You are on page 1of 32

perpustakaan.uns.ac.

id

digilib.uns.ac.id

BAB III
METODE PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini
program keahlian akuntansi ini dilaksanakan di laboratorium bank mini
Karistasari program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta yang
beralamat di Jl. Sungai Kapuas No. 28, Telp/Fax (0271) 653085 Surakarta,
Website: http://www.smkn1solo.co.cc. Lokasi penelitian ini berdasarkan
pertimbangan :
a. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti yaitu hasil pembelajaran praktik
yang belum optimal karena tidak tersedianya buku panduan praktik.
b. Tersedia data yang dibutuhkan.
2. Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada peserta didik yang melaksanakan
praktikum di laboratorium bank mini yaitu kelas X dan XI SMK Negeri 1
Surakarta. Penelitian ini dimulai dari penyusunan proposal sampai penulisan
laporan penelitian yang dilakukan dari bulan Agustus 2014 sampai dengan
Januari 2015.

commit to user

39

perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

40
Tabel 3.1. Langkah dan Jadwal Penelitian
Tahun
2015

Tahun 2014
Jenis Kegiatan

Agus
2014

Sep
2014

Okt
2014

Nov
2014

Des
2014

Jan
2015

Penelitian
1. Identifikasi masalah
yang ada dilapangan
2. Perencanaan dan
Penyusunan Proposal
3. Perijinan
4. Penyusunan
Instrumen penelitian
5. Perencanaan produk
6. Seminar Proposal
7. Pengembangan
bentuk awal produk
8. Validasi ahli/pakar
9. Revisi validasi
ahli/pakar
10. Uji coba produk
11. Revisi Produk
12. Uji coba pemakaian
13. Revisi Akhir
Pasca-Penelitian
1. Penyusunan draft
laporan
2. Finishing
3. Seminar hasil
4. Ujian
5. Revisi

B. Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) yang bertujuan mengembangkan
buku panduan praktik laboratorium
commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

41
bank mini program keahlian akuntansi SMK. Metode ini merupakan metode
penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji
keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2012: 407). Borg and Gall (1989) dalam
Arifin (2012: 127) mengemukakan “research and development is a powerful
strategy for improving practice. It is a process used to develop and validate
educational product”.
Penelitian ini selain mengembangkan dan memvalidasi hasil-hasil
pendidikan, Research and Development juga bertujuan untuk menemukan
pengetahuan-pengetahuan baru melalui ‘basic research’, atau untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan khusus tentang masalah-masalah yang bersifat praktis
melalui ‘applied research’, yang digunakan untuk meningkatkan praktik-praktik
pendidikan. Dalam penelitian ini Research and Development dimanfaatkan untuk
menghasilkan buku panduan praktik laboratorium bank mini program keahlian
akuntansi SMK serta untuk mengetahui kualitas buku yang disusun apakah sudah
mampu menciptakan efektivitas dalam pelaksanaan praktik. Model dalam
penelitian pengembangan ini dibagi menjadi dua. yaitu:
a. Model produk
Model produk dalam penelitian pengembangan ini berupa buku
panduan praktik laboratorium bank mini program keahlian akuntansi SMK.
b. Model proses
Sedangkan model proses dalam penelitian pengembangan ini berupa
model prosedural.

commit to user

ac. and dissemination and implementation“. operational field testing. dan persiapan untuk merumuskan kerangka kerja penelitian. main product revision. main field testing. berikut ini: Research and information collecting Planning Develop preliminary form of product Preliminary field testing Operational field testing Operational product revision Main field testing Main product revision Final product revision Dissemination and implementation Gambar 3. Skema Prosedur Pengembangan Hasil Adaptasi dari Prosedur Pengembangan Borg & Gall (Sumber: Borg & Gall.uns. final product revision. Research and information collecting.perpustakaan. planning.ac. develop preliminary form of product. preliminary field testing.1. commit to user . Langkah-langkah tersebut dapat digambarkan dalam Gambar 3. termasuk dalam langkah ini antara lain melakukan studi pendahuluan untuk mengkaji. dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji.1. 1989) Penjelasan untuk setiap langkah-langkah tersebut sesuai uraian dari Arifin (2012) adalah sebagai berikut: 1.id digilib.id 42 Menurut Borg and Gall (1989) yang di kutip dari Arifin (2012: 129) langkah-langkah penelitian pengembangan terdiri dari :“research and information collecting. menyelidiki. operational product revision.uns.

