You are on page 1of 37

SK/ KD

Tujuan
Pembelajaran

Materi

Evaluasi

PENGENALAN
BAHAN
KIMIA

Standar Kompetensi :
2. Memahami klasifikasi zat

SK
/KD

Kompetensi Dasar:
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang
Home

diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Home

TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengelompokkan bahan kimia dan kemasan yang digunakan sebagai
pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga.
Menyelidiki pengaruh penggunaan bahan kimia yang digunakan sebagai
pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga.
Menjelaskan efek samping penggunaan dan pencegahan bahan
pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga.

MATERI Bahan Pembersih Efek Samping Bahan Pemutih Dampak Penggunaan Bahan Pewangi Bahan Pembasmi Serangga Upaya Pencegahan .

. Bahan kimia utama dalam pembersih sering disebut sebagai bahan aktif. Bahan aktif ini berfungsi sebagai surfaktan.Materi BAHAN PEMBERSIH Pembersih adalah bahan yang berfungsi untuk membantu mengangkat dan melarutkan kotoran yang melekat pada suatu benda.

1. Sabun Sabun adalah bahan kimia yang terbuat dari bahan alam. Materi . seperti minyak dan lemak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut basa. Contoh bahan kimia basa. yaitu kalium hidroksida (KOH) dan natrium hidroksida (NaOH).

Materi .Sabun dihasilkan dari reaksi saponifikasi. baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (nabati) maupun yang berasal dari hewan (hewani) dengan basa-basa tertentu yang dihasilkan dari abu (alkali) tumbuh-tumbuhan (natrium hidoksida dan kalium hiodroksida). Saponifikasi adalah reaksi antara minyak atau lemak.

Contoh sabun lunak adalah semua prosuk sabun mandi. sabun dapat digolongkan menjadi: a. Sabun Lunak Sabun yang mengandung ion kalium karena dalam proses pembuatannya. sampo dan pasta gigi.Materi Berdasarkan kandungan basa nya. . basa yang digunakan adalah kalium hidroksida (kaustis potas).

Proses Pembuatan sabun lunak: Kalium hidroksida + gliserol tristearat/ tripalmitat → kalium stearat/ palmitat (sabun mandi) + gliserol Materi .

Contoh sabun keras adalah sabun colek (sabun krim). Materi . Sabun Keras Sabun yang mengandung ion natrium karena dalam proses pembuatannya. basa yang digunakan adalah natrium hidroksida (soda api atau kaustik soda).b.

Proses Pembuatan sabun keras: natrium hidroksida + gliserol tristearat/ tripalmitat → natrium stearat/ palmitat (sabun colek) + gliserol Materi .

DETERGEN Bahan dasar detergen adalah alkil benzena sulfonat atau sering disingkat ABS. .Materi 2.

Materi . Supaya kotoran yang terlepas tidak kembali menempel.Detergen memiliki daya cuci lebih baik karena tetap efektif untuk mencuci walaupun dengan menggunakan air sadah maupun air dingin. Contoh zat antiredeposisi adalah metil karboksi selulosa. biasanya ditambahkan zat kimia tertentu yang disebut anti-redeposisi.

.Materi PEMUTIH Bahan utama pemutih padat (bubuk putih) adalah kalsium hipoklorit dengan rumus kimia Ca(ClO)2 yang secara umum dikenal sebagai kaporit. Bahan utama pemutih cair adalah natrium hipoklorit dengan rumus NaOCl.

Pewangi diperoleh melalui proses esterifikasi. Pewangi yang diperoleh melalui proses esterifikasi disebut pewangi sintesis. yaitu bahan pewangi atau parfum. . yaitu reaksi pembuatan senyawa ester dari asam karboksilat dengan alkohol.Materi PEWANGI Komposisi atau bahan utama yang terdapat dalam setiap pewangi prinsipnya sama.

contohnya minyak atsiri.Sebagai pewangi pakaian c. Sebagai pengharum ruangan .Materi Produk-produk pewangi juga dapat diperoleh melalui proses penyulingan dan ekstraksi dari bahan-bahan alam. Kegunaan pewangi: a. Pewangi ini disebut pewangi alami. Sebagai pewangi badan b.

dan DDT trikloroetana) penggunaannya. Contoh: aldrin. yang (dikloro kini difenil dilarang . dieldrin. lindan.Materi PEMBASMI SERANGGA Bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam obat pembasmi serangga antara lain sebagai berikut: a) Organoklor.

