You are on page 1of 7

ELEKTROFISIOLOGI

OTOT JANTUNG
Muatan iistrik sel otot jantung sehat dalam keadaan

ISTIRAHAT_DEPOLARISASI-REPOLARISASI.

Sel istirahat yang terpolarisasi

+

+

Sel yang sedang depolarisasi

+

+

B

+

Sel yang telah depolarisasi

Sel yang

mulai repolarisasi

EKG Praktis Hasil catatan aktivitas bioelektris ISTIRAHAT dAN DIRANGSANG. (: elektrogram) sel otot jantung sehat dalam ISTIRAHAT: tidak ada defleksi : isoelektris DIRANGSANG: ada defleksi DIRANGSANG DEPOLARISASI- TERJADI DEFLEKSI keadaan .

b. Fase REPOLARISASI. Fase DEPOLARISASI.Elektrofisiologi Otot J antung Elektrogram dari sel otot iantungyangdirangsang terdiri dari dua bagian/fase : a. FASE DEPOLARISASI s DIRANGSANG --DEPOLARISASI TERJADI DEFLEKSI . yaitu bagian yangterjadi akibat penyebaran rangsangan. yaitu bagian yangterjadibila sel otot kembali ke keadaan istirahat.

b. Menuju Elektroda (positif) ke atas (positif) Menjauhi Elektroda (negatif) ke bawah (negati$ Menuju kemudian menjauhi Elektroda bifasik ke atas fiWm. : Arah penyebaran impuls depolarisasi. ke bawah bifasik . Letak elektroda.EKG Praktis Arah defleksi ditentukan oleh a.

maka kemungkin anny^ adalah sebagai berikut a. Bila ukuran kedua serabut otot SAMA. maka besarnya defleksi akan sama pgla' (pada gambar keduanya memPunyai defleksi ke atas)' b. sedang pada sisi serabut terc tat defleksi negatif atau bifasik. 1tro* T otot yang lebih kecil akan .Elektr ofi siolo gi Otot J antung : Bila terdapat dua serabut otot. Bila ukuran kedua serabut orot TIDAK SAMA. maka pada sisi serabut otot yang lebih besar akan tercatat defleksi positif.

Gambaran elektrogram pada fase repolarisasi ada dua kemungkinan : a.EKG Praktis FASE REPOLARISASI. maka arah defleksi dari repolarisasi akan BERLA\(ANAN dengan arah defleksi fase depolarisasi. lf' Depolarisasi dari kiri ke kanan Y. Repolarisasi dimulai dari kiri Repolarisasi selesai ke kanan fase . Bila arah repolarisasi SAMA dengan arah depolarisasi.

fase Depolarisasi dari kiri ke kanan ll'%L Repolarisasi dimulai dari kiri lr'Jc ke kanan -l\^ Repolarisasi selesai Catatan:Dalam keadaan normal. arah defleksi dari repolarisasi akan SAMA dengan arah defleksi fase depolarisasi.depolarisasi.Elektr ofisiolo gi Otot J antung Bila arah repolarisasi BERLA'\flANAN dengan arah depolarisasi. arah repolarisasi otot ventrikel adalah BERLA\rANAN dengan arah. sehin gga arah defleksi fase repolarisasi (gelombang T) adalah SAMA dengan arah defleksi fase depolarisasi ftompleks QRS)' .