dengan melibatkan subjek sebanyak 10–15 subjek. yaitu melakukan revisi tahap pertama yaitu perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal yang dihasilkan berdasarkan hasil ujicoba awal.ac.ac. membuat rencana desain pengembangan produk. Sebelum dilaksanakan uji-coba terbatas peneliti harus menilai kembali dengan para ahli tentang produk yang telah dibuat. melakukan uji-coba produk dalam skala yang lebih luas dengan subjek antara 30-100 orang. commit to user .id 43 2.uns.uns. Pada langkah ini pengumpulan dan analisis data dapat dilakukan dengan cara wawancara. Main product revision. diseminasi dan pelaksanaannya. 5. yaitu mulai mengembangkan bentuk produk awal (draft). ujicoba yang lebih luas. observasi atau angket.perpustakaan.id digilib. 4. revisi produk akhir. revisi. Develop preliminary form of product. dan penyebaran angket. 6. Peneliti harus berkolaborasi dengan para ahli yang relevan dengan produk tersebut. Planning. Preliminary field testing. 3. peneliti melakukan observasi. digambarkan pula langah-langkah pengembangan produk awal. diskusi. Langkah-langkah uji-coba lebih luas sama dengan langkah-langkah uji-coba terbatas. yang termasuk dalam langkah ini merumuskan kecakapan dan keahlian yang berkaitan dengan permasalahan. bagaimana teknis pelaksanaan uji-coba terbatas. yaitu melakukan ujicoba terbatas mengenai produk awal di lapangan. seperti subjek mempelajari produk dan menampilkannya. Main field testing. wawancara.

Operational product revision. maka perlu dibentuk dua kelompok.uns. Data dikumpulkan melalui wawancara. C. observasi dan angket. 9. Langkah-langkah tersebut bukanlah hal baku yang harus diikuti. Sasaran Penelitian Sasaran penelitian merupakan sasaran pengembangan.perpustakaan. Operational field testing. yaitu melakukan revisi tahap kedua. langkah yang diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan peneliti.id digilib. Sebaliknya jika peneliti ingin mengetahui dampak dari penggunaan produk. sehingga nanti bisa dilakukan uji perbedaan dengan t-test. Sasaran pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan pada program keahlian commit to user . maka tidak perlu ada kelompok kontrol.uns. Jika peneliti tidak ingin mengetahui dampak penggunaan produk. yaitu melakukan uji pelaksanaan lapangan dengan melibatkan sekolah dan subjek lebih banyak dengan melibatkan 40-200 subjek. yaitu langkah menyebarluaskan produk/model yang dikembangkan. 8. Dissemination and implementation. 10.ac.ac.id 44 7. yaitu melakukan revisi terhadap produk akhir berdasarkan saran dan masukan dalam uji pelaksanaan lapangan. Final product revision. yaitu memperbaiki dan menyempurnakan produk berdasarkan masukan dan saran-saran hasil uji-coba lapangan yang lebih luas. yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. seperti proyek pelatihan yang dilakukan oleh Borg dan Gall.

sehingga dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan praktik.ac. Tahap ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan buku panduan praktik laboratorium bank mini yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara mandiri.id 45 akuntansi SMK adalah peserta didik kelas X dan XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Cook dan Dupras (2004) menyatakan bahwa “the key step in developing an effective practical guide are: perform a need analysis”.id digilib. b.perpustakaan. Perijinan penelitian dari tempat penelitian. Pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini program keahlian akuntansi SMK secara garis besar meliputi tahap-tahap sebagai berikut: 1. commit to user . Persiapan Penelitian Persiapan penelitian meliputi proses : a. Untuk mendapatkan informasi dilakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran dan peserta didik.uns. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian merupakan langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian.ac. Analisis Kebutuhan Analisis kebutuhan buku panduan praktik merupakan tahap pertama dalam penelitian. 2. c. Observasi awal pelaksanaan praktik laboratorium bank mini.uns. Perijinan penelitian dari pihak fakultas. D. Tahap analisis kebutuhan buku panduan praktik ini berupa penelitian dalam skala kecil.

ac. Dalam Penelitian ini akan dilakukan sampai langkah ke delapan. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk kebutuhan penyusunan tesis diperbolehkan hanya sampai tahap keenam. namun tidak semua langkah dilakukan dalam penelitian ini.ac.uns.perpustakaan.2. berikut ini uraiannya: commit to user . 1989) Gambaran tahapan tersebut telah di sajikan pada prosedur penelitian di atas.2. berikut: Research and information collecting Planning Develop preliminary form of product Preliminary field testing Operational field testing Operational product revision Main field testing Main product revision Final product revision Dissemination and implementation Batas tahapan penelitian yang dilaksanakan Gambar 3. Untuk peneliti dari S3 harus dilanjutkan sampai pengujian model”.id digilib. Pelaksanaan Penelitian Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini mengadaptasi dari Borg & Gall (1989) dalam Arifin (2012).id 46 3. Skema Alur Penelitian Mengacu Model Pengembangan Borg & Gall (Sumber: Borg & Gall.uns. Langkah-langkah tersebut dapat digambarkan dalam Gambar 3. Sukmadinata (2011: 187) menguraikan bahwa “untuk peneliti dari program S2 atau penyusunan tesis. kegiatan penelitian dan pengembangan dapat dihentikan sampai dihasilkan draft final tanpa pengujian hasil.

