You are on page 1of 5

Makanan untuk penderita darah tinggi

Bayam
Kandungan magnesium yang tinggi dalam bayambermanfaat untuk mengurangi tekanan
darah. Tak hanya itu, ada pula folat yang mampu melindungi tubuh dari bahan kimia yang
membahayakan kesehatan. Namun, bayam tak baik dikonsumsi terlalu sering karena dapat
meningkatkan resiko asam urat
Kacang-kacangan
Kedelai, kacang tanah, almond, kacang merah, dan semua jenis kacang-kacangan
mengandung magnesium dan potasium. Dua zat ini terbukti mampu menurunkan tekanan
darah tinggi. Dari kelima jenis makanan ini Anda bebas memilih mana yang paling disukai.
Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan; jangan mengonsumsi salah satu makanan
dari daftar tersebut secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada organ tertentu.
Misalnya, Anda mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tidak wajar setiap harinya.
Mungkin tekanan darah tinggi bukan ancaman bahaya bagi Anda, tapi ginjal Anda harus siap
menerima efek buruk dari tingginya potasium yaitu batu ginjal

Makanan Bersodium Rendah
Makanan bersodium tinggi tidak hanya membuat ketagihan, namun bisa menimbulkan
dehidrasi. Hal ini dikemukakan oleh seorang ahli diet bersertifikasi, Tammy Lakatos Shames
yang mengatakan bahwa garam membuat diri lebih lapar dan semakin merasa haus. Hal ini
dikarenakan makanan asin menggugah selera penikmatnya dengan menguras cairan dalam
tubuh sehingga menimbulkan dehidrasi. Maka, selain menimbulkan berat badan berlebih
cairan dalam tubuh pun terkuras. Serat alami termasuk salah satu penurun tekanan darah
tinggi terbaik, jadi sering-seringlah mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
Air Putih

Ini dia cara sederhana, murah, sehat dan paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan
darah dalam tubuh kita. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah mengkerut, sehingga
jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya mengakibatkan lonjakan tekanan darah.
Kenali Makanan Anda
Sebagian orang tidak menyadari apa saja yang mereka makan tiap hari,
apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah
pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati
asupan makanan dan kandungannya.
Makanan yang tinggi kandungan sodium dapat meningkatkan tekanan
darah. Makin sedikit sodium yang Anda konsumsi, maka makin terkendali
tekanan darah Anda. Sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan
yang mengandung potasium, magnesium, dan serat dapat membantu
Anda mengendalikan tekanan darah.
Makanan tinggi sodium antara lain makanan kemasan dalam kaleng,
makanan diproses, dan makanan siap saji. Jika perlu, buat catatan harian
untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang Anda konsumsi. Jika

misalnya membatasi asupan sodium sekitar 2. Jika tekanan darah Anda naik hingga 10 poin. hindari yang mengandung sodium 20 persen atau lebih. unggas.400 miligram atau sekitar satu sendok teh. Untuk menambah rasa dan aroma makanan. camilan kerupuk dan kacang yang telah dibumbui. Pola Makan Ideal Tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi seketika. Anda dapat menggunakan bumbu rendah sodium seperti berbagai macam rempah alami lain atau cuka. saus sambal.500 mg atau sekitar 2/3 sendok teh. Mengonsumsi minuman keras dalam jumlah sedikit hingga sedang dapat mengurangi tekanan darah.Anda mengonsumsi makanan dalam kemasan. Tekanan darah pada kisaran normal tergantung pada pola makan sehat secara keseluruhan. Selain garam. Contoh makanan yang bisa mengandung garam yang tinggi adalah roti. Perbanyak juga konsumsi buah. minuman keras juga berpotensi . Ketika tubuh sudah beradaptasi. maka kemungkinan Anda memiliki sensitivitas terhadap kafein. Meski pengaruh kafein masih diperdebatkan. Batasi juga frekuensi Anda makan di luar karena cara terbaik mengontrol asupan sodium adalah dengan memasak sendiri di rumah. dan kacangkacangan. maka kurangi lagi hingga 1. ikan. saus tomat. Kurangi garam. Jumlah itu termasuk sodium yang dikonsumsi secara keseluruhan dari produk makanan dan apa yang Anda masak atau sajikan di meja makan. Pilih makanan dengan kandungan sodium harian 5 persen atau kurang. kolesterol. serta daging merah. namun ada kemungkinan zat ini dapat meningkatkan tekanan darah. dan lemak trans. Ada empat prinsip utama pola makan DASH. Pola makan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Kurangi juga makanan yang tinggi lemak jenuh. dan produk susu rendah lemak. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak malah akan menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang bersifat permanen. Selain itu. Anda dapat membuat perubahan secara bertahap. Tingkatkan asupan nutrisi dari gandum. sayur. Cek tekanan darah Anda sekitar 30 menit setelah minum kopi atau minuman berkafein lain. makanan dan minuman manis. baca labelnya. batasi juga kecap asin yang Anda gunakan saat memasak di dapur.

