You are on page 1of 16

Genitograf

Loading



Please wait...
Agung Gumilar
Akhmad Hasyim
Akhmad Hendrawan
Andi Setiawan

. cystograf. dan vaginograf hanya pada genitography dikerjakannya lebih ke arah sistem genitalia.Genitograf Genitograf adalah pemeriksaan secara radiograf yang menunjukan gambaran anatomi traktus genitalia bagian dalam. Pemeriksaan ini seperti hal nya pemeriksaan urethrograf. Sehingga dapat memberikan suatu informasi genitalia yang tidak diketahui atau di ragukan jenis kelamin nya.

Anatomi sistem reproduksi Pria .

Anatomi sistem reproduksi wanita .

Pada penderita kelamin ganda. yaitu alat kelamin laki laki dan perempuan. meskipun diluar seperti alat kelamin perempuan.Klinis Pemeriksaan Ambigous Genitalia (Kelamin Ganda) Kelamin ganda (ambiguous genitalia) adalah suatu kejadian langka dimana alat kelamin bayi tidak jelas sebagai alat kelamin laki laki atau perempuan. . alat kelamin tidak tumbuh sempurna atau bayi tersebut mempunyai dua buah alat kelamin. Misalnya. alat kelamin yang ada di luar tubuh mungkin tidak sama dengan jenis alat kelamin yang ada di dalam tubuh. Pada penderita kelamin ganda. namun tubuh bagian dalam tidak punya rahim atau indung telur.

Ambigous Genitalia .

Kelainan yang terjadi adalah tidak bekerjanya enzim 21-hydroxilase sehingga mempengaruhi produksi kortisol dan aldosteron. dan kadar garam dalam tubuh.CAH (Congenital Adrenal Hyperplasia) Congenital adrenal Hyperplasia (CAH) adalah suatu kelainan bawaan yang disebabkan kelainan kromosom dan gen (autosomal recessive inheritance). kadar gula darah. menyebabkan kegagalan produksi hormon oleh kortek kelenjar adrenal yang mengalami penebalan atau pertumbuhan berlebih (hiperplasia) sejak dalam kandungan (kongenital). sistim kekebalan tubuh. . Hal ini menyebabkan terpengaruhnya pengaturan tekanan darah.

Pada keadaan normal meatus uretra ekstrena ini terletak pada ujung glans penis (bagian paling distal atau lebih jauh dari pangkal).Hipospadia Hipospadia adalah suatu kelainan bawaan yang letak meatus uretra eksterna (dibagian permukaan muara atau saluran uretra) terletak lebih keproksimal yaiu lebih dekat dengan pangkal dipermukaan ventral penis.  .

Alat dan Bahan Steril Jarum Suntik Cairan NaCl Kontras media Spuit 20cc Kateter Kassa steril dan sarung tangan .

Unsteril Lampudan Sorot dan Bengkok Plester Lead marker .

.  Teknik kateterisasi yaitu kandung kemih di isi dengan melalui kateter atau cystopic dengan suprapubic puncture. pengisian kontras seperti pemeriksaan cysto-urethrogram. Perbedaan: Flushing hanya dengan sekali pemasukan kontras yang langsung masuk ke vagina dan kantung kemih Kateter: Penyuntikan kontras media dua kali yaitu melalui vagina dan kandung kemih dengan kateter yang berbeda.Metode pemeriksaan  Teknik flushing yaitu dengan menyuntikan kontras media secara retrograde dengan tekanan sedang.

Kontra Indikasi  Infeksi organ genetalia bagian dalam atau luar  Alergi terhadap Kontras media .

 Kontras media dimasukan pada lubang yang diduga muara OUE (Orifsium Uretra Eksterna) melalui kateter dan dihubungkan dengan spuit yang berisi kontrs media 20cc.Teknik Pemeriksaan  Sebelum pemeriksaan pasien diminta BAK terlebih dahulu. dengan kedua tangan diatas kepala. .  Dibuat foto pendahuluan  Pasien diposisikan supine diatas meja pemeriksaan. posisi kaki lurus dan dirapatkan.

posisi kaki lurus dan dirapatkan.  Untuk pengambilan foto pasien diposisikan true lateral dengan kedua tangan diatas kepala.  Kateter kedua dimasukan pada lubang yang diduga muara introtus vagina dan dihubungkan dengan spuit yang berisi kontras media sebanyak 20 cc. Kateter dimasukan hingga kandung kemih dengan ditandai keluarnya urin sebagai indikatornya. . kemudian kontras media disuntikan perlahan secara retrograde. Kemudian kontras media disuntikan dengan perlahan secara retrograde.

Menggunakan dua kateter yang pertama berakhir tinggi di uretra proksimal dan yang kedua kateter lebih distal digunakan untuk menggambarkan sinus urogenital .Hasil Radiograf Genitograf pada anak dengan disgenesis gonad menggambarkan uretra memanjang. sinus urogenitalia (tanda panah) dan vagina (*).

TERIMAKASIH .