You are on page 1of 4

RESENSI BUKU

GREEN CARD

Oleh :
Laely Permanasari
XII IA 3/13

Pakistan. 2. Saat tsunami Aceh taun 2004. 6. Jawa Barat. berlokasi di Jakarta. Lalu hijrah ke dunia korporasi dengan bekerja di Corporate Communication Departement di PT Freeport Indonesia (2006-2013) serta Head of Corporate Social Responsibility di PT Gajah Tunggal Tbk (April-Desember 2013). 4. Kepengarangan Ramdani “Dani” Sirait lahir di Jambi. kota yang dibangun untuk memiliki daya saing dengan negeri tetangga Singapura. dan Haiti. 5. Wilson. Untuk mendapatkan kartu hijau ini dikenal cukup susah. penulis sempat lama berkarier di dunia jurnalistik yaitu di Kantor Berita Antara (1992-2004). Wilson menceritakan bahwa disana bisa menabung seperti para profesional di . Sumatera Utara dan Ibu dari Kuningan. Judul buku Pengarang Penerbit Tahun Terbit Kota Cetakan ke Tebal Buku Jenis buku : Green Card : Dani Sirait : Gramedia Pustaka Utama : 2014 : Jakarta : Pertama : 234 : fiksi B. Kepala Biro di Markas Besar PBB New York. Amerika Serikat. Meskipun berpendidikan sarjana manajemen. sebuah perusahaan di bidang komunikasi. Istana Presiden RI tahun 2000. penulis bekerja untuk organisasi kemanusiaan Amerika Serikat di kota Banda Aceh. 8. Pikiran terdekatnya saat itu adalah merantau di Kota Batam. Selama 12 tahun menjalani tugas sebagai wartawan Kantor Berita Antara. Sinopsis Green Card adalah sebuah tanda pengenal layaknya KTP di Indonesia. 3.A. dan mengunjungi 26 negara. Selama tugas jurnalistiknya. Amerika Serikat tahun 2001-2004. Tokoh utama yang menjadi pokok dari cerita ini adalah Rafli. termasuk negara-negara yang tidak menarik untuk para pelancong seperti Iran. Juga pernah mengikuti “UK Study Visit” untuk wartawan negara-negara berkembang yang disponsori The British Council tahun 1998. Buku ini mencoba menguak sisi lain bagaimana seseorang mendapatkan kartu tersebut dengan berbagai cara. 7. Saat ini penulis bekerja sebagai Senior Advisor Share Communication. C. Identitas Buku 1. penulis pernah bertugas sebagai koresponden di Timor Timur (saat itu) pascareferendum tahun 1999. tahun 1967. Dia lulus sarjana dan kemudian dia sempat bekerja di Batam. sahabat yang selalu menyemangati Rafli untuk melanglang buana ke negeri yang bisa memberikan perubahan bahkan impian semua orang di dunia. penulis menjelajahi hampir seluruh wilayah Nusantara. dari seorang ayah yang berasal dari Kisaran. Rafli adalah seorang pemuda Indonesia yang merantau ke Amerika dengan harapan akan mendapatkan penghidupan yang lebih baik daripada di Indonesia.

Bahwa ternyata walaupun mereka tinggal di Amerika. Dan isi novel ini mengajarkan kita sebuah perjuangan.Jakarta meski bekerja di sektor informal namun penghasilan yang ditawarkan begitu menggiurkan. Identitas yang resmi dan diperlukan adalah sebuah Kartu Hijau atau yang dikenal dengan istilah Green Card dan ini adalah akses mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bahkan ijin tinggal. Banyak teman sesama ilegal bahkan legal dalam memperoleh kartu hijau. Berbekal baju yang melekat di badan dan tas kecil. dikupas cukup seru. Dia tetap bertahan dan berusaha. Cerita menaklukan Amerika pun dimulai dari dia di Miami. Dayu. Nilai Buku Kelebihan : a. tetapi mereka tetap merasa orang Indonesia. akhirnya dia mulai memasuki Miami dan tentu New York City kota tujuannya. b. meski terkadang mereka ilegal alias tidak memiliki identitas. Situasi Rafli ilegal imigrant semakin berbahaya karena pendatang ilegal wajib lapor ke pemerintah. berbagai usaha dilakukan walaupun uangnya semakin menipis dan rasa rindu dengan keluarganya semakin kuat. Wilson pun memberikan gambaran kepada Rafli. Eriana ternyata hanya memanfaatkan Rafli. Tetapi Rafli tidak menyerah. Adelia. D. c. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang digunakan sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami. Adrian bahkan Rafli mulai merasakan jatuh cinta kepada Riani dan novel ini juga bercerita bagaimana ia tersiksa karena seorang wanita yang bernama Erina. Ada banyak rekan-rekan Rafli menambah semangat kehidupan. membuat pembaca penasaran. begitu banyak orang Indonesia yang menjadi pekerja sektor informal dan sukses disana. karena disana banyak berlabuh kapal-kapal pesiar kalangan jet zet. Mbak Yanti. sebuah kota yang memiliki pelabuhan terindah. Wahyu. Isi dari novel tersebut menarik untuk disimak dan memiliki amanat yang bagus. . diantaranya Rahmad. Cover dari novel tersebut menarik yaitu menggambarkan kota New York ditambah dengan adanya patung Liberty. sahabat yang semula dipercaya akhirnya membuat Rafli kecewa. Rafli pun memilih bekerja menjadi Room Steward di sebuah kapal pesiar yakni Holland America Line. memberikan dukungan. Karena dia harus menikah pura-pura dengan Eriana agar dia bisa bertahan dan berusaha mendapatkan Green Card.

Endingnya kurang jelas tetapi dapat membuat pembaca berimajinasi sendiri untuk menebak selanjutnya. Penggambaran aksi para tokohnya kurang menegangkan. Kesimpulan Buku ini layak untuk dibaca untuk remaja dan orang dewasa.d. E. detail latarnya kuat. dan pantang menyerah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. b. Khususnya untuk para remaja. usaha. Penulis belum mengeksplorasi emosi karakter-karakternya. Kelemahan : a. . c. karena buku ini mengajarkan sebuah perjuangan. Gaya penulis jurnalisnya kental.