You are on page 1of 10

March 5, 2015

[LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1]

VIRTUALBOX
VirtualBox sebuah software buatan Oracle yang sangat berguna untuk melakukan testing dikarenakan
betapa mudahnya untuk mencoba menggunakan OS lain tanpa menginstall ulang OS yang asli yang
dimiliki oleh laptop. Namun, sangat disayangkan banyak yang tidak mengetahui cara penggunaannya
maupun fitur-fitur yang tersedia di VirtualBox ini.

Case 1 :
Bos Rosu seorang Bos yang memegang daerah Mulyosari ingin sekali mencoba-coba
menggunakan VB (VirtualBox) di PC miliknya sendiri. Karena suatu hal dia ingin mencoba menonton film
berformat .mkv dan mendengarkan music berformat .mp3 di VBnya. Pada kenyataanya file videonya itu
berada di OS asli miliknya, Bos Rosu pun bingung bukan kepalang. Akhirnya Rosu bertanya kepada
Master Tomo yang jago sekali Programming, Hacking, Web, dll lengkap pokonya untuk solusi
masalahnya. Master Tomo hanya berkata satu hal “USB Support”.

Jawaban :

Download terlebih dahulu Oracle VM VirtualBox Extension Pack pada website Oracle
Kemudian instal Oracle VM VirtualBox Extension Pack dengan run as administrator

Pada jendela question, klik install

PRASETYO - 5214100030 1

March 5. klik “setuju”  Tunggu proses installing hingga selesai   Kemudian pada Machine Windows 7. 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1]  Kemudian pada jendela lisensi. klik “pengaturan”.  USB suport sudah dapat digunakan pada virtual machine PRASETYO .5214100030 2 . kemudian pada bagian Usb centang pada bagian “Aktifkan pengendali Usb” Setelah itu kita bisa menambah driver usb yang akan kita gunakan.

Karena kesal dengan manjanya si Rosu Master Tomo Berkata “Ada cara lain selain USB Support” (HINT : ####I#G #O###R) Jawaban : Cara selain menggunakan usb support adalah dengan menggunakan “sharing folder”   Pertama kita harus menginstall “guest addition image” pada mesin virtual Pada menu bar klik “perangkat”.exe PRASETYO .5214100030 3 . 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Case 2 : Dikarenakan Bos Rosu merasa kesulitan dengan konfigurasi USB Support dia kembali ke tempat Master Tomo. kemudian klik “masukan image CD Guest Addition”  Run VboxWindowsAddition.March 5.

March 5. Setelah itu klik install  Tunggu hingga proses instalasi selesai PRASETYO . 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1]  Klik next pada setiap jendela instalasi.5214100030 4 .

2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1]   Kemudian shutdown mesin virtual Klik pengaturan pada mesin virtual. setelah itu ke bagian “Shared Folder”. Karena takut diputus oleh Bunga (karena dia satu-satunya yang mau) Bos Rosu akhirnya melakukan Remote Dekstop untuk membenarkan laptop Bunga. Bunga bingung dan tidak tahu kemana karena Master Tomo sedang pergi dan tidak ada kabar.5214100030 5 . namun Bos Rosu sedang keluar kota. Jawaban : PRASETYO . LITTLE PIECE OF HACKING Case 1 : Pacar dari Bos Rosu Sebut Saja Bunga. dan pada windows explorer akan tampil direktori shared folder dan akan langsung tersinkronisasi dengan usb flashdrive.  Kita nyalakan mesin virtual lagi. Pada suatu hari bunga mengalami kerusakan softwarenya di laptopnya. memiliki sebuah laptop yang cukup mempuni untuk semuanya.March 5. Tidak ada pilihan lain dengan terpaksa Bunga meminta bantuan Bos Ros. Pada jendela shared folder akan ada ikon untuk menambah direktori usb pada mesin virtual.

Asistennya Bos Rosu Sebut Saja Blantik ikut bersama Bos Rosu keluar kota ternyata ada kewajiban untuk mengirimkan proposal ke Client. Membuka satu file .accdb”  Save file notepad tersebut dengan ekstensi .ac.id 2. Membuka satu file . Karena sering sekali membuka paket aplikasi tersebut maka Mas Gobbol melakukan cara cepat.5214100030 6 .its. Router.exe “C:\new. Sementara Blantik tidak mempunyai internet sama sekali. Oleh karena itu dia selalu membutuhkan koneksi internet untuk mencari referensinya.its. Dia membuat bat file dimana bat itu dapat membuka 3 aplikasi sekaligus yaitu : 1.doc” start msaccess.ac. Bantulah Bos Rosu untuk membagi Internetnya kepada Blantik (Tidak ada kabel Lan. Hanya modul wireless di masing-masing laptop) Jawaban : OS PROGRAMMING Case 1 : (Wajib Menggunakan VirtualBox) Mas Gobbol adalah orang yang suka sekali menulis riset-riset ilmiah dan suka dengan manajemen database. namun modemnya tidak bisa diberikan ke Blantik karena Modemnya agak rusak.doc dengan WordPad 3. Sementara Bos Rosu hanya memiliki internet dengan Modemnya. yaitu Bat Scripting.bat PRASETYO . Internet Explorer dengan langsung membuka is. atau Repeater. 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Case 2 : Setelah membenarkan Laptop si Bunga.exe “C:\new.exe is.March 5.accdb dengan Microsoft Acces Jawaban :  Pertama kita buka notepad untuk membuat script nya  Kemudian membuat script seperti dibawah ini : @echo off cd C:\ start iexplore.id start WINWORD. Bos Rosu mengalami masalah baru.

