You are on page 1of 18

MENGENAL SERANGGA VEKTOR

DAN PENGAWETAN SERANGGA VEKTOR

Nurusysyarifah Aliyyah
0906492796

UNIVERSITAS INDONESIA
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
DEPARTEMEN KESEHATAN LINGKUNGAN
2010

MENGENAL SERANGGA VEKTOR DAN PENGAWETAN SERANGGA
VEKTOR

I. TUJUAN
1.1 Mengenal Serangga Vektor
Tujuan praktikum ini adalah

untuk

mengetahui

dan

mengidentifikasi serangga vektor yang ada dalam lingkungan
manusia.
1.2 Pengawetan Serangga Vektor

Vektor biologis. dikenal pula teknik isolasi serangga vektor untuk mengawetkannya agar dapat digunakan di kemudian hari. Secara definisi vektor adalah parasit arthropoda dan siput air yang berfungsi sebagai penular penyakit baik pada manusia maupun hewan. dan mounting. Dalam kehidupan. dimana agen penyakit harus mengalami perkembangan ke stadium lebih lanjut. dan lalat. Kedua. Pertama. caput. dimana agen penyakit tidak mengalami perkembangan. Selain mengenal ciri-ciri fisik serangga vektor. Hewan invertebrata sebagian besar adalah serangga yang kebanyakan bersifat vektor bagi manusia.Tujuan praktikum ini adalah untuk mengawetkan serangga vektor dengan teknik pinning dan mounting agar dapat digunakan untuk kemudian hari. II. Terakhir adalah Vektor insidentil. kita sering melihat hewan-hewan invertebrata bertebaran didalam lingkungan sekitar kita. Sedangkan mounting merupakan teknik pengawetan basah yang digunakan pada serangga yang masih dala tahap larva atau telur. serta memiliki 3 pasang kaki. Masingmasing serangga tersebut memiliki ciri dan bentuk tersendiri yang berbeda-beda dan dapat diidentifikasi secara langsung. vektor potensial yaitu vektor yang secara aktif berperan dalam penyebaran penyakit. vektor ini secara kebetulan hinggap pada manusia. Pengawetan serangga dapat dilakukan menggunakan teknik pinning. serangga yang berperan sebagai vektor bagi kehidupan manusia antara lain nyamuk. Pinning merupakan teknik pengawetan kering yang digunakan pada serangga yang sudah dewasa. Serangga secara umum memiliki ciri yaitu: tubuh terdiri dari 3 segmen berupa thorax. Ketiga. tetapi hanya sebagai pembawa agen penyakit. Vektor mekanis. dan abdomen. kecoa. Ada beberapa jenis vektor dilihat dari cara kerjanya sebagai penular penyakit. TEORI SINGKAT Dalam kehidupan sehari-hari. . kemudian mengeluarkan faeces yang sudah terkontaminasi agen penyakit dekat mulut.

2.2 Mounting  Telur nyamuk  Cover glass  Formalin 0.1 Cara Kerja Mengenal Serangga Vektor . ALAT DAN BAHAN 3.4%  Kuas  Kutex  Larva  Object glass  Mikroskop IV.1 Pinning  Alkohol 70%  Cutter  Formalin 0.III.2. CARA KERJA 4.4%  Gunting  Jarum pentul  Jarum suntik  Kaca alorji  Kertas segitiga  Chlorofom  Label  Pinset  Serangga Vektor  Steroform  Tabung kecil III.1 Alat dan Bahan Mengenal Serangga Vektor  Lalat  Nyamuk  Kecoa  Lup  Chloroform  Penjepit  Labu Erlenmeyer  Kapas  Kaca arloji III.2 Alat dan Bahan Pengawetan Serangga Vektor III.