id 47 a.id digilib.perpustakaan. Hal tersebut ternyata mempengaruhi kecakapan peserta didik selama melakukan kegiatan praktik pelayanan di bank mini. b. Planning Langkah-langkah dalam mendesain buku panduan praktik laboratorium bank mini yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi : commit to user .uns.ac. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh informasi bahwa dalam pelaksanaan praktik laboratorium bank mini di SMK Negeri 1 Surakarta belum memiliki buku panduan praktik sebagai acuan praktik.uns. terutama mengenai praktik laboratorium bank mini diteliti dengan metode wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi dan peserta didik program keahlian akuntansi. Sesuai hasil wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi dan peserta didik program keahlian akuntansi tentang pelaksanaan praktik dikumpulkan sebagai dasar dalam melakukan pengembangan sebuah produk berupa panduan praktik laboratorium bank mini.ac. Research and information collecting Potensi dan permasalahan yang ada di sekolah tempat penelitian. Selain dari hasil wawancara juga dilakukan observasi/pengamatan selama peserta didik melaksanakan praktik di bank mini. Berdasarkan analisis kebutuhan dalam pelaksanaan praktik laboratorium bank mini dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan oleh peserta didik maka dipandang perlu untuk mengembangkan buku panduan praktik sebagai acuan guru dan peserta didik.

id 48 1) Analisis standar isi tentang prosedur pelayanan tabungan dan pelayanan pembayaran SPP. Develop preliminary form of product Produk berupa buku panduan praktik laboratorium bank mini diserahkan kepada ahli untuk dievaluasi dan divalidasi. 6) Pembuatan halaman glosarium.uns. 3) Pembuatan desain halaman depan (cover): berisi judul. jenjang kelas. 8) Pembuatan sampul belakang.uns. tata tertib dan daftar isi (content). 2) Merumuskan tujuan yang akan dicapai peserta didik dengan menggunakan panduan praktik laboratorium bank mini. Validator buku panduan praktik dalam penelitian ini antara lain: 1) Validasi ahli materi (content) Validasi ahli materi ditujukan untuk mendapatkan penilaian yang menggambarkan ketepatan dan kesesuaian materi praktik dengan buku panduan yang dikembangkan. dan nama /identitas penyusun. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku panduan. 7) Pembuatan halaman lampiran.id digilib. 5) Penulisan bagian penyajian petunjuk praktikum pada BAB I dan BAB II.ac. Validasi ahli materi dalam penelitian ini akan dilaksanakan oleh dosen pendidikan akuntansi FKIP UNS dengan kualifikasi menguasai materi akuntansi perbankan dengan baik dan sudah atau sedang mengampu mata kuliah akuntansi perbankan. 4) Pembuatan halaman kata pengantar. commit to user . c.ac.perpustakaan.

Preliminary field testing commit to user . d.id 49 2) Validasi ahli pengembangan buku (construct) Validasi ahli pengembangan buku dalam hal ini ahli media diadakan untuk mendapatkan informasi mengenai penilaian terhadap buku panduan yang dikembangkan terkait dengan kriteria buku panduan yang baik. 3) Validasi Praktisi Validasi praktisi bertujuan untuk menggali informasi tentang penilaian dan saran keefektifan buku panduan. Validasi praktisi dilakukan oleh guru program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta dengan kualifikasi menguasai materi akuntansi perbankan SMK. dan sedah atau sedang menjadi guru mata pelajaran akuntansi perbankan di SMK Negeri 1 Surakarta.ac.uns. menjadi pembina di bank mini Karistasari. Validasi ahli media akan dilakukan oleh dosen pendidikan akuntansi FKIP UNS dengan kualifikasi menguasai tata cara penyusunan media pembelajaran akuntansi dengan baik dibuktikan dengan lulusan dari program teknologi pendidikan dan sudah atau sedang mengampu mata kuliah teknologi pembelajaran akuntansi. Apabila kegiatan revisi dirasa sudah cukup maka buku panduan praktik siap di uji coba terbatas.ac. keterlaksanaan dan kelayakannya.perpustakaan.id digilib. Buku panduan yang telah divalidasi oleh para ahli selanjutnya dianalisis dan diperbaiki kekurangan dan kelemahannya sesuai saran dari validator.uns.

