You are on page 1of 40

16/17

INFO
PMB
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Maranatha
Tahun Akademik 2016/2017

DAFTAR
ISI

Bagian I

Informasi Pendaftaran
02

Informasi Umum

04

Panduan Ringkas

05

Panduan Lengkap

Bagian II

Persyaratan Ijazah Dan
Kelengkapan Dokumen
10

Persyaratan Ijazah

11

Dokumen Pendaftaran

12

Dokumen Pendaftaran Ulang

Bagian III

Ujian Saringan Masuk
14

Materi Ujian Saringan Masuk

15

Jadwal Ujian Saringan Masuk

16

Tata-Tertib Ujian Saringan Masuk

Bagian IV

Informasi Dan Prosedur
Pembayaran Kewajiban Keuangan
18

Pembayaran Kewajiban Keuangan (Daftar Ulang)

19

Metode Pembayaran

20

Cara Pembayaran di Bank BCA

21

Cara Pembayaran di Bank BNI

23

Cara Pembayaran di Bank OCBC-NISP

Bagian V

Informasi Tambahan
26

Beasiswa

28

Pindah Fakultas/Program Studi

29

Pengunduran Diri

Bagian VI

Lampiran
31

Contoh Formulir Pendaftaran

32

Contoh Dokumen Pernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa

33

Contoh Dokumen Tanda Terima Pendaftaran Ujian Saringan Masuk

Pengantar
Selamat atas pilihan Anda untuk berkuliah di Universitas Kristen Maranatha, salah satu perguruan tinggi swasta terbaik
di Jawa Barat. Proses pendaftaran mahasiswa baru merupakan langkah awal Anda untuk memulai perjalanan studi
di perguruan tinggi. Buku Info PMB ini akan memandu Anda memperoleh informasi-informasi yang Anda perlukan
untuk melakukan proses pendaftaran hingga Anda diterima menjadi mahasiswa baru di Universitas Kristen Maranatha.
Silakan mengikuti prosedur pendaftaran yang berlaku sesuai dengan petunjuk dalam buku panduan ini, dan bila
Anda memerlukan informasi lebih lengkap atau bantuan dalam proses pendaftaran, silakan menghubungi Sekretariat
Penerimaan Mahasiswa Baru. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru
BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK
UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA
Jl. Prof. drg. Surya Sumantri No. 65
Bandung - 40164, Jawa Barat, Indonesia

Gedung Administrasi Pusat, Lantai 1
Phone: +62 22 2005926, 2005927
Fax: (+62 22) 200 5914
Email: admission@maranatha.edu
Website: pmb.maranatha.edu

JAM OPERASIONAL SEKRETARIAT
Senin: 08.30 - 12.00
13.00 - 16.00
Selasa - Kamis: 08.00 - 12.00
13.00 - 16.00
Jumat: 08.00 - 11.00
13.00 - 16.00

Untuk pelayanan pendaftaran di sekolah-sekolah, waktu pelayanan disesuaikan dengan jadwal
di sekolah masing-masing.

BAGIAN I Informasi Pendaftaran • Informasi Umum • Panduan Ringkas • Panduan Lengkap Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 1 .

Halaman status berisi informasi-informasi penting berkaitan dengan setiap langkah proses penerimaan Anda. bila Anda memerlukan korespondensi. klik menu Jadwal. Universitas Kristen Maranatha tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.edu Download buku panduan PMB: buka website pmb.edu. Untuk menghindari hal tersebut. Informasi jadwal-jadwal penting: buka website pmb. untuk mengetahui langkah selanjutnya.maranatha. SMS Resmi Seluruh pengumuman melalui SMS yang terkait dengan proses penerimaan mahasiswa baru akan dikirimkan dengan sender ID resmi “MCU”. Jangan percaya apabila ada pihak tertentu yang menawarkan jasa kepada Anda untuk dapat diterima di Universitas Kristen Maranatha.edu). PERHATIAN: Penting bagi Anda untuk selalu mengecek halaman status Anda setiap selesai melalui satu langkah proses penerimaan.edu. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri ke Universitas Kristen Maranatha melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan jalur USM (Ujian Saringan Masuk). Pengecekan Status “Halaman Status” adalah halaman utama akun Anda yang dapat diakses setelah melakukan login. silakan menanyakan setiap informasi yang Anda butuhkan kepada Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru.maranatha. klik tautan download sesuai jalur seleksi (PMDK/USM). Email Resmi Seluruh pengumuman melalui email yang terkait dengan proses penerimaan mahasiswa baru akan dikirimkan menggunakan email resmi dengan alamat: no-reply@maranatha.Informasi Umum Website Penting Website pendaftaran online: pmb. 2 Universitas Kristen Maranatha . silakan gunakan email: admission@maranatha.edu (email ini tidak dapat Anda balas. klik menu Daftar.maranatha. juga panduan langkah selanjutnya yang harus Anda lalui.Yang menentukan keberhasilan Anda diterima di Universitas Kristen Maranatha adalah proses akademik Anda sendiri melalui salah satu jalur tersebut. Apabila Anda terbujuk.

adalah sebesar Rp 350. Isilah sesuai pilihan Anda dengan seksama.000. Biaya Pendaftaran • Biaya pendaftaran bagi yang memilih Fakultas Kedokteran Gigi.. baik sebagai pilihan pertama maupun pilihan kedua. disarankan untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) Universitas Kristen Maranatha pada periode USM setelah pengumuman SNMPTN/SBMPTN. tidak dapat diubah/diganti..(dua ratus ribu rupiah). Sastra. Seni Rupa dan Desain. adalah sebesar Rp 200. • Biaya pendaftaran bagi yang memilih Fakultas Kedokteran. Hukum.USM dan SNMPTN Bagi yang berminat mengikuti SNMPTN/SBMPTN. Teknik. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 3 . Perhatian Program studi yang sudah dipilih. Ekonomi. Teknologi Informasi. baik 1 (satu) pilihan maupun 2 (dua) pilihan. Psikologi.000. Informasi jadwal periode USM dapat dilihat di website.(tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

