You are on page 1of 20

1

Hak Cipta
Dilindungi Undang-undang

SOAL TES TEORI
OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2014
CALON PESERTA
INTERNATIONAL EARTH SCIENCE OLYMPIAD (IESO) 2015

KEBUMIAN
Waktu : ………………

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
TAHUN 2014

2

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

PETUNJUK:
1. Isilah Nama dan Nomor Peserta pada lembar jawaban yang telah disediakan.
2. Tes terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 5 soal esai
3. Waktu mengerjakan tes total 2 jam 30 menit (150 menit) tanpa istirahat
4. Untuk pilihan ganda : untuk setiap soal jawaban benar bernilai 1 (satu), jawaban salah
bernilai -0,5 (minus setengah), jawaban kosong bernilai 0 (nol)
5. Nilai untuk esai: untuk setiap soal berkisar 0 – 10
6. Gunakan ballpoint/pulpen untuk menulis jawaban pada lembar jawaban yang telah
disediakan.
7. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator jika diperlukan.

Hak Cipta
Dilindungi Undang-undang

Gelombang pecah yang terjadi diakibatkan oleh sifat gelombang pada kondisi perairan laut dalam dengan tinggi gelombang yang relatif kecil 2. Gelombang pecah yang terjadi diakibatkan oleh sifat gelombang pada kondisi perairan laut dalam dengan kondisi kecepatan angin besar. Gelombang pecah yang terjadi diakibatkan oleh sifat gelombang pada kondisi perairan laut dangkal dengan kondisi kecepatan angin kecil c. Berdasarkan gambar di atas. Gelombang pecah yang terjadi diakibatkan oleh sifat gelombang pada kondisi perairan laut dangkal dengan tinggi gelombang besar e. Di permukaan air laut suhu air laut panas sedang. sehingga tidak terbentuk termoklin d. Gambar di bawah ini menunjukkan suatu gelombang yang mengalami pecah gelombang. Di permukaan air laut suhu air laut pada dasarnya tidak terlalu panas. 3. Pilih pernyataan di bawah ini yang paling benar . gelombang pecah tersebut terjadi pada daerah dengan ciri-ciri sebagai berikut a. akan tetapi semakin dalam suhunya semakin panas. pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah a. sedangkan semakin ke arah dalam semakin panas. b. sehingga terbentuk termoklin c. dimana dari komponen tersebut harus dihitung dengan faktor penentu harian tunggal dan harian ganda. sehingga terbentuk lapisan termoklin e. Gelombang pecah yang terjadi diakibatkan oleh sifat gelombang pada kondisi perairan laut dalam dengan periode gelombang yang relatif panjang d. Di permukaan air laut suhu air laut dingin sedang. Suhu air laut air bervariasi sesuai dengan kedalaman lautnya. Di permukaan air laut suhu air laut lebih panas dibandingkan dengan suhu air di air laut yang semakin dalam. Dalam penentuan tipe pasang surut kita harus memperhatikan faktor komponen pasang surut.3 PILIHAN GANDA (50 soal) 1. sedangkan semakin ke arah dalam semakin dingin. Di permukaan air laut suhu air laut tidak terlalu dingin tetapi semakin ke arah dalam semakin dingin. sehingga terbentuk termoklin. sehingga tidak terbentuk termoklin b.