Setelah itu. peneliti melakukan observasi.id digilib. Berdasarkan hasil evaluasi. Uji coba produk yang lebih luas dilakukan pada 30 orang peserta didik terdiri dari 15 peserta didik kelas X dan 15 peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta. diskusi. Setelah itu peserta didik diminta mengisi angket dan dimintai pendapat mengenai kesulitankesulitan yang ditemukan saat membaca draft panduan praktik laboratorium bank mini tersebut. dan penyebaran angket.ac. commit to user .perpustakaan. Main field testing Langkah-langkah uji-coba lebih luas sama dengan langkah-langkah uji-coba terbatas. seperti subjek mempelajari produk dan menampilkannya. kemudian dilakukan penyempurnaan untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Pada uji coba ini diambil 12 peserta didik terdiri dari 6 peserta didik kelas X dan 6 peserta didik kelas XI secara acak sebagai subyek uji coba.uns. mempersiapkan buku panduan praktik laboratorium bank mini hasil revisi untuk uji-coba produk dalam skala yang lebih luas. Peserta didik-peserta didik tersebut diberikan draft panduan praktik laboratorium bank mini untuk dipelajari. f. Main product revision Pada tahap ini dilakukan evaluasi hasil uji coba dan mengkaji setiap kekurangan.uns.id 50 Setelah produk melewati proses validasi maka dilakukan uji-coba terbatas.ac. Uji coba produk terbatas dilakukan oleh peserta didik kelas X dan XI SMK Negeri 1 Surakarta. wawancara. e.

ac. Populasi. Populasi Sugiyono (2012) mengatakan bahwa Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan commit to user . h.3. Sampel dan Teknik Sampling 1. Operational product revision Pada tahap ini dilakukan revisi tahap kedua.perpustakaan. Peneliti melibatkan guru untuk menjadi observer lain (independen) untuk menilai keterampilan pencatatan traksaksi keuangan yang dicapai peserta didik. Desain Pretest-Postest Control Group Design Keterangan: R : pengambilan sampel secara random O1 : pretest kelas eksperimen O2 : postest kelas eksperimen O3 : pretest kelas kontrol O4 : postest kelas kontrol E.id digilib.ac. Operational Field Testing Uji pelaksanaan lapangan dilaksanakan di kelas X dan kelas XI program keahlian akuntansi SMK N 1 Surakarta. yang dapat dilihat pada gambar berikut: R O1 R O3 X O2 O4 Gambar 3. yaitu memperbaiki dan menyempurakan produk berdasarkan uji coba produk dalam skala lebih luas. Desain PretestPostest Control Group Design pada uji coba ini sebagaimana yang tertera di dalam Sugiyono (2012).id 51 g.uns.uns.

id digilib. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 191 peserta didik. 2.3 Daftar Peserta Didik kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 No. Bila populasi besar. tenaga dan waktu maka peneliti dapat menggunakan commit to user .2.perpustakaan. Tabel 3. dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi. Daftar Peserta Didik kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 No.ac. 1. 1. 3 Kelas AK 1 AK 2 AK 3 Kompetensi Keahlian Akuntansi Akuntansi Akuntansi Jumlah Sumber: data sekunder (2014) Jumlah 32 32 32 96 Tabel 3.uns.ac. 2. misalnya karena keterbatasan dana. Sampel danTeknik Sampling Sugiyono (2012) mengatakan bahwa sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi.id 52 kmudian ditarik kesimpulannya.uns. 3 Kelas AK 1 AK 2 AK 3 Kompetensi Keahlian Akuntansi Akuntansi Akuntansi Jumlah Sumber: data sekunder (2014) Jumlah 31 32 31 95 2.

ac. F. dan 2 kelas XI yang masing-masing kelasnya terdiri dari 32 dan 31 peserta didik. Diperoleh 2 kelas X yang masing-masing kelasnya terdiri dari 32 peserta didik. commit to user . Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harus representatif (mewakili).ac. 2012). Sugiyono (2012) mengatakan bahwa variabel Penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang.id 53 sampel yang diambil dari populasi itu. kemudian diambil dua kelas masing-masing dari kelas X dan XI secara acak (random) dengan sistem undian.perpustakaan. sesuai pendapat Borg dan Gall dalam Arifin (2012) bahwa pada tahap uji pelaksanaan lapangan terhadap produk subjek sebanyak 40–200 subjek dalam penelitian ini berjumlah (32x2) + 32+31 = 127 peserta didik. Stratified random sampling merupakan pengambilan sampel secara acak pada populasi dengan anggota yang tidak homogen dan berstrata (Sugiyono. Populasi penelitian terdiri dari 6 kelas program keahlian akuntansi yaitu 3 kelas X dan 3 kelas XI. Variabel Penelitian Suharsimi (2010) menjelaskan bahwa variabel penelitian adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian.uns.uns. obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional 1.id digilib. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini pada tahap uji coba dan uji efektivitas menggunakan stratified random sampling.

