You are on page 1of 7

Laporan

Menyimak berita
Di televisi

Adang sendiri menyatakan bahwa ia masih yakin akan memenangi Pilkada tersebut. 21. penampilan Meutya Hafid sangat profesional. Fauzi Bowo – Prijanto unggul sementara dari pesaingnya. Ia menyajikan berita dengan santai namun tepat dan tegas dalam menyampaikan isi berita.30 WIB Isi Berita Berita Berita 1 Calon pasangan gubernur DKI Jakarta. nyaman dilihat dan nyaman didengar. Cara berpakaian dan tata riasnya pun sangat elegan. Penyiar wanita ini membuat saya betah menonton berita. Fauzi Bowo mengatakan bahwa dirinya menyambut gembira hasil tersebut dan yakin bahwa dirinyalah gubernur DKI Jakarta terpilih serta mengucapkan terima kasih pada para pendukungnya. sedangkan pihak Adang Darajatun memilih menunggu hasil resmi dari KPUD yang akan keluar pada tanggal 18 Agustus 2007.00 – 21. 8 Agustus 2007 . Berita yang disajikan memenuhi kriteria 5W+1H dan objektif. Tanggapan Menurut saya. Adang Darajatun – Dani Anwar dalam hasil perhitungan cepat atau Quick Count. .Laporan Menyimak Berita di Televisi      Stasiun Penyiaran: Metro TV Program : Top Nine News Penyiar : Meutya Hafid Waktu siar : Rabu.

Fauzi memperoleh 54. Dan terakhir di Jakarta Selatan. Dari hasil KPUD di Hotel Borobudur tepatnya ruang Sumba hingga malam ini. Keseluruhan 7000 TPS sedang didata dan didapat bahwa sekitar 30% pemilih dinyatakan golput. Di Jakarta pusat.97% suara. Elvita Khairani juga cukup profesional dan tepat dalam menyampaikan berita langsung dari tempat kejadian. Di Jakarta Barat. Wapres Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa kemenangan pasangan Fauzi Bowo – Prijanto sudah dapat diprediksikan sejak awal.Berita 2 Ketua umum Partai Golkar. Berita Tanggapan Berita ketiga ini memenuhi kriteria 5W + 1 H dengan sempurna. Menurut ketua POKJA Kampanye KPUD. Taufik. 8 Agustus 2007. . sedangkan Adang memperoleh 45. sedangkan Adang memperoleh 45.52% suara. Fakta yang disajikan sangat meyakinkan. Fauzi memperoleh 54. M.48% suara. Di Jakarta Timur.04% mengungguli Adang yang memperoleh 44. Fauzi memperoleh suara sebanyak 55. Fauzi memperoleh 55. hasil dari KPUD akan keluar secepat-cepatnya tanggal 17 Agustus 2007.84% suara. Berita kedua ini menurut saya sedikit subjektif karena narasumber yang disajikan hanya pihak pendukung Fauzi Bowo yang sebenarnya belum tentu terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta hingga 18 Agustus 2007 mendatang. Litbank Media Group menyatakan bahwa pasangan Fauzi Bowo – Prijanto unggul dalam Pilkada DKI Jakarta di lima wilayah Jakarta. sedangkan Adang memperoleh 44. Fauzi memperoleh 60. sedangkan Adang memperoleh 39.88% suara.16% suara. pihak Fauzi memang unggul sementara dari Adang. Reporter penyampai berita.12% suara.96% suara. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan selamat pada pasangan Fauzi Bowo – Prijanto atas kemenangan sementara mereka dalam Quick Count. Berita 3 Pelaksana Quick Count.03% suara. Di Jakarta Utara.

Sedangkan di Banten. akibat mengeringnya waduk yang biasa dipakai untuk irigasi. Jawa Timur. Berita Berita 5 Kekeringan dan susahnya mendapatkan kebutuhan air bersih sejak sepekan terakhir. Bentrokan terjadi karena warga kecewa atas sikap Pemkot yang belum membayar biaya ganti rugi pada mereka. yaitu 5W+1H. Di kecamatan Tempayan. cukup menarik simpati penonton termasuk saya. Peristiwa ini menyebabkan kemacetan dan bocornya salah satu pipa PDAM. Bojonegoro. hingga kini warga hanya mendapat satu kali dropping sebanyak 500 liter per tiga hari. Di Magelang. Sulawesi Selatan. Berita ini sangat informatif dan cukup menarik. Warga mempertanyakan kinerja pemerintah setempat yang belum memedulikan nasib mereka. Bantuan dari Pemda setempat dinilai tidak serius oleh warga. warga harus berjalan sejauh dua kilo meter untuk mendapatkan air bersih. . Opini oleh beberapa warga yang ditampilkan dalam berita ini. melanda sejumlah daerah di Indonesia. hari ini (8 Agustus 2007) terjadi bentrokan antara ratusan warga dengan pelaksana proyek pelebaran jalan serta pembangunan jalan fly over pertama di Makasar dan Satpol PP setempat.Berita 4 Dilaporkan dari Makasar. Bentrokan semakin memanas saat operator eskavator terus membongkar jalan dan warga nekat menghentikannya dengan membuat pagar dari badan mereka sendiri. Jawa Tengah. Tanggapan Berita ini merupakan rangkuman dari tiga tempat kejadian yang berbeda dengan satu peristiwa yang sama yang disajikan oleh tim liputan Metro TV dengan baik. warga terpaksa memakai air selokan yang disaring untuk kebutuhan sehari-hari. Berita ini juga memenuhi syarat berita yang baik. diprediksikan para petani akan mengalami gagal panen. Jawa Barat.

