You are on page 1of 10

Lirik adalah nama sebuah kecamatan yang berada di Indragiri Hulu.

Kecamatan Lirik, merupakan daerah yang kaya akan minyak bumi. Pada awalnya
Lirik adalah perkampungan kecil yang dikelilingi hutan semak belukar. Penduduk
yang mendiami daerah tersebut adalah suku melayu, karena semakin
berkembangnya daerah lirik mka banyak para pendatang yang berasal dari
berbagai suku bangsa seperti jawa, minang, batak, dan lain sebagainya. Pada
awalnya penduduk yang mendiami daerah tersebut hanya sekelompok masyarakat
yang berpola hidup sederhana, yang hanya mengandalkan hidup dari bermata
pencaharian sebagai petani.
Karena daerah Lirik diketahui sebagai daerah yang banyak mengandung
Minyak Bumi maka Lirik dijadikan daerah pertambangan. Dimulai dari sebuah
perusahaan Belanda yang pertama kali menemukan daerah Lirik yang kaya akan
minyak dengan nama Nederland Konen Park Maskapai (NKPM) melakukan
perintisan pada tahun 1933, namun NKPM tidak sempat mengadakan pengeboran.
Pada tahun 1943 Belanda kalah perang dengan jepang, perintisan
dilanjutkan oleh jepang. Pada tahun 1945 jepang kalah oleh sekutu, pengeboran
diambil alih oleh negara Amerika dengan perusahaan yang bernama Standard
Vacuum Petroleum Maatschaappy (SVPM).Pengeboran mulai berhasil tahun
1954. Pada tahun 1954 untuk pertama kalinya pengeboran menghasilkan minyak
di daerah Lirik walaupun hasilnya belum maksimal.
Pada tahun 1960 SPVM berganti nama dengan PT. Stanvac Indonesia
(PTSI), namun pada tahun 1983 PTSI habis masa kontrak kerjanya di daerah Lirik
dan digantikan oleh PT. Expan Nusantara sebagai perusahaan pengeboran dan
pertambangan didaerah Lirik.
Kemudian perusahaan tersebut diambil alih oleh Pertamina dan beberapa
perusahaan lainya yang beroperasi di Lirik,baik sebagai perusahaan pertambangan

NY. Palembang. . terutama masyarakat garis bawah (grass rooth) yang secara modal dan kesempatan tidak memiliki akses terhadap hiruk pikuk industrialisasi. masyarakat adalah pihak yang tidak memperoleh kontra prestasi langsung dari industrialisasi. Kabupaten INHU . Namun. New York City. Sementara. Meskipun memiliki manfaat untuk kesejahteraan dan pembangunan. justru mereka yang harus menanggung dampak sosial dan lingkungan. Sumatra Selatan dan berkantor pusat di 26 th Broadway. Mencermati sisi negatif industrialisasi tersebut. tidak sedikit perusahaan di lingkungan masyarakat hampir membawa dampak negatif.PERTAMINA Unit Bisnis EP Lirik dan peranannya terhadap pendidikan di Kecamataan Lirik. tidak adil manakala masyarakat harus menanggung beban sosial. Lapangan produksi minyak Lirik diserah terimakan oleh PTSI kep ada PERTAMINA pada tanggal 28 November 1983. Dimana perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan tersebut.maupun sebagai mitra kerja perusahaan tersebut. Dewasa ini. Lapangan ini pertama dikelola oleh SVPM (Standard Vaccum Petroleum MIJ) yang berkantor di sungai Gerong. Mengingat. Dari hasil survey lapangan diketahui bahwa PT Pertamina Unit bisnis EP Lirik adalah perusahaan yang beroperasi di lapangan Lirik. Dari hasil wawancara yang ditujukan kepada Team Kehumasan-CSR PT PERTAMINA Unit Bisnis EP Lirik untuk memperkuat data penelitian tentang Sejarah PT. terdapat perhatian yang besar terhadap sektor swasta dan pemerintahan.

South Pulai. Mulai tanggal 1 April 1994 Struktur Sago oleh Pertamina telah diserahkan ke J.B. Sumur pertama yang menghasilkan minyak adalah sumur LR-003. Pada tanggal 31 maret 1941 dilakukan test awal pada sumur LS10 dan menghasilkan minyak 850 BOPD dengan kadar air 30%. Pada Distrik 1 terdapat 25 sumur produksi yang menggunakan Sucker Rod Pump (SRP) dan 52 sumur produksi yang menggunakan Electrical Submersible Pump (ESP).. Lirik. Pada Distrik 1 serta Struktur Ukui. Pertamina-Lirik Petroleum (pada tahun 2006 diubah menjadi UBEP Lirik) dengan perjanjian kontrak Enhanced Oil Recovery dengan masa kontrak yang berakhir pada bulan Maret tahun 2006. Sedangkan pada Distrik II terdapat 11 sumur produksi yang menggunakan Sucker Rod Pump (SRP) dan 17 sumur produksi yang menggunakan Electrical Submersible Pump (ESP). namun sampai saat ini sumur-sumur minyak tersebut masih menjadi salah satu sumber produksi minyak. Pada tanggal 1 Oktober 2009 lapangan milik Pertamina EP field Lirik diserahkan operasionalnya kepada UBEP Lirik sehingga Struktur yang dikelola meliputi Struktur Sago. Pada tanggal 28 November 1983 lapangan Lirik (Japura Block) dikembalikan ke Pertamina.O. Pada tahun 1945 pengelolaan lapangan diambil alih oleh NV. Andan. pemboran ekplorasi pertama dilakukan pada tahun 1936. Sago. dan North Pulai pada Distrik II. Stanvack Indonesia. Sehingga total sumur produksi yang dikelola oleh Unit Bisnis Pertamina EP Lirik berjumlah 107 sumur produksi. yang meliputi Struktur molek.Andan. Pada tahun 1949 ditemukan struktur Ukui. Tahun 1959 SVPM berubah nama menjadi PT. dan Pulai. Belimbing. Pondok dan Pulai. Andan. Lirik dan Molek . Ukui. . Kegiatan ekplorasi dimulai pada tahun 1925.USA.Standard Vacum Petroleum MIJ(STANVAC). Sumur-sumur minyak yang berada di kacamatan lirik sudah beroperasi lebih dari 50 tahun.

