klimatologi. intensitas cahaya dan lai sebagainya. kualitas udara dan geofisika penyelenggaraan pengamatan. tempat pengambilan data. sebelumnya bernama Badan Meteorologi dan Geofisika (disingkat BMG) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementrian di Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi. membuat prakiraan musim hujan/kemarau. klimatologi. curah hujan. Terdapat berbagai tempat di dalam stasiun BMKG. keuangan. sosialisasi dan lain-lain. peringatan dini tentang cuaca maupun tsunami. pengolahan dan analisis serta pelayanan di bidang meteorologi. klimatologi.

limpasan. kanan-kiri tidak boleh ada bangunan/pohon yg tinggi.Hujan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia.Alat ini mencatat jumlah curah hujan yang terkumpul dalam bentuk garis vertical yang tercatat pada kertas pias. Salah satu alat penakar hujan yang sering dipakai ialah Penakar hujan jenis hellman. supaya terhindar dari gangguan binatang dll. B.Banyaknya curah hujan yang mencapai tanah atau permukaan bumi dalam selang waktu tertentu dinyatakan dengan ketebalan atau ketinggian air hujan tadi seandainya menutup proyeksi horizontal permukaan bumi tarsebut dan tidak ada yang hilang karena penguapan. dan infiltrasi atau penyerapan. Dibeberapa Negara banyaknya curah hujan masih dinyatakan dengan inchi. Cuaca merupakan suatu keadaaan fisis atmosfer sesaat pada suatu tempat dipermukaan bumi dalam waktu yang relative singkat.ini adalah sebidang tanah datar untuk syaratnya sudut pandangan o 45 meletakkan alat-alat klimatologi.memiliki keakuratan yang tinggi.Oleh karena itu kualitas data curah hujan yang didapat haruslah bermutu.Penakar hujan jenis hellman ini merupakan suatu alat penakar hujan berjenis recording atau dapat mencatat sendiri.karena dapat memperlancar atau malah menghambat kegiatan manusia. Curah hujan merupakan salah satu parameter cuaca yang mana datanya sangat penting diperoleh untuk kepentingan BMG dan masyarakat yang memerlukan data curah hujan tersebut. berumput pendek.Salah satu unsur cuaca yang significant dalam present weather (ww) yang diamati oleh seorang pengamat/observer adalah unsur curah.Pengamatan dengan menggunakan alat ini dilakukan setiap hari pada jam-jam tertentu mekipun cuaca dalam keadaan baik/hari sedang cerah.ada 2 jenis panakar hujan yaitu penakar hujan 27 . Penakar hujan merupakan alat untuk mengukur curah hujan. Alat ini memerlukan perawatan yang cukup intensif untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada alat ini. diberi pagar.Alat ini dipakai di stasiun-stasiun pengamatan udara permukaan.Maka seorang observer / pengamat haruslah mengetahui tentang alat penakar hujan yang dipakai di stasiun pengamat secara baik. PENAKAR HUJAN JENIS HELLMAN Penakar hujan jenis Hellman merupakan suatu instrument/alat untuk mengukur curah hujan. letaknya sebaiknya dekat dengan pertanian.Oleh sebab itu biasanya banyaknya curah hujan dinyatakan dengan satuan millimeter(mm). ALAT-ALAT BMKG 1.

