You are on page 1of 4

Survey KKN Birem 53

Pembicara pertama adalah KADES desa Birem, adapun hasil wawancara kami
adalah sebagai berikut :
Kami alhamdulillah disambut dengan baik oleh beliau dan istri beliau. Penyikapan
beliau kepada kami adalah layaknya kami seorang wartawan dan beliau adalah
narasumber yang hanya menjawab ketika ditanya dan hanya menjawab sebatas
dari apa yang kami pertanyakan saja. Penyikapan beliau kepada kami membuat
kami kurang berkembang dalam menggali informasi yang dalam mengenai desa
tersebut, karena beliau juga terkesan kurang begitu mengerti pula keadaan desa
yang beliau pimpin, sehingga apa yang kami dapatkan dari beliau adalah sebatas
jawaban dari pertanyaan yang kami list sebelumnya.
Beliau bercerita bahwa KKN pada tahun 2012 dan 2013 dulu bertempat tinggal di
rumah beliau, namun karena sekarang sudah ditempati, maka kami tidak dapat
untuk tinggal disana, sehingga kami dimintakan tolong untuk mencarikan tempat
tinggal oleh sekdes desa Birem. Penghasilan utama di desa birem adalah diatas
90% nya adalah pertanian. Ketika tidak memasuki masa tanam, mereka hampir
ditiap rumah menganyam tikar pandan, yang dijual dengan harga 60rb sampai
dengan 110rb. Adapun mengenai kesehatan, beliau mengungkapkan bahwa sangat
kurang sekali adanya posyandu balita. Kami ketika perjalanan juga menyaksikan
hanya ada 1 POSTU, yang ketika kami konfirmasikan ke kepala desa, itu adalah satu
– satunya posyandu di desa tersebut. Di desa tersebut tidak terdapat satupun
dokter namun terdapat 2 bidan wanita dan 1 bidan lelaki yang siap 24 jam, tetapi
hampir setiap warga desa birem ada yang melahirkan, selalu menggunakan tidak
hanya bidan, namun bersama dukun beranak. Jadi mereka masih lebih
mempercayakan dukun beranak daripada bidan. Kami juga sempat menanyakan
apakah ada lulusan sarjana dari desa birem, beliau menjawab bahwa ada beberapa
sarjana, tapi kebanyakan sudah merantau ke luar madura. Rata – rata pendidikan
menurut beliau adalah sampai SMP. Mengenai karang taruna, disana baru terbentuk
4 bulan saja, dan ketika ditanyakan apa kegiatannya, beliau menjawab tidak tahu,
karena ketika karang taruna meminta sumbangan kepada beliau, beliau hanya
memberikan sumbangan tanpa menanyakan untuk keperluan apakah uang
tersebut. Mengenai keamanan, beliau mengungkapkan bahwa semenjak 2011, di
Birem tidak pernah ada kehilangan. Masalah air juga sudah terjamin. Semua
penduduk desa birem adalah muslim, dan ditiap malam jumat selalu ada pengajian
rutin yang bergilir di rumah – rumah di desa birem. Disana tidak ada satupun
warnet. Buta huruf banyak dikalangan lansia. Pasar disana hanya buka di hari
selasa dan sabtu saja. Di desa birem tersebut ada 4 dusun yaitu :
1.
2.
3.
4.

Dusun
Dusun
Dusun
Dusun

Sloros
Plasah
Birem
Pangelen

Permasalahan mengenai tanah di desa tersebut tidak mencolok, atau tidak pernah
sampai dibawa ke pengadilan, hanya cukup melalui kekeluargaan yang ditengahi
oleh kades tersebut. Di daerah tersebut tidak terdapat CV maupun UD atau koperasi