ini) Jawaban : USER MANAGEMENT Case 1 : Pelajari tentang Microsoft Management Console (MMC) khususnya tentang management user. Jadi saat memindahkan/mengcopy folder itu ke komputer lain icon folder tetap tidak berubah. dia sering memberikan animenya ke temantemannya. Selanjutnya set agar folder khusus user tersebut tidak berada pada direktori default ! Lengkapi dengan screen capture. ada kalanya Panhut lupa manakah yang sudah dilihat ataupun lupa dengan judulnya. (Hint : default folder user biasanya terletak pada direktori C: ) Jawaban : Case 2 : (Wajib pake CMD) Pak Syaiful diamanahi oleh ketua jurusan Sistem Informasi untuk menangani server milik LPSI.March 5. Karena belum memiliki akses kedalam server LPSI maka Pak Syaiful meminta bantuan PRASETYO . (ScreenShot saat sudah pindah komputer) (HINT : Memakai bahasa Shell. Buatlah sebuah user baru yang memiliki rule sebagai administrator yang dilengkapi dengan password. 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Case 2 : Panhut seorang mahasiswa kolektor anime memiliki segudang (sehardisk tepatnya) Anime yang judul-judulnya sangat beragam. dan file . Kemudian masukkan user tersebut dalam kelompok user yang memiliki rule sebagai backup operator.5214100030 7 . Untuk memudahkannya Panhut melakukan seperti ini Karena Panhut juga merupakan Distributor anime.

Rosu ingin menyimpannya di Partisi Hardisk sendiri bernama OJO DIBUKA. Akun Pak Syaiful haruslah memiliki password untuk melindungi dari user jahil. akun Pak Syaiful harus tidak memiliki keterbatasan apapun pada komputer server LPSI. namun HDD sudah di partisi cuma tinggal C saja. Jawaban : PRASETYO . Apa yang harus Pak Eric lakukan ? Jawaban :  Buka CMD (command prompt)  Kemudian isi script pada CMD sebagai berikut : NET USER [nama user] [password] /Add SECURITY Case 1 : Slamet keponakan Bos Rosu merupakan anak yang usil banget. Karena Slamet minggu ini menginap di rumah Bos Rosu maka Rosu pun khawatir jika Slamet sampai membuka folder atau file yang aneh-aneh. Bantulah Bos Rosu membuat partisi baru tersebut tanpa menghilangkan data di C ataupun memformat C (mati anda jika C di format) (Dilarang menggunakan Software dari luar Wajib menggunakan software bawaan Windows). 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Pak Eric untuk membuatkan akun untuk dirinya.March 5. suka mencari-cari sesuatu. Selain itu. suka membuka-buka padahal sudah dilarang.5214100030 8 . Akhir-akhir ini Slamet suka sekali dengan komputer. Karena itu Rosu mengumpulkan semua folder dan file-file anehnya.

Master Tomo akhirnya membuat cara agar setiap folder terHidden bahkan tidak terbuka walaupun dengan opsi Show Hidden Files diaktifkan.). Jawaban : Case 3 : Karena Bos Rosu takut lupa password (dengan polosnya) dia menulis password BitLocker di StickyNote dan ditempel di Laptopnya. Pilihan terakhir Bos Rosu adalah meminta bantuan Master Tomo. Tidak itu saja Master Tomo membuat agar untuk membuka folder tersebut harus menggunakan password.March 5. 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Case 2 : Ternyata walaupun dibuat partisi baru Slamet masih tetap saja membukanya. Jawaban : PRASETYO . Oleh karena itu Rosu menggunakan aplikasi BitLocker untuk meng-encrypt partisi OJO DIBUKA agar partisi HDDnya tidak bisa dibuka tanpa password. Rosu takut karena bisa dimarahi Bapak Ibunya Slamet karena mengajarkan hal yang aneh-aneh.Bos Rosu -___. (HINT : gunakan scripting) tidak lupa Master Tomo membuat anti-scriptnya juga. Karena itu.5214100030 9 . Slamet tetap bisa leluasa membongkar keamanan yang sangat tinggi (Bos Rosu .

coba buatlah agar case di atas menjadi format GUI seperti gambar diatas (atau lebih kreatif lagi dengan tambahkan fitur baru) akan ada tambahan nilai untuk yang berhasil melakukannya. REFERENSI Wajib mencantumkan sumbernya dari mana ya. PRASETYO . 2015 [LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 1] Bonus Case Untuk Case bonus.5214100030 10 .March 5.