You are on page 1of 10

SURAT KEPUTUSAN

NO: 010 /PO/PP-IAI/XI/2012
TENTANG
PERATURAN ORGANISASI
TENTANG PETUNJUK TEKNIS RESERTIFIKASI
DENGAN METODA SATUAN KREDIT PARTISIPASI (SKP)
PADA MASA TRANSISI
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA KUASA

PENGURUS PUSAT IKATAN APOTEKER INDONESIA
Menimbang

Mengingat

Memperhatikan

:

:

:

1.

Bahwa untuk pelaksanaan Resertifikasi bagi anggota
yang akan habis masa berlaku Sertifikat Kompetensi
Profesi Apoteker pada masa transisi perlu ditetapkan
Petunjuk Teknis pelaksanaannya

2.

Bahwa untuk pelaksanaan Resertifikasi bagi anggota
tersebut berdasarkan pada perolehan Satuan Kredit
Partisipasi (SKP) yang berhasil dikumpulkan melalui
kegiatan ilmiah selama 5 (lima) tahun terakhir

3.

Bahwa untuk maksud tersebut diatas perlu ditetapkan
suatu Petunjuk Teknis Resertifikasi Dengan Metoda
Satuan Kredit Partisipasi (SKP) Pada Masa Transisi
dengan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan
Apoteker Indonesia

1.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ikatan
Apoteker Indonesia

2.

Hasil Rapat Kerja Nasional Ikatan Apoteker Indonesia
tahun 2012

Rapat Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia dan
Komite Sertifikasi & Resertifikasi Profesi Apoteker pada
tanggal 22 November 2012
Memutuskan……………

M Dani Pratomo. Apt . MM.MEMUTUSKAN Menetapkan : SURAT KEPUTUSAN PENGURUS PUSAT IKATAN APOTEKER INDONESIA NOMOR : 010/PO/PP-IAI/XI/ 2012 TENTANG PERATURAN ORGANISASI TENTANG PETUNJUK TEKNIS RESERTIFIKASI DENGAN METODA SATUAN KREDIT PROFESI (SKP) PADA MASA TRANSISI PERTAMA : Peraturan Organisasi Tentang Petunjuk Teknis Resertifikasi Dengan Metoda Satuan Kredit Profesi (SKP) Pada Masa Transisi secara lengkap sebagaimana termaktub dalam Lampiran dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Keputusan ini KEDUA : Peraturan Organisasi Tentang Petunjuk Teknis Resertifikasi Dengan Metoda Satuan Kredit Profesi (SKP) Pada Masa Transisi ini merupakan pedoman dan aturan yang mengikat bagi seluruh Apoteker di Indonesia KETIGA : Keputusan ini berlaku semenjak tanggal ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya Ditetapkan di Pada tanggal :Jakarta : 22 November 2012 PIMPINAN PUSAT IKATAN APOTEKER INDONESIA Ketua Umum Sekretaris Jenderal Drs. Nurul Falah Edi Pariang. Apt Drs.

Telah memiliki Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker yang akan habis masa berlakunya 3. dan Penataran Etik Profesi) serta publikasi dalam Konferensi/Konggres Ilmiah. B. Seminar. Fotocopy STRA yang masih berlaku KOMITE SERTIFIKASI & RESERTIFIKASI PROFESI APOTEKER / PP-IAI . Fotocopy KTA yang masih berlaku c. KETENTUAN UMUM Bahwa untuk memberikan apresiasi bagi anggota yang telah menjalankan praktik profesinya serta aktif dalam peningkatan kompetensi profesinya melalui berbagai kegiatan seperti Kegiatan Ilmiah Lisan (Simposium. Fotocopy KTP yang masih berlaku b. dengan cara mengisi Formulir Registrasi Resertifikasi dan Formulir Self Assessment ( sebagaimana terlampir ) dengan melampirkan : 1 a. Telah Terdaftar sebagai anggota Ikatan Apoteker Indonesia 2. C. Telah memiliki poin Satuan Kredit Partisipasi (SKP) minimal 50 SKP selama 5 (lima) tahun yang diperoleh dari Kegiatan Ilmiah Lisan (Simposium.Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 PETUNJUK TEKNIS RESERTIFIKASI PROFESI APOTEKER DENGAN METODA SATUAN KREDIT PARTISIPASI (SKP) PADA MASA TRANSISI PENGURUS PUSAT – IKATAN APOTEKER INDONESIA A. Lokakarya. Dengan begitu bagi anggota yang telah menjalankan praktik profesinya serta aktif dalam peningkatan kompetensi profesinya mendapat perlakuan khusus dalam pengurusan perpanjangan Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker yang akan habis masa berlakunya. dan Penataran Etik Profesi) serta publikasi dalam Konggres Ilmiah maka perlu dibuat pedoman khusus resertifikasi bagi anggota tersebut. PERSYARATAN PEMOHON Pemohon yang dapat menempuh metoda sertifikasi ini adalah Apoteker yang sudah memenuhi ketentuan sebagai berikut : 1. TATA CARA 1. Lokakarya. Pemohon mengajukan permohonan sebagai Peserta Resertifikasi kepada PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat melalui PC-IAI setempat selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum habis masa berlaku Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker. Seminar.

