You are on page 1of 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

PROGRAM KEAHLIAN
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
PERTEMUAN KEALOKASI WAKTU

: Semua Bidang Keahlian
: KIMIA
:X/1
:1
: 1 X 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

:
:

Memahami Konsep Materi dan Perubahannya
Mengelompokkan Sifat Materi

INDIKATOR

:  Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan
dengan jelas.
 Pengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Peserta didik dapat :
- Menjelaskan pengertian materi
- Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya
II. MATERI AJAR :
Materi dan wujudnya
III. METODE PEMBELAJARAN:
1. Model
2. Metode

:



:

Direct Instruction (DI)
Cooperative Learning
Diskusi kelompok
Eksperimen
Observasi
Ceramah

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
Pertemuan ke 1
NO
1.

2.

KEGIATAN GURU
Pra Pembelajaran
Guru mempersiapkan bahan ajar.
Guru mempersiapkan Media dan Alat belajar.
Guru mengkondisikan infocus.
Kegiatan Awal
Guru membuka pertemuan dengan
mengucapkan salam.
Guru membaca Al-Qur’an kemudian salah
seorang siswa membacakan terjemahannya
Berdoa sebelum proses pembelajaran dimulai
Guru memeriksa kebersihan kelas

KEGIATAN SISWA

NILAI PPBKB

Menjawab salam

Religius

Membaca Al-Qur’an kemudian
salah seorang siswa
membacakan terjemahannya
Berdoa sebelum proses
pembelajaran dimulai

Religius

Religius
Peduli lingkungan

WAKTU

Kreatif dan Komunikatif Komunikatif Kreatif Kreatif Penutup      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. Lembar Kerja. ALAT BANTU Laptop. Jenis tugas  Tes tertulis  Tes unjuk kerja Bentuk Instrumen  PG  Uraian  Uji petik kerja produk : : Kadungora. Menjawab pertanyaan 4. Kepala SMK Muhammadiyah 2 Kadungora Guru Mata Pelajaran Kimia WAKTU .NO 3. Do’a penutup Guru menutup pelajaran dengan salam. BAHAN AJAR SoftCopy Powerpoint dari materi C. BAHAN DAN SUMBER A. KEGIATAN GURU Guru mengecek kehadiran siswa KEGIATAN SISWA Menyimak NILAI PPBKB Disiplin Guru memberikan apersepsi Menyimak dan menjawab pertanyaan Kreatif. Kreatif Religius V. buku Kimia yang relevan. Komunikatif Menyimak penjelasan dari guru tentang materi Menyimak dan mengajukan pertanyaan Kreatif Kegiatan Inti Menguraikan sistematika pembelajaran baru Menjelaskan materi meliputi : a.Guru menyimpulkan materi yang telah diberikan. PENILAIAN A. Mengamati contoh materi yang ada dilingkungan lalu membuat kesimpulan mengenai definisi materi b. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. berusaha untuk menjawab. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. ALAT. Membedakan materi berdasarkan wujud dan sifatnya c. Alat dan Bahan Praktikum VI. Kreatif Mengoreksi jawaban siswa dan memberi tanggapan serta komentar. Mengelompokkan materi yang ada di lingkungan berdasarkan wujud dan sifatnya Siswa yang ditunjuk. 01 Agustus 2015 Mengetahui. SUMBER Buku Kimia SMK. LCD B.

