You are on page 1of 11

Penyelidikan Tentang Penyebab dan Pengaruh Polutan

Di Lingkungan
MAKALAH

Disampaikan kepada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan

RIANSYAH SITUMORANG
201421112

JURUSAN TEKNIK SIPIL
SEKOLAH TINGGI TEKNIK-PLN
JAKARTA
2014

3 Tujuan Penulisan 1) Tahu cara memanfaatkan sampah. 2) Kita menjadi tahu bahwa membuang sampah sembarangan itu dapat merugikan diri kita sendiri. tak peduli usianya. 1. . bersih dan lestari. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa upaya demi menangani hal tersebut. bahkan ada yang memerlukan waktu hingga 100 tahun hingga hancur.4 Manfaat Penulisan 1) Dapat memanfaatkan sampah. 3) Diharapkan agar semua pihak bisa mengelola sampah dengan baik. serta lestari. 2) Supaya umat manusia yang membuang sampah sembarangan bisa sadar bahwa perbuatannya itu akan merugikan baginya kelak. sehingga jumlahsampah yang ada bisa berkurang dan lingkungan menjadi asri. karena setiap manusia pasti menghasilkan sampah perharinya. sehingga menyadarkan diri kita untuk tidak melakukannya kembali. sehingga mendapat keuntungan tersendiri bagi diri kita. Hal itulah yang menyebabkan sampah terus menumpuk yang tentunya bisa berakibat merugikan bagi kita.1 Latar Belakang Pertambahan jumlah penduduk akan menyebabkan peningkatan jumlah sampah. 3) Dapat mengelola sampah dengan baik.BAB I PENDAHULUAN 1. tentunya anda tidak mau kan daerah anda terkena banjir akibat masalah sampahyang satu ini? 1.2 Rumusan masalah 1) Apa itu sampah dan apa saja jenisnya? 2) Apa saja akibat yang bisa ditimbulkan oleh sampah? 3) Bagaimana cara mengelola sampah agar tidak mengakibatkan bencana bagi kehidupan manusia? 1. Sampahsampah itupun ada yang mudah terurai dan tidak. bersih. sehingga lingkungan menjadi asri.

Contoh dari sampah ini : sampah dedaunan. kotoran manusia. asap pabrik atau asap motor dan ban bekas. kentut dan serbuk kayu. yakni sampah yang tidak mudah diuraikan sehingga diberlakukan cara khusus untuk mempercepat proses penguraiannya.1 PEMBAHASAN Sampah adalah materi sisa yang nilai gunanya sudah habis terpakai. Sampah bila berserakan dimana-mana akan menyebabkan lingkungan terlihat kotor dan apabila jumlahnya sudah tidak terkendali sampah ini juga akan menimbulkan pencemaran bahkan banjir. Contohnya : sampahplastik. Sampah Organik Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai karena bahan-bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan tanpa proses kimiawi. botol kaleng bekas. pecahan kaca. limbah. yakni : 1. 2. Sampah Non-Organik Sampah ini kebalikannya sampah organik. buah busuk. potongan besi. Jenis sampah secara umum dapat dibedakan menjadi 2. potongan tembaga.BAB II 2. Berikut pencemaran yang disebabkan oleh sampah : . kotoran hewan.

pH dan kandungan air tersebut sudah sangat jauh berbeda dengan air yang tidak tercemar. Karena warna.1. karena sisa-sisa pestisida yang berupa endapan akan mengalir menuju ke sungai yang akhirnya . Penggunaan pestisida yang berlebihan juga merupakan tindakan pencemaran. maupun sampah rumah tangga. Limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang mencemari air ini dapat menurunkan kualitas air. rasa. sehingga air yang sudah tercemar oleh limbah sama sekali tidak bisa digunakan untuk keperluan hidup manusia sehingga keadaan ini bisa mengakibatkan berkurangnya pasokan air bersih untuk kelangsungan hidup. Pencemaran air Pencemaran air ini dapat ditimbulkan dari limbah pabrik.