5 c. Grafik antara tinggi muka air laut berbanding waktu pengukuran akan menentukan tipe pasang surut air laut . sub-mm e. Berapakah perbandingan fluks dari Matahari yang tiba di permukaan Europa terhadap fluks Matahari yang tiba di permukaan Bumi? a. 6. Tipe Pasang Surut Campuran b. inframerah d. Tipe pasang surut akan berbanding lurus dengan komponen tunggal gaya tarik bulan dan berbanding terbalik dengan komponen tunggal gaya tarik matahari d.67×10-11 m3/kg/s2 . Pasang air laut terjadi pada setiap akhir bulan e. Pada daerah panjang gelombang manakah bisa diamati sebuah bintang yang sedang dalam proses pembentukannya (T~1000 K)? a. ultraviolet b. Tipe pasang surut akan berbanding terbalik dengan komponen tunggal bulan dan berbanding lurus dengan komponen ganda matahari e. Tipe Pasang Surut Harian Ganda e. apabila dalam satu hari hanya terjadi satu kali pasang dan satu kali surut air laut maka dinamakan a.96×108 m dan konstanta sgravitasi G = 6. Pasang air laut terjadi pada setiap awal pertengahan c. radio 7. Pasang air laut terjadi pada setiap awal bulan b. Tipe pasang surut akan berbanding lurus dengan komponen tunggal gaya tarik bulan dan berbanding terbalik dengan komponen tunggal gaya tarik matahari b. Europa (salah satu satelit alam Jupiter) berjarak 5 kali dari jarak Bumi – Matahari. 25 e. Secara umum setiap bulan air laut mengalami pasang laut dan mengalami surut laut. Tipe pasang surut akan sebanding dengan komponen tunggal bulan dan berbanding lurus dengan komponen tunggal matahari 4. Tipe Pasang Surut Semi Diurnal d. Tipe Pasang Surut Diurnal 5. 1 Rʘ=6. 1/125 8.4 a. Surut air laut terjadi pada setiap akhir bulan d. Berapakah laju minimum dari angin Matahari saat meninggalkan fotosfer ke ruang angkasa? Diketahui 1 Mʘ=1. 1/5 b. Tipe Pasang Surut Harian Ganda c. Pasang air laut terjadi ada awal bulan dan pertengahan bulan. 1/25 d. maka a. Tipe pasang surut akan berbanding lurus dengan komponen tunggal gaya tarik bulan dan komponen tunggal gaya tarik matahari c.99×1030 kg. visual c.

Periode sideris Bulan a. d. 2 jam c. 1 jam b. 20. Jika astronom mengirim pulsa radar maka setelah berapa lama kah dia akan menerima kembali pulsa ini? 1 SA = 1. c.000 m/s 320. Efek dari bom hidrogen pada atmosfer Jupiter b. Komposisi kimiawi serupa d. e. Jumlah gunung berapi di permukaan Jupiter dalam radius 100 km dari titik impak d. 220.000 m/s 9.2 menit c. Tidak bisa ditentukan .1 menit b. 25.5 a. Kandungan dan jumlah air dalam atmosfer Jupiter e. Apabila hari bulan (lunar day) memiliki panjang 12 jam.4 menit e. 5.39 SA (satuan astronomi) dari matahari. 4 jam e. Kerapatan yang sama e. c. Karakteristik manakah yang serupa untuk Bumi dan benda tata surya lainnya? a. berapakah selang waktu antara pasang dan surut air laut di Bumi? a.5 menit 11. Apakah informasi astronomis terbaru yang dapat diperoleh dari peristiwa tumbukan komet Shoemaker-Levy terhadap Jupiter pada tahun 1994 yang lalu? a. Dibentuk dari materi yang dilontarkan oleh Matahari b. b.000 m/s 420. Bergerak dalam orbit berbentuk lingkaran c.000 m/s 620. Analisis mineral dari inti planet Jupiter 13. Sama panjangnya dengan periode sinodis Bulan c. Lebih panjang dari periode sinodis Bulan b.000 m/s 520. 10. 3 jam d.3 menit d. Astronom menggunakan teknik radar untuk mempelajari permukaan planet Merkurius yang berjarak 0. 15. Lebih pendek dari periode sinodis Bulan d. Terikat secara gravitasi ke Matahari 12. 5 jam 10.496×1011 m a. Komposisi atmosfer di bawah lapisan atmosfer paling luar Jupiter. Kadang lebih panjang kadang lebih pendek dari periode sinodis bulan e.

Perhatikan rekaman seismik di samping ! Struktur geologi yang terdapat pada rekaman seismik tersebut adalah a. Tudung kutub es planet Mars terdiri atas a. Evolusi pergerakan benua-benua di bumi terekam dalam batuan beku yang mencatat posisi lintang dan bujur pada saat magma membeku. Oposisi d. sesar turun 18. Es Metana dan amonia b. diapir d. antiklin b. Kondisi terbaik untuk mengamati planet Merkurius adalah ketika planet tersebut berada posisi a. Konjungsi superior c. c. Elongasi e. tidak berpengaruh e. Paleogravity d. negatif c. Geolistrik 17. sesar naik e. adanya struktur graben akan terlihat sebagai anomali gravitasi yang bernilai a. positif b. Nitrogren beku c. sinklin c. Rekaman posisi lintang dan bujur tersebut dapat dipelajari dengan melakukan survei a. dan d salah . Pasir putih disebabkan badai pasir e. Awan di atmosfer atas Mars 16.6 14. Konjungsi inferior b. Karbondioksida beku d. jawaban a. Geomagnet e. Dalam survei geofisika metode gravitasi. Tidak ada satupun posisi di atas 15. nol d. Paleomagnet b. Paleogeografi c. b.