Fotocopy sertifikat Kegiatan Ilmiah Lisan (Simposium/Temu Ilmiah. Lokakarya. 9. 100. meliputi verifikasi permohonan dan Self Assessment serta dokumen terlampir.. Diskusi Panel. Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai (bagi pemohon di RS/PBF/Industri) f. akan ter-Sertifikasi setelah mengikuti proses treatment  Bagi pemohon dengan SKP yang ter-verifikasi < 45 SKP (90%). dengan ketentuan sebagai berikut:  Bagi pemohon dengan SKP yang ter-verifikasi > 45 SKP (90%). Pemohon membayar biaya registrasi sebesar Rp. Semiloka. paling lambat 7 (tujuh) hari sejak permohonan diterima.( lima ratus ribu rupiah ) kepada PP-IAI melalui PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat. Fotocopy SIPA/SIKA ( bagi yang praktek/kerja profesi) e. 500. 3. PD-IAI setempat mengajukan permohonan sertifikat kompetensi bagi pemohon kepada PP-IAI dengan melampirkan softcopy : - Permohonan PD-IAI setempat dengan melampirkan daftar nama dan perolehan SKP pemohon - Formulir Registrasi Resertifikasi pemohon - Formulir Self Assessment pemohon dan - Bukti transfer biaya verifikasi 7. PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat melakukan verifikasi terhadap permohonan yang diajukan paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah permohonan diterima. 6. akan ter-Sertifikasi setelah memenuhi jumlah SKP yang dipersyaratkan 5. Tidak Ter-Sertifikasi ( Un-Certified ). dengan ketentuan hasil sebagai berikut : a. 4. Ter-Sertifikasi ( Certified ). PD-IAI setempat menyerahkan Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker kepada pemohon melalui PC-IAI setempat 2 KOMITE SERTIFIKASI & RESERTIFIKASI PROFESI APOTEKER / PP-IAI . 2. Pemohon membayar biaya verifikasi sebesar Rp. Seminar. 8. PP-IAI menyetujui dan menetapkan permohonan yang diajukan PD-IAI setempat. PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat menyampaikan secara tertulis hasil verifikasi kepada pemohon melalui PC-IAI setempat paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak dilakukan verifikasi . PP-IAI mengirimkan sertifikat kompetensi kepada PD-IAI setempat..( seratus ribu rupiah ) kepada PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat .000.000. artinya pemohon tersebut lolos verifikasi dan berhak memperoleh Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker atau b. Pertemuan Klinik dan Penataran Etik Profesi) serta publikasi dalam Konferensi/Konggres Ilmiah yang telah dilegalisir oleh PC-IAI setempat. Fotocopy Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker yang akan habis masa berlakunya g.d.

Apt Drs. MM. Ditetapkan di Pada tanggal :Jakarta : 22 November 2012 PIMPINAN PUSAT IKATAN APOTEKER INDONESIA 3 Ketua Umum Sekretaris Jenderal Drs. semoga dapat menjadi acuan bagi PC-IAI.D. M Dani Pratomo. Apt KOMITE SERTIFIKASI & RESERTIFIKASI PROFESI APOTEKER / PP-IAI . MASA BERLAKU Petunjuk teknis ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2013 E. Nurul Falah Edi Pariang. PENUTUP Demikianlah Petunjuk Teknis ini disusun. PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah dan sejawat Apoteker yang akan melakukan Resertifikasi dengan metoda SKP pada masa transisi ini.

