You are on page 1of 20

TEKNIK BEDAH

ASEPSIS
 Scrubbing:

Persiapan sebelum mencuci tangan:
 Pastikan kuku tangan pendek dan tidak
menggunakan cat kuku
 Lepaskan semua perhiasan dan jam tangan
 Topi dan masker dirapikantidak ada rambut
terlihat
 Singsikan lengan baju

    Cuci tangan secara sistematis dari distal ke proximal dengan lengan ditekuk menghadap keatas Gunakan sikat Tutup kran air dengan siku Setelah selesai tangan diposisikan diatas pusar .

      Gowning Gown yang terlipat dibebaskan dari pembungkusnya Pegang di area leher gown dan angkat sampai tidak terlipat seluruhnya Operator menghadap kebagian dalam gown Masukan tangan secara simultan Minta bantuan untuk mengikatkan tali gown .

    Gloving Teknik skin to skin. gloves to gloves Setelah menggunakan gown dan sarung tangan  tangan di letakan diatas pinggang Sarung tangan berlubang/ kecurigaan berlubang  ganti .

ANTISEPSIS Skin preperation  Pre prep Dicuci dengan sabun desinfeksi dan dibilas dengan normal saline  Start prep Cairan antiseptik diaplikasikan secara concentric circular .

 Draping .

.

INSTRUMEN BEDAH .

.

ISTILAH TINDAKAN BEDAH Insisi: sayatan yang dibuat tanpa mengambil jaringan kulit  Eksisi: pengangkatan seluruh massa tumor beserta jaringan sehat sekitarnya  Ekstirpasi: pengangkatan seluruh massa tumor beserta kapsulnya  .

INSISI Definisi: sayatan untuk membuka kulit/organ tanpa mengambil organ atau kulit tersebut  Jenis insisi:  Insisi linear Insisi dalam satu lintasan atau garis lurus. atau melengkung. Insisi ini digunakan jika daerah operasi atau masa yang diambil  tidak melekat/ berhubungan dengan kulit  .

sejajar dengan masa  .Insisi elips sebagai akses jika target operasi masa yang akan diambil berhubungan atau berada di kulit  Insisi tangensial Insisi secara mendatar.

Irigasi dan debridemen  .PENJAHITAN LUKA Prinsip penjahitan luka Penjahitan luka bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan jaringan  Langkah: .Anestesi lokal dengan infiltrasi .

Interrupted Teknik penjahitan Continuous .

Simple Mattress Subcuticular .

     Penutupan luka pasca penjahitan Tutup jahitan dengan bahan yang mencegah perlengkatan Tutup kasa yang absorben Plester dan balut tekan Untuk luka kontaminasivaksinasi tetanus toxoid .

WAKTU MELEPAS JAHITAN Lokasi Waktu lepas jahitan Kulit kepala 6-8 hari Wajah 4-5 hari Telinga 4-5 hari Dada 8-10 hari Dinding abdomen: Sayatan lintang Sayatan vertikal 7-9 hari 9-11 hari Punggung 12-14 hari Lengan/tungkai 8-10 hari Tangan 8-10 hari Ujung jari 10-12 hari .

POSTOPERATIVE CARE Monitor jalan nafas. denyut nadi. dan saturasi oksigen  . dan sirkulasi  Monitor rasa nyeri pasien dan apakah efek anaestesi sudah berkurang  Monitor ada tidaknya komplikasi  Monitor tekanan darah. pernafasan.

THANK YOU .