air hujan masuk melalui corong. seluruh bagian luar alat ini dicat warna hijau muda atau abu. Tetapi Penakar hujan jenis Hellman ini ada juga yang dibuat didalam negeri.air dalam tabung akan keluar sampai ketinggian ujung selang dalam tabung.Pemasangan alat ini sama seperti penakar hujan lainnya.penaakan mencapai tempat teratas pada pias.maka berdasarkan sistem siphon otomatis (sistem selang air). Pada bagian depan alat ini terdapat sebuah pintu dalam keadaan tertutup.Pada umumnya penakar hujan jenis Hellman yang dipakai di BMG yaitu Rain Fues yang di impor dari Jerman.recording atau alat yang dapat mencatat sendiri.Pada tangkai pelampung terdapat tongkat pena yang gerakkannya selalu mengikuti tangkai pelampung Gerakkan pena dicatat pada pias yang ditakkan/digulung pada silinder jam yang dapat berputar dengan bantuan tenaga per.rekam(recording) dan penakar hujan non rekam(non recording). Air hujan ini menyebabkan pelampung serta tangkainya terangkat atau naik keatas.Jika hujan masih terus-menerus turun.tangki pelampung dan pena turun dan pencatatannya pada pias merupakan garis lurus vertikal.abu. termometer bola kering dan termometer bola basah.Dengan demikian jumlah curah hujan dapat dihitung atau ditentukan dengan menghitung garis-garis vertical. termometer minimum.Alat ini termasuk jenis alat penakar hujan .Setelah air mencapai atau melewati puncak lengkungan selang gelas. kemudian terkumpul dalam tabung tempat pelampung.maka pelampung akan naik kembali seperti diatas. 28 . termometer maksimum.bertujuan mendapatkan datajumlah curah hujan yang jatuh pada periode dan tempattempat tertentu.Bersamaan dengan keluarnya air. 2.Jenis penakarhujan ini berbentuk silinderdengan tingi 115 cm serta luas permukaan corong 200 cm²serta berat alat ini ± 14 Kg.Jika air dalam tabung hampir penuh (dapat dilihat pada lengkungan selang gelas).salah satunya yaitu penakar hujan Janis hellman. Apabila pintu dalam keadaan terbuka.Alat ini telah dikenal lama. maka bagian-baian alat ini akan ter Cara Kerja Alat Jika hujan turun. SANGKAR METEOROLOGI Sangkar meteo merupakan bangunan berbentuk rumah yang terbuat dari kayu yang berfungsi untuk menyimpan alat termohigrograf.dan sering dipakai observer untuk melakukan observasi/pengamatan curah hujan.

4. karena sensor tersebut sangat peka terhadap suhu sekitar dimana mengalami pemuaian bila suhu meningkat dan menyusut jika suhu rendah. sebagai alat ukur suhu udara minimum yang terbuat dari gelas berbentuk garpu dan pada ujungya berisi alkohol dan benda penunjuk yang akan terseret oleh alkohol manakala suhu turun dan akan tertinggal manakala suhu naik (alkohol mengembang). Dengan menggunakan pias kertas sebagai hasil yang dilihat. Penguapan yang terjadi pada kain basah tersebut mengakibatkan turunya suhu. ALAT PENGUKUR TEMPERATUR DAN KELEMBABAN UDARA (THERMOHYGROGRAPH) Gabungan Thermograph dan Hygrograph dinamakan Thermohygrograph. maka benda penunjuk tadi akan menunjukan suhu terendah dalam kurun waktu pengamatan. Perbedaan suhu yang ditunjukan thermometer bola kering dan basah dengan bantuan tabel diperoleh harga kelembaban udara dan suhu titik embun. ALAT PENGUKUR TEMPERATUR BOLA BASAH DAN BOLA KERING Alat ini disebut Psychrometer terdiri dari 2 buah Thermometer air raksa yaitu Thermometer bola kering dan Thermometer bola basah. 29 . Dengan menggunakan sensor. Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur suhu dan kelembaban udara secara otomatis.3.sebagai alat ukur suhu udara maksimum yang terbuat dari gelas dengan bejana berbentuk bola dan pada ujungnya berisi air raksa. Dan termometer minimum. kemudian di bagian kertas tersebut terdapat pengukur suhu ( bagian atas kertas ) dan pengukur kelembaban (bagian bawah kertas). 5. maka grafik perubahan suhu bisa diketahui. ALAT PENGUKUR TEMPERATUR MAXIMUM DAN MINIMUM Terdapat dua jenis termometer yakni termometer maksimum. Thermometer bola basah adalah thermometer yang bola air raksanya dibalut dengan kain basah.