Pencemaran Tanah Salah satu jenis sampah yang paling besar pengaruhnya dalam pencemaran tanah adalahsampah plastik. Contoh Pencemaran Air 2. hal ini disebabkan karena sampah plastik membutuhkan minimal .akan membunuh ikan-ikan yang ada di sungai tersebut.

maupun bendungan yang seharusnya terisi oleh air ketika hujan tiba. namun belum sampai 100 tahun. sehingga saat hujan tiba sungai. dan itu terus bertambah setiap harinya. Dan sampah itu baru bisa menghilang setelah 100 tahun. Jakarta. Jadi sudah tidak bisa dibayangkan. maka bisa dipastikan ada 250 jutaan sampah plastik yang di hasilkan negara Indonesia.waktu 20 tahun untuk terurai. keesokan harinya sudah ada 250 juta sampah lagi. namun telah dipenuhi oleh sampah. seberapa banyak sampah yang telah mengotori bumi ini. . Bayangkan saja jika 1 orang saja membuang 1 sampah plastik per harinya. Seperti gambar dibawah ini. Bandung disebabkan oleh saluransaluran air yang tersumbat oleh sampah yang dibuang sembarangan oleh warga setempat. sampah pun sangat tidak enak dipandang jika sampai berserakan dimana-mana. selokan maupun bendungan sudah tidak bisa lagi menampung. Secara estetika. Sungai. sehingga airnya meluap dan membanjiri jalanan. selokan. Contoh Pencemaran Tanah Banjir di Ibukota besar seperti Bogor. bahkan sejenis botol plastik dan bahan-bahan plastik lainnya yang lebih tebal membutuhkan waktu 100 tahun bahkan lebih.

Namun jika kita mau berusaha untuk berdisiplin mengelola sampah dan mau membuangnya di tempat yang seharusnya. sampah tentunya dapat membawa masalah bagi kita jika kita tidak mengaturnya dengan baik. namun para warga justru membuang sampah disebelahnya. jelas-jelas wadah dari TPS di atas masih terlihat kosong. tentunya pencemaran akibat sampah dapat dihindari. .Dari gambar tersebut bisa kita simpulkan bahwa warga yang membuang sampah disana sangatlah tidak memperdulikan lingkungannya. Lalu apa gunanya TPS itu jika mereka justru membuang sampah disebelahnya bukan didalamnya? Dari sekian paparan di atas. contohnya dengan cara sebagai berikut.

dan kantong plastik itu akan mereka reuse (gunakan berulang-ulang) sampai sudah tidak bisa dipakai lagi. dan Eropa mereka menjalankan program “Go Green” dengan cara memperkecil penggunaan plastik. jika masyarakatnya selesai berbelanja dari supermarket. masyarakat disitu dapat mengurangi penggunaan plastik. Saat kita membeli jajanan di sana. Selain itu. hanya saja baru digunakan di toko-toko yang menjual baju. misalnya saat berbelanja. mantel. maka mereka akan membawa kantong plastik sendiri dari rumah. Selain itu. sehingga dengan begitu. Di Indonesia sendiri sudah dipakai kantong dari kertas ini. Selain itu kita juga bisa merecycle plastik menjadi barang-barang yang bernilai jual. jika masyarakat disana perlu menggunakan plastik. mereka akan mengepak barang belanjaan mereka dengan kardus.1. belum merambah ke pedagang kecil. kita pasti diberikan kantong yang berasal dari kertas recycle (daur ulang) yang berwarna coklat untuk tempat makanan kita. maupun aksesoris. . seperti Amerika. payung dan yang lainnya. Recycle dan Reuse Di negara-negara maju. meski kertas daur ulang kertas ini cukup aman untuk tempat menaruh makanan. seperti menjadi tas. di Korea Selatan.

sehingga jika sudah dewasa nanti mereka sudah terbiasa membuang sampah pada tempatnya. entah itu untuk mesin maupun untuk bahan bakar memasak. kotoran sapi. maupun babi sudah bisa diolah menjadi suatu bahan bakar. Kemudian di Thailand. pelakunya akan dikenakan denda sekisaran 6 juta rupiah. Selain itu. Memberlakukan hukuman tegas bagi orang yang membuang sampah sembarangan dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya sejak dini Kamera pengintai dipasang di tempat-tempat yang rentan akan orang yang membuang sampahsembarangan di Negara Singapura. Dan yang paling penting dari hukuman itu adalah membiasakan seseorang sejak kecil untuk membuang sampah pada tempatnya.2. Mungkin hal ini dapat diberlakukan di Indonesia agar semua orang mau membuang sampah pada tempatnya. 3. . maupun ayam sebagai pupuk organik. Yang tentunya pupuk ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia. seperti pupuk yang di jual di pasaran. Memanfaatkan kotoran hewan Kita bisa memanfaatkan kotoran dari sapi. plastik dan sampah organik. mereka akan di kenai denda 500 dollar Singapura (sekitar 5 juta Rupiah) selain itu akan dipenjarakan. dan juga muka mereka akan terpampang di media cetak dan elektronik. kaleng. kambing. Jika tertangkap kamera itu. agar lebih mudah nanti merecycle maupun menguraikannya. dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi yang ada. mendapat konseling. jika mereka membuang sampah permen karet sembarangan. