You are on page 1of 11

DIKOTIL DAN MONOKOTIL

1. Pengertian Tumbuhan Dikotil
Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji yang berkeping dua. Yang memiliki ciri
khas yang sama: memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon).

Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang sudah terbentuk sejak dalam tahap biji.
Tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri khusus berikut ciri-ciri tumbuhan dikotil :

Bentuk akar tunggang.

Pola tulang daun dan bentuk sumsumnya menyirip atau menjari.

Tidak memiliki tudung akar.

Jumlah keping bijinya dua.

Pada akar dan batang, terdapat kambium dan dapat tumbuh serta berkembang menjadi
besar.

Batangnya bercabang-cabang.

Jumlah kelopak bunganya dua, empat, lima, atau kelipatannya.

Pembuluh pengangkutnya teratur dalam lingkaran/cincin.

Beberapa Famili tumbuhan dikotil :
1. Euphorbiaceae (tumbuhan jarak-jarakan)
Ciri-ciri: Batang mengandung getah; Tulang daun menjari; Buah kendaga (memiliki 3
ruang yang masing-masing memiliki satu biji)
Contoh : Ceremai, Ubi kayu, Karet, Pohon jarak, Puring

Ciri-ciri sebagai berikut: Bunga berbentuk seperti kupu-kupu. Malvaceae . Moraceae . Papilionaceae.2. contohnya beringin dan keluwih 3. masing-masing mengandung satu biji Contohnya : semua jenis kacang . Memiliki buah polong Contoh : Flamboyan. dalam setiap buah terdapat beberapa ruang biji.kacangan 4. Caesalpiniaceae. Memiliki buah polong. Kembang Merak. ciri-ciri sebagai berikut: Berupa pohon atau perdu.

Mahkota bunga lima saling melekat pendek. Memiliki buah polong.5. Malvaceae ciri-ciri sebagai berikut: Berupa semak atau perdu. waru 7. Lamtora. ciri-ciri sebagai berikut: Berupa pohon atau perdu. Contoh: Kapas. Bombacaceae contohnya durian . Saga. Caesalpiniaceae 6. Contoh : Putri malu. Solanacaeae. Mimosaceae.

Jambu monyet. Rutaceae contohnya jeruk keprok 9. Kentang. Tomat. Jambu batu. Solonacaeae ciri-ciri sebagai berikut: Berupa semak. Myrtaceae 10.8. Jambu biji. Cengkeh . putik 1 buah Contoh : Cabe. benang sari banyak Contoh : Jambu air. Bunga berbentuk seperti terompet atau bintang. Mahkota 5 helai dan saling melekat : benang sari 5 buah. Tembakau. Myrtaceae Ciri-ciri sebagai berikut: Berupa perdu atau pohon berkayu. Mahkota bunga kecil.

3. Berakar serabut. Ciri-ciri tumbuhan monokotil yang paling khas adalah 1. anggrek panda dan vanili . Tulang daun sejajar dan berbentuk pita . Pengertian Tumbuhan Monokotil Pengertian tumbuhan monokotil adalah. tumbuhan yang mempunyai biji tunggal (berkeping tunggal). Tumbuhan biji berkeping satu. 2. Struktur batang monokotil Contoh tumbuhan monokotil : 1. 4. Daun berseling. 5.2. suku anggrek-anggrekan Contoh : anggrek bulan. anggrek merpati. Bijinya tunggal karena hanya memiliki satu daun lembaga.

dan bawang bombay 5. dan kencur . palem gebang. aren. Suku bakung-bakungan (Amarillidaceae) Contoh : bakung. lengkuas. bawang putih.2. bawang merah. suku padi-padian (Graminae) Contoh : Padi 3. salak sagu dan waregu 4. rotan. suku pinang-pinangan (Palmae) Contoh : padi. kelapa sawit. suku jahe-jahean (Poaceae / Gymnospermae) Contoh : jahe. kelapa.

suku nanas (Bromeliceae) Contoh : nanas 7.6. suku pisang-pisangan (Musaceae) Contoh : pisang dan pisang kipas ciri-ciri pada tumbuhan monokotil berdasarkan ciri fisik pembeda yang dimiliki adalah : • Bentuk Akar Memiliki sistem akar serabut • Bentuk sumsum atau pola tulang daun Melengkung atau sejajar • Kaliptrogen / tudung akar Ada tudung akar / kaliptra • Jumlah keping biji atau kotiledon satu buah keping biji saja .

• Kandungan akar dan batang Tidak terdapat kambium • Jumlah kelopak bunga Umumnya adalah kelipatan tiga • Pelindung akar dan batang lembaga Ditemukan batang lembaga / koleoptil dan akar lembaga /keleorhiza • Pertumbuhan akar dan batang Tidak bisa tumbuh berkembang menjadi membesar PERBEDAAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari akarnya : Tumbuhan Dikotil : .

Tumbuhan Monokotil :  Akar dan batang tidak berkambium sehingga tidak dapat mengadakan pertumbuhan melebar dan membesar yang ada hanyalah pertumbuhan meninggi. Tumbuhan Monokotil :  Berkas pembuluh angkut tidak teratur. Tumbuhan Monokotil :  Biji yang berkecambah tetap utuh dan tidak membelah (biji berkeping satu). Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Batangnya : Tumbuhan Dikotil :  Batang bercabang-cabang.  Ujung akar tidak diliputi oleh selaput pelindung. Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Kambiumnya : Tumbuhan Dikotil :  Akar dan batang berkambium sehingga dapat mengadakan pertumbuhan membesar dan melebar serta meninggi. atau kelipatannya. Tumbuhan Monokotil :  Batang tidak bercabang-cabang. Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Pembuluh angkutnya : Tumbuhan Dikotil :  Berkas pembuluh angkut teratur dalam lingkaran/cincin. Akar tersusun dalam akar tunggang yang kokoh. 5. Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Bijinya : Tumbuhan Dikotil :  Biji yang berkecambah berbelah dua dan memperlihatkan dua daun lembaga (biji berkeping dua). Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Struktur Daunnya : Tumbuhan Dikotil :  Pertulangan daun menyirip atau menjari.  Ujung akar lembaga dan pucuk lembaga dilindungi oleh suatu sarung yang masingmasing disebut koleorhiza dan koleoptil. Tumbuhan Monokotil :  Akar tersusun dalam akar serabut yang kurang kokoh. Tumbuhan Monokotil :  Pertulangan daun sejajar atau melengkung. Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil dilihat dari Bunganya : Tumbuhan Dikotil :  Jumlah bagian-bagian bunga 4.dan monokotil:  Jumlah bagian-bagian bunga biasanya 3 atau kelipatannya. .

TUMBUHAN dikotil dan monokotil Disusun Oleh : .

DEDEN HIDAYAT BUDI SETIAWAN ANDI ARIF AAN SANDRI AYI PIANA SMA PERGIB 3 GANTUNG . 4. 5. 3.1. 2.