You are on page 1of 11

TUGAS MATA KULIAH EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN

MATEMATIKA

ANALISIS BUTIR SOAL

Oleh :

Hanif Anandita Widagusti (13301244008)

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015

Hasil Analisis Butir Soal .

.

.

70-0. Namun. Disini terdapat pilihan jawaban D yang tidak dipilih oleh satupun siswa peserta tes. Hal ini didukung juga oleh belum berfungsinya seluruh alternatif jawaban sebagai pengecoh yang baik. Namun untuk alternatif jawaban A dan B sudah berfungsi sebagai pengecoh yang baik. ditinjau dari besarnya nilai tingkat kesukaran.29 <0.10 Keputusan Diterima Direvisi Ditolak Diterima Direvisi Ditolak Butir Soal Nomor 1 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0.428 dan rpbis=0.714.10-0. Karena alternatif jawaban C merupakan kunci. Butir soal lain yang hampir sama adalah butir soal nomor 9. Kesimpulannya soal nomor 1 ini perlu ditinjau lagi dan sekiranya akan digunakan maka perlu direvisi. Butir Soal Nomor 2 . maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Soal ini sudah masuk kategori mudah.30-0.90 (sukar atau mudah) <0.10 atau >0. Dengan daya pembeda rbis=0. soal ini termasuk dalam kategori perlu direvisi. tidak semua pengecoh telah berfungsi dengan baik.29 atau 0.Secara umum kriteria pemilihan soal pilihan ganda yaitu: Kriteria Tingkat Kesukaran Daya Pembeda Koefisien 0.10-0.90 (sangat sukar atau sangat mudah) >0.30 0. yakni sekitar 70% siswa dapat menjawab soal dengan benar.70 (sedang) 0.322 menunjukkan keduanya bernilai positif. Tampak bahwa alternatif jawaban D belum berfungsi sebagai pengecoh yang baik. Dilihat dari distribusi jawaban. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini.

Karena alternatif jawaban D merupakan kunci. karena besarnya nilai daya pembeda pada kunci jawaban (B) tetap lebih besar dari alternatif jawaban D. yakni sekitar 53% siswa dapat menjawab soal dengan benar. Soal ini masuk kategori sedang.686. Karena rbis dan rpbis untuk alternatif jawaban A. Butir soal lain yang dapat dikatakan sudah cukup baik dan dapat digunakanadalah butir soal nomor 6. Ditinjau dari daya pembeda masing-masing pengecoh juga dapat dikatakan berfungsi dengan baik. yakni sekitar 68% siswa dapat menjawab soal dengan benar. Dengan demikian soal ini termasuk kategori soal yang cukup baik dan dapat digunakan meskipun ditinjau dari pengecohnya tampak bahwa alternatif jawaban D. maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya. B. Kesimpulannya butir soal nomor 2 ini sudah cukup baik dan dapat digunakan. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini.7% merespons alternatif jawaban B. maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini.6% merespons alternatif jawaban C.281 menunjukkan keduanya bernilai positif.370 dan rpbis=0. daya pembedanya juga bernilai positif dengan sebanyak 20% peserta tes merespons alternatif jawaban D ini. tampak bahwa sebanyak 17. dan C seluruhnya bernilai negatif. 11. Butir soal lain yang sudah baik dan .1% peserta tes merespons alternatif jawaban A. Ditinjau dari distribusi jawaban. Pada kolom prop endorsing. Pada soal ini tidak ada peringatan untuk mengecek kembali. 5. semua pengecoh tampak telahberfungsi dengan baik.294 menunjukkan keduanya bernilai positif. dan 8. 7. Karena alternatif jawaban B merupakan kunci.368 dan rpbis=0. 13. Butir Soal Nomor 3 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. dan 16.543. Dengan daya pembeda rbis=0. Artinya peserta tes yang pintar cenderung tidak memilih alternatif jawaban ini. Soal ini masuk kategori sedang. 10.Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. Dengan daya pembeda rbis=0. sehingga butir soal ini tetap bisa diterima dan cukup baik untuk digunakan.

maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya.073 dan rpbis=0. Butir soal lain yang sudah baik dan tetap dapat digunakan meskipun sukar/mudah dan memiliki pengecoh yang daya pembedanya bernilai positif adalah butir soal nomor 18 dan 20.206 dan rpbis=0.800. Dengan daya pembeda rbis=0. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini.051 menunjukkan keduanya bernilai positif. Butir Soal Nomor 5 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. 48% merespons alternatif jawaban C. Pada soal ini tidak ada peringatan untuk mengecek kembali. Dengan demikian soal ini termasuk kategori soal yang cukup baik dan dapat digunakan meskipun ditinjau dari pengecohnya tampak bahwa alternatif jawaban B. daya pembedanya juga bernilai positif dengan sebanyak 20% peserta tes merespons alternatif jawaban B ini. Karena alternatif jawaban B merupakan kunci. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini. sehingga butir soal ini tetap bisa diterima dan cukup baik untuk digunakan. 20% merespons alternatif jawaban B. karena besarnya nilai daya pembeda pada kunci jawaban (D) tetap lebih besar dari alternatif jawaban B. tampak bahwa sebanyak 6% peserta tes merespons alternatif jawaban A. Butir Soal Nomor 4 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. Dengan daya pembeda rbis=0.148 menunjukkan keduanya bernilai positif.tetap dapat digunakan meskipun memiliki pengecoh yang daya pembedanya bernilai positif adala butir soal nomor 8 dan 12. dan 2% merespons jawaban lainnya. Ditinjau dari distribusi jawaban. semua pengecoh tampak telah berfungsi dengan baik. maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Soal ini masuk kategori sukar. yakni sekitar 23% siswa dapat menjawab soal dengan benar. Pada kolom prop endorsing.229. yakni sekitar 80% siswa dapat menjawab soal dengan benar. Soal ini masuk kategori mudah. Karena alternatif jawaban D merupakan kunci. .