Formulir Self Assessment dan Bukti transfer biaya verifikasi PP-IAI 4 KOMITE SERTIFIKASI & RESERTIFIKASI PROFESI APOTEKER / PP-IAI . 4 PD-IAI setempat mengajukan permohonan sertifikat kompetensi kepada PP-IAI dengan melampirkan softcopy Formulir Registrasi Resertifikasi.Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 ALUR PERMOHONAN RESERTIFIKASI METODA SKP PEMOHON 1 Pemohon mengajukan permohonan sebagai Peserta Resertifikasi kepada PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat melalui PC-IAI setempat selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum habis masa berlaku Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker dengan cara mengisi Formulir Registrasi Resertifikasi dan Formulir Self Assessment serta membayar biaya registrasi 5 PD-IAI / TIM RESERTIFIKASI SETEMPAT 6 PD-IAI setempat menyerahkan Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker kepada pemohon melalui PC-IAI setempat PP-IAI menyetujui dan menetapkan permohonan yang diajukan PP-IAI mengirimkan sertifikat kompetensi kepada PD-IAI setempat paling lambat 7 (tujuh) hari sejak permohonan diterima 2 PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat melakukan verifikasi paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah permohonan diterima dan menyampaikan secara tertulis hasil verifikasi kepada pemohon melalui PC-IAI setempat paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak dilakukan verifikasi 3 Pemohon membayar biaya verifikasi kepada PP-IAI melalui PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi Daerah setempat.

........ 3.Handphone : Alamat email : Nama dan alamat tempat praktek / kerja : 1. STRA : Masa berlaku : / / No..... 2.......Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 FORMULIR REGISTRASI Kepada Yth.....KTA : Alamat lengkap (sesuai KTP) : No.. RESERTIFIKASI APOTEKER Ketua PD-IAI ......KTP : No....... Diterima tanggal : ... gelar : Tempat / Tanggal lahir : No....... Sertifikat Kompetensi : Masa berlaku : / / PC-IAI asal : Untuk keperluan verifikasi data........... Di ( diisi oleh pengurus ) Tempat Bersama ini saya mengajukan permohonan Resertifikasi dengan data sebagai berikut : Nama Lengkap. berikut terlampir : 1) Fotocopy KTP yang masih berlaku 2) Fotocopy KTA yang masih berlaku 3) Fotocopy STRA yang masih berlaku 4) Fotocopy SIPA/SIKA terakhir yang diperoleh ( bagi yang praktek/kerja profesi) 5) Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai (bagi pemohon di RS/PBF/Industri) 6) Fotocopy Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker akan atau habis masa berlakunya 7) Formulir Self Assessment Halaman 1 dari 2 . No.............................

. Diskusi Panel............. Seminar... Semiloka.... ....... atas perhatiannya terima kasih........Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 8) Fotocopy sertifikat Kegiatan Ilmiah Lisan (Simposium/Temu Ilmiah.............................................................................. Pertemuan Klinik dan Penataran Etik Profesi) serta publikasi dalam Konferensi/Konggres Ilmiah yang telah dilegalisir oleh PC-IAI setempat....... ............. Demikianlah permohonan ini diajukan........ Pemohon.......... Lokakarya........ Nama lengkap & tanda tangan Halaman 2 dari 2 ...

DATA DOKUMEN LEGAL PENDUKUNG 7. Nama Lengkap. A. No. BIDANG PEKERJAAN KEFARMASIAN (pilih salah satu) 9. Alamat lengkap : 5. gelar : 3. Ijazah Apoteker : 6. Halaman 1 dari 2 . DATA SERTIFIKAT KOMPETENSI 1. Asal Perguruan Tinggi : B. DATA PEROLEHAN SATUAN KREDIT PROFESI (5 tahun terakhir ) 10. Sertifikat : 2. Puskesmas. STRA : Masa berlaku : / / 8. Produksi/Industri Kefarmasian (Farmasi/OT/Kosmetik/Makanan&minuman) D. Klinik. No.Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 FORMULIR SELF ASSESSMENT RESERTIFIKASI APOTEKER A. Tempat / Tanggal lahir : 4. No. No. SIPA / SIKA : Masa berlaku : / / C. IFRS) B. Pelayanan Kefarmasian (Apotek. Nama Kegiatan Tanggal Kegiatan SKP Penerbit Sertifikat . Distribusi Kefarmasian C.

............... diperoleh hasil bahwa permohonan yang diajukan oleh yang bersangkutan dinyatakan : MEMENUHI PERSYARATAN / TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN* untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker................. Nama lengkap & tanda tangan F........................................................................Lampiran SK No:010/PO/PP-IAI/XI/2012 TOTAL SKP : . HASIL VERIFIKASI Berdasarkan VERIVIKASI yang dilakukan oleh PD-IAI / Tim Sertifikasi dan Resertifikasi ................................... Ketua PD / Panitia Resertifikasi Catt : * Coret salah satu . Halaman 2 dari 2 ............................................. ..... ........................ Pemohon............................. ..................................... ............................................................. ..............