dapat dilihat pada tabel di hal. Anda telah diterima menjadi mahasiswa baru. Penyerahan Dokumen Pendaftaran 4 Serahkan atau kirimkan dokumen pendaftaran yang telah lengkap kepada Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru. di papan pengumuman di kampus Universitas Kristen Maranatha. di sekolahsekolah penyelenggara USM Universitas Kristen Maranatha. Anda akan menerima SMS konfirmasi dan Nomor Registrasi Pokok (NRP) mahasiswa. 3 Cetak Formulir Pendaftaran Download dan cetak formulir yang telah diisi dan lakukan pembayaran. Setelah proses pembayaran berhasil. (Informasi dokumen yang harus disertakan dan jadwal penyerahan dokumen daftar ulang dapat dilihat pada hal. 12) Proses penerimaan telah selesai. kemudian serahkan kelengkapan Dokumen Daftar Ulang kepada Sekretariat PMB sesuai jadwal.Panduan Ringkas Tujuh Langkah Penerimaan Mahasiswa Baru 1 2 Registrasi Online Pendaftaran dilakukan secara online melalui website pmb.maranatha. 11). Penyerahan Dokumen Pendaftaran Ulang 7 Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses daftar ulang. Setelah mengikuti USM. hal. kemudian ikuti Ujian Saringan Masuk (USM) sesuai jadwal (dapat dilihat di website).edu. lihat pengumuman hasil Ujian Saringan Masuk (di website.edu (Contoh formulir pendaftaran dapat dilihat pada lampiran.maranatha. Ujian Saringan Masuk 5 Ambil Kartu Peserta USM. Pengisian Formulir Pendaftaran Online Isilah formulir pendaftaran online di website pmb. sesuai dengan jadwal dan jam operasional. dan melalui SMS resmi). Pembayaran Kewajiban Keuangan (Daftar Ulang) 6 Lakukan pembayaran kewajiban keuangan (daftar ulang) di bank. 4 Universitas Kristen Maranatha . 30). (Daftar dokumen yang harus disertakan dalam dokumen pendaftaran.

masukkan nomor tiket Anda. Silakan cek halaman status Anda. Dari website pmb. Silahkan melakukan Login untuk masuk ke akun Anda. akan ditampilkan pada halaman status ini. Download dan baca dengan seksama Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru 3.PANDUAN LENGKAP Proses Penerimaan Mahasiswa Baru 1 1 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Registrasi Online 1. Sistem akan menampilkan halaman status Anda.edu. Semua informasi penting berkaitan dengan proses penerimaan. 6. Klik tombol Daftar. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 5 .maranatha. Lakukan registrasi untuk mendapatkan akun pribadi dengan memasukan alamat email Anda. klik tombol Daftar. Proses registrasi (bagi yang telah memiliki tiket) telah selesai. Buka website pmb. Bagi yang tidak memiliki tiket. (bagi yang sudah memiliki Akun pribadi langsung Login) 4. kemudian bagi yang telah memiliki Tiket.maranatha. kemudian pilih Periode kemudian lanjutkan ke langkah ke PENGISIAN FORMULIR.edu. Password akan dikirim ke alamat email Anda. lalu pilih menu Daftar 2. lakukan Login menggunakan alamat email dan password Anda. 5.

.000. Setelah lengkap terisi. hal. Psikologi. • Biaya pendaftaran bagi yang memilih Fakultas Kedokteran Gigi. baik sebagai pilihan pertama maupun pilihan kedua. atau OCBC-NISP (melalui ATM/tunai/i-banking/m-banking). Seni Rupa dan Desain. (Contoh Formulir Pendaftaran dapat dilihat pada lampiran. • Biaya pendaftaran bagi yang memilih Fakultas Kedokteran. dengan menggunakan Nomor Peserta. Teknik. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran segera di bank yang ditunjuk. 6 Universitas Kristen Maranatha ..edu.2 1 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Pengisian Formulir Pendaftaran Online 1. baik 1 (satu) pilihan maupun 2 (dua) pilihan.edu melalui halaman status Anda.(dua ratus ribu rupiah).maranatha. sesuai panduan di hal. 20 . BNI (melalui ATM/tunai/i-banking). Buka website pmb.24. Hukum. Proses registrasi selesai. Isilah Formulir Pendaftaran online secara lengkap di website pmb. Paling lambat 12 jam setelah/ selesai melakukan pendaftaran.000. adalah sebesar Rp 350. 2. lalu Login ke akun Anda. Teknologi Informasi. lanjutkan ke langkah berikutnya. adalah sebesar Rp 200. 2. Sastra.(tiga ratus lima puluh ribu rupiah). 31) 1 3 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Cetak Formulir Pendaftaran 1. Ekonomi. yaitu: BCA (melalui ATM). Simpan bukti pembayaran untuk proses berikutnya.maranatha. cetak Formulir Pendaftaran & Pernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa.

Lengkapi Dokumen Pendaftaran yang diperlukan. Setelah semua dokumen dilengkapi. Lantai 1 Jl. dapat dilihat di website) 3.edu untuk verifikasi status pendaftaran di halaman status Anda. drg. serahkan atau kirimkan Dokumen Pendaftaran ini ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru. ( Khusus untuk USM yang di selenggarakan di sekolah-sekolah. termasuk bukti pembayaran dari bank. (Daftar dokumen yang harus dilengkapi dapat dilihat pada tabel Dokumen Pendaftaran di hal.maranatha.edu. Siapkan diri Anda untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM). 14 buku panduan ini. 2. 1 5 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Ujian Saringan Masuk 1. informasi sekolah-sekolah tempat penyelenggara USM. 3. Setelah selesai mengikuti USM. atau melihat informasi Pengumuman Hasil Ujian Saringan Masuk di website pmb. 4.40164. Silakan melihat informasi jadwal USM di website. silakan lanjutkan ke langkah berikutnya. 5. Silakan download Tanda Terima Pendaftaran (Contoh Tanda Terima Pendaftaran dapat dilihat pada lampiran di hal. Jawa Barat. (Informasi jadwal dan periode USM dapat dilihat di website) Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 7 . dikirim melalui email Anda. Bila Anda belum berhasil. 65 Bandung . silakan mengikuti USM periode berikutnya.maranatha. Cetak Tanda Terima Pendaftaran ini. Surya Sumantri No.1 4 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Penyerahan Dokumen Pendaftaran 1. dan Formulir Pendaftaran yang telah diisi dan dicetak. Jika Anda berhasil lolos seleksi Ujian Saringan Masuk. 11) 2. dengan alamat sebagai berikut: BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Gedung Administrasi Pusat. kemudian tukarkan dengan Kartu Peserta USM di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru. dan dikirim melalui SMS ke nomor HP Anda. 33). Indonesia Atau ke sekolah-sekolah yang ditunjuk. Prof. Silakan melihat informasi Materi dan Tata-Tertib USM di hal. 4. silakan mengecek halaman status Anda. Silakan Login di website pmb.