2 Cara Kerja Mounting  Serangga yang digunakan adalah jentik nyamuk.  Mengolesi keempat sisi cover glass menggunakan kutex dan membiarkannya hingga mengering  Setelah mongering. tanggal pengawetan.2. menyuntikkan formalin 0. . Memasukkan serangga vektor yang masih hidup kedalam labu Erlenmeyer.  Setelah jentik nyamuk mati. Nyamuk dibius menggunakan chloroform hingga mati atau pingsan  Menempelkan nyamuk menggunakan jarum pada kertas segitiga dengan badan nyamuk menghadap ke arah jarum yang telah ditancapkan pada sterofoam  Kemudian. 4. dan nama pengidentifikasi pada object glass. lalu dikeluarkan dari dalam labu erlenmeyer  Memindahkan serangga pada kaca arloji lalu diamati dan diidentifikasi. dan nama kelompok pengidentifikasi 4. metode. memasukannya kedalam tabung kecil  Memberi label yang berisi lokasi pengambilan sampel. sampel diamati dibawah mikroskop  Kemudian.4 % pada salah satu sisi cover glass hingga seluruh permukaan pada bagian dalam cover glass berisi formalin.2.2 Cara Kerja Pengawetan Serangga Vektor 4. kemudian menyumbatnya dengan kapas yang telah diberi chloroform.1 Cara Kerja Pinning  Serangga yang digunakan adalah nyamuk. spesies. kemudian meletakannya diatas object glass lalu menutupnya menggunakan cover glass  Kemudian. spesies. tanggal. metode.  Memastikan serangga tersebut sudah mati atau pingsan. Jentik nyamuk dimatikan dengan cara direbus. memberi label yang berisi lokasi.

Tabel Hasil Pengamatan Mengenal Serangga Vektor No.Vena sayap melengkung keatas 2.1 Hasil Pengamatan Tabel 1.Warna tubuh kuning 1. Lalat hijau Coloporidae - Warna tubuh hijau metalik Abdomen terdapat garis melintang Gambar . Lalat rumah Musca domestica atau krem . HASIL DAN PEMBAHASAN 5.V. Nama Jenis serangga serangga vektor vector Ciri-ciri tubuhnya .Ada 4 garis dibagian thorax .

. Kecoa Periplaneta Americana .Sayap depan .Kepala .Nimfa .Sayap dalam 3.Karapaks .

4. Nyamuk Culex - Abdomen - Abdomen berwarna kuning atau krem Tabel 2. Hasil Pengamatan Pengawetan Serangga Vektor No. Nama serangga Teknik vektor pengawetan Gambar .

dapat diketahui dan diidentifikasi ciri-cirinya. Pada . Larva nyamuk (pengawetan basah) 5. nyamuk (pengawetan kering) Mounting 2.2 Pembahasan Mengenal Serangga Vektor Setelah ditemukan dilakukan pengamatan pada beberapa jenis serangga vektor.Pinning 1.

. memiliki 3 pasang kaki.sedang sampai berukuran besar. 5.2.1. Lalat umumnya terestrial.1 Struktur tubuh lalat Pada umumnya berukuran kecil. Mata lalat jantan lebih besar dan sangat berdekatan satu sama lain sedang yang betina tampak terpisah oleh suatu celah dan berbentuk lebih besar daripada lalat jantan.1. Serangga yang dibahas dalam praktikum ini adalah serangga yang bersifat vektor bagi manusia.2.2 Daur Hidup Lalat Semua lalat mengalami metamorfosis sempurna dalam perkembangannya. 5.2.3 Habitat Dan Perilaku Lalat Larva lalat berkembang terbatas di tempat makan (misalnya timbunan kompos/sampah untuk lalat rumah).1 Lalat 5.kecuali kalau keadaan memaksa maka dapat terbang beberapa kilometer.Stadium pupa bisa beberapa kali . Telurnya diletakkan dalam medium yang dapat menjadi tempat perindukan larva. Populasi lalat meningkat tergantung musim dan kondisi iklim dan tersedianya tempat perindukan yang cocok.1.2.bermata majemuk dan sepasang antena yang seringkali pendek terdiri atas tiga ruas. Lalat dewasa bersayap dan aktif bergerak. mempunyai sepasang sayap di bagian depan dan sepasang halter sebagai alat keseimbangan di bagian belakang. Lalat dewasa muncul kemudian terbang mencari pasangan untuk kawin dan yang betina setelah itu akan bertelur.tahap pra dewasa memilih habitat yang cukup banyak bahan organik hanya daerah jajahan yang lebih luas sehingga dapat memasuki rumah atau tempat manusia beraktivitas.umumnya larva lalat mengalami empat kali molting (pergantian kulit) selama hidupnya kemudian berubah menjadi pupa.dasarnya. minggu atau bulan. Suhu lingkungan. serangga secara umum dapat dicirikan yaitu tubuh terdiri dari 3 segmen (kepala. toraks dan abdomen). Umumnya daya terbang lalat dewasa tidak lebih 50 meter dari tempat perindukannya. 5.

