You are on page 1of 9

PT INDONESIA POWER

UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI

BAB III
PEMBAHASAN PROJECT ASSIGNMENT
3.1

Peralatan Off Line Washing Compressor.

Peralatan yang digunakan dalam proses pencucian compressor unit PLTG 3 adalah
sebagai berikut :
a.
b.
c.
d.
e.

Pompa Diafragma
Tanki Penampung Air 500 L
Kunci Pas-Ring ¾” dan 7/8”
Chemical Hose (Selang untuk bahan kimia)
High Pressure Air Hose (Selang udara bertekanan)

Gambar 3.1 Peralatan Off Line Washing Compressor

3.2 Material Off Line Washing Compressor.
a. Bahan kimia cair pembersih khusus Offline Washing Compressor (Reff:
Ardrox)
b. Air Demineralisasi, Conductivity max 2.0 μs
c. Udara bertekanan ± 7 bar

Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014

17

masker.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3. arus listrik atau fluida sesuai dengan kebutuhan pekerjaan di lapangan. jasa. f. e. d. flow diagram dan Manual Instruction yang relevan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.sarung tangan. prioritas dan kompetensi dari personil. Bila kurang atau tidak lengkap maka diadakan lebih dahulu sesuai dengan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa. Persiapan Alat Pelindung Diri (APD) dan P3K sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan seperti: helm. pemasangan rambu-rambu peringatan tanda bahaya dan pemasangan Lock Out Tag Out. Identifikasi potensi bahaya pada pekerjaan yang akan dilakukan sesuai dengan Prosedur Identifikasi Bahaya. spare parts dll. b. Perencanaan pekerjaan dengan mempertimbangkan urutan. c. SDM. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 18 .ear plug. Identifikasi dan persiapan kebutuhan pekerjaan yang diperlukan seperti material. Lakukan isolasi dan pembatasan akses pada tempat kerja dari orang-orang yang tidak berkepentingan. h. Persiapan gambar kerja. Pemutusan/pelepasan aliran udara. tools.3 Persiapan dan Perencanaan Pekerjaan a. Koordinasi dengan penanggung jawab unit/bagian lain guna mencegah dampak yang tidak diinginkan.sepatu tahan bentur/safety. lakukan pengendalian resiko. g.

4 Langkah Kerja Off Line Washing Compressor 3. Koordinasikan dengan pihak pemeliharaan Listrik untuk membuka Busi/Spark Plug pada ruang bakar e. Chemical Hose. Koordinasikan dengan pihak Kontrol dan Instrumen untuk membuka IGV pada bukaan Full Open (100%) f. Sebelum Unit Pembangkit Shut Down secara normal. Discavity (DC2) yang terindikasi di Display Control Room ≤ 40°C sebelum dilakukan Offline Washing Compressor i.4. h. Koordinasikan dengan pihak operasi untuk menutup Valve Pedestal Gear Box d. Persiapan a. maka koordinasikan dengan pihak Operasi/Local Operator untuk memulai proses Offline Washing Compressor . Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 19 . Hubungkan Instalasi Peralatan Offline Washing Compressor pada fasilitas yang tersedia di PLTG 3 dan 4 (Pompa Diafragma.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3. Raw Material. Setelah persyaratan operasional Turbin Gas sudah terpenuhi. putaran Turbin Gas harus pada posisi Idle Speed dengan n = ± 450 rpm j. Ijin Kerja dan Instruksi Kerja b. Isi Tanki dengan Air Demineralisasi sampai penuh 500 Liter (hindari masuknya material asing ke dalam tanki) g. dan High Pressure Air Hose). Water Hose. diharap dapat dilakukan Performance Test untuk mengetahui deviasi efisiensi Kerja Compressor setelah Offline Washing Compressor c. Pastikan Temp.1. Persiapan peralatan Kerja. Discavity (DC2) mencapai ≤ 40°C. Setelah Temp.