dan berstatus resmi menjadi bagian dari keluarga besar mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. 12) 4.edu untuk melihat informasi rincian pembayaran kewajiban keuangan melalui halaman status Anda. Siapkan dan lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses daftar ulang. Anda juga akan menerima informasi NRP (Nomor Registrasi Pokok) mahasiswa sebagai tanda bahwa proses daftar ulang telah dilakukan. 3.1 6 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Pembayaran Kewajiban Keuangan (Daftar Ulang) 1. 2. Serahkan kelengkapan Dokumen Daftar Ulang kepada Sekretariat PMB sebelum batas akhir tanggal penyerahan. (Informasi dan prosedur pembayaran daftar ulang dapat dilihat di hal. Selamat! Anda telah selesai melalui proses Penerimaan Mahasiswa Baru. BNI (melalui ATM/tunai/i-banking). yaitu: BCA (melalui ATM).18) 3. 2. Silakan mengecek status konfirmasi pembayaran yang dikirimkan melalui email ke alamat email Anda. dan melalui SMS ke nomor HP Anda. 8 Universitas Kristen Maranatha . atau OCBC-NISP (melalui ATM/tunai/i-banking).maranatha. 12) 5. dan Anda berstatus resmi menjadi mahasiswa baru. (Informasi jadwal penyerahan kelengkapan dokumen dapat dilihat di hal. 2 3 4 5 6 7 MAHASISWA BARU Penyerahan Dokumen Pendaftaran Ulang 1. (Informasi kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi pada saat daftar ulang dapat dilihat di hal. 1 7 Simpan bukti pembayaran yang Anda peroleh dari bank. sesuai jadwal masing-masing Fakultas dan Program Studi. Silahkan Login ke website pmb. Lakukan Pembayaran Kewajiban Keuangan (Pembayaran Daftar Ulang) di bank yang ditunjuk.

BAGIAN II Persyaratan Ijazah dan Kelengkapan Dokumen • Persyaratan Ijazah • Dokumen Pendaftaran • Dokumen Pendaftaran Ulang Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 9 .

Bahasa. IPS.maranatha. 2. Kedokteran Pendidikan Dokter Gigi SMA IPA Gigi 3. Bahasa. & SMK* Seni Rupa Seni Rupa Murni SMA IPA. IPS. & SMK* & Desain Desain Interior SMA IPA. Bahasa. IPS. Bahasa. Fakultas Sastra Seni Rupa Program Studi D-III Syarat Ijazah / STTB Bahasa Inggris SMA IPA. & SMK* Bahasa Mandarin SMA IPA. Teknik Teknik Sipil SMA IPA & SMK * Teknik Elektro SMA IPA & SMK* Teknik Industri SMA IPA. IPS. Psikologi Psikologi SMA IPA. IPS. IPS. Bahasa. Bahasa. & SMK* Visual Program Diploma (D-III) No. IPS. Bahasa. IPS. Sastra China SMA IPA. & SMK* & Desain Keterangan : * Kelompok keahlian / Jurusan SMK harus sesuai dengan bidang studi yang diminati (Lihat Tabel Kelompok Keahlian SMK di website pmb. Bahasa. & SMK* Desain Komunikasi SMA IPA. & SMK* Manajemen SMA IPA. IPS. IPS. IPS. Hukum Ilmu Hukum SMA IPA. Bahasa.edu) 10 Universitas Kristen Maranatha . Kedokteran Pendidikan Dokter SMA IPA 2. IPS. IPS. & SMK* 8. & SMK* 7. 9. Bahasa. IPS. 1. & SMK* Informasi Sistem Informasi SMA IPA. & SMK* 4.Persyaratan Ijazah Program Sarjana (S-1) No. IPS. & SMK* 5. & SMK* Sastra Jepang SMA IPA. & SMK* Sistem Komputer SMA IPA. Sastra Sastra Inggris SMA IPA. Bahasa. & SMK* 6. & SMK* Seni Rupa & Desain SMA IPA. IPS. Bahasa. IPS. Fakultas Program Studi S-1 Syarat Ijazah / STTB 1. Ekonomi Akuntansi SMA IPA. & SMK* Teknologi Teknik Informatika SMA IPA. Bahasa. Bahasa. Bahasa.

Berkas Jumlah 1. 7). Bagi siswa yang duduk di kelas XII SMA yang mendaftar USM sesudah Ujian Akhir Nasional: . Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 11 . Tabel Kelengkapan Dokumen Pendaftaran No. Psikologi. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang 1 lembar mendaftar ke Fakultas Kedokteran. Surat Pernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa 1 lembar Keterangan (yang sudah ditandatangani di atas materai). atau . Kedokteran Gigi. Bagi Lulusan sebelum tahun 2015: .Fotokopi rapor semester VI dilegalisir.Fotokopi Ijazah/STTB dan NEM/SKHUN dilegalisir Kembalikan dokumen pendaftaran Bagi siswa yang duduk di kelas XII SMA yang ke Sekretariat Pendaftaran mendaftar USM sebelum Ujian Akhir Nasional: Mahasiswa Baru Universitas Kristen .Dokumen Pendaftaran Dokumen Pendaftaran berisi dokumen-dokumen yang harus dilengkapi pada saat penyerahan dokumen pendaftaran (langkah ke-4. atau .Fotokopi keterangan lulus (dilegalisir). atau . 3.Fotokopi kartu peserta Ujian Akhir Nasional (dilegalisir). di hal.Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan duduk di kelas XII 6. atau Maranatha (Ruang BAA.Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang sesuai dengan jadwal pendaftaran menyatakan duduk di kelas XII 1 lembar USM. Formulir Pendaftaran 1 lembar 2. • Syarat khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter Gigi: tidak cacat fisik yang akan menghalangi pekerjaan Profesi Dokter Gigi. Bukti Pembayaran (Asli) 1 lembar 5. GAP Lt.Fotokopi rapor semester terakhir dilegalisir. 1) . dan Program Studi Teknik Elektro) • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dapat diperoleh juga di Pusat Pelayanan Kesehatan Universitas Kristen Maranatha (RSGM). Pas foto terbaru ukuran 3x4 (hitam putih/berwarna) 2 lembar 4.