Di daerah tropika lalat rumah membutuhkan waktu 8-10 hari pada suhu 30 C dalam satu siklus hidupnya dari telur larva. Dalam kondisi alami. berbentuk silinder dan dilengkapi dengan arista yang mempunyai bulu hanya bagian atas.1. Sayapnya mempunyai vena 4 yang melengkung tajam ke arah kosta mendekat vena 3. 5. Termasuk ke dalam famili muscidae. Sayapnya mempunyai vena 4 yang melengkung tidak tajam ke arah kosta mendekati vena 3. . dengan penyebarannya di seluruh dunia. Berukuran sedang. bagian toraksnya terdapat garis gelap yang diantaranya berwarna terang.4 Jenis Jenis Lalat Lalat Rumah. lalat rumah hidup hanya sekitar satu minggu. Lalat kandang dewasa berukuran panjang 5-7 mm.2. Telurnya berbentuk seperti pisang. Lalat Kandang.berwarna putih kekuningan dan panjangnya kira-kira 1 mm. Larvanya tumbuh mulai dari 1 mm hingga menjadi 12-13 mm setelah 4-5 hari pada suhu 30 C. Banyak dijumpai di pemukiman tetapi sangat umum pada peternakan sapi perah atau sapi yang selalu dikandangkan. Mata lalat jantan lebih besar dan sangat berdekatan satu sama lain. Lalat dewasa menghisap darah hewan dan cenderung tetap di luar rumah di tempat yang terpapar sianar matahari. Stomoxys calcitrans Lalat ini bentuknya menyerupai lalat rumah tatapi berbeda pada struktur mulutnya. panjang 6-8 mm. Antenanya trdiri dari 3 ruas. berwarna krem atau kuning dengan bagian memanjang pada bagian dorsal toraks.kelembaban udara adalah komponen cuaca yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas makluk hidup di alam. Musca domestica Merupakan lalat yang ditemukan pada hasil pengamatan. Lalat kandang termasuk penerbang yang kuat dan bisa melakukan perjalanan jauh dari tempat perindukannya. Lalat ini merupakan penghisap lalat ternak yang dapat menurunkan produksi susu. ruas terakhir paling besar. pupa dan dewasa. menetas dalam waktu 10-12 jam pada suhu 30 C.

Ketika populasinya tinggi lalat ini akan memasuki dapur meskipun tidak sesering lalat rumah.lalat ini bersifat viviparus dan mengeluarkan larva hidup pada tempat perkembangbiakannya seperti daging.Lalat Hijau. Lalat ini berwarna abu-abu tua. berukuran sedang sampai besar. Mimik. berwarna hijau. lalat ini menjadi pengganggu utama perusahaan pengalengan. minuman dari anggur serta pasar buah dan sayuran.biasanya berwarna kuning kecoklatan atau hitam kecoklatan.5 – 4. Musca sorbens Lalat ini berwarna lebih abu-abu daripada lalat rumah. berkembang biak di dalam kotoran yang terisolasi seperti kotoran . Telur menetas dalam waktu 4 hari. mengganggu dan kesehatan manusia karena ketertarikannya terhadap buah atau sayuran terutama bahan yang mengalami fermentasi. Di Indonesia lalat hijau yang umum di daerah pemukiman adalah Chrysomya megachepala Lalat Daging. kotoran dan sayur-sayuran yang sedang membusuk. abu-abu. sampah dan kotoran tetapi jarang memasuki rumah. Drosophila sp. pembuat bir.umumnya ditemukan di pasar dan warung terbuka. Memiliki lebih banyak jenis yang umumnya berukuran dari sedang sampai besar. pada daging. Lalat ini berkembang biak di bahan yang cair/semi cair yang berasal dari hewan. Lalat ini jarang berkembang biak di tempat kering/bahan buah-buahan. sampah ikan. perak mengkilat atau abdomen gelap. bangkai. Lalat ini berukuran kecil. Termasuk lalat penerbang yang kuat dan seringkali aktif saat fajar menyingsing dan menjelang malam. Lalat dewasa berukuran panjang 2. Siklus hidup lalat ini berlangsung 2-4 hari. bangkai. Calliphoridae Lalat ini juga ditemukan pada hasil pengamatan. ikan. termasuk daging . sampah dan tanah yang mengandung kotoran hewan. Sarcophaga sp.0 mm. jumlahnya bisa sangat banyak. kira-kira 6-14 mm.