maka jejak dipiaspun akan terputus-putus. 6. 3. Jika matahari bersinar sepanjang hari dan mengenai alat ini. Pengamatan dilaksanakan setiap jam 07. Dipergunakannya bola gelas dimaksudkan agar alat tersebut dapat dipergunakan untuk memfokuskan sinar matahari secara 30 . PANCI PENGUAPAN Pengamatan penguapan air menggunakan alat penguapan yang terdiri dari : 1. penunjuk yang menyatakan lintang pada waktu alat di setel. Dipergunakannya bola gelas dimaksudkan agar alat tersebut dapat dipergunakan untuk memfokuskan sinar matahari secara terus menerus tanpa terpengaruh oleh posisi matahari.Bagian-bagian alat : Bola gelas. Selisih tinggi air sekarang dengan tinggi air kemarin merupakan jumlah air yang hilang karena menguap dengan kondisi : suhu air rata-rata seperti yang ditunjukan thermometer apung. Cup counter anemometer untuk mengukur kecepatan angin rata-rata di permukaan air. Cara Kerja : Lamanya penyinaran sinar matahari dicatat dengan jalan memusatkan (memfokuskan) sinar matahari melalui bola gelas hingga fokus sinar matahari tersebut tepat mengenai pias yang khusus dibuat untuk alat ini dan meninggalkan pada jejak pias. Dengan menjumlahkan waktu dari bagian-bagian terbakar yang terputus-putus akan diperoleh lamanya penyinaran matahari. Thermometer apung untuk mengukur suhu air. kecepatan angin rata-rata di permukaan air seperti yang ditunjukan Cup Counter Anemometer. 4. Pias ditempatkan pada kerangka cekung yang konsentrik dengan bola gelas dan sinar yang difokuskan tepat mengenai pias. 7. Bejana atau panci tempat air dengan diameter 127 Cm. CAMPBELL STOKES Lamanya penyinaran sinar matahari dicatat dengan jalan memusatkan (memfokuskan) sinar matahari melalui bola gelas hingga fokus sinar matahari tersebut tepat mengenai pias yang khusus dibuat untuk alat ini dan meninggalkan pada jejak pias. Tetapi jika matahari bersinar terputus-putus. tiga buah sekrup menyetel kedudukan horisontal. 2. pengatur kertas pias. lensa cembung mengumpulkan sinar matahari ke suatu titik api. tempat menyisipkan kertas pias.00 WIB. maka akan diperoleh jejak pias terbakar yang tak terputus. Hook Gauge stell well untuk mengukur tinggi air dalam panci.

maka akan diperoleh jejak pias terbakar yang tak terputus. HIGH VOLUME SAMPLER (HV SAMPLER) Fungsinya untuk mengambil sampel SPM (Suspended Particle Matter). ANEMOMETER Fungsi : Untuk mengukur kecepatan angin Cara kerja : Angin yang bertiup akan membuat anemometer berputar dan kecepatan angin akan ditunjukkan oleh spidometer yang tertera pada alat. Sejarah Kecepatan atau kecepatan angin diukur dengan anemometer cup. 9. AUTOMATIC RAIN SAMPLER Fungsinya adalah untuk mengambil sampel air hujan yang akan diukur konsentrasi kimia Air Hujan. Debu akan menempel pada kertas filter yang nantinya akan diukur konsentrasinya dengan cara kertas filter tersebut ditimbang sebelum dan sesudah sampling di samping itu dicatat flowrate dan waktu lamanya sampling sehingga didapat konsentrasi debu tersebut 10. Prinsip kerjanya jika terjadi hujan maka sensor akan memberikan trigger 31 . Prinsip kerjanya yaitu: udara yang mengandung partikel debu dihisap mengalir melalui kertas filter dengan menggunakan motor putaran kecepatan tinggi. Tetapi jika matahari bersinar terputus-putus. instrumen dengan tiga atau empat logam berlubang kecil belahan ditetapkan. Dengan menjumlahkan waktu dari bagian-bagian terbakar yang terputus-putus akan diperoleh lamanya penyinaran matahari. The anemometer kata berasal dari kata Yunani untuk angin. 8. sehingga mereka menangkap angin dan berputar tentang batang vertikal. Jika matahari bersinar sepanjang hari dan mengenai alat ini. maka jejak dipiaspun akan terputus-putus. Sebuah catatan perangkat listrik revolusi dari cangkir dan menghitung kecepatan angin. Pias ditempatkan pada kerangka cekung yang konsentrik dengan bola gelas dan sinar yang difokuskan tepat mengenai pias. “anemos. Automatic Rain Sampler adalah peralatan yang digunakan untuk mengambil sampel air hujan Wet dan Dry.terus menerus tanpa terpengaruh oleh posisi matahari.

Sehingga air hujan yang di tempat penampungan tak terkena kotoran lain karena tertutup rapat. Dengan pertimbangan ini World Meteorogical Organization (WMO) merekomendasikan pengukuran tanah pada kedalaman 5. suhu maksimum tercapai beberapa waktu kemudian. PENGUKURAN SUHU TANAH Pengukuran suhu tanah 0. 10. Kemudian sampel air hujan tersebut dikirim ke Laboratorium Kualitas Udara BMKG Jakarta untuk dianalisa. Fluktuasi suhu tanah bergantung pada kedalaman tanah. 50 cm dan 100 cm. 11. Hal yang perlu diperhatikan adalah harus diusahakan agar membaca termometer dengan cepat dan cermat sehingga menghindarkan kesalahan paralaks. selama hujan penutup tersebut tetap terbuka kemudian setelah hujan berhenti maka penutup akan bergerak ke posisi semula. Pengukuran suhu tanah pada lapisan atas perlu dilakukan lebih intensif (lebih sering) dari pada interval kedalaman yang lebih dalam. 30 cm. 5. Untuk kedalaman 5 sampai 30 cm biasanya dipakai termometer yang bisa dibaca dari luar.kepada sistem kontrol untuk membuka tutup tempat penampungan air yang digerakkan oleh motor listrik. 20 dan 30 cm Pengamatan suhu tanah sebetulnya dilakukan pada kedalaman 0 cm. tetapi untuk lapisan yang lebih dalam. 10. karena fluktuasi suhu tanah lebih besar dan perubahan suhu yang berlangsung lebih cepat pada lapisan atas tanah tersebut. 10 cm. maka fluktuasi suhu tanah akan tinggi pada permukaan dan akan semakin kecil dengan bertambahnya kedalaman. Suhu tanah maksimum pada permukaan tanah akan tercapai pada saat intensitas radiasi matahari mencapai maksimum. 20 cm. Semakin lama untuk 32 . 20. Cara pembacaan termometer tanah tidak berbeda dengan pembacaan pada termometer bola kering. sedangkan untuk kedalaman 50 cm dan 100 cm biasanya dipakai termometer air raksa yang dimasukkan dalam tabung yang kuat. Pengukuran dilakukan pada tanah tertutup rumput dan pada permukaan tanah terbuka. 5 cm. 50 dan 100 cm. 10 dan 20 cm dilakukan tiga kali sehari. sedangkan yang 50 dan 100 cm dilakukan satu kali pada sore hari. Karena pola tingkah laku perambatan panas tersebut. Pengamatan suhu tanah pada kedalaman 5.

Termometer tanah kedalaman 50 cm dan 100 cm Cara membaca termometer pada kedalaman 50 cm dan 100 cm :  Buka tutup tabung besi  Tarik tabung gelas yang terikat pada rantai dengan hati-hati  Pegang ujung gelas yang terikat dengan rantai  Baca termometer sampai persepuluhan derajat dengan cepat dan cermat  Waktu membaca usahakan membelakangi matahari. untuk menghindari pengaruh sinar matahari terhadap ketelitian pembacaan. Karena pola tingkah laku perambatan panas tersebut. tetapi untuk lapisan yang lebih dalam. 33 . respirasi mikroorganisme dan akar serta penyerapan air dan hara oleh tanaman. maka fluktuasi suhu tanah akan tinggi pada permukaan dan akan semakin kecil dengan bertambahnya kedalaman. suhu maksimum tercapai beberapa waktu kemudian. Hal ini disebabkan karena dibutuhkan waktu untuk perpindahan panas dari permukaan ke lapisan-lapisan tanah tersebut. Fluktuasi suhu tanah bergantung pada kedalaman tanah.  Kembalikan termometer ke tempat semula dengan hati-hati. seperti mineralisasi. Semakin lama untuk lapisan tanah yang lebih dalam.lapisan tanah yang lebih dalam. Suhu tanah maksimum pada permukaan tanah akan tercapai pada saat intensitas radiasi matahari mencapai maksimum. Hal ini disebabkan karena dibutuhkan waktu untuk perpindahan panas dari permukaan ke lapisan-lapisan tanah tersebut. Suhu tanah berpengaruh terhadap proses-proses metabolisme dalam tanah. Laju fluks panas ke dalam tanah ditentukan gradien suhu dan konduktivitas tanah yang nilai dipengaruhi oleh lengas dan bahan organik.