anhidrit (orthorombik). anhidrit (monoklin).Breksi c. kandungan gas. Batuan Metamorf . Batuan Metamorf – Gneis (Sumber foto: McPhie et al. oksidasi – reduksi b. Gambar di samping merupakan foto batuan yang dicirikan oleh adanya lapili (P) yang telah mengalami pemipihan dan penjajaran. gipsum (triklin) c. gipsum (monoklin) b. anhidrit (monoklin). Anhidrit dan gipsum memiliki kemiripan warna dan komposisi kimia. dan komposisi magma. Pasangan proses manakah di antara proses-proses berikut ini yang paling tepat untuk menjelaskan proses pembentukan mineral kalsit? a. Semakin banyak kandungan gas pada magma. 1993) 21. Semakin tinggi suhu magma.7 19.Andesit b. pelelehan – kristalisasi . pelarutan – presipitasi c. kandungan silika. Viskositas magma dipengaruhi oleh suhu. gipsum (orthorombik) e. viskositas semakin tinggi c. Semakin tinggi kandungan Mg dan Fe magma. anhidrit (triklin).Sekis d. batuan tersebut adalah a. viskositas semakin tinggi b. sedangkan yang berbeda adalah struktur kristalnya yaitu a. gipsum (orthorombik) 22. pelarutan – kristalisasi d. viskositas semakin rendah d. anhidrit (orthorombik). pelarutan – evaporasi e. viskositas semakin rendah 20. Batuan Beku . gipsum (triklin) d. Pernyataan yang tidak tepat terkait hubungan dengan viskositas adalah a. Semakin basaltif komposisi magma. viskosits semakin rendah e. Semakin banyak kandungan silika pada magma. Batuan Sedimen . Salah satu karakteristik magma terkait dengan viskositas magma yaitu kemampuan magma untuk mengalir. Berdasarkan ciri-ciri tersebut. Batuan Piroklastik –Welded Ignimbrite e.

seperti halnya pada metamorfosa hidrotermal. sekis e. mass flow b. adalah a. batupasir graywacke e. tidak ada yang benar . traksi d. graywacke. lahar c. batuan-batuan ini akan menghasilkan a. batupasir konglomeratan 26. Proses ini dikenal dengan istilah a. Pada metamorfosa tingkat rendah. zeolit b. mineral berikut ini akan dijumpai pada hampir semua jenis batuan beku a. batupasir kuarsa d. batulempung c. filit d. ortoklas b. surge flow 25. Berdasarkan seri reaksi Bowen. metamorfosa lokal d. batulanau b. metamorfosa kimia b. olivin 24. atau basalt menghasilkan batuan metamorf dengan variasi komposisi mineral yang cukup banyak. batusabak c.8 23. tergantung pada derajat metamorfosanya. geneis 27. kecuali a. metasomatisme c. Pada suatu erupsi vulkanik secara eksplosif terdapat bermacam-macam proses perpindahan massa batuan dengan cara berikut ini. Kadang-kadang pengaruh fluida pada proses metamorfosa menyebabkan komposisi awal dan akhir batuan metamorf tidak identik. suspensi e. metamorfosa kontak e. plagioklas c. Metamorfosa terhadap serpih. piroksen d. Batuan di bawah ini yang mempunyai tingkat kematangan tekstur matang (mature). hornblenda e.

lipatan chevron e. B-A-C-D D . B-C-A-D e. c. urutan fosil-fosil yang ditunjukkan pada foto di atas dari yang tertua sampai yang termuda adalah a. Korelasi Biostratigrafi d. d. Korelasi time series stratigrafi e. lipatan miring c. Berdasarkan data tersebut kemungkinan besar terjadi struktur geologi yaitu a. A B C Berdasarkan awal kemunculannya di bumi. Arah arus purba pembentuknya adalah dari a.9 28. A ke C B ke D C ke A D ke B segala arah 29. monoklin 31. diperoleh urutan umur batuan dari bawah ke atas adalah Paleosen – Oligosen – Pliosen – Pliosen . A-B-C-D d.Oligosen – Paleosen. Metode penghubungan titik-titik kesamaan waktu atau penghubungan satuan-satuan stratigrafi dengan mempertimbangkan kesamaan waktu disebut a. Korelasi Kronostratigrafi c. lipatan rebah d. Dalam suatu penelitian terhadap suatu perlapisan batuan. Korelasi Litostratigrafi b. A-C-B-D b. e. Berikut adalah contoh struktur sedimen ripple mark. C-B-D-A c. Korelasi Fisiostratigrafi 30. lipatan tegak b. b.