BPMC. Contoh: wartarin. e)Karbamat. Contoh: malation. . dan kumarin. c) Antikoagulan. Contoh: arsen pentoksida. kumaklor. dan karbofonun.Materi b)Organofosfat. diaziton. dan metil atau etil paration. fention. Contoh: propoksur. d) Zinkfosfida. f)Arsen.

Buih detergen yang menumpuk dipermukaan sungai akan menghalangi penyerapan oksigen dari udara kedalam air sungai.Materi EFEK SAMPING 1. . Pembersih a. Akibatnya air sungai akan mengalami penurunan kadar oksigen yang pada gilirannya akan menyebabkan satwa yang tinggal didalamnya mati.

akan mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit yang sensitif. dan sebagainya. . diare. d.Materi b. muntah-muntah. Pertumbuhan ganggang tertentu dan eceng gondok akan mengakibatkan satwa air mati. Jika air yang tercemar digunakan untuk mandi. c. Jika air yang tercemar detergen digunakan untuk memasak atau minum. akan mengakibatkan sakit perut.

Pemakaian pemutih yang terlalu sering dan berlebihan dapat menyebabkan pakaian cepat rusak.Materi 2. . Pemutih a. dan memudarnya warna pada pakaian berwarna. serat kain menjadi keras dan rapuh.

Jika air bekas cucian yang mengandung pemutih dibuang ketanah maupun kesungai-sungai dapat menimbulkan pencemaran air. c.Materi b. . Pemutih wajah yang mengandung merkuri jika digunakan secara terusmenerus dapat bersifat sebagai racun menyebabkan kanker (bersifat karsinogen). mengakibatkan kesuburan tanah terganggu.

Pewangi a.Penggunaan pewangi yang mengandung mengakibatkan kebocoran lapisan ozon. misalnya pusing dan mualmual. selain itu.Materi 3. Pemakaian pewangi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan. juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. b. CFC dapat .

Munculnya hama spesies baru yang lebih tahan terhadap takaran pestisida.Terjadinya pengumpulan pestisida (akumulasi) dalam tubuh manusia karena beberapa jenis pestisida sukar terurai. b. Pembasmi serangga a.4. Materi .

Hujan asam 3.Pencemaran air 4.Pencemaran tanah Materi .DAMPAK PENGGUNAAN BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA 1.Efek rumah kaca 2.

Membuat sistem penampungan dan penanganan air limbah b.Mendaur ulang kembali air limbah rumah tangga Materi . Pembersih a.UPAYA PENCEGAHAN EFEK SAMPING BAHAN-BAHAN KIMIA 1.

Mengikuti petunjuk penggunaan bahan pembersih dengan benar. e.c. Materi . Mengganti bahan-bahan dasar detergen dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. d. Selektif dalam memilih detergen serta memerhatikan kandungan bahan aktif yang ada didalam detergen.

Pemutih pemutih pakaian dalam jangka waktu yang lama. Memilih pemutih wajah yang lebih alami (tidak menggunakan merkuri). Materi . Membuat saluran pembuangan limbah pemutih yang baik. d. c. b. Menghindari kontak langsung dengan 2. Mengurangi jumlah pemakainnya.a.

Pewangi 4. Menggunakan bahan pembasmi serangga (pestisida) yang lebih ramah lingkungan. Selalu menjaga kebersihan lingkungan. Pembasmi Serangga Menghindari pemakaian pewangi yang mengandung CFC.3. c.Mengurangi pemakaian insektisida secara berlebihan. a. b. Materi .

Bahan kimia utama pada bahan disebut dengan .... AA Fragrance BB Pigmen CC Surfaktan DD Desinfektan pembersih .1.

2... AA Pembersih BB Pemanis buatan CC Pemutih DD Pengawet . Natrium hipoklorit merupakan contoh zat kimia yang dapat berfungsi sebagai ..

. Molekul sabun yang menglilingi kotoran dalam pelepasan kotoran yang melekat pada pakaian adalah A. A BB Hidrogenasi CC Hidrologi DD Hidrofobik Hidrofilik .3...

AA Surfaktan BB Kalsium hipoklorit CC DD ABS (alkil benzene sulfonat) CFC (kloro fluoro karbon) .. yang dapat mengakibatkan kebocoran lapisan ozon adalah..4.. Bahan kimia yang terdapat pada pewangi.

. yaitu. AA Meningkatkan dosis insektisida BB Meningkatkan kualitas insektisida CC Menggunakan insektisida secara berlebihan DD Menggunakan insektisida biologis ..5. Dibawah ini merupakan salah satu contoh usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping penggunaan insektisida..

Horee. SOAL .....

Sorry… SOAL .

TERIMA KASIH .