manusia. menempel pada kulit manusia. Rata-rata betina selama hidupnya memproduksi 5 ootheca. luka dan mata(terutama yang terinfeksi). Lalat Rumah Mungil. pada siang hari selalu berada pada . panjang 6-9 mm. Lalat ini lebih menyukai keadaan lebih sejuk dan lebih lembab. Telur berwarna coklat kekuningan. Kecoa sangat penting artinya dalam kesehatan lingkungan karena dapat mengganggu kenyaman hidup manusia dan dapat menularkan penyakit secara mekanis. unggas atau buah-buahan yang sedang membusuk. Telur menetas menjadi nympha. Sayap sama dengan panjang tubuhnya.2. Lalat ini berkembang biak di tempat kotoran basah hewan piaraan. celah dan retakan-retakan yang kecil. Lalat ini tidak pernah melimpah populasinya di daerah tropika. Blatella germanica biasa hidup bergerombol pada tempattempat gelap. Perkembangan nympha sampai serangga dewasa memerluka waktu 6 minggu sampai 6 bulan dengan 5-7 kali ganti kulit. lembab. 5. Lalat ini sangat umum di Mesir. Satu ootecha terdiri dari 3040 telur.2 Kecoa Kecoa merupakan serangga yang terdapat hampir di seluruh dunia karena sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Serangga dewasa hidup selama 100-200 hari. Seringkali lalat ini mengganggu dan sangat persisten di pemukiman. panjang 2 kali lebarnya dan akan menetas setelah berumur kurang lebih satu bulan. Jenis-jenis kecoa yang sering dijumpai sebagai hama di rumah atau gedung adalah: 1. orangutan. Fannia sp. warna coklat dengan strip gelap pada bagian kepala. Betina selalu membawa ootheca (kapsul telur) sampai tiba waktu untuk menetas. Aktif pada malam hari. Lalat ini menghabiskan waktunya lebih banyak di dalam hunian manusia. German Cokroach (Blatella germanica) Ukuran panjang serangga dewasa 12-15 mm. dan oleh karenanya bertanggung jawab dalam penyebaran trakhoma dan wabah sakit mata.

Satu ootheca terdiri dari 16 telur. kursi dan tumpukan kertas. di celah-celah meja. panjang 8-10 mm dan akan menetas setelah berumur kurang lsbih 1-3 bulan. 5. Sayap betina sama dengan panjang tubuhnya sedangkan jantan lebih panjang dari tubuhnya. Betina membawa ootheca (kapsul telur) hanya 1-2 hari kemudian diletakkan pada tempat yang dekat dengan sumber makanan. Periplaneta americana biasa hidup bergerombol pada tempat-tempat gelap dan lembab. Instar nympha pertama memerlukan celah 1 mm saja sedang serangga dewasa 5 mm. Telur berwarna coklat kemerahan.1 Nyamuk Anopheles . American Cockroach (Periplaneta americana) Kecoa jenis ini merupakan yang ditemukan pada hasil pengamatan. Telur menetas menjadi nympha. tempat hangat dan lembab dan tempat-tempat sampah.2. tempat hangat dan lembab. selalu berada pada tempat-tempat tersembunyi.2. mengkilat dengan tanda kuning pada bagian atas pronotum. sumber air.3 Nyamuk Nyamuk merupakan serangga vektor yang sangat sering ditemukan dalam lingkungan kita. warna coklat kemerahan. Perkembangan nympha sampai serangga dewasa membutuhkan waktu serangga dewasa memerlukan waktu 6 sampai 12 bulan dengan 13 kali ganti kulit. Kecoa jenis ini sering ditemukan pada tempat-tempat sumber makanan misalnya dapur. Ukuran panjang serangga dewasa 35-40 mm. Beberapa jenis nyamuk yang sering ditemukan antara lain. tempat pembuangan air kotor.tempat-tempat tersembunyi. Celah dan retakan dekat dengan sumber makanan dan air adalah tempat hidup yang sangat baik untuk kecoa ini.3. 2. Serangga dewasa hidup selama 1-2 tahun. 5. Aktif pada malam hari. Kecoa jenis ini sering ditemukan pada lubang-lubang pipa.