D-III Seni Rupa dan Desain 12 7. di hal. Ekonomi S-1 Manajemen 25-26 Juli 2016 2. Sastra S-1 Sastra Inggris. Kedokteran Gigi S-1 Pendidikan Dokter Gigi 4-5 Agustus 2016 10. Hukum 25-26 Juli 2016 3. 8). Ekonomi S-1 Akuntansi 4-5 Agustus 2016 Universitas Kristen Maranatha . S-1 Sistem Informasi 2-3 Agustus 2016 8. FAKULTAS / PROGRAM STUDI TANGGAL 1. S-1 Teknik Industri. 29 Juli & 1 Agustus 2016 D-III Bahasa Inggris. D-III Bahasa Mandarin 6. Kedokteran S-1 Pendidikan Dokter 2-3 Agustus 2016 9. Dokumen Daftar Ulang diserahkan kepada Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru sesuai jadwal masing-masing Fakultas dan Program Studi yang tertera pada tabel. S-1 Desain Interior. Seni Rupa & Desain S-1 Seni Rupa Murni. Teknik S-1 Teknik Sipil. Daftar Kelengkapan Dokumen Pendaftaran Ulang • 2 (dua) lembar fotokopi Ijazah/STTB dan STK/SKHUN (sudah dilegalisir) • 2 (dua) lembar fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir • 2 (dua) lembar Surat Keterangan Ganti Nama (bagi yang mengganti namanya) • Surat Ijin Belajar (bagi Warga Negara Asing) • 2 (dua) lembar pasfoto terbaru ukuran 4 X 6 dan 3 X 4 (hitam putih/berwarna) • Dokumen Asli Ijazah/STTB dan STK/SKHUN (dibawa untuk diperlihatkan kepada petugas pendaftaran) Jadwal Penyerahan Dokumen Pendaftaran Ulang No. Teknologi Informasi S-1 Teknik Informatika. 27-28 Juli 2016 S-1 Sistem Komputer 4.Dokumen Pendaftaran Ulang Dokumen Daftar Ulang berisi dokumen-dokumen yang harus dilengkapi pada saat penyerahan dokumen daftar ulang (langkah ke-7. S-1 Sastra Jepang. Psikologi 27-28 Juli 2016 5. S-1 Sastra China. S-1 Teknik Elektro. 29 Juli & 1 Agustus 2016 S-1 Desain Komunikasi Visual.

BAGIAN III Ujian Saringan Masuk • Materi Ujian Saringan Masuk • Jadwal Ujian Saringan Masuk • Tata-Tertib Ujian Saringan Masuk Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 13 .

Materi Ujian Saringan Masuk 1. 14 Tes Psikologi/Psikotest (khusus bagi yang memilih Fakultas Psikologi) Universitas Kristen Maranatha . Tes Biologi Manusia (khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter) 3. Tes Bakat dan Kepribadian (khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter) 4. Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes kemampuan dasar tentang pengetahuan pelajaran yang telah diperoleh para siswa/i selama mengikuti pendidikan di tingkat SMA/sederajat. Tes Keterampilan (khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter Gigi) 5. terdiri dari: • Pengetahuan Umum • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Matematika • Pengetahuan Alam • Teknik Praktis • Logika 2.

00 Khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter Jadwal dan tanggal pelaksanaan USM selengkapnya dapat dilihat di website. Jadwal dan waktu pelaksanaan Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan di kampus Universitas Kristen Maranatha dapat dilihat pada tabel. sehubungan dengan hal tersebut maka bagi calon mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter.12. Tes Keterampilan 13.00 .00 Khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Tes hari ke-2 1. Informasi jadwal USM Anda juga dapat dilihat di website dan melalui halaman status Anda.00 Khusus bagi yang memilih Program Studi Psikologi 2. Tes Potensi Akademik 09.30 Diikuti oleh semua Program Studi 2. Tabel Waktu Pelaksanaan Ujian Saringan Masuk Di Kampus Universitas Kristen Maranatha No. pada pasal 27 ayat 2 disebutkan: “… calon mahasiswa harus lulus tes bakat dan tes kepribadian”. Tes Biologi Manusia 12. Materi Ujian Waktu Keterangan Tes hari ke-1 1. Psikotest 08.00 . Silakan lihat informasi jadwal di website melalui halaman status Anda.00 .00 Khusus bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter 3.00 . Tes Bakat dan Kepribadian 08. Jadwal dan waktu pelaksanaan USM di luar kota disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah penyelenggara USM. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 15 .13. diwajibkan mengikuti Tes Bakat dan Kepribadian yang diselenggarakan pada waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan USM.11.15.15.Jadwal Ujian Saringan Masuk Ujian Saringan Masuk Silakan melihat jadwal lengkap yang tertera pada Kartu Peserta Ujian Saringan Masuk setelah menyerahkan Berkas Pendaftaran.30 . Tes Bakat Dan Kepribadian (Khusus Bagi Yang Memilih Program Studi Pendidikan Dokter) Mengacu kepada Undang-Undang nomor 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran.

9. wanita: rok/celana panjang. baju berkerah) dan mengenakan sepatu. 3. Tanda tangan harus sesuai dengan yang tertera pada Kartu Peserta USM. Urut Kursi Harus sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Peserta 10. tidak diperkenankan meninggalkan ruangan sampai dengan waktu ujian selesai. baju berkerah. 4. tidak diperkenankan meninggalkan ruangan kecuali atas ijin pengawas. 6. 8. Setiap peserta ujian harus membawa perlengkapan ujian masing-masing dan tidak diperkenankan saling meminjam perlengkapan alat tulis. 7. 11. Segala sesuatu yang tidak jelas selama ujian berlangsung. 12. 5. Pada saat naskah ujian dibagikan.Tata Tertib Ujian Saringan Masuk 1. hanya dapat ditanyakan kepada pengawas. Selama berada di ruang ujian. Tidak boleh membawa/menggunakan kalkulator untuk menjawab soal-soal ujian. peserta wajib terlebih dahulu mengisi pada lembar jawaban : • Nama • Nomor Ujian • Tanda Tangan • No. Berpakaian rapi dan sopan (pria : celana panjang. peserta yang sudah mendapat naskah ujian tidak diperkenan-kan membuka naskah tersebut sebelum diberi aba-aba oleh pengawas. Membawa Kartu Peserta Ujian Saringan Masuk Universitas Kristen Maranatha. 13. peserta tidak diperkenankan berbicara dan berhubungan dengan peserta lain. 2. Sebelum menjawab pertanyaan pada lembar jawaban. Alat komunikasi/HP wajib dinonaktifkan selama ujian berlangsung. Peserta ujian tidak boleh terlambat. Setiap peserta ujian yang sudah memasuki ruangan ujian. Pergunakan pensil 2B untuk menjawab setiap soal pada lembar jawaban 16 Universitas Kristen Maranatha . Peserta ujian yang sudah selesai menjawab soal-soal ujian. Peserta wajib menandatangani Daftar Hadir USM (rangkap dua).