Jika tekanan darah tinggi 140/90 mmHg atau lebih tinggi. mengurangi stres. makanan asin dan gula berlebih dapat menjaga tekanan darah tetap normal. dan membantu menurunkan berat badan. Batasi minuman keras yang Anda konsumsi.Jika tekanan darah di atas normal sistolik antara 120 dan 139 atau tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 mmHg. Berat badan berlebih merupakan risiko darah tinggi. maka konsultasilah dengan dokter karena biasanya dianjurkan minum obat darah tinggi.com Tips Gaya Hidup Sehat Agar Tekanan Darah Normal     Olahraga. saat usia bertambah tekanan darah cenderung meningkat maka bisa lebih sering sesuai anjuran dokter. Namun. Hindari rokok dan Alkohol. Studi klinis menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan. Alkohol meningkatkan tekanan darah. Cobalah untuk menggunakan alat pengukur tekanan darah yang dapat dilakukan di rumah secara teratur. unggas. daging merah. Konsultasikan hal tersebut pada sesi kunjungan rutin ke dokter jika Anda melihat ada perubahan pada hasilnya. maka periksalah ulang setidaknya setahun sekali.bertentangan dengan obat antihipertensi sehingga mengurangi keefektifan obat. Olah raga akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan memperkuat otot jantung. Nikotin dalam asap rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut dan meningkatkan tekanan darah. jadi kalau ingin tekanan darah normal terus maka jagalah berat bedan tetap ideal. Mengonsumsi terlalu banyak minuman keras juga dapat meningkatkan berat badan seseorang. Satu langkah pemeriksaan lainnya jika Anda memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi adalah memonitor secara teratur. dan kacangkacangan dan menghindari lemak.com Makanan pantangan hipertensi . atau lebih sering sesuai anjuran dokter. produk susu rendah lemak. sayuran. Jaga Berat Badan Ideal. Makan sehat. maka lakukan pemeriksaan lagi setidaknya sekali setiap lima tahun. Baca juga Pantangan Darah Tinggi. ikan. Ini adalah dua kebiasaan buruk yang dapat menganggu tekanan darah normal. Bersumber dari: Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal | Mediskus. Kelebihan berat badan adalah salah satu pemicu utama hipertensi. Bersumber dari: Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal | Mediskus. Tips Agar Tekanan Darah Normal Terus Lakukan Pemeriksaan Rutin Jika saat ini tekanan darah normal (kurang dari 120/80 mmHg). biji-bijian.

3. 6. . ham dan dendeng. Kafein bisa terdapat pada produk makanan seperti cokelat dan lainnya. maka lemak dapat menghambat pembuluh darah. sosis. Tapi Anda yang terkena penyakit tekanan darah tinggi juga harus mengurangi asupan makanan atau minuman yang manis. termasuk buah kaleng Buah memang makanan sehat. Makanan seperti ini dapat memicu obesitas dan meningkatkan tekanan darah sehingga penyakit hipertensi semakin parah. Produk roti Anda juga harus lebih waspada dengan produk roti. Dengan lebih teliti. Biasanya pengawetan makanan jenis ini dengan menambahkan banyak garam. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah sehingga penyakit tekanan darah tinggi semakin parah. 5. 4.1. Anda harus menghindari semua jenis makanan dalam kaleng jika ingin penyakit tekanan darah tinggi yang diderita tetap aman. akibatnya pembuluh darah semakin sempit dan tekanan darah menjadi naik. Asupan lemak yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan obesitas yang akhirnya menyebabkan komplikasi berbagai penyakit. Misalnya masakan yang dimakan dengan cara diasap. kue basah. Contoh jenis makanan seperti ini adalah makanan kalengan. maka penyakit darah tinggi yang diderita tidak akan jadi semakin parah. Permen. Hal ini karena makanan yang diawetkan dan dikemas dalam kaleng memiliki kandungan sodium yang tinggi. Ketika tubuh semakin gemuk. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula Umumnya jenis makanan manis dihindari oleh mereka yang terkena diabetes atau penyakit gula. Umumnya roti yang memiliki rasa asin dengan bumbu rasa-rasa yang gurih. Sedangkan ketika Anda menyantap spagheti dengan saus tomat maka kandungan sodiumnya akan semakin melimpah. Sebab makanan yang dilarang penyakit darah tinggi ini bisa memicu komplikasi penyakit lain. akan tetapi tidak dengan buah dalam kemasan kalengan. Makanan dalam kaleng. Salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan akibat obesitas yaitu hipertensi akibat naiknya tekanan darah. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita penyakit tekanan darah tinggi. 7. cokelat dan minuma manis lain tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. makanan yang banyak mengandung lemak memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Saus tomat Saus tomat juga merupakan jenis makanan yang dilarang penyakit darah tinggi untuk dikonsumsi. 2. Makanan olahan Semua jenis makanan yang berasal dari daging olahan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Makanan yang banyak lemak Sudah kita ketahui. Kafein Anda penyuka minuman kopi? Ini tidak cocok bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi. Dalam satu cangkir saus tomat terdapat 680 miligram sodium. Hindari minuman kopi atau segala jenis makanan yang mengandung kafein jika Anda terkena serangan darah tinggi. Sebab makanan jenis ini umumnya memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi yaitu 1200mg natrium dalam tiap satu porsinya. Anda juga wajib memeriksa label makanan ketika membeli makanan di toko atau supermarket. pengasinan atau dengan penambahan bahan pengawet kimia adalah makanan yang masuk dalam kategori daging olahan.