Jika ternyata kunci jawaban sudah benar maka kemungkinan kesalahan terletak padakesalahan penguasaan konsep oleh peserta didik.192) dan rpbis=(-0. Jika ternyata kunci jawaban salah maka lakukan kembali analisis soal. Tampak bahwa alternatif jawaban A belum berfungsi sebagai pengecoh yang baik. Dengan daya pembeda rbis=(-0.541 dan rpbis=0. Kesimpulannya butir soal ini perlu ditinjau lagi dan sekiranya akan digunakan maka perlu direvisi. Dengan daya pembeda rbis=0. ditinjau dari besarnya nilai tingkat kesukaran maupun daya pembeda.343. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang pintar (memperoleh skor tinggi) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang kurang pintar cenderung menjawab salah . Karena alternatif jawaban B merupakan kunci. Soal ini sudah masuk kategori mudah. Kesimpulannya soal ini perlu ditinjau lagi dan sekiranya akan digunakan maka perlu direvisi. Hal ini didukung juga oleh belum berfungsinya seluruh alternatif jawaban sebagai pengecoh yang baik. maka tanda negatif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban belum berfungsi sebagaimana mestinya. yakni sekitar 77% siswa dapat menjawab soal dengan benar. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang kurang pintar (memperoleh skor rendah) cenderung menjawab benar soal ini dan siswa yang pintar cenderung menjawab salah soal ini. Oleh karena itu yang perlu dilakukan guna merevisis soal ini anthrax lain dengan memeriksa kembali kuncu jawaban.390 menunjukkan keduanya bernilai positif. Sama halnya dengan soal ini. tidak semua pengecoh telah berfungsi dengan baik. soal ini termasuk dalam kategori perlu direvisi. Dilihat dari distribusi jawaban.771.Namun. Disini terdapat pilihan jawaban A yang tidak dipilih oleh satupun siswa peserta tes. Dari hasil analisis muncul adanya peringatan yang menunjukkan bahwa kunci jawaban B kurang tepat dan alternatif jawaban C tampak berfungsi lebih baik. butir soal yang perlu direvisi dengan cara yang sama adala butir soal nomor 19. Soal ini masuk kategori sedang.148) menunjukkan keduanya bernilai negatif. Butir Soal Nomor 15 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. Butir Soal Nomor 14 Tingkat kesukaran soal ini adalah 0. yakni sekitar 34% siswa dapat menjawab soal dengan benar.

Pada kolom prop endorsing. soal ini termasuk dalam kategori perlu direvisi. dan 3% merespons jawaban lainnya. Dengan demikian soal ini termasuk kategori soal yang cukup baik dan dapat digunakan meskipun ditinjau dari tingkat kesukarannya masuk kedalam kategori mudah dan perlu direvisi. namun dilihat dari distribusi jawaban. semua pengecoh telah berfungsi dengan baik.soal ini. maka tanda positif ini menunjukkan bahwa kunci jawaban sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Kesimpulan Butir Soal 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Keputus an Direvisi Diterima Diterima Diterima Direvisi Diterima Diterima Diterima Direvisi Diterima Diterima Diterima Diterima Direvisi Diterima Diterima Diterima Diterima Direvisi Diterima Analisis Butir Soal secara Manual . Meskipun ditinjau dari besarnya nilai tingkat kesukaran. 5% merespons alternatif jawaban B. Karena alternatif jawaban D merupakan kunci. Butir soal lain yang sama adalah butir soal nomor 17. tampak bahwa sebanyak 11% peserta tes merespons alternatif jawaban A. 3% merespons alternatif jawaban C.

00 12. Tingkat kesukaran ∑B p= N Keterangan : p=tingkat kesukaran B=banyak peserta tes yang menjawa benar N= jumlah pesertates yang menjawab diketahui .00 12.00 8.00 .00 7.00 13.685 b.00 11.00 10.00 14.00 10.00 01 02 03 04 05 08 10 11 13 14 15 17 18 19 21 23 24 25 26 14. B = 16 dan N = 18 jawab p= : 24 35 p=0.00 8.00 9. Daya beda Nama Siswa Salah 06 07 09 12 16 20 22 27 29 32 33 Skor Keseluruhan Nama siswa Benar Skor Keseluruhan 12.00 10.00 9.00 18.685 Jadi.00 7.00 12.00 10. tingkat kesukaran butir soal nomor 2 adalah 0.00 12.00 8.00 11.00 13.00 13.00 8.Nomor 2 a.00 11.00 10.00 10.00 8.00 13.

166−9.00 268 Ns=11 .636 11 24 × 2.00 13.28 1 √ .00 11.527 35 35 r pbis =0.00 9. N=35 . Nb=24 .16 Mb= 106 11 Mb=9.527 Mb= 2 68 24 Mb=11. Stdv=2. artinya hasil perhitungan secara manual tepat dengan hasil perhitungan dengan menggunakan iteman.Jumlah 106 28 30 31 34 35 Jumlah 5. .636 r pbis = Mb−Ms √ pq Stdv r pbis = 11.00 13.