Terkadang transfer energi ini begitu berat sebelah.6 18. molekul tersebut dapat terbang ke dalam gas dan menguap. pemberian panas kedalam cairan. Bila ini terjadi di dekat permukaan cairan. 1995). 34 . Mc Cabe. Evaporasi didasarkan pada proses pendidihan secara intensif yaitu. diantaranya secara alami dan penambahan steam.8 20.8 Evaporasi secara umum dapat didefinisikan dalam sua kondisi. Rata-rata molekul tidak memiliki energi yang cukup untuk lepas dari cairan. Umumnya penguapan dapat dilihat dari lenyapnya cairan secara berangsur-angsur ketika terpapar pada gas dengan volume signifikan. pemisahan uap dari cairan.9 19. dan (2) evaporasi yang dimaknai dengan proses penguapan yang timbul akibat diberikan uap panas 9steam) dalam suatu peralatan. Panas dapat disuplai dengan berbagai cara.5 19. yaitu : (1) evaporasi yang berarti proses penguapan yang terjadi secara alami. 1999). Ketika molekul-molekul saling bertumbukkan.7 19. tergantung bagaimana mereka bertumbukkan. dan mengkondensasikan uapnya. Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul didalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). sehingga salah satu moleul mendapatkan energy yang cukup buat menembus titik didih cairan. Evaporasi dapt diartikan sebagai proses penguapan dari liquid (cairan) dengan penambahan panas (Robert B. cairan akan berubah menjadu uap dengan cepat. pembentukan gelembung-gelembung akibat uap. EVAPORASI Hasil pengamatan evaporasi tiap penggunaan lahan adalah sebagai berikut : Sawah Tegalan Kebun Campur Kebun Rumput mm0 20 20. Evaporasi atau penguapan juga dapatdidefinisikan sebagai perpindahan kalor ke dalam zai cair mendidih (Warren L.C. Bila tidak.6 mm2 19.3 19. Proses ini adalah kebalikan dari kondensasi. mereka saling tukar energi dalam berbagai derajat.8 mm1 19.4 20 20. Long.

Energy radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi disebut isolasi. b. dan alat pH meter Beckman H5. Intensitas matahari. kelembaban adalah banyaknya kadar uap air di udara. Jika suhu udara turun atau didinginkan. uap air. Sedangkan pada musim kemarau suhu udara relatif lebih rendah dari musim kemarau. Pada musim kemarau dimana peningkatan suhu sangat tinggi. Beigtu juga sebaliknya. karena dapat bersifat lethal effect. suhu dapat mempengaruhi beberapa proses. Peningkatan suhu sampai pada titik optimum akan diikuti oleh peningkatan proses evaporasi. d. Dan jika di suatu tempat itu kembabannya tinggi maka akan mempengaruhi laju evaporasi. 35 . dengan meggunakan kertas indicator universal. e. sehingga evaporasi akan berjalan lebih lembat. Kejenuhan udara dapat terjadi bila udara terus diambah uap airnya. dan debu halus). yaitu mematikan. Kelembaban. panjang gelombang sinar matahari yang sampai ke permukaan tanah. Peningkatan suhu disekitar tanah akan menyebabkan cepat hilangnya kandungan air dalam tanah (evaporasi cepat). Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah radiasi matahari yang diterima bumi : (1) jarak dari matahari (jauh – dekat). disebut udara jenuh. Suhu. Beberapa jenis sinar yang diradiasikan yaitu ultraviolet. salah satunya adalah evaporasi. matahari merupakan sumber ebergi bagi bumi. Lamanya penyinaran. yaitu : 1) Faktor-faktor eksetrnal yang dapat mempengaruhi evaporasi a.Dalam proses evaporasi di pengaruhi oleh beberapa faktor yang memperngaruhi cepat atau lambatnya air hilang dari tanah ke udara/ atmosfer. kandungan uap air di atmosfer dinyatakan tekanan uap. visible light/ cahaya tampak. Ion H+ dalam tanah dapat berada dalam keadaan terjerap. pH tanah. (2) sudut pandang radiasi (berhubungan dengan intensitas radiasi). Panjang gelombang yang sampai ke permukaan tanah yaitu sekitar 550 µm sampai 850 µm. pengujian pH tanah dapat dilakukan dengan tiga cara. yaitu dengan menggunakan kertas lakmus. Sinar gelombang pendek sangat berbahaya bagi makhluk hidup. (3) panjang hari dan lamanya penyinaran (berhubungan dengan garis lintang). c. kelembaban rendah maka laju evaporasi akan semain cepat. Ultraviolet merupakan sinar yang terbanyak sampai permukaan bumi. dikarenakan kelembaban yang mengandung uap air ini akan menekan uap air yang ada dan menguap ke udara. Kandungn uap air di udara akan mencapai suatu batasan dimana udara tidak dapat menerima lagi tambahan uap air. (4) kondisi atmosfer (adanya gas. dan infra red. maka akan mempengaruhi evaporasi.