2. 3. 4. Membantu peraturan itern pada perusahaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan. General manager memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manager fungsional. 5. Tugas dan Wewenang General Manager Menetapkan kebijakan perusahaan dengan menentukan rencana dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang Mengkoordinir dan mengawasi seluruh aktivitas yang dilaksanakan dalam perusahaan.Pengertian General Manager General Manager adalah manajer yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. Memperbaiki dan menyempurnakan segi penataan agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. . 1. gagasan dan strategi antara pimpinan dan staf. 6. Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide. General manager bertugas untuk mengambil keputusan dan tanggung jawab atas tercapainya tujuan perusahaan serta sebagai pengendali seluruh tugas dan fungsi-fungsi dalam perusahaan. Membimbing bawahan dan mendelegasikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan oleh bawahan secara jelas.

sedangkan fraksi yang mengandung senyawa dengan titik didih rendah akan terkondensasi dibagian tas menara destilasi. yang mana uap terkondensasi menjadi zat cair pada suhu tertentu yang disebut fraksi  fraksi yang mengandung senyawa dengan titik didih tinggi akan terkondensasi dibagian bawah menara destilasi. Pertamax plus . coklat gelap. Komponen-komponen minyak bumi di pisahkan dengan destilasi bertingkat. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak Bumi. yaitu pemisahan minyak bumi berdasar perbedaan titik didih. titik didih 20 derajat C Gas dihasil kan pada titik didih 20 derajat C Jumlah atom C : C1-C4 Sebagai bahan bakar LPG. atau kehijauan yang mudah terbakar. adalah cairan kental. Tahap-tahap destilasi bertingkat yaitu:   minyak mentah dipanaskan dalam boiler bertekanan tinggi sampai suhu 600 0C dan dialirkan ke bagian bawah menara distilasi uap minyak mentah bergerak ke atas melewati pelat-pelat yang dilengkapi tutup gelembung  uap akan mencapai ketinggian.Hasil Pengolahan Minyak Bumi Berdasarkan Perbedaan Titik Didih Minyak bumi dijuluki juga sebagai emas hitam. bahan baku sintesis senyawa organik titik didih 40-180 derajat C Bensin/gasoline dihasilkan pada titik didih 40-180 derajat C Jumlah atom C : C5-C10 Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor Premium. Pertamax.

titik didih 70-180 derajat C Nafta dihasilkan pada titik didih 70-180 derajat C Jumlah atom C :C6-C10 Sintesis senyawa rganik yang digunakan pada pembuatan plastik. karet sintesis. cat. detergen. bahan pakaian. dan kosmeti . obat.

dan bahan bakar kompor minyak titik didih 250-300 derajat C Minyak solar/Diesel dihasilkan pada titik didih 250-300 derajat C Jumlah atom C :C15-C17 Bahan bakar kendaraan bermesin diesel .titik didih 180-250 derajat C Kerosin dihasilkan pada titik didih 180-250 derajat C Jumlah atom C :C11-C14 Bahan bakar pesawat udara.

Bitumen/aspal dihasilkan pada titik didih >350 derajat C Jumlah atom C :C20 .titik didih 300-350 derajat C Minyak pelumas dihasilkan pada titik didih 300-350 derajat C Jumlah atom C :C18-C20 Sebagai minyak pelumas titik didih >350 derajat C Lilin.

Kerosin (Minyak Tanah) Rentang rantai karbon : C12 sampai C20 Trayek didih : 85 sampai 105°C 4. Minyak Berat Rentang rantai karbon dari C31 sampai C40 Trayek didih dari 130 sampai 300°C 6.1. Momentum/Tumbukan . Residu Rentang rantai karbon diatas C40 Trayek didih diatas 300°C A. Solar Rentang rantai karbon : C21 sampai C30 Trayek didih : 105 sampai 135°C 5. Gas Rentang rantai karbon : C1 sampai C5 Trayek didih : 0 sampai 50°C 2. Gasolin (Bensin) Rentang rantai karbon : C6 sampai C11 Trayek didih : 50 sampai 85°C 3.

maka aliran yang mempunyai momentum lebih besar tidak akan membiarkan partikel-partikel yang lebih berat untuk berubah secepat mungkin seperti partikel ringan. dan filter cartridges adalah contoh-contoh coalescing devices yang sering digunakan. Jika dua fase aliran berubah arah yang tajam. B. . lebih besar daripada drag force dari gas yang mengalir di sekitar tetesan. sehingga hal ini yang menyebabkan pemisahan dapat terjadi. C.Dua fluida dengan density yang berbeda akan memiliki momentum yang berbeda pula. vane elements. Pengendapan Gravitasi Tetesan tetesan air akan keluar dari fase gas jika gaya gravitasi yang bekerja pada tetesan. Wire mesh screens. Coalescing dervice dalam separator memaksa aliran gas untuk mengikuti alur yang berliku-liku. Tetesan ini dapat digabungkan dengan membentuk tetesan lebih besar sehingga dapat dipisahkan dengan proses gravitasi. Penggabungan/Coalescing Tetesan yang sangat kecil seperti fog atau mist tidak dapat dipisahkan secara sederhana oleh gravitasi.