Pd RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PROGRAM KEAHLIAN MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER PERTEMUAN KEALOKASI WAKTU : : KIMIA :X/1 :4 : 5 X 45 Menit STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR : : Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi Memahami lambang unsur INDIKATOR :  Penulisan lambang unsur dijelaskan dengan benar  Pengertian atom sebagai bagian terkecil dari suatu unsur dideskripsikan dengan benar I. 2.. MATERI AJAR Unsur III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN: Pertemuan ke 1 NO 1. M. S. KEGIATAN GURU Pra Pembelajaran Guru mempersiapkan bahan ajar.Asep Taryudin.Pd Maya Rosmayanti. Kegiatan Awal Guru membuka pertemuan dengan mengucapkan salam. Guru mempersiapkan Media dan Alat belajar. TUJUAN PEMBELAJARAN : Peserta didik dapat : Siswa dapat menuliskan lambang – lambang unsur Siswa dapat menyebutkan pengertian atom sebagai bagian terkecil dari unsur II. METODE PEMBELAJARAN: Model Metode :    :   Direct Instruction (DI) Cooperative Learning Diskusi kelompok Eksperimen Observasi Ceramah IV. Guru membaca Al-Qur’an kemudian salah seorang siswa membacakan terjemahannya Berdoa sebelum proses pembelajaran dimulai KEGIATAN SISWA NILAI PPBKB Menjawab salam Religius Membaca Al-Qur’an kemudian salah seorang siswa membacakan terjemahannya Religius WAKTU . Guru mengkondisikan infocus.Pd. S.

ALAT. Lembar Kerja. Do’a penutup Guru menutup pelajaran dengan salam. berusaha untuk menjawab. V. Menjawab pertanyaan 4. LCD E. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. buku Kimia yang relevan. Komunikatif Menyimak penjelasan dari guru tentang materi Menyimak dan mengajukan pertanyaan Kreatif Guru memberikan apersepsi 3. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. PENILAIAN A. Kegiatan Inti Menguraikan sistematika pembelajaran baru Menjelaskan materi meliputi Diskusi dan informasi tentang cara-cara penulisan lambang unsur Latihan menuliskan lambang unsur Diskusi dan informasi tentang pengertian atom Siswa yang ditunjuk.Guru menyimpulkan materi yang telah diberikan. Kreatif Penutup      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. ALAT BANTU Laptop. BAHAN DAN SUMBER D.NO KEGIATAN GURU Guru memeriksa kebersihan kelas KEGIATAN SISWA Berdoa sebelum proses pembelajaran dimulai NILAI PPBKB Religius Peduli lingkungan Guru mengecek kehadiran siswa Menyimak Disiplin Menyimak dan menjawab pertanyaan Kreatif. Kreatif dan Komunikatif Komunikatif Kreatif Kreatif Mengoreksi jawaban siswa dan memberi tanggapan serta komentar. Alat dan Bahan Praktikum VI. SUMBER Buku Kimia SMK. Jenis tugas  Tes tertulis  Tes unjuk kerja Bentuk Instrumen  PG  Uraian  Uji petik kerja produk : : Kreatif Religius WAKTU . BAHAN AJAR SoftCopy Powerpoint dari materi F.

01 Agustus 2015 Mengetahui. Dari uraian di atas.Pd . M. kimia fisika d. 1.B. geokimia d. Hal itu terjadi karena besi mempunyai sifat-sifat yang baik. yaitu kuat dan mudah dibentuk. Hal ini termasuk ruang lingkup pembahasan dalam ilmu kimia mengenai …. kimia nuklir c. a. S. susunan materi c.. yaitu mudah berkarat. berikut ini bukan merupakan cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam yang lain adalah ….Pd. sedangkan emas tidak dapat berkarat. energy yang menyertai 2. Sebutkan beberapa upaya yang dilakukan orang untuk mencegah pengkaratan pada besi Kadungora. perubahan materi d. a. Namun demikian. khususnya dalam suasana lembab. Besi tahan api serta mempunyai titik leleh yang tinggi. Kepala SMK Mandiri Kadungora Guru Mata Pelajaran Kimia Asep Taryudin. Berbeda dengan kayu yang mudah terbakar. sifat materi d.. dari segi jumlah maupun ragamnya. dan tergolong sifat kimia 2. manakah yang tergolong sifat fisika. ekonomi kimia essai Besi adalah logam yang paling banyak penggunaannya. Besi mudah berkarat. struktur materi b. Butir Soal : 1. S. Sebutkan penggunaan utama besi 3. ada kelemahan dari besi.Pd Maya Rosmayanti.. elektrokimia b.