4 hingga 0. Begitu pula di lahan kebun rumput. yaitu : a. Di lahan tegalan.2 mm penguapan per harinya. 36 . penguapan cukup banyak. kebun campur. Struktur tanah c. disebabkan faktor sinar matahari yang sangat banyak didapatkan di lahan tegalan. sinar matahari tidak terhalangi oleh rumput-rumput yang ada karena rumput cenderung pendek-pendek sehingga tidak terlalu berpengaruh. kemudian dilakukan pencatatan data pengukuran. Porositas tanah d. Konsistensi tanah Evaporasi atau penguapa yang terjadi di lahan kebun campur relatif konstan dengan nilai 0. kemudian diisi dengan air sampai dengan ketinggian 20 cm. dan kebun rumput – selama 3 hari berturut-turut. penguapan terjadi sangat banyak antara 0.2) Faktor-faktor yang memepengaruhi evaporasi dari internalnya. sehingga penguapan semakin cepat dan semakin banyak volumenya sedangkan di lahan kebun campur sinar amtahari cenderung tertutupi vegetasi pohon jati yang ada sehingga kurang begitu terpengaruhi oleh sinar matahari. yaitu – sawah.5 mm per harinya. tegala. dengan meletakkan panci evaporasi diatas palet kayu dalam setiap penggunaan lahan. Mekanisme pengukuran evaporasi pada praktikum ini adalah. Tekstur tanah b. Panci evaporasi yang sudah diletakan diatas palet kayu.

Alat yang digunakan sebaiknya diteliti dahulu apakah rusak atau tidak. semakin besar evapotranspirasinya. Sebaiknya paktikan memahami setiap fungsi dari alat-alat yang ada DAFTAR PUSTAKA . angin. SARAN    Sebaiknya pemulaian praktikum tepat waktu. semakin besar evapotranspirasinya. temperatur. tekanan udara. 37 . Semakin tinggi suhu. kemungkinan  pengaruh lingkungan sekitarnya Alat –alat yang ada didalam BMKG digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing B.BAB IV PENUTUP A. Semakin tinggi radiasi matahari yang diterima. Tingkat evaporasi tertinggi pada lahan tegalan dan terendah kebun campur. kualitas    air . KESIMPULAN Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengamatan :  Faktor yang mempengaruhi evapotranspirasi adalah radiasi surya.

Guslim. 2009. Roeswandi. Ersin.id/BMKG_Pusat/Depan. Dasar-dasar Hidrologi. USU Press. Medan. 1994.K Nazaruddin H. 1987. dan Rosmayati. PT.Buku Ajar Meteorologi dan Klimatologi. Handoko. Dunia Pustaka Jaya.2007. Editor Soenardi Prawirohatmojo. USU Press. Klimatologi Pertanian. Seyhan. Jakarta. landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsurunsur iklim.co.Semarang:Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang www. Yogyakarta: UGM Press.bmkg 38 . Klimatologi Dasar. A. O. Hamdan.bmkg. Guslim. Tukidi. Medan. Agroklimatologi. 1977.