Adanya variabel bebas di atas maka pada penelitian ini Variabel terikatnya adalah keterampilan pencatatan transaksi keuangan. Variabel Dependen (Y) Variabel Dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat. Buku panduan praktik laboratorium bank mini merupakan buku yang berisi tata cara prosedur pelaksanaan praktik pelayanan perbankan dalam commit to user lingkup mini (kecil) yang dapat digunakan guru sebagai acuan dalam . Berikut ini adalah gambaran skema sesuai uraian di atas: X Y Gambar 3. Skema Variabel X dan Y Keterangan: X : buku panduan praktik laboratorium bank mini. a.ac. Definisi Operasional Variabel penelitian bisa diukur jika peneliti dapat mengoperasionalkan varibel menjadi sebuah konsep.id digilib. Y : keterampilan pencatatan transaksi keuangan.uns.ac. 2.id 54 a. Variabel didefinisi menjadi konsep sehingga tetap dalam pengukurannya.4. b. Variabel Independen (X) Variabel bebas merupakan variabel yang memengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbul variabel dependen (terikat). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah buku panduan praktik laboratorium bank mini.uns. Definisi Operasional merupakan elemen yang penting dalam sebuah penelitian.perpustakaan.

validasi pengembangan buku (construct).id 55 menjelaskan prosedur praktik tersebut kepada peserta didik program keahlian akuntansi.uns. dan validasi praktisi melalui lembar validasi. Data awal Data awal berupa data kualitatif yang diperoleh pada saat observasi dan wawancara analisis kebutuhan di sekolah. b. b.ac. Berdasarkan klasifikasi jenis data dalam penelitian ini maka dapat dirincikan sebagai berikut: a. Selain itu juga terdapat data kuantitatif berupa tanggapan peserta didik terkait kelayakan buku panduan melalui angket tanggapan peserta didik. Jenis Data dan Teknik Pengumpulan Data 1. G. Jenis Data Jenis data penelitian dapat berupa data kualitatif dan data kuantitatif.ac.perpustakaan.uns. Data pengembangan buku panduan Data pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan adalah data kualitatif hasil validasi materi (content). commit to user .id digilib. Keterampilan Pencatatan Transaksi Keuangan merupakan keahlian atau kecakapan yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menyelesaikan pencatatan kejadian transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan usaha bank mini dalam hal ini adalah transaksi tabungan dan pembayaran SPP.

id 56 c. Pemilihan teknik pengumpulan data yang tepat sangat diperlukan dalam suatu penelitian. Teknik pengumpulan data dijelaskan sebagai berikut: a. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data merupakan cara-cara yang ditempuh untuk memperoleh data yang diperlukan dalam suatu penelitian dengan menggunakan suatu alat tertentu. angket dan dokumentasi.ac. Sugiyono (2012:203) menyatakan bahwa “teknik pengumpulan data dengan observasi digunakan bila penelitian berkenaan dengan perilaku manusia. Observasi Observasi merupakan teknik awal dalam pengumpulan data. Data keterampilan pencatatan transaksi keuangan Data keterampilan pencatatan transaksi keuangan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui metode pengamatan/observasi keterampilan dan data kuantitatif berupa nilai yang diperoleh dari metode tes praktik yang akan di lakukan uji statistik. Metode observasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data atau informasi di lapangan dengan menggunakan commit to user .id digilib.uns. beberapa bila responden yang diamati tidak terlalu besar”.perpustakaan.ac. 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi. Tanpa adanya ketepatan. maka data yang diperoleh dalam penelitian tidak akan menghasilkan data yang baik dan akurat untuk dihitung. proses kerja. Hasil observasi dilapangan sebagai pedoman untuk mengetahui kondisi awal objek penelitian. wawancara.uns.

uns. Kuesioner (Angket) Sugiyono (2012: 199) menyatakan bahwa “kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya”.id 57 pengamatan langsung secara sistematis.uns. b. Jenis angket untuk uji commit to user . Metode angket digunakan untuk uji kelayakan dan uji validitas panduan pratikum. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden.perpustakaan. Data ini digunakan sebagai pelengkap dalam penyusunan penelitian ini. Metode wawancara dalam penelitian ini digunakan pada saat awal untuk mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan praktik pada laboratorium bank mini dan untuk mendapatkan keterangan tambahan dan mendukung jawaban angket dari responden dengan cara bertanya langsung kepada peserta didik dan guru di SMK Negeri 1 Surakarta. Observasi ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pembelajaran praktik pada laboratorium bank mini yang dilakukan di sekolah dan kondisi di SMK Negeri 1 Surakarta. tanggapan guru dan peserta didik. Wawancara Wawancara digunakan sebagai “teknik pengumpulan data apabila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti dan juga apabila peneliti ingin mengetahui hal-hal dari responden yang lebih mendalam” (Sugiyono.ac.id digilib. c. 2012:194).ac.