Akibatnya warga harus memakai jalur air dengan rakit sebagai alat transportasi. sebanyak 11 orang penduduk tewas akibat bencana ini. Banjir yang diakibatkan badai tropis ini menyebabkan ditutupnya sejumlah instansi pemerintah. telah menghambat jalur transportasi darat di daerah tersebut. daerah paling parah adalah perbukitan Daplak. saya berharap dapat menonton para korban bencana dan bagaimana penggunaan rakit sebagai alat transportasi darurat. Badai ini memporak-porandakan tujuh provinsi tengah Vietnam. Terputusnya jembatan ini juga membuat terhambatnya distribusi makanan untuk daerah bencana. Berita ini membuat saya was-was dan takut bila badai tropis ini juga akan menghantam Indonesia. Sulawesi Tengah sejak 18 hari lalu. Sekitar 80 warga telah berhasil dievakuasi. Jembatan Pandauke sepanjang 50 meter yang menghubungkan banyak kecamatan.Berita 6 Banjir dan longsor yang melanda Morowali. ibu kota Filipina. Sedangkan di Vietnam. badai ini telah menyebabkan 29 orang penduduk tewas dan 12 orang penduduk hilang. Tanggapan Berita dari mancanegara ini cukup menarik perhatian saya karena terjadi di Asia Tenggara. setelah menghantam Asia Timur dan Asia Selatan. Di Manila. kini badai tropis Pabuk menghantam sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara tepatnya di Filipina dan Vietnam. Berita ini sangat informatif namun sayangnya rekaman gambar yang disajikan kurang memuaskan. salah satunya sekolah. putus akibat bencana tersebut. Gambar yang disajikan hanyalah seputar jembatan Pandauke yang rusak. Perbaikan jembatan yang kini tengah dilakukan oleh DPU setempat dinilai warga berjalan sangat lamban karena keterbatasan alat berat. Berita Berita 7 Berita dari mancanegara. . wilayah yang juga mencakup Indonesia.

Mantan Presiden Soeharto tidak mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2007 karena sakit. 4. 6. terjadi unjuk rasa oleh warga yang menentang pemekaran wilayah oleh pemerintah setempat. 9. berita-berita yang disajikan kurang memenuhi standar 5W+1H. Di Batam. Di Sukabumi. Di Sao Paolo. sehingga kekuranglengkapan berita ini membuat benak saya sebagai penonton masih bertanya-tanya. seorang gembong narkoba yang sangat berbahaya berhasil ditangkap oleh aparat setempat. 2. China kini tengah gencar memperbaiki mutu dan kualitas produk makanan. Pilkada DKI Jakarta tidak berpengaruh dalam bursa efek. Sumatera Utara. Sayangnya karena hanya 90 detik. Di Morowali. Kericuhan ini terjadi akibat penggusuran rumah secara paksa oleh pemerintah setempat. IHGS menguat dikarenakan pengaruh kuatnya wallstreet. . kepulauan Riau. dan produk-produk lainnya. Penyampaian yang cepat dan lugas membuat saya serius dan cermat saat menontonnya. 3. Jawa Barat. terjadi bentrok antara warga dengan aparat setempat. 5. Brazil. 1. Sulawesi Tengah. Sebaliknya Mantan Presiden Megawati dan Wapres Jusuf Kalla telah menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2007 ini. jembatan Pandauke terputus akibat banjir dan longsor selama 18 hari. 7. terjadi kebakaran di salah satu pangkalan minyak. obat-obatan. Amerika Serikat masih terjebak di pertambangan akibat gempa yang Sembilan berita yang disajikan dalam waktu 90 detik ini benar-benar merupakan berita pilihan yang menarik bagi saya. Di Medan. Enam pekerja tambang di Utah.Berita 8 Berita ke delapan dalam program ini adalah subprogram bernama Top of the Top yaitu merupakan rangkuman dari sembilan berita terpilih hari ini (8 Agustus 2007) yang diberitakan dalam waktu 90 detik. 8.

oleh aparat setempat. Hingga kini upaya evakuasi belum Berita yang merupakan membuahkan hasil. Amerika menggugah simpati. Serikat. hasil rekaman pilihan ini memang patut disebut Berita 9 Top. . Ayah korban mengamuk dan keterangan yang berteriak histeris di persidangan memadai sehingga batin sehingga diberikan pengamanan ketat saya belum terpuaskan. Kali ini dengan sangat gamblang adalah rekaman gambar tentang sehingga berhasil kericuhan di Steubenville.meruntuhkan pintu masuk gua tempat mereka menambang. Kericuhan ini terjadi di Sayangnya. Rekaman ini Berita ke sembilan dalam program ini menampilkan histeria juga merupakan subprogram bernama seorang ayah yang tidak Top Picture yaitu hasil rekaman reporter rela kehilangan anaknya yang up to date dan eksklusif. lagi-lagi tidak persidangan kasus pembunuhan seorang disertai dengan remaja.