You are on page 1of 7

INOVASI GREEN TECHNOLOGY

KARYA ILMIAH

ADITYA KRISTANTO

UNIVERSITAS TRISAKTI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK MESIN
JAKARTA
2013

1

menggunakan elektronik atau mengendarai mobil.sumber daya langka sebagai bahan baku produksi. termasuk pola cuaca yang tidak normal. kekeringan. Peningakatan suhu ini bertanggung jawab atas berbagai fenomena yang menyebabkan bahaya serius. Selain menghasilkan gas CO2 dalam produksinya. Salah satu masalah yang paling menjadi perhatian adalah pemanasan global. salah satunya industi otomotif. memikul tanggung jawab yang penting dalam perjuangan 1. semua kendaraan di seluruh dunia. Dengan demikian. volume gas CO2 dalam jumlah besar juga berasal dari industri. Kedua hal tersebut merupakan kondisi yang berpengaruh terhadap kondisi lingkungan. Pemanasan global adalah peningkatan bertahap suhu rata-rata atmosfer bumi. bekerja keras untuk mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar dan rendah emisi CO2. dan penyebaran penyakit menular.2 melestarikan lingkungan. produksi mobil juga menggunakan sumber daya. Apa manfaatnya bagi kehidupan manusia? 3. Penyebab utama dari fenomena ini dikatakan apa yang disebut "gas rumah kaca" utama di antaranya adalah karbon dioksida (CO2).1 Peningkatan gas CO2 terjadi karena gaya hidup kita.1 Perumusan masalah 1. Kita membakar bahan ini di dalam kehidupan sehari-hari setiap kali mandi. Selain itu.BAB I PENDAHULUAN 1. Apa yang dimaksud dengan inovasi teknologi bagi kesejahteraan masyarakat? 2. Aplikasi apa yang sering dijumpai? 4. Apa ide / gagasan teknologi tepat guna yang mungkin bias dikembangkan pada masa perkuliahan? BAB II PEMBAHASAN 2 .1 Latar Belakang Perubahan iklim global merupakan isu yang menjadi sorotan dunia. CO2 dilepaskan ketika bahan bakar seperti minyak dan batubara yang terbakar.

Pasal 31 Ayat 5 UUD 1945 hasil amandemen ke-4 menyebutkan bahwa “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”. perdamaian abadi. Namun demikian. yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. memberikan layanan kepada masyarakat serta mencapai kemandirian bangsa. pembangunan iptek hanya akan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat jika produk penelitian yang dihasilkan bisa didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau dapat menjadi solusi bagi permasalahan nyata baik yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat. (2) mempercepat koordinasi dan intermediasi antara penyedia dan pengguna teknologi. bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional. meningkatkan daya saing. (3) mendorong pemanfaatan hasil litbang guna menyelesaikan permasalahan pembangunan. ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) mempunyai peran penting bagi upaya pencapaian kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. dan keadilan sosial.Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat.2 Satu dekade ini isu yang sedang hangat diperbincangkan diseluruh belahan bumi adalah isu tentang global warming atau pemanasan global. serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.2 Inovasi teknologi ini akan : (1) menciptakan ruang yang berfungsi sebagai“panggung inovasi”. agar terjadi interaksi dan kolaborasi yang baik antar aktor-aktor inovasi nasional dalam suasana yang kondusif. Adapun definisi dari green technology adalah integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih melestarikan 3 . sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan amandemen ini. Fenomena alam ini telah disadari oleh seluruh umat manusia sebagai dampak dari aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di dalam perut dan muka bumi. Maka dari inovasi teknologi yang ramah lingkungan (green technology) sangat dibutuhkan. memajukan kesejahteraan umum.

