You are on page 1of 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 2 Lingsar

Mata pelajaran

: PKn

Kelas / Semester

: VIII / 1

Materi Pokok / Topik

: Menyamai Kesadaran Konstitusional dalam Bernegara

Sub Topik

: Memahami Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Alokasi Waktu
I.

: 1 x Pertemuan ( 3 x 40 Menit )

Kompetensi inti
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.

II.

Kompetensi Dasar Dan Indikator

Kompetensi Dasar
3.2 Memahami Hubungan Antar
Lembaga Negara sesuai dengan
UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945

4.2 Menyaji hasil telaah
Hubungan Antar Lembaga
Negara sesuai dengan UUD
Negara Republik Indonesia
Tahun 1945

Indikator
3.2.1 Menjelaskan lembaga negara sesuai UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
3.2.2 Menjelaskan kedudukan lembaga negara sesuai
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.2.3 Menjelaskan tugas dan wewenang lembaga
negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
3.2.4 Menjelaskan keanggotaan lembaga negara sesuai
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2.1 Menyaji hasil telaah lembaga negara sesuai UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2.2 Menyaji hasil telaah kedudukan lembaga negara
sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.2.3 Menyaji hasil telaah tugas dan wewenang
lembaga negara sesuai UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.2.4 Menyaji hasil telaah keanggotaan lembaga negara
sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945

. II.2 Menghayati Nilai-Nilai yang 1.2.1 Melalui kegiatan mengamati.1. siswa diharapkan mampu menjelaskan lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam bentuk laporan. 3. siswa diharapkan mampu menjelaskan tugas dan wewenang lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam bentuk laporan.2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri Negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 III.2. 3.2.2. 3. siswa diharapkan mampu menjelaskan kedudukan lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam bentuk laporan. siswa diharapkan Menghayati Nilai-Nilai yang Terkandunag dalam Pasal-Pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 Mengenai hubunngan antar Lembaga Negara Negara Sesuai dengan Nilai-Nilai Agama yang Berlaku sehingga manusia dapat bersyukur kepada Tuhan YME dalam menjalankan kehidupan.1 Terkandunag dalam Pasal-Pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 Mengenai Lembaga Negara Negara Sesuai dengan NilaiNilai Agama yang Berlaku.2 Melalui kegiatan mengamati. 2. II.1 Melalui kegiatan mengamati. menanya. Menjalankan Nilai-Nilai yang Terkandunag dalam Pasal-Pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 Mengenai hubungan antar Lembaga Negara Negara Sesuai dengan Nilai-Nilai Agama yang Berlaku sehingga manusia dapat bersyukur kepada Tuhan YME dalam menjalankan kehidupan.1 Melalui kegiatan mengamati dan menanya siswa diharapkan mampu menunjukkan sikap semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri Negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.3 Melalui kegiatan mengamati.1 Menunjukkan sikap semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri Negara dalam menetapkan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Tujuan Pembelajaran Pertemuan Kedua 1.2. mengumpulkan informasi dan mengasosiasi.2.

2. menanya. 4. VI. Guru mempersiapkan secara pisik dan psikis siswa untuk belajar dengan menunjuk ketua kelas untuk memimpin Do’a.2 Melalui kegiatan mengamati.1 Melalui kegiatan mengamati. METODE PEMBELAJARAN 1. menanya. . 3. mengumpulkan informasi.4 Melalui kegiatan mengamati. kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 4. menanya. mengumpulkan informasi. menanya. Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) 1. mengasosiasi dan mengkomunikasi siswa diharapkan mampu menyusun laporan hasil telaah kedudukan lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar.2. 4. siswa diharapkan mampu menyaji hasil telaah lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar .3. mengumpulkan informasi.2. V.3 Melalui kegiatan mengamati. mengasosiasi dan mengkomunikasi.2. 4. Pendekatan pembelajaran Strategi pembelajaran Metode pembelajaran Model pembelajaran : Saintifik : Inquiry Learning : Cooperatif Learning : Make A match Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran A. mengasosiasi dan mengkomunikasi siswa diharapkan mampu menyusun laporan hasil telaah tugas dan wewenang lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945dengan benar. Guru menyampaikan kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai. mengasosiasi dan mengkomunikasi siswa diharapkan mampu menyusun laporan hasil telaah keanggotaan lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar. menanyakan kehadiran peserta 2. IV.2. siswa diharapkan mampu menjelaskan keanggotaan lembaga negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam bentuk laporan. Materi Pembelajaran : Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. mengumpulkan informasi. 4. kebersihan dan kerapian kelas. didik.2.4 Melalui kegiatan mengamati.

b. guru mengocok lagi kartu agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.3. b. 5. satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban Siswa dibagi menjadi 3 kelompok. Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok . Guru membimbing kelompok agar dapat menemukan pemahaman terkait dengan materi pembelajaran Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sesuai dengan referensi yang mereka baca. penilai. kelompok 1 mendapat kartu soal dan kelompok 2 mendapat kartu jawaban sedangkan kelompok 3 berfungsi sebagai c. Kegiatan Inti ( 90 Menit) 1. c. B. Guru dapat juga menunjukkan buku atau sumber lain yang dapat dijadikan refrensi untuk menjawab pertanyaan. siswa pada kelompok 1 dan 2 sebelumnya berganti peran sebagai penilai. Guru membagi kartu kepada siswa. Setelah satu babak kartu. Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya. Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. cocok untuk review. Mengajukan pertanyaan a. Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban. a. Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok. Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data sesuai dengan berbagai refrensi yang di siapkan. a. Peran guru dalam langkah tahap ini adalah: 1) Guru menjadi sumber belajar siswa dengan memberikan konfirmasi atas 2) jawaban peserta didik. Guru memberi gambaran secara umum jalannya diskusi Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. setiap siswa mendapatkan satu kartu yang berisi pertanyaan atau jawaban. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang b. Observasi a. b. Mengumpulkan data yang terkait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan. 4. b. 2. Guru membimbing siswa untuk mencari pasangan yang cocok dengan kartunya (Pasangan pertanyaan-jawaban). 3. Setiap siswa dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin oleh penilai. Merumuskan kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis a.

Spidol b. Kegiatan Penutup(15 menit) 1. Alat a. Alat. Penilaian 1. Teknik Penilaian a. dan Sumber Pembelajaran 1. Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari. Papan tulis 2. Guru memberikan umpan balik kepada siswa atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok. Media. Test. d. VII.c. b. Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok bisa menjawab pertannyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Non-test. 2. Buku referensi lain c. Guru menjelaskan kegiatan pertemuan berikutnya . Sumber Bahan a. Lingkungan VIII. 3. Instrumen Penilaian . 2. Guru memberikan evaluasi atau pertanyaan kepada siswa terkait materi Hubungan Antar Lembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. C. manfaat dari materi pembelajaran. Buku siswa PPKn Kelas VIII b.

Nama : anggota 2 3 4 . Disiplin 6. beriman dan bertaqwa 2. bertanggung jawab 9. Demokratis 7.No. Kerja sama kelompok 10 Sehat dengan Instrumen Penilaian. Jujur 3. percaya diri 8. Peduli 5. Komponen Sikap Skor 1 1. Santun 4.

Memakai seragam sesuai tata tertib 4. Membawa buku teks pelajaran Jumlah Keterangan : SL = selalu. Absen : Keterangan : 4 = Baik sekali 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang Instrumen Penilaian Sikap Disiplin. No. apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak TP melakukan. apabila tidak pernah melakukan skor 1 . skor 3 = kadang-kadang. Masuk kelas tepat waktu 2. skor 2 = tidak pernah. Membawa buku tulis sesuai mata KD SR SL pelajaran 7. Tertib dalam mengikuti pembelajaran 6.No. apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadangKD kadang tidak melakukan. Prilaku yang diamati Skor TP 1. skor 4 SR = sering. Mengerjakan tugas yang diberikan 5. Mengumpulkan tugas tepat waktu 3. apabila selaalu melakukan sesuai pernyataan.