BAGIAN IV INFORMASI DAN PROSEDUR PEMBAYARAN KEWAJIBAN KEUANGAN • Pembayaran Kewajiban Keuangan (Daftar Ulang) • Metode Pembayaran • Cara Pembayaran di Bank BCA • Cara Pembayaran di Bank BNI • Cara Pembayaran di Bank OCBC-NISP Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 17 .

d. tanggal 6 s. pembayaran kewajiban keuangan mahasiswa dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Tahapan Pembayaran dapat dilakukan 1 s. dan Praktikum/Studio. untuk selanjutnya pembayaran dilakukan setiap bulan sesuai dengan masa cicilan yang ditentukan. tergantung periode Ujian Saringan Masuk yang diikuti.Pembayaran Kewajiban Keuangan (Daftar Ulang) Bagi yang sudah dinyatakan diterima melalui Ujian Saringan Masuk 2016/2017. 2. Sedangkan untuk biaya asuransi.d. Kewajiban keuangan mahasiswa dapat dibayar secara penuh atau bertahap.UNAIR. 9 tidak dapat melakukan pembayaran uang kuliah. biaya pembangunan dan biaya SKS/Blok dan praktikum/studio. OCBC-NISP) pada siklus tanggal 10 bulan berjalan s.ITB. seperti tercantum dalam tabel berikut: PERIODE USM JUMLAH CICILAN TAHAPAN CICILAN KETERANGAN 1 2 3 4 5 PMDK 5X 40% 15% 15% 15% 15% Luar Kota 5X 40% 15% 15% 15% 15% Desember 5X 40% 15% 15% 15% 15% Februari 4X 40% 20% 20% 20% Mei 3X 40% 30% 30% Juni/Juli 2X 40% 60% Juli/Agustus 1X 100% Tahapan pembayaran dilakukan untuk Sumbangan Pembangunan (wajib & sukarela). dan IPB sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Kristen Maranatha 18 Universitas Kristen Maranatha 9 .d. CATATAN: Besar jumlah cicilan tiap tahapan diatur secara otomatis oleh sistem. Tahapan pembayaran adalah untuk biaya sumbangan pembangunan (wajib & sukarela). sehingga tidak dapat dilakukan pembayaran di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. 5 kali tahapan. tanggal 5 bulan berikutnya. 3.UGM. Untuk pembayaran tahap I dibayarkan 40% dari total pembayaran biaya yang dapat dibayar bertahap dan biaya administrasi sebesar 1% dari total pembayaran uang kuliah. kecuali jika diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN/ SBMPTN (nasional) untuk perguruan tinggi negeri: UI. pengenalan kampus & jaket alamamater dibayarkan penuh pada tahap I. 10 MASA PEMBAYARAN BULAN BERJALAN 5 6 TIDAK ADA PEMBAYARAN BULAN BERIKUTNYA Perhatian Kewajiban keuangan mahasiswa dianggap telah diselesaikan apabila dana tersebut telah diterima Universitas Kristen Maranatha sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan dan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. BNI.Biaya SKS/Blok. Ketentuan pembayaran bertahap: 1. Pembayaran dilakukan melalui bank (BCA.

M-Banking (hal. Peserta 2015001234 (untuk angkatan 2015) Tahap 02 TAHAPAN BCA : ATM (hal.Metode Pembayaran Tahap 01 PENUH TAHAPAN BCA : ATM (hal. I-Banking (hal. Peserta. Catatan: • Untuk pembayaran tahap 2 dan seterusnya memakai Nomor Pokok Mahasiswa (NRP). Tunai. memakai No. 9) BNI : ATM.10) OCBC-NISP : ATM. I-Banking (hal. I-Banking. 9) BNI : ATM. 12) *) Pilih salah satu dari cara pembayaran di atas Catatan: • Untuk pembayaran Tahap 1.10) OCBC-NISP : ATM. Tunai. CONTOH: No. dengan menambah angka 20 di depannya (20 + NRP) (9 digit). CONTOH: NRP 1572001. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015) • Info selengkapnya lihat halaman 9. Tunai. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 19 . I-Banking. Tunai.12) *) Pilih salah satu dari cara pembayaran di atas dst. (Cara Pembayaran Kewajiban Keuangan). M-Banking (hal. baik secara penuh maupun cicilan.

Muncul Nama Universitas dan nama Anda. atau NRP 1072001. Contoh No. Pilih TRANSAKSI LAINNYA. 5. 8.Cara Pembayaran Kewajiban Keuangan BCA Bayar Melalui ATM BCA 01 1. jika sudah benar klik YA.No. 10. Pilih LAYAR BERIKUT.Peserta atau NRP. 7.710212 Lalu Pilih BENAR. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 9. Masukkan kartu. Pilih PEMBAYARAN. lalu pilih BENAR. Pilih LAIN-LAIN. 2. Masukkan Nomor Pembayaran -. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015).Peserta 2015001234. maka ditulis 2015001234 Untuk pembayaran kedua: Contoh: NRP 1572001. 6. 4. *Tidak ada limit transfer 20 Universitas Kristen Maranatha . 3. Masukkan Kode Perusahaan ----. Ambil Bukti Pembayaran dan simpan aslinya sebagai bukti pembayaran. Masukkan PIN.

Peserta atau NRP Contoh 02 No. 2. atau NRP 1072001. 4. 7. TABUNGAN atau KARTU KREDIT. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 3. 3. Pilih jenis rekening untuk pembayaran dari GIRO. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). Peserta 2015001234 maka ditulis 80302015001234 Contoh: NRP 1572001. Masukkan Kode Universitas 8030+[No. Pilih MENU LAIN. 5. 11. Muncul Nama Universitas dan nama Anda. Pembayaran dapat dilakukan secara Tunai atau Pemindah Bukuan Mahasiswa/i menginformasikan pada teller No. Pilih MENU BERIKUTNYA. Pilih PEMBAYARAN.maka ditulis 8030201572001 (untuk angkatan 2015). dapat dilakukan di seluruh Indonesia Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 21 . 2. Ambil Bukti Pembayaran dan simpan aslinya sebagai bukti pembayaran. Mahasiswa/i akan mendapatkan BUKTI PEMBAYARAN setelah melakukan pembayaran dan simpan aslinya sebagai bukti pembayaran. Peserta 2015001234 Contoh: NRP 1572001. Teller akan melakukan VERIFIKASI informasi pembayaran. 8. Pilih UNIVERSITAS. Contoh No. maka ditulis 8030201072001 (untuk angkatan 2010) 9. 4. Masukkan PIN. 6.BNI Bayar Melalui ATM BNI 01 1.Peserta] atau 8030+NRP. 10. Catatan : • Pembayaran melalui teller BNI. atau NRP 1072001. *Tidak ada limit transfer Bayar Melalui Kasir / Teller BNI 1. Pilih STUDENT PAYMENT CENTER (SPC). Masukkan kartu. jika sudah benar klik YA BAYAR.