2 Nyamuk Aedes aegypti Merupakan nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah. seperti di tempayan. Telur atau jentik nyamuknya bisa bertahan selama 2-3 bulan. Bila menggigit orang.00. Ia bertelur dan menetas di dinding bejana air. ada yang hitam.00 dan 15. seperti di bawah tempat tidur. Selain itu.Merupakan nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. bak mandi. Nyamuk ini bertelur di air yang bersih. . Pada tubuhnya tampak bercak hitam-putih. Nyamuk ini hinggap dengan posisi menukik atau membentuk sudut. saluran-saluran air. Nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari. 5. dan permukaan air yang terekspos sinar matahari. Warnanya bermacam-macam. yaitu Anopheles sundaicus yang banyak terdapat di air payau. nyamuk Anopheles bisa juga menyebabkan penyakit kaki gajah.12. vas bunga. Karena setiap 2 hari sekali dia menggigit.00 .00 . maka virusnya bisa masuk ke orang lain lagi. Anopheles maculatus dan Anopheles balabacensis yang banyak terdapat di perbukitan. virusnya akan masuk ke tubuh orang yang digigit.3. antara pukul 08. di sisi kanan-kiri punggungnya tampak gambar dua buah arit berwarna putih. Paling sering hinggap di baju-baju yang menggantung dan berada di tempat-tempat gelap.2. Banyak jenis nyamuk Anopheles yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Bila dilihat dengan kaca pembesar.17. dan lainnya. Sering hinggap di dinding rumah atau kandang. ada pula yang kakinya berbercak-bercak putih. danterdapat pula Anopheles aconitus yang banyak hidup di daerah pesawahan atau saluran-saluran air yang ada rumputnya. Nyamuk malaria banyak terdapat di rawa-rawa. Virus demam berdarah akan ada selama nyamuk itu hidup. Waktu menggigit biasanya dilakukan malam hari.

5. Warna nyamuknya bermacammacam. Waktu menggigitnya pun sama dengan Aedes aegypti. yaitu di pagi dan sore hari. Pada musim penghujan. ada yang hitam.2.3 Nyamuk Aedes albopictus Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. saat hinggap posisi tubuhnya tidak . Telurnya mengelompok.2. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Ciri nyamuk ini.3. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti. nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena disana terdapat banyak tempat yang terisi air. pada pakaian yang tergantung maupun di dinding rumah. ada juga yang cokelat.4 Nyamuk Culex fatiqans Merupakan jenis nyamuk yang ditemukan pada hasil pengamatan.3. seperti membentuk rakit. Hinggapnya di mana saja. yaitu bercak-bercak putih di badan. Nyamuk rumah ini menggigit di malam hari. Jentiknya menggantung di air. Bila dilihat dengan kaca pembesar tampak punggungnya di ada median garis putih. Bertelurnya di air tergenang. misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang menampung air hujan di halaman rumah. 5.

kita dapat mengenal dan mengidentifikasi beberapa serangga vektor yang ada di kehidupan kita.menukik tapi mendatar. KESIMPULAN Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan. seperti di got. Bila nyamuk mengisap darah penderita yang mengandung bibit filariasis. Dalam pengamatan ini. Hasil pengawetan dapat juga dilihat dalam mikroskop untuk mengetahui bagianbagian tubuh jentik nyamuk. Jenis-jenis serangga vektor dapat diidentifikasi melalui warna abdomennya. Penyakit ini penyebabnya adalah cacing Wuchereria bancrofti yang berada dalam darah seorang penderita. bentuk sayap. pada teknik mounting. maupun toraksnya. dan kecoa (Periplaneta americana). Pada teknik pinning. Ia lebih banyak ditemukan di air keruh atau tempat yang banyak mengandung material organik atau bahan makanan. Nyamuk ini bisa menjadi perantara penyakit kaki gajah atau filariasis. lalat hijau. serangga yang digunakan adalah nyamuk yang sudah dewasa. nyamuk culex. maka cacing dari penderita tersebut bisa terbawa dan ditularkan pada orang lain lewat gigitannya. serangga yang digunakan adalah jentik nyamuk. . Selain itu. Pengawetan dilakukan secara kering (tanpa menggunakan cairan) yang kemudian disimpan dalam botol seperti yang ditunjukkan pada gambar hasil pengamatan. VI. dilakukan teknik pengawetan dengan cara pinning dan mounting. Pengawetan dilakukan secara basah dengan menggunakan cairan formalin. antara lain lalat rumah (Musca domestica). 5. Kemudian. pengawetan serangga vektor juga dapat dilakukan dengan cara pinning (pengawetan kering) untuk serangga yang sdah dewasa dan mounting (pengawetan basah) untuk serangga yang masih berupa larva atau telur. nyamyk ini pun sering berada di air yang jernih.3 Pembahasan Pengawetan Serangga Serangga vektor selain diamati dan diidentifikasi dapat pula diisolasi untuk mengawetkannya agar dapat digunakan suatu hari nanti. Selain itu.

com/2010/01/10/mengenal-lebih-dekatkeluarga-lalat/  http://www.wordpress.  http://desicandra.pc3news.DAFTAR PUSTAKA  Modul praktikum biologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.php?id=1109&page=Nyamuk  http://www.php? cat=news&id=840&sub=2&view=news .ilmuku.com/index.com/mod/wiki/view.