Penggunaan tenaga air (Hydro power) sebagai sumber energi listrik b. ketela. Pemanfaatan biogas dari limbah organik dan kotoran ternak sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah/kayu bakar e. Pengelolaan limbah “closed cycle” untuk gedung tempat tinggal d. Penggunaan tenaga surya (Solar cell power) sebagai sumber listrik c.3 Berbagai penerapan green technology telah cukup banyak di Indonesia.lingkungan global dan sumber daya alam serta untuk mengurangi dampak negative dari aktifitas manusia di planet bumi. beberapa contohnya yaitu : 1. Meminimalkan penggunaan lampu dengan memanfaatkan cahaya alami b. jagung) d. Energi Contoh Penerapan di Indonesia : a. Pemanfaatan biomassa menjadi biofuel untuk bahan bakar (limbah tanaman jarak. Bangunan Contoh penerapan konsep design Green Building : a. tebu. Pemanfaatan biogas sebagai pengerak generator gas untuk pembangkit listrik 2. Penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan dan tahan lama 4 . Menyediakan ruang terbuka hijau untuk tiap bangunan/gedung yang dibangun e. Meminimalkan penggunaan mesin pendingin ruangan dan air dengan mengefektifkan design bangunan c.

- Katalis Nanoscale bisa membuat reaksi kimia yang lebih efisien dan lebih boros. Gula dan minyak sayur sebagai bahan baku cat c. Nanotechnology Tujuan dari Green Nanotechnology ada dua yaitu : 1. Gula pati dan selulosa sebagai bahan bakar d. Memproduksi Nanomaterials dan produk tanpa merugikan lingkungan atau kesehatan manusia. 2. Vitamin C (asam askorbat) untuk proses pembuatan polimer b. Kacang kedelai sebagai Bahan Pembuatan Toner printer f. Chemistry Contoh penerapan konsep Green Chemistry : a. Pemakaian enzim untuk pembuatan bahan dasar kosmetik e. Contoh : - Membran nano dapat membantu produk terpisah reaksi kimia yang diinginkan dari bahan limbah. Kacang kedelai sebagai bahan baku pembuatan lem perekat 4. Mengembangkan produk-produk yang menguntungkan lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung Contoh : 5 . dan memproduksi nano-produk yang memberikan solusi terhadap masalah lingkungan hidup.3.

DAFTAR PUSTAKA Anonim.- Nanomaterials atau produk langsung dapat membersihkan situs limbah berbahaya. pemanfaatan kotoran hewan sangat berguna dalam memaksimalkan pengolahan limbah dan membawa pengaruh positif bagi kemajuan bangsa. Available from : 6 . Daihatsu Kembangkan Teknologi Ramah Lingkungan. yang cukup menarik untuk lebih didalami yakni pemanfaatan kotoran hewan sebagai bahan bakar rumah tangga agar bisa lebih dikembangkan menjadi bahan bakar kendaraan demi memberi alternatif akan langkahnya bbm. - Nanocomposites ringan untuk mobil dan alat transportasi lainnya dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi bahan yang digunakan untuk produksi. air desalinasi. Dengan bahan yang mudah didapat dan sangat ekonomis.2 Dari sekian banyaknya aplikasi green technology. polutan merawat dan memonitor polusi lingkungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa inovasi green technology perlu untuk lebih dikembangkan demi masa depan bumi dan seisinya. Reduce. reuse and recycle sudah tidak asing lagi kita dengar sehingga dengan 3 pilar ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk pemaksimalan inovasi yang peduli lingkungan.

lipi.cgi?lihat arsip&suha017&1345078857 [cited 25 Aug 2013] Shidqi Muhammad.co.daihatsu.buku-e. Inovasi untuk Kesejahteraan Rakyat : Arah Penguatan SINas untuk Meningkatkan Kontribusi Iptek terhadap Pembangunan Nasional.id/news/read/68/Daihatsu-KembangkanTeknologi-Ramah-Lingkungan [cited 26 Aug 2013] Surapranata Suharna et al. Available from : http://www.google. Available from: https://sites.com/site/muhammadshidqi/green-technology [cited 25 Aug 2013] 7 . Green technology.http://www. 2011.id/utama.go. 2011.