You are on page 1of 8

PERAN & FUNGSI

PERAWAT GERONTIK

MAHZAR WAHYUDI, S.Kep

FENOMENA  TIDAK TERPENUHINYA KEBUTUHAN DASAR MANUSIA PADA USIA LANJUT SEBAGAI AKIBAT PROSES PENUAAN. .  ASUHAN KEPERAWATAN DIBERIKAN SESUAI PADA KELEMPOK USILA YAITU  UNTUK USILA YANG MASIH AKTIF  UNTUK USILA PASIF.  PENUAAN FENOMENA YANG DOMAIN MASA KANI.

PERAN KEPERAWATAN GERONTIK 1) 2) 3) Sebagai care giver/pemberi asuhan langsung : perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan langsung dan tidak langsung kepada klien dengan pendekatan proses keperawatan Sebagai pendidik klien lansia (Edukator): Membantu klien dlm meningkatkan pemahaman & pengetahuan klien & keluarganya. Sebagai komunikasi (comunicator) : Komunikasi yang efektif & komunikasi teurapetik kepada klien . maupun desiminasi ilmu kepada klien. Bisa dlm bentuk penyuluhan kes.

... masyarakat tentang masalah kesh sesuai perioritas. Menejer perawat : Manajer perawat harus memiliki keahlian dalam kepemimpinan. membangun hubungan...Lanjutan . Advokat :Perawat membantu lansia dalam mengatasi adanya ageism yang sering terjadi di masyarakat. ... komunikasi. Memberi bimbingan konseling kepada klien. perawat menerapkan perubahan inovatif dalam pemberian asuhan keperawatan di panti jompo dan setting perawatan jangka panjang lainnya.! 4) 5) 6) Sebagai pemberi bimbingan/konseling klien (counselor) : Mengindentifikasi pola perubahan interaksi klien thdp keadaan sehat sakitnya. manajemen waktu. keluarga.. dan mengatasi perubahan..

. 8) Manajer Kasus : Manajemen kasus adalah metode intervensi lain yang dapat mengurangi penurunan fungsional klien lansia berisiko tinggi dirawat di rumah sakit. memelihara kesehatan. menerima kondisinya.Lanjutan.! Motivator : Perawat memberikan dukungan kepada lansia untuk memperoleh kesehatan optimal.. 7) .

FUNGSI PERAWAT GERONTIK 1) 2) 3) 4) 5) 6) Guide persons of all ages toward a healthy aging process (membimbing orang pada segala usia untuk mencapai masa tua yang sehat) Eliminate ageism (menghilangkan perasaan takut tua) Respect the tight of older adults and ensure other do the same (menghormati hak orang yang lebih tua dan memastikan yang lain melakukan hal yang sama) Overse and promote the quality of service delivery (memantau dan mendorong kualitas pelayanan) Notice and reduce risks to health and well being (memerhatikan serta menguragi resiko terhadap kesehatan dan kesejahteraan) Teach and support caregives (mendidik dan mendorong pemberi pelayanan kesehatan) .

merencanakan. and participate in research (menghasilkan. plan. holistic maner (mengkaji.! Open channels for continued growth (membuka kesempatan untuk pertumbuhan selanjutnya) 8) Listen and support (mendengarkan dan member dukungan) 9) Offer optimism.Lanjutan. melaksanakan. implement.. encouragement and hope (memberikan semangat. dan mengevaluasi perawatan individu dan perawatan secara menyeluruh) 7) . use. mendukung.. dan berpartisipasi dalam penelitian) 11) Implement restorative and rehabilitative measures (melakukan perawatan restorative dan rehabilitative) 12) Coordinate and managed care (mengoordinasi dan mengatur perawatan) 13) Asses. dan harapan) 10) Generate. and evaluate care in an individualized. support. menggunakan. dukungan.

spiritual aspect of each other (saling memahami keunikan pada aspek fisik. social. emotical.! Link service with needs (memberikan pelayanan sesuai kebutuhan) 14) Nurtuere futue gerontological nurses for advancement of the speciality (membangun masa depan perawat gerontik untuk menjadi ahli dibidangnya) 15) Understand the unique physical. social... dan spiritual) 16) Recognize and encourage the appropriate management of ethical concern (mengenal dan mendukung manajemen etika yang sesuai dengan tempatnya bekerja) 17) Support and comfort through the dying process (memberikan dukungan dan kenyamanan dalam menghadapi proses kematian) 18) Educate to promote self care and optimal independence (mengajarkan untuk meningkatkan perawatan mandiri dan kebebasan yang optimal) 13) .Lanjutan. emosi.