You are on page 1of 20

Nama kelompok

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.

Nisa apriani (2012-11-030)
Melianti (2012-11-027)
Priskila pelita kasih (2012-11-032)
Astry Putri P (2012-11-003)
Meilga city M (2012-11-026)
Venna (2012-11-040)
Charmelian S.A.P (2012-11-005)
Margareta E.Solin (2012-11-020)
Raphita Diorarta ( 2012-11-033 )
Indri hapsari
( 2012-11-014 )
Anis khomariah (2012-11-002)
Yosef nengko (2012-11045)
Maria antonia goo (2012-11-021)
Winda (2012-11-044)

ASKEP LEUKIMIA
PADA ANAK

cancer. 2002) . SSP. hati. limfe. dihubungkan dengan pertumbuhan abnormal leukosit yang menyebar mendahului sumsum tulang.org .DEFINISI Leukimia adalah kanker yang mulai di sel-sel pembentuk darah awal. (tambayong. ( www. Setiap sel dari sumsum tulang dapat berubah menjadi sel leukimia dan dapat menjalar ke bagian lain dari tubuh seperti kelenjar getah bening. 2013) leukimia adalah nama kelompok penyakit maignan yang di karakteristikan oleh perubahan kualitatif dan kuantitatif dalam leukosit sirkulasi.

Radiasi B. Janin syndrom alkohol ( Nelson . Gen C. Agen kimia ( rokok.2000) .ETIOLOGI A.tembakau) D.

Monosit c.JML 2.klasifikasi 1. Myeloid b. Berdasarkan tipe jaringan dan sel abnormal a. Berdasarkan perjalanan dan lamanya penyakit a. Leukimia kronik (menahun) : CML. Limfositik . CLL.AML) a. Leukimia akut ( ALL.

Demam 2. gingiva.TANDA DAN GEJALA 1. Perdarahan (kulit. visera) 5. Nafsu makan berkurang 6. Menggigil 3. BB menurun 7. pucat . Radang 4.

PATOFISIOLOGI .

Terpai suportif (transfusi darah) Terapi paliatif : dr. Radioterapi 3. Kemoterapi a. Transplantasi sumsum tulang 4.Edy . Fase konsolidasi Mempertahankan remisi 2.PENATALAKSANAAN MEDIS 1. Fase profilaksis b. Fase induksi Membuat sel blast kurang dari 5 % a.

TES LAB & DIAGNOSTIK Darah lengkap Cek darah tepi Sumsum tulang Biopsi lymfa Pengecekan cairan cerebrospinal .

mual dan muntah. turgol kulit kurang elastis. gingiva. riwayat ibu mengkonsumsi alkohol. bb menurun. visera. riwayat keturunan. pucat.riwayat ibu merokok.PENGKAJIAN PKPK Ada riwayat kanker. lingkungan kerja si ibu. adanya perdaran pada gusi. Pola nutrisi metabolik demam. . nafsu makan menurun.

nyeri ketuk ginjal. sakit kepala Tidur dan istirahat - . penurunan kesadaran.Ada hematuria.Aktivitas dan latihan .Kelelahan dan kelemahan. Pola persepsi kognitif . inflamasi di sekitar rektal. nyeri tulang.Adanya rasa nyeri tekan pada abdomen. disfungsi neurologis Pola eliminasi .

DIAGNOSA Resiko tinggi terhadap infeksi berhubungan dengan :      Tidak adekuatnya pertahanan sekunder Gangguan kematangan sel darah putih Peningkatan jumlah limfosit imatur Imunosupresi Penekanan sumsum tulang (efek kemoterapi) .

muntah. anoreksia. berhubungan dengan :   Kehilangan berlebihan. resiko tinggi..Kekurangan volume cairan tubuh . perdarahan Penurunan pemasukan cairan : mual. mis . .

sumsum tulang yang dikmas dengan sel leukaemia. Agen kimia . pembesaran organ / nodus limfe. pengobatan antileukemia .Nyeri ( akut ) berhubungan dengan :   Agen fiscal .

Mual dan muntah .Penurunan BB .Nafsu makan berkurang .Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan: .

Hipetermi berhubungan dengan : .Proses infeksi .

Batasi pengunjung sesuai indikasi Rasional .ASKEP Hasil yang Diharapkan : Infeksi tidak terjadi. . hiertensi Rasional : Hipertermi lanjut terjadi pada beberapa tipe infeksi dan demam terjadi pada kebanyakan pasien leukaemia. Perhatikan hubungan antara peningkatan suhu dan pengobatan chemoterapi. Rencana tindakan : Tempatkan anak pada ruang khusus. Melindungi anak dari sumber potensial patogen / infeksi Berikan protocol untuk mencuci tangan yang baik untuk semua staf petugas Rasional : mencegah kontaminasi silang / menurunkan risiko infeksi Awasi suhu. Observasi demam sehubungan dengan tachicardi.

Mencegah statis secret pernapasan. aspirin dapat menyebabkan perdarahan lambung atau penurunan jumlah trombosit lanjut . Berikan obat sesuai indikasi. misalnya Antibiotik Rasional . Gnakan sikat gigi halus untuk perawatan mulut. darah lengkap Rasional : Penurunan jumlah WBC normal / matur dapat diakibatkan oleh proses penyakit atau kemoterapo. Rasional : Rongga mulut adalah medium yang baik untuk pertumbuhan organisme patogen Awasi pemeriksaan laboratorium : WBC. Bersihkan mulut secara periodic.ASKEP Dorong sering mengubah posisi. napas dalam. batuk. Hindari antipiretik yang mengandung aspirin Rasional . Rasional . menurunkan resiko atelektasisi/ pneumonia. Inspeksi membran mukosa mulut. Dapat diberikan secara profilaksis atau mengobati infeksi secara khusus.

ASKEP .

DISCHARGE PLANNING .