3. Input kembali delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure 7. Input Nomor Respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI 8. Peserta atau NRP Contoh No. Cetak Pembayaran dan simpan Bukti Pembayaran sebagai bukti. * Tidak ada limit transfer 22 Universitas Kristen Maranatha 03 .co. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). 2. Klik Lanjutkan. Masuk ke menu Pembayaran > Biaya Pendidikan > Pembayaran Pilih Perguruan Tinggi: Universitas Kristen Maranatha Masukkan No.Bayar Melalui Internet Banking BNI 1. Peserta 2015001234. 5. maka ditulis 2015001234 Contoh: NRP 1572001. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 6.id Pilih Login: Input User ID dan Password.Tagihan: isi dengan No. atau NRP 1072001. Akses Menu iBanking personal melalui: www.bni. 4.

Muncul Nama Universitas dan nama Anda. Masukkan Kode Universitas No. Peserta 2015001234. Pilih PEMBAYARAN. Pembayaran dapat dilakukan secara Tunai atau Pemindah Bukuan Mahasiswa/i menginformasikan pada teller No. 01 Contoh No. 3. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). Pilih BAHASA INDONESIA. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 10. Mahasiswa/i akan mendapatkan BUKTI PEMBAYARAN setelah melakukan pembayaran dan simpan aslinya sebagai bukti pembayaran. 6. Pilih MARANATHA. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 3. 4. 4. Pilih PENDIDIKAN 8. Pilih BERIKUTNYA. hanya di Universitas Kristen Maranatha & RS Immanuel Bandung.OCBC-NISP Bayar Melalui ATM OCBC-NISP 1. atau NRP 1072001. atau NRP 1072001. 11. 9. 2. maka ditulis 2015001234 Contoh: NRP 1572001. Ambil Bukti Pembayaran dan simpan aslinya sebagai bukti pembayaran. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 23 .Peserta 2015001234. Masukkan kartu. Masukkan PIN. maka ditulis 2015001234 Contoh: NRP 1572001. 2. jika sudah benar klik YA. Teller akan melakukan VERIFIKASI informasi pembayaran. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). 5. Peserta atau NRP Contoh 02 No. Pilih MENU LAINNYA. Catatan : • Pembayaran melalui teller OCBC-NISP. * Limit transfer ≤ 50 juta Bayar Melalui Kasir / Teller OCBC-NISP 1. 7. Peserta atau NRP.

Cetak Pembayaran dan Simpan Bukti Pembayaran sebagai Bukti.com Pilih Login. * Limit transfer ≤ Rp 50 juta Bayar Melalui Mobile Banking OCBC-NISP 1. 3. Peserta atau NRP Contoh No. Masuk ke menu Tagihan > Pembayaran Satu Kali > Pendidikan Pilih Biller: Universitas Kristen Maranatha Masukkan ID Pelanggan: isi dengan No.edu Telp: +62 22 201 2186 | 200 3450. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). 3.com Input User ID dan Password. Keuangan GAP Lt. Masuk ke menu Tagihan > Pembayaran Satu Kali > Pendidikan Pilih Biller: Universitas Kristen Maranatha Masukkan ID Pelanggan: isi dengan No. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 6. 4. Input Token OCBC NISP (Kode Verifikasi dan Kode Jawaban) Klik Kirim. * Limit transfer ≤ Rp 50 juta Perhatian Informasi Keuangan Universitas Kristen Maranatha dapat ditanyakan ke: Bag. maka ditulis 2015001234 Contoh: NRP 1572001. maka ditulis 201572001 (untuk angkatan 2015). 7.Bayar Melalui Internet Banking OCBC-NISP 1. Peserta atau NRP 03 Contoh No. Akses Menu iBanking personal melalui: www. atau NRP 1072001. 7. Input User ID dan Password. 2. 7635 Tagihan semester dapat dilihat di SAT pada menu Cek Info Tagihan 24 Universitas Kristen Maranatha 04 .ocbcnisp. 5. Input Token OCBC NISP (Kode verifikasi dan kode jawaban) Klik Kirim. 5. Peserta 2015001234. Peserta 2015001234. maka ditulis 201072001 (untuk angkatan 2010) 6. atau NRP 1072001. 2. Cetak Pembayaran dan Simpan Bukti Pembayaran sebagai Bukti. Akses Menu mBanking personal melalui: m. maka ditulis 2015001234 Contoh: NRP 1572001.ocbcnisp. ext. 4.1 (Ruang BAA) Email: baku-cs@maranatha.

BAGIAN V Informasi Tambahan • Beasiswa • Pindah Fakultas/Program Studi • Pengunduran Diri Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 25 .

• Beasiswa yang diberikan berupa potongan biaya kuliah (Biaya SKS. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non Akademik • Diberikan kepada seorang mahasiswa setelah menempuh 2 (dua) semester / memasuki semester ke-3 dengan IPK > 3. surat keterangan dari pemerintahan setempat. • Persyaratan: kartu mahasiswa.Informasi Beasiswa Beasiswa yang diberikan dari Universitas Kristen Maranatha 1. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa baru yang diterima di semua fakultas/progam studi yang berlaku untuk semester 1. transkrip nilai. atau IPK ≥ 2. surat keterangan ekonomi lemah dari rohaniwan. piagam penghargaan. Beasiswa Badan Pendukung • Beasiswa badan pendukung adalah beasiswa yang ditetapkan tersendiri oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM) berdasarkan rekomendasi dari Pengurus Yayasan Badan Pendidikan Kristen (BPK PENABUR) melalui Unit Beasiswa Badan Pendidikan Kristen Penabur (UBS BPK PENABUR) dan Pengurus Yayasan Badan Pendidikan Kristen Gereja Kristen Pasundan Bandung (YBPK-GKPB). olah raga minimal tingkat nasional. transkrip nilai. • Persyaratan: kartu mahasiswa. bukti pembayaran listrik dan telepon 3 bulan terakhir. biaya pengembangan. dan Biaya semester pendek) sebesar 25–75 % (tergantung raihan IPK-nya). Biaya Pengembangan. kecuali untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi. • Beasiswa yang di berikan berupa potongan biaya kuliah (biaya SKS.75 tetapi harus mempunyai prestasi di bidang seni budaya. • Besarnya beasiswa ditetapkan oleh Pengurus Yayasan BPK PENABUR dan Pengurus YBPK-GKPB. 3. 2. Beasiswa Calon Mahasiswa Baru Berprestasi • Beasiswa Mahasiswa Baru Berprestasi diberikan kepada mahasiswa baru yang berasal dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas tertentu berdasarkan penilaian Universitas Kristen Maranatha dengan predikat juara umum di sekolah asalnya berdasarkan pada surat rekomendasi dari kepala sekolah yang bersangkutan. bukti pembayaran PBB 1 tahun terakhir. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Ekonomi Lemah • Diberikan kepada seorang mahasiswa setelah menempuh 1 (satu) semester / memasuki semester ke-2 dengan IP > 2.dan biaya semester pendek) sebesar 50%. 4. dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan untuk mendukung data yang diperlukan. • Pengajuan beasiswa oleh mahasiswa kepada Yayasan BPK PENABUR dan YBPK-GKPB. 26 Universitas Kristen Maranatha .75.75.