c. terdapat fosil yang bersifat reworked. V Nama Fosil X Y Z V O Umur Fosil Jumlah Pliosen Miosen-Pliosen Eosen Miosen-Pliosen Miosen 10 15 5 17 13 33. Y d. Cuesta Bute Flat iron Hogback Fault scarp . 34. e. Dari hasil yang diperoleh seperti pada tabel di bawah. b. b. Di dalam suatu penyelidikan geologi. c. Bentukan morfologi seperti gambar dibawah ini disebut sebagai a. Manakah dari notasi di bawah ini yang menunjukkan struktur sesar naik pada peta geologi? a. Z e. e. dilakukan analisa terhadap kandungan fosil dari suatu sampel batulempung gampingan. d. Fosil manakah yang memiliki sifat tersebut? a.10 32. d. O c. X b.

Beting Gisik 36. beberapa km – 100 km b. Bars b. Gradien vertikal besar untuk temperatur dan kecil untuk tekanan e. Contohnya. Ke-dua-duanya mempunyai gradient horizontal yang besar b. a-d salah 37. Gradien horizontal besar untuk temperatur dan kecil untuk tekanan c. kurang dari 2 km c.11 35. 1 – 10 km 38. skala regional (meso) dan skala besar (sinoptik). lebih dari 10 hari.hari. Seperti diketahui setiap gas dan partikel pembentuk atmosfer memiliki peran masing-masing dalam menunjang kehidupan di permukaan bumi. beberapa menit . Ciri khas temperatur dan tekanan udara adalah a. Spit d. pembentukan cuaca dan kesetimbangan energi permukaan bumi e. Gisik e. Pembagian ruang dan waktu dalam meteorologi dikategorikan atas skala lokal (mikro). beberapa jam – 1 hari. Tombolo c. waktu dan ruang mempunyai selang: a. uap air mempunyai peran sebagai pembentuk cuaca dan gas rumah kaca. beberapa hari. Apakah peran aerosol dalam atmosfer? a. lebih dari 100 km d. penyubur tanaman c. Ke-dua-duanya memiliki gradient vertikal yang besar d. Bentuk lahan yang dilingkari pada gambar di samping disebut a. pernapasan d. tidak ada peran sama sekali b. mengurai ozon . jam – sampai beberapa hari. Untuk skala regional. lebih dari 200 km e.

12 39. E.25 x 1018 kg d. Ionosfer terdiri atas tiga lapisan yaitu lapisan D. rendah – sangat tinggi . medium – tinggi d. D. rendah saja b. Jika diketahui masa atmosfer bumi adalah sekitar 5. 0. sangat rendah 42. Satelit merupakan instrumen yang saat ini sangat popular penggunaannya dalam bidang Meteorologi. rendah – medium c. Lapisan yang selalu ada baik siang maupun malam adalah lapisan a. Salah satu satelit meteorologi yang terkenal adalah satelit GEOS (Geostasionary Earth Orbital Satellite). E. dan F b. F. medium d.60 x 1018 kg b. F 41. yang terbentuk akibat molekul udara mengalami ionisasi karena radiasi matahari. Lapisan ini mempunyai peran yang sangat penting dalam komunikasi dengan menggunakan gelombang radio. E saja e.29 x 1018 kg c. sangat tinggi b.75 x 1018 kg 40. rendah e. Sedang satelit jenis POES ( Polar Orbital Earth Satellite) mempunyai orbit dengan ketinggian a.15 x 1018 kg. Satelit ini termasuk dalam jenis satelit dengan ketinggian orbit a. D saja d. 0. Lapisan atmosfer yang didasarkan pada sifat-sifat elektrisitas atmosfer disebut lapisan ionosfer.50 x 1018 kg e. 0. D dan E c. 1. berapakah masa uap air dalam atmosfer? a. tinggi – sangat tinggi e. tinggi c. 2.