c. 3. Setelah 2 menit. dan pastikan air hasil pembilasan tidak mengandung buih dan kotoran. koordinasikan dengan pihak operasi untuk shut down Diesel Start dan mengaktifkan Putaran Turning Gear selama 30 menit (Soaking Time) d.4. Apabila pembilasan selesai. Setelah itu start unit sampai Putaran Crank (High Speed) selama ± 5 menit untuk proses pengeringan. Setelah masa Soaking Time.2. f. Setelah bahan kimia sudah di pompakan. Lakukan koordinasi dengan pihak Pemeliharaan Listrik dan K&I untuk masing-masing menormalkan kembali status peralatan mereka sebelum Start Up (Pemasangan Busi.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3. b. biarkan Unit beroperasi dengan putaran Spinhold selama 2 menit c. h. Koordinasikan dengan pihak operasi untuk melakukan Purging selama 30 menit di sistem ruang bakar. Ulangi poin “d” dan “e” apabila air pembilasan masih kotor atau berbuih/ g. Periksa air yang keluar dari Drain Piping pembilasan. Proses Pencucian dan Pembilasan (Washing and Rinse) a. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 20 . kembalikan kondisi operasi unit sampai SpinHold dan pompakan air demineralisasi yang telah disiapkan sebanyak volume perbandingan dengan Bahan Kimia yang di sarankan oleh Vendor (contoh : Ardrox = 50 Liter Bahan Kimia dicampur dengan 200 Liter Air Demin. Buka Valve Pedestal Gear Box. penormalan IGV).4. (contoh : Ardrox = 50 L) b. Stop Diesel Start. Pompakan Bahan Kimia pembersih compressor kedalam Compressor melalui fasilitas yang sudah tersedia dengan volume yang direkomendasikan oleh Vendor.3 Persiapan Performance Test a. rasio pencampuran = 1 : 4) e.

catat parameter indikasi operasi PLTG untuk analisa deviasi performa. Koordinasikan dengan pihak operasi untuk melakukan Start Up Process. e. 3. Final Check sebelum Start Up . f.5 Hasil Off Line Washing Compressor Dengan Design Peralatan Yang Eksisting Gambar 3.Load.1 Hasil Off Line Washing Compressor Design Eksisting Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 21 . Setelah dalam kondisi Max.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI d.

Penggunaan pompa dengan spesifikasi tekanan yang rendah nozzle yaitu hanya sekitar 7 bar mengakibatkan proses pencucian hanya mengenai sebagian kecil dari blade-blade compressor sehingga hasil pencucian jadi tidak optimal. Permasalahan tersebut antara lain : 1. Dengan design peralatan saat ini.6 Masalah Yang Terjadi Pada Design Peralatan Off Line Washing Compressor Yang Eksisting. Jarak antara nozzle dengan compressor yang cukup jauh yaitu 750cm mengakibatkan proses pencucian hanya mengenai sebagian kecil dari bladeblade compressor sehingga hasil pencucian jadi tidak optimal.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 22 . 2.3 Jarak Nozzle Off Line Washing Compressor Design Eksisting 3. terdapat beberapa masalah yang terjadi yang diakibatkan dari kurang sesuainya konstruksi piping dan spesifikasi peralatan yang digunakan. 750cm Gambar 3. Tidak tersedianya instalasi peralatan off line washing compressor yang memadai yang dapat memudahkan dalam proses pencucian compressor.

2. Sedangkan pompa yang eksisting spesifikasinya hanya mencapai pressure sebesar 7 bar. 3. diperlukan pressure sebesar 50 – 90 bar untuk mendapatkan hasil pencucian yang optimal.7. Modifikasi Piping Off Line Washing Compressor. Berdasarkan best practice pencucian compressor gas turbine. Berdasarkan permasalahan-permasalahan diatas. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 23 .PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3. maka dibuatlah rencana modifikasi design peralatan off line washing compressor. Penggantian Spesifikasi Pompa Yang Digunakan.7.7 Modifikasi Design Peralatan Off Line Washing Compressor. Pompa Eksisting Pompa Rencana Modifikasi Pompa Diapragma Pressure 7 bar Pompa Centrifugal Pressure 70 bar Gambar 3.4 Perbandingan pompa Off Line Washing Compressor 3.1. oleh karena itu perlu dilakukan penggantian spesifikasi pompa yang akan digunakan.

Design Eksisting Rencana Modifikasi Penambahan panjang pipa off line washing Penambahan support pipa off line washing Gambar 3.PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI Berdasarkan pengalaman off line washing compressor yang telah terjadi. perlu dilakukan modifikasi mulai dari panjang pipa. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 24 .5 Modifikasi piping Off Line Washing Compressor Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambah panjang dari pipa off line washing compressor agar lebih dekat ke blade-blade compressor dan mengganti material dari pipa yang digunakan dengan jenis material yang lebih lentur serta menambahkan support pada pipa agar tahan terhadap vibrasi saat berlangsungnya proses pencucian compressor. bahan pipa yang digunakan hingga tambahan support agar pipa tidak patah akibat vibrasi yang cukup besar saat proses pencucian berlangsung.

PT INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN JASA PEMBANGKITAN BALI 3.3. Instalasi Eksisting Rencana Modifikasi Gambar 3. Agus Kurniawan / DME-040-XV-2014 25 .6 Modifikasi instalasi peralatan Off Line Washing Compressor Dengan dibuatkannya instalasi peralatan yang lengkap dan memadai maka proses pencucian pun akan menjadi semakin mudah sehingga waktu pengerjaan juga bisa optimal.7. Rencana Design Instalasi Peralatan Off Line Washing Compressor .