7220.H. Tenaga Pendidik. ext. Beasiswa Keluarga Badan Pendukung • Beasiswa keluargan Badan Pendukung adalah beasiswa berupa pengurangan/potongan biaya pendidikan yang diberikan kepada anak dari anggota organ Yayasan. serta pendeta GKI dan GKP yang sedang menjabat. Telp: +62 22 201 2186. Untuk jenis beasiswa no 4-7 dapat menghubungi Silti Hanika. Telp. ext. 7009 Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 27 . Tersedia juga Beasiswa dari luar Universitas Kristen Maranatha. Beasiswa untuk Anak Pendeta Gereja • Beasiswa untuk anak pendeta gereja adalah beasiswa yang diberikan kepada anak kandung dari Pendeta Gereja di luar Gereja Kristen Pasundan dan/atau Gereja Kristen Indonesia yang telah lulus seleksi dan akan mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Kristen Maranatha.5. formulir dan informasi pengajuan beasiswa dapat diminta di Biro Administrasi Akademik (Lantai 1 Gedung Administrasi Pusat). 7221. +62 22 201 2186. S. 6. info selengkapnya dapat menghubungi: Ibu Marisca. 7. Beasiswa Mahasiswa dari Daerah Tertinggal Informasi lebih lanjut: 1. 9014 3. 2.E. dan Tenaga Kependidikan Tetap BPPK GKP dan BPK PENABUR. Beasiswa diberikan dalam bentuk keringanan biaya masuk yang berlaku untuk semua fakultas/program studi kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Pengurus Setempat. 022-2012186 ext. YPTK Maranatha. Untuk jenis beasiswa no 1-3. Telp. S.

- 28 Universitas Kristen Maranatha . sesuai dengan tarif Ujian Saringan Masuk yang berlaku pada saat yang bersangkutan melakukan pindah Fakultas/Program Studi (dengan memperhatikan selisih keuangannya).Pindah Fakultas / Program Studi Bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan diterima pada salah satu Fakultas/Program Studi di lingkungan Universitas Kristen Maranatha. namun ternyata ingin berpindah Fakultas/Program studi. tidak dapat melakukan perpindahan ke Fakultas/Program Studi lainnya tanpa mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM).000. dimungkinkan bila : • Yang bersangkutan mengikuti kembali Ujian Saringan Masuk untuk Fakultas/Program Studi yang menjadi pilihannya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. • Dikenakan biaya administrasi perpindahan sebesar Rp 1. • Apabila dinyatakan diterima. Apabila calon mahasiswa baru sudah melakukan pembayaran kewajiban keuangan.000. maka kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan dapat dialihkan ke Fakultas/Program Studi yang baru.

UNAIR. Mengisi Formulir Pengembalian Dana yang disediakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UK. kecuali jika diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN/SNMPTN (nasional) untuk perguruan tinggi negeri : UI. Jaket Almamater. Pengembalian dana akan dibayarkan melalui transfer ke rekening ybs. sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Kristen Maranatha. Kewajiban keuangan yang akan dikembalikan adalah: Sumbangan Pembangunan (Wajib dan Tambahan). kecuali untuk biaya jaket almamater dan asuransi Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Unggul Karsa Medika (JPKUKM). Serahkan formulir dan dokumen pengembalian dana ke Bendahara Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UK. dipotong Rp. Asuransi dapat dipakai selama 1 semester.25. dan Asuransi tidak dikembalikan. Maranatha. dipotong Rp. Biaya Kuliah.3. . Bukti Pendaftaran Ulang di PTN yang telah ditentukan (UI. ITB. dan IPB.000 dari kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan. UGM. maka kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan tidak akan dan tidak dapat ditarik kembali ataupun dialihkan ke pihak lain dengan alasan apapun. Bukti pembayaran kewajiban keuangan ke Universitas Kristen Maranatha (asli) 4. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 29 . Bagi calon mahasiswa yang sudah diterima dan sudah mendaftar ulang.500.Bagi yang diterima selain dari Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Maranatha 2016/2017 di ruang Biro Administrasi Keuangan (BAKU) lantai 5 Gedung Administrasi Pusat (GAP). ITB. apabila ternyata pada Ujian Akhir Nasional (UAN) dinyatakan tidak lulus.Bagi yang diterima di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.Asli). Setelah waktu tersebut. setelah dipotong biaya administrasi (sesuai ketentuan). maka kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan ke Universitas Kristen Maranatha akan dikembalikan.Pengunduran Diri 01 02 Calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri bila tidak melakukan Pembayaran Daftar Ulang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Ketentuan dan Prosedur Pengunduran Diri dan Pengembalian Dana 1. Biaya Pengenalan Kampus. dengan dilengkapi : Tanda bukti diterima di PTN melalui jalur SBMPTN/SNMPTN (berupa pengumuman yang dimuat di Koran. tidak ada pengembalian kewajiban keuangan. 2.000 dari kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan. UNAIR. dan IPB). UGM.000. Batas waktu pengunduran diri bagi mereka yang diterima di program studi PTN melalui jalur SBMPTN/SNMPTN (Nasional) paling lambat 7(tujuh) hari setelah pengumuman hasil tes SBMPTN/SNMPTN (Nasional). 03 Apabila calon mahasiswa mengundurkan diri setelah melakukan pembayaran daftar ulang. 3. 5. Kartu Peserta tes SBMPTN/SNMPTN (Nasional)-Asli . Adapun ketentuan pengembalian kewajiban keuangan adalah sebagai berikut: . 1(satu) bulan terhitung sejak penandatanganan Formulir Pengembalian Dana.