Pittaway dan Edwards (2012) dalam jurnalnya menyatakan bahwa dalam penilaian pembelajaran praktik selain dilihat dari hasil ujian tertulis juga diperlukan penilaian nyata dari tes unjuk kerja.id digilib. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik di laboratorium. commit to user . nama guru.ac. Metode tes dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja yang digunakan untuk mengukur tingkat keterampilan peserta didik yang ditunjukkan dari praktik pelayanan pada laboratorium bank mini.ac. presentasi. 2009:72). Data ini digunakan sebagai pelengkap dalam penyusunan penelitian ini. d. e. Tes Unjuk Kerja Tes unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu (Suwandi.uns. Dokumentasi Metode dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data-data diantaranya jumlah peserta didik.uns. 2010).id 58 kelayakan dan uji validitas buku panduan praktik adalah daftar cocok (check list) yaitu deretan pernyataan (yang biasanya singkat-singkat) dimana responden tinggal membubuhkan check list (√) di tempat yang disediakan (Suharsimi.perpustakaan. dll. diskusi. nama peserta didik.

perpustakaan. Angket Angket ditujukan bagi peserta didik untuk mengetahui respon mereka terhadap pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini. Penyusunan item-item angket berdasarkan pada indikator yang telah ditentukan. Skor penilaia angket dapat dilihat dalam tabel berikut: Tabel 3. Lembar validasi ditujukan bagi ahli materi. Instrumen Penelitian Instrumen penelitian data pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan terdiri atas: 1. Lembar validasi ahli mencakup aspek bahasa. Skor Penilaian berdasarkan skala likert Skor untuk aspek yang dinilai Sangat Setuju Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju (Sumber: Sudjana. 2. Pemberian skor pada angket didasarkan pada skala likert dengan rentang skor 1 sampai 4. 2010) SS S TS STS commit to user Nilai (+) 4 3 2 1 (-) 1 2 3 4 .ac. substansi isi.id digilib. ahli pengembangan buku panduan dan praktisi yang akan menilai kualitas kelayakan modul.uns. dan juga menilai rancangan panduan praktik.id 59 H.4.uns. dan bentuk penyajian.ac. Lembar validasi Lembar validasi merupakan lembar yang digunakan para ahli dalam mengamati dan menilai kualitas buku panduan praktik yang dikembangkan.

perpustakaan.uns.uns.ac. terlebih dahulu harus dilakukan uji validitas tiap butir soal dan reliabilitas instrumen. sedangkan rumus yang digunakan adalah rumus product moment sebagai berikut: Keterangan: rxy = Nilai kofisien korelasi X = Skor butir Y = Skor total N = Jumlah responden ∑X = Jumlah kuadrat nilai X ∑Y = Jumlah kuadrat nilai Y Bila r-hitung (nilai Corrected Item-Total Correlation) bernilai positif dan lebih besar daripada r-tabel (r-hitung > r-tabel). Sebaliknya bila r-hitung (nilai Corrected Item-Total Correlation) bernilai negatif dan atau dan nilai r-hitung < rtabel. Kemudian hasil dari rxy dikonsultasikan dengan harga kritis product moment. maka butir atau variabel tersebut adalah valid.id digilib.ac. a. Validitas konstruk digunakan dalam penelitian ini. apabila hasil commit to user . maka butir atau variabel tersebut adalah tidak valid.id 60 Sebelum angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hal ini dimaksudkan agar bisa mendapatkan data yang valid dan handal. Uji Validitas Uji validitas dilakukan untuk memastikan seberapa baik suatu instrumen digunakan untuk mengukur konsep yang seharusnya diukur.

Uji Reliabilitas Reliabilitas berkenaan dengan tingkat keajegan atau ketetapan hasil pengukuran (Sukmadinata. Untuk menguji reliabilitas dilakukan dengan mencari angka reliabilitas dari butir-butir pertanyaan dalam kuesioner dengan menggunakan rumus alpha.ac.ac.67 0. Setelah diperoleh nilai (α).uns. yaitu menunjukkan hubungan antara jumlah butir pertanyaan dengan reliabilitas instrumen seperti terlihat pada tabel berikut: Tabel 3.20 0.5 Hubungan Jumlah Butir Pertanyaan dengan Reliabilitas Instrumen No Jumlah Butir Soal 1 5 2 10 3 20 4 40 5 80 commit to user Sumber: Santoso (2001:180) Reliabilitas 0.perpustakaan. b 2 = Jumlah variansi butir t 2 = Variansi total.id digilib.id 61 yang diperoleh rhitung > rtabel. k = Jumlah butir pertanyaan (soal).80 . Hasil uji validitas semua item di dalam kuesioner valid pada taraf signifikansi 5%. 2009). maka instrumen tersebut valid. selanjutnya membandingkan nilai tersebut dengan angka kritis reliabilitas pada tabel α.uns. b. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus cronbach alpha sebagai berikut: Keterangan: r = Koefisien reliabilitas instrumen yang dicari.50 0.33 0.