5501 m c. Sabuk awan di atas ekuator yang berasosiasi dengan pusat tekanan tinggi c.13 43. 5701 m e.81 m/s2ketinggian rata-rata lapisan 1000 hPa adalah 100 m. Sebutan untuk angin Föhn yang bertiup di pegununganAlpen b.91 kg/m3dan g = 9. Sabuk awan karena udara hangat naik ke tropopaus 45. merupakan garis ketinggian geopotensial yang menyatakan ketebalan lapisan atmosfer antara lapisan 1000 hPa dan 500 hPa. Coklat dan biru. Perhatikan gambar berikut ini 5 5 5 Garis tebal merah. maka ketinggian paras 500 hPa adalah a. Sebutan untuk angin Föhn yang bertiup di pegunungan Andes e. Sabuk awan di atas ekuator yang terbentuk akibat pertemuan masa udara panas dari utara dengan masa udara dingin dari selatan d. ITCZ atau InterTopical Convergence Zone merupakan a. 5601 m d. Sebutan untuk angin Föhn yang bertiup di pegunungan Everest . Sabuk awan yang terbentuk ketika udara dingin dari tropopaus bergerak turun e. 5801 m 44. Angin Zonda adalah a. Sebutan untuk angin Föhn yang bertiup di pegunungan Rocky d. Sebutan untuk angin Föhn yang bertiup di pegunungan Himalaya c. Ketebalan lapisan ini dihitung dengan menggunakan persamaan hidrostatika ∆P = ρg∆z dengan ∆P = beda tekanan dalam Pascal ∆z = ketebalan lapisan ρ = densitas udara dan g = gravitasi Jika diketahui ρ rata-rata lapisan udara antara paras tekanan 1000 – 500 hPa adalah 0. Sabuk awan di daerah tropis yang selalu bergerak mengikuti pergerakan matahari b. 5401 m b.

C. a-d salah 48. Sel tunggal yang disebut sel ferrel c. sekitar 500 LU dan LS . Panah merah menyatakan arah angin pada lokasi yang diberi notasi A – E. Sel tunggal yang disebut sel Hadley b.50 LU dan LS b. Tentukan lokasi yang gambar panahnya memberikan arah angin yang benar a. sekitar 380 LU dan LS d. sekitar 300 LU dan LS c. D. d. Sel ganda yang disebut sel Hadley dan sel Ferrel d. sel Ferrel dan sel Kutub e. Perhatikan gambar berikut dibawah ini. b. C dan E Benar B dan D Benar A dan C benar A saja 47. A. akan terbentuk sistem sirkulasi udara a. c. Rata-rata pada posisi lintang berapakah terjadi kesetimbangan neraca energy permukaan bumi? (Kesetimbangan antara energy radiasi matahari yang diterima dengan energy radiasi yang dipancarkan oleh permukaan bumi) a. B. Tripel sel yang disebut sel Hadley. Pada model bumi yang tidak berotasi. dan E benar A.14 46. sekitar 23. e. sekitar 450 LU dan LS e.

45 d. karena a. 20 e. dingin dan udara bergerak naik d. hangat dan udara bergerak naik b. 15 c. hangat dan dingin bertemu 50. 35 . hangat dan udara bergerak turun c. dingin dan udara bergerak turun e. 30 b.15 49. Iklim di daerah kutub dapat dikategorikan sebagai iklim kering. berapakah kecepatan angin tersebut jika dinyatakan dalam mil-laut/jam? a. Hasil pengamatan angin puting beliung di suatu lokasi adalah 30 knot.

16 ESAI (5 soal) : 1. pada ketinggian berapa (di atas permukaan air laut) akan dijumpai lapisan batubara? (Buatlah gambar dan hitungan untuk menjelaskan jawaban Saudara). A PETA GEOLOGI DAERAH SIKAPAS 0 30o 25 50 75 100 m Keterangan : : Batupasir Halus : Batulempung : Batubara 30o : Batupasir Kasar 30o : Jurus dan Kemiringan Lapisan : Garis kontur topografi : Lokasi Sumur Bor Pada titik A dilakukan pemboran. Jika diasumsikan tidak ada struktur geologi dan tidak ada perubahan perlapisan batuan. Perhatikan peta geologi di suatu lokasi seperti di bawah ini. .