BAGIAN VI Lampiran • Contoh Formulir Pendaftaran • Contoh Pernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa • Contoh Dokumen Tanda Terima Pendaftaran Ujian Saringan Masuk 30 Universitas Kristen Maranatha .

0 9 . Juanda No.edu F O R M U L I R P E N D A F TA R A N P MB-OL/001/FM/BAA D at a D i ri Cal o n Mah as i s w a Nomor P eserta 2015010001 Nama Lengkap Ricky Novar Christian Samael Jenis Kelamin Laki-Laki Agama Buddha Tempat Lahir BANDUNG Tanggal Lahir 19 Oktober 1990 Warga Negara WNI C O N TO H Nama Orang Tua/Wali *) Asal Negara Nomor P assport Handphone +6286758768758 Alamat Lengkap Jl. Margacinta II No.000.00 Jenis P embayaran P ENUH (satu juta rupiah) P e r n y a t a a n : S a y a R i c ky N o v a r . Orang Tua/Wali*) Tanda Tangan Ybs. 2.000.com D a t a P e n d i d i ka n C a l o n M a h a s i s w a Nama Sekolah SMAN 1 BANDUNG Alamat Sekolah Jl. Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 (Christian Samael) (Ricky Novar) 31 .0 2 0 7 : 5 9 : 4 3 03USM01 0 1 P MD K 0 1 Mengetahui.00 (dua juta rupiah) P rogram Studi P ilihan 2 P rogram Studi S-1 Sastra China Sumbangan Sukarela P ilihan 2 Rp.maranatha. 1.000. Ir. H. 93 Jurusan IP A Tahun Lulus 2015 P rogram Studi P ilihan 1 P rogram Studi S-1 Manajemen Sumbangan Sukarela P ilihan 1 Rp.Contoh Formulir Pendaftaran Formulir ini diisi secara online melalui akun anda di pmb. t e l a h m e n g i s i ka n f o r m u l i r i n i d e n g a n d a t a y a n g b e n a r d a n m e n y e t u j u i s e m u a p e r s y a r a t a n y a n g d i b e r i ka n o l e h U n i v e r s i t a s K r i s t e n M a r a n a t h a @ 2 0 1 4 . 4 Kota KOTA BANDUNG Kode P os Email 40672 rbs1518@gmail.000.

Telah mengetahui Kewajiban Keuangan Mahasiswa yang berlaku di Universitas Kristen Maranatha.edu LAMP IRAN: 1 P MB/KK/002/FM/BAA TO H P ERN YA T A A N K EWA J IBA N K EU A N G A N M A H A SISWA Yang bertandatangan di bawah ini orang tua/wali *) dari: Nama Nomor P eserta Fakultas/ P rogram Studi .P ilihan 1 Ricky Novar : 2015010001 : P rogram Studi S-1 Manajemen : P rogram Studi S-1 Sastra China C O N . Biaya Asuransi. 2.P ilihan 2 (jika ada) : Saya sebagai orang tua/wali *) calon mahasiswa baru Universitas Kristen Maranatha. Biaya P engembangan. sehat jasmani maupun rohani dan tanpa tekanan atau paksaan dari siapapun juga. yaitu : Biaya Sumbangan P embangunan (Wajib dan Sukarela).maranatha.000 ______________________________ Orang tua/wali *) calon mahasiswa *) Coret yang tidak perlu 32 Universitas Kristen Maranatha . Demikian Surat P ernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa ini saya buat dan ditandatangani dalam keadaan sadar. UGM. dan Biaya Welcome to Maranatha. Biaya SKS/Blok & Biaya P raktikum/Studio. dengan ini menyatakan bahwa saya: 1. dan IPB sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Kristen Maranatha.Contoh Pernyataan Kewajiban Keuangan Mahasiswa Dokumen ini wajib di-download melalui akun anda di pmb. Tidak akan dan tidak dapat menarik kembali ataupun mengalihkan ke pihak lain kewajiban keuangan yang sudah dibayarkan ke Univeritas Kristen Maranatha dengan alasan apapun. UNAIR. kecuali jika diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN/SBMPTN (Nasional) untuk perguruan tinggi negeri: UI. _____________20____ Yang menyatakan. _____________. Materai Rp6. ITB.

paling lambat 21 Juli 2015. peserta diwajibkan : . penghapus pensil. wanita: rok/celana panjang. Universitas Kristen Maranatha Gedung Administrasi Pusat (GAP). . 65 Bandung. baju berkerah) dan menggunakan sepatu. baju berkerah. 1 Jl. 4 Studi S-1 Manajemen PPilihan-1 ILIHAN-2 : P rogram Studi S-1 Sastra China : Program Studi S-1 Manajemen NAMA SEKOLAH : SMAN 1 BANDUNG Pilihan-2 : Program Studi S-1 Sastra China Nama Sekolah : SMAN 1 Bandung Materi Test Tanggal USM : Test : 14 Desember 2014 C O N 01P MDK01 TO H NAMA Nama • Tanda terima ini harus ditukar dengan KARTU PESERTA USM di: Sekretariat Pendaftaran. • Saat USM. Lt.Hadir 30 menit sebelum ujian dimulai.Contoh Dokumen Tanda Terima Pendaftaran Ujian Saringan Masuk Dokumen ini wajib di-download melalui akun anda di pmb.Berpakaian rapi. dan ballpoint.edu K A RT U T A N D A P ESERT A SARINGAN PM DK TANDA TERIMA PENDAFTARAN UJIAN MASUK PERIODE 2015/2016 N o . 03DES01 Info Penerimaan Mahasiswa Baru 2016 / 2017 33 .Membawa alat tulis seperti: pensil 2B. sopan (pria: celana panjang. Margacinta No. Surya Sumantri No. nomor kursi dan waktu hanya dapat dilihat pada kartu peserta USM. • Lokasi USM. P E Peserta S E R TA Nomor : 2015000001: 2 0 1 5 0 1 0 0 0 1 : Ricky Novar: Ricky Novar PAlamat ILIHAN-1 : IIP rogram : Jl.maranatha. .

.

.

40164. 7363 Fax: +62 22-201 5154 Email: info@maranatha. drg.edu Admissions Telp: +62 22-200 5926 | 200 5927 Fax: +62 22-200 5914 Email: admission@maranatha.edu www. Jawa Barat.Universitas Kristen Maranatha Jl. 65 Bandung . Indonesia Telp: +62 22-201 2186 | 200 3450.maranatha. Prof.edu Facebook: maranatha.pmb Twitter: @maranatha_pmb pmb. ext.maranatha. Surya Sumantri No.edu .