perpustakaan. Lembar Observasi Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan proses praktik yang tercermin dalam keterampilan pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan oleh peserta didik. Teknik Analisis Data Analisis data pada penelitian ini terdiri atas: 1) analisis statistik deskriptif.50.uns.uns. 4. dalam penelitian terdapat 22 butir pertanyaan sehingga dikatakan reliabel apabila (r11) ≥ 0. 2006). 3. Tes Unjuk Kerja Tes unjuk kerja digunakan untuk mengetahui nilai keterampilan peserta didik dalam melaksanakan praktik pencatatan transaksi keuangan pada laboratorium bank mini.ac. Angka kritis reliabel dalam penelitian ini yang dipakai adalah 0. Tes dikembangkan dalam bentuk instruksi untuk kemudian dipraktikkan.ac. I. 2) analisis statistik inferensial 3) analisis kualitatif.id 62 Hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini dinyatakan reliabel jika alpha yang dihasilkan > dari angka kritis reliabel. Berikut ini rincian dari teknik analisis data tersebut: commit to user .3.2.id digilib. Pada lembar observasi menggunakan skala penilaian (reating scale) yang memiliki skala 1. dan 4 (Cartono.50 karena jumlah butir pertanyaan > 20.

b.id digilib. Analisis Data Deskriptif Analisis data deskriptif memaparkan hasil penelitian berdasarkan data yang telah diperoleh untuk mengetahui kelayakan buku panduan praktik yang telah dikembangkan. Nilai analisis digali dari lembar penilaian validasi ahli dengan rentang nilai 1 sampai 4 berdasarkan skala likert seperti yang sudah dijelaskan di atas.ac. yaitu meliputi tahap berikut ini: a. substansi isi. Uji Coba Kelayakan Buku Panduan Praktik Kelayakan buku panduan praktik laboratorium bank mini ditentukan melalui tanggapan peserta didik melalui angket yang diberikan. dan bentuk penyajian buku panduan praktik yang dikembangkan.ac. Penentuan kriteria penilaian terhadap buku panduan yang dikembangkan dilakukan berdasarkan skala likert sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.uns.perpustakaan. Analisis Kebutuhan Analisis kebutuhan merupakan analisis data yang menggunakan analisis deskriptif yang memaparkan hasil penelitian berdasarkan data yang telah diperoleh untuk mengetahui kelayakan buku panduan praktik yang dikembangkan. Validitas Buku Panduan Praktik Validitas buku panduan praktik laboratorium bank mini diolah dari angket penilaian validasi ahli yang terdiri dari tiga aspek.uns. c. yaitu aspek bahasa.id 63 1. commit to user .

id digilib. 2010) . Range persentase dan kriteria kualitatif untuk hasil observasi keterampilan dapat ditetapkan berdasarkan tabel berikut: Tabel 3.ac. Pengambilan Keputusan Observasi Keterampilan Persentase jawaban Nilai konversi Huruf Standar 10 Standar 4 90-99 % A 9 4 80-89 % B 8 3 70-79 % C 7 2 60-69 % D 6 1 Kurang dari 60% gagal gagal gagal Nilai 10 bila mencapai 100% commit to user (Sumber: Sudjana. Analisis data pada tahap ini yaitu pengukuran keefektifan buku panduan praktik yang ditentukan dari aspek tercapainya keterampilan peserta didik selama praktik. Penilaian keterampilan peserta didik dilihat dari data atau catatan yang dilakukan melalui observasi.ac.uns.6. Data-data observasi dianalisis menggunakan sistem deskriptif persentase dengan rumus sebagai berikut: P=  xi x100% x Keterangan: P  xi x : persentase penilaian : jumlah jawaban dari subjek : jumlah jawaban tertinggi Presentase yang telah diperoleh kemudian ditransformasikan ke dalam tabel agar pembacaan hasil penelitian menjadi mudah.perpustakaan.uns.id 64 d. Implementasi Buku Panduan Praktik Tahap ini merupakan tahap penerapan buku panduan praktik.

ac. Uji normalitas data hasil pembelajaran praktik dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan menggunakan uji Kolmogorov smirnov dengan α = 0.ac. H0 dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Jika nilai sig dari uji normalitas lebih dari α (sig > 0.050) dan Dhitung < Dtabel maka H0 tidak ditolak.id digilib. Rumus uji normalitas dengan Kolmogorov smirnov adalah sebagai berikut: z= Keterangan: Z : transformasi dari angka ke notasi pada distribusi normal x : angka pada data s : simpangan baku Statistik uji untuk metode ini: commit to user .perpustakaan. Uji Normalitas Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari populasi yang birdistribusi normal atau tidak (Budiyono.uns.uns. Keefektifan buku panduan ini dilihat berdasarkan analisis statistik inferensial dengan uji-t menggunakan bantuan program analisis IBM SPSS 21 yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas.050 dan dibantu program IBM SPSS 21.id 65 2. Analisis Statistik Inferensial Analisis statistik inferensial digunakan untuk mengetahui keefektifan buku panduan praktik laboratorium bank mini dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan. 2004). a.