Sebagian penduduk disini sudah ada yang mempunyai BPJS. Pendidikan minimal disana adalah SD. 4 SMA dan 1 SMK Adapun penghitungan jumlah KK yang dilakukan secara manual oleh para kepala dusun adalah.sehingga jika mereka sakit biasanya mereka meminta obat ke bidan. 3 SMP. kartu keluarga atau pencatatan sipil sejenisnya. mereka mendapat pelayanan yang kurang baik dan cenderung lama. mereka free sepanjang hari. Mengenai guru. Di Birem juga tidak ada satu bank pun yang masuk kesana. Mengenai waktu free. Alhamdulillah kami disambut dengan hangat oleh bapak sekdes. Adapun informasi yang kami dapatkan dari beliau adalah sebagai berikut. dan jika hewan ternak sakit. Dan jika sudah tidak memasuki musim tanam. rata – rata perekonomian penduduk adalah tingkat menengah. ketika memasuki musim tanam mereka biasanya baru free ketika sore. Menurut beliau. masyarakat menyimpan uang nya sendiri atau di investasikan dalam bentuk sapi dan tanah. Selain itu juga sering timbul permasalahan hak waris. Mengenai kesehatan. Menurut beliau. Untuk tikar sendiri. disana tidak pernah ada yang memeriksakan kandungan secara rutin. mereka ada kerja bakti namun ketika dibutuhkan saja. permasalahan utama di desa itu adalah mengenai kesadaran masyarakat untuk memiliki surat – surat penting seperti akta kelahiran. Untuk perdagangan hasil pertanian dan tikar. kami diantar oleh istri beliau ke rumah sekdes. atau pun penyuluhan rutin dari bidan ke masyarakat. Kami mengamati bahwa sapi disana kurus – kurus. Mengenai keberadaan bidan dan mantri. Adapun list sekolah yang kami dapatkan adalah terdapat 4 SD. Dusun Sloros : 3352 KK Dusun Plasah : 2617 KK Dusun Birem : 2753 KK Dusun Pangilen : 2571 KK . hanya ada satu atm di dekat kantor kecamatan tambelangan. yaitu atm bank BRI. biasanya bisa dikerjakan dengan cepat dalam waktu 4-7 hari. hanya dalam pasar lokal saja. hanya ada 2 guru pns. namun beliau menceritakan bahwa mereka frustasi karena ketika berobat dengan menggunakan BPJS.satupun. mereka biasanya memanggil mantri hewan ke Tambelangan. Penunjang pertanian disana melalui pupuk bersubsidi yang dipusatkan pada koperasi di kantor kecamatan tambelangan. selain menanam padi. dan sisanya adalah honorer. Mengenai kerja bakti. beliau bercerita bahwa ketika ada ibu hamil. warga disana juga menanam jagung dan sayurserta bentoel. beliau mengatakan bahwa disetiap dusun ada dan selalu siap 24 jam. Berdasarkan pemaparan beliau. Sehingga. selalu melibatkan satu bidan dan satu dukun beranak. Disana juga tidak ada apotek. Tiap satu orang hamil. Setelah selesai mewawancarai Kades Birem.

Pendidikan kesehatan reproduksi 6. Penyuluhan kesehatan hewan ternak Ekonomi : 1. mengingat sudah sadarnya penduduk akan pendidikan tinggi Kesehatan : 1. memberikan konsultasi pelajaran atau bimbingan belajar gratis 3.SMA dan SMK 4. 5. Waspada KLB Demam berdarah dan sejenisnya 3. Sosialisasi keaslian uang 3. Pendidikan kesehatan Hewan 7. Penyuluhan bahaya seks bebas. Pendidikan teknologi internet dan pemanfaatannya secara bijak 9. 1. Volunter mengajar di SD dan SMP terutama ke pelajaran matematika dan bahasa Inggris 2.adapun proker yang ingin kami ajukan adalah List usulan proker : Hukum. Peragaan dan pembuatan alat perangkap nyamuk bersama warga 6. Pengobatan gratis penyakit umum (tenda kesehatan) 2. Pendidikan dan penyuluhan keperawatan kesehatan kulit. Game kewarganegaraan 2. di SMP. sosialisasi beasiswa Bidikmisi.Setelah kami melakukan survey tersebut. Tenda pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan balita 7. Sosialisasi dan pendidikan menabung . Penyuluhan HIV AIDS 4. sosialisasi tentang administrasi dan pencatatan sipil ke warga Pendidikan : 1. PHBS via game 8. Seminar dan penyuluhan kecantikan (perawatan kulit) 5.

kami soalnya agak bingung memilih bu hehehe :D Kami sebenarnya ingin gerak sangat cepat bu. Sosialisasi finance mapping 4.. soalnya usulan kami memang banyak bu.. bisa mendapatkan sponsor dan sangat besar manfaatnya untuk masyarakat disana bu. minta saran ibu juga kira – kira proker yang mana dari usulan kami yang kiranya tidak terlalu menghabiskan banyak dana. Pembentukan website . Membentuk ekonomi kreatif (memanfaatkan potensi tikar pandan) 6. terimakasih banyak bu :) . sistem produksi hingga promosi via online sebagai wadah pemasaran produk ekonomi kreatif ( melalui pengkaderan pada warga yg potensial) Lingkungan : 1. Kerja bakti 2. Sosialisasi peningkatan produktivitas pertanian via penyuburan tanah dengan pembuatan kompos 5. Sosialisasi wirausaha 3. mengingat sudah mepet jika kami ingin mengajukan proposal sponsor ke berbagai instansi bu.... Tutorial pembuatan kompos hasil dari kerja bakti Mohon bimbingannya bu.2. mohon bimbingannya bu.