. ….….. ….. Plotkan data elevasi muka airtanah untuk setiap titik tersebut pada peta di bawah ini B E I F J D H A G C Dari hasil pengeplotan tersebut.…. ….…........…. ….….. Hitung elevasi muka airtanahnya Notasi sumur Elevasi sumur (mdpl) A B C D E F G H I J 190 255 159 242 268 242 215 190 265 241 Kedalaman muka airtanah (m) 15 10 14 17 25 20 15 10 15 18 Elevasi muka airtanah (mdpl) …..17 2...….. seorang peneliti melakukan pengukuran sumur penduduk seperti pada tabel berikut. ….…. …..…. ….…...…... Dalam suatu kegiatan pemetaan airtanah di Desa Sikapas. …. buatlah kontur muka air tanah dan tentukan arah aliran airtanahnya! . ….

....... ...................... Pasut ganda : F≤ 0............. maka dapat ditentukan tipe pasang surut sebagai berikut : 1......................5 3.... Pasut campuran dengan tipe ganda lebih menonjol : 0........................................................7 1...... Berdasarkan hasil pengukuran pasang surut selama 29 hari atau satu piantan......... ... .5 < F≤ 3 4.25 <F≤ 1................8 4..........2 23......... c......25 2...4 15..0 10..............................5 4........... Pasut campuran dengan tipe tunggal lebih menonjol : 1..........................................18 3.. Tentukan tipe pasang surutnya..... Tipe pasang surut tersebut menunjukkan bahwa dalam satu hari akan terjadi berapa kali pasang dan berapa kali surut? ........... Gambar fluktuasi air pasang surutnya.................2 Berdasarkan data komponen pasang surut maka dapat dihitung jenis atau tipe pasang surut yaitu berupa Bilangan Formzahl dengan rumus sebagai berikut : K  01 F 1 M 2  S2 Keterangan : F : Bilangan Formzahl K1 : konstanta pasang surut harian tunggal/diurnal yang dipengaruhi oleh perubahan deklinasi bulan dan matahari O1 : konstanta pasang surut harian tunggal diurnal yang dipengaruhi oleh perubahan deklinasi bulan M2: konstanta pasang surut harian ganda/semi diurnal yang dipengaruhi oleh gaya tarik Bulan S2 : Konstanta pasang harian ganda/ semi diurnal yang dipengaruhi oleh gaya tarik Matahari Berdasarkan nilai bilangan Formzahl.. setelah dianalisis dengan metode ADMIRALTY maka diperoleh komponen pasang surut sebagai berikut : A cm So M2 S2 N2 K1 O1 M4 MS4 K2 P1 68........7 0.................... b.. Pasut tunggal : F>3 Pertanyaan : a. Hitunglah bilangan Formzal nya...... d...........................7 2.............................5 0..

Asumsikanlah planetisimal ini berbentuk bola dan tersusun atas bebatuan dengan kerapatan 3500 kg/m3.19 MSL 0 cm 0 12 jam 24 4. Planetisimal tersebut berjarak 1 SA dari Matahari. Berapa banyak planetisimal dengan karakteristik yang sama yang diperlukan untuk membentuk sebuah planet seukuran dengan Bumi? Tetapan-tetapan: Massa Bumi = 6×1024 kg 1 SA = 1. Maka. Bayangkan Planetisimal yang cukup besar dengan garis tengah sekitar 100 km mengelilingi Matahari di awal pembentukan tata surya kita.496×1011 m . Planetisimal ini dapat bergabung dengan planetisimal lainnya membentuk sebuah Planet. a. hitung kecepatan planetisimal ini ketika bergerak mengelilingi Matahari! b. Dengan bantuan hukum Kepler ketiga.

Menjelang jam 01.20 5. pada badan AWS mulai terbentuk butir embun dan nilai temperatur udara yang ditunjukkan oleh AWS adalah 14 0C.00 pagi. Pada tanggal 14 Juni 2014. ------------------------------ . dilakukan pengamatan cuaca dengan menggunakan AWS di Gunung Timau seperti yang ditunjukkan foto berikut Pada jam 19. Dengan menggunakan tabel di atas tentukanlah.00 Witeng temperatur udara yang ditunjukkan oleh AWS adalah 20 0C. a) suhu titik embun b) kelembaban relatif udara di Gunung Timau.