uns.ac. H0 dinyatakan bahwa tiap kelas tidak mempunyai variansi yang sama.id digilib.id 66 L : maks │F(z)-S(z)│ b. Rumus uji levene’s yaitu sebagai berikut: Keterangan: : jumlah observasi k : banyak kelompok Zij : Yi : rata-rata kelompok ke i Zi : rata-rata kelompok dari Zi Z : rata-rata menyeluruh dari Zij c. 2004). Keputusan uji ini adalah jika nilai sig dari uji homogenitas lebih besar dari α (sig > 0.uns.050) maka H0 tidak ditolak sehingga dikatakan homogen.ac. Uji t (uji hipotesis) H0 dalam penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan ratarata nilai ujian praktik (keterampilan pencatatan transaksi keuangan) peserta didik sebelum menggunakan buku panduan praktik dengan menggunakan buku commit to user panduan praktik. H1 adalah sebaliknya bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai . Uji Homogenitas Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah variansi antar kelompok dari data yang diperoleh antar kelompok yang diuji berbeda atau tidak (Budiyono.perpustakaan. Uji homogenitas data hasil pembelajaran praktik dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan menggunakan uji levene’s dengan α = 0.050 dan dibantu program IBM SPSS 21.

id digilib. 2012). H0 ditolak jika signifikansi probabilitas (sig) < α (0.perpustakaan.uns.050) maka H0 tidak ditolak.id 67 ujian praktik (keterampilan pencatatan transaksi keuangan) peserta didik sebelum menggunakan buku panduan praktik dengan menggunakan buku panduan praktik. Uji hipotesis ini adalah mengeneralisasikan rata-rata dua sampel tidak berkorelasi berupa perbandingan keadaan dua variabel yang independen antara kelompok kontrol dan klompok eksperimen (Sugiyono.050) dan jika taraf signifikansi probabilitas (sig) > α (0.ac.ac. Uji t yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji komparatif dua sampel independen dengan dibantu menggunakan IBM SPSS 21. Rumus uji t adalah sebagai berikut: Keterangan: : rata-rata sampel 1 : varians sampel 1 : rata-rata sampel 2 : varians sampel 2 : simpangan baku sampel 1 : korelasi antara 2 sampel : simpangan baku sampel 2 3. Analisis Kualitatif Analisis kualitatif dilakukan pada data hasil wawancara dan observasi commit to user awal serta hasil validasi dan uji kelayakan buku yaitu data tersebut dalam . Kriteria yang digunakan dalam pengambilan hipotesis adalah tingkat α = 0.050.uns.

2004) Keterangan Kualifikasi Sangat baik Baik Cukup Kurang baik Sangat kurang baik Tidak perlu diirevisi Tidak perlu diirevisi Revisi Revisi Revisi J. commit to user .perpustakaan. Keefektifan buku petunjuk praktikum: a. 2. Rerata post test > pre test. Pengambilan Keputusan Revisi Pengembangan Pencapaian tujuan pembelajaran 81-100 % 61-80 % 41-60 % 21-40 % 0%-20% (Sumber: Riduwan. Range persentase dan kriteria kualitatif untuk hasil uji tersebut dapat ditetapkan berdasarkan tabel berikut ini: Tabel 3. b. Hasil observasi keterampilan mencapai persentase skor >79%.7.id 68 bentuk persentase ditransformasi kedalam kriteria kualifikasi.ac. 3. Indikator Keberhasilan Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1.uns. Hasil tanggapan peserta didik mencapai persentase skor >61%.ac.uns.id digilib. Hasil validasi ahli/pakar mencapai persentase skor >61%.

dan kondisi sekolah. Skema Langkah-langkah Penelitian Pengembangan commit to user Kelas Eksperimen .id digilib.uns. Penyusunan draft buku panduan praktik laboratorium bank mini Karistasari dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan pada program keahlian akuntansi SMK N 1 Surakarta. Observasi awal pelaksanaan pembelajaran praktik. analisis kebutuhan sumber belajar dalam bentuk buku panduan praktik laboratorium bank mini.id 69 SKEMA LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN Studi pendahuluan.ac.uns.ac.perpustakaan.5. karakteristik peserta didik. Analisis tujuan buku panduan praktik laboratorium bank mini. (Draft I) Validasi ahli/pakar dan praktisi Revisi I Draft II Peserta didik Uji coba terbatas Revisi II Draft III Peserta didik Uji coba lebih luas Revisi III Draft IV / Produk Final Kelas kontrol Eksperimentasi (uji coba pemakaian) Analisi data Hasil Penelitian Pengembangan Gambar 3.

id digilib.uns.ac.perpustakaan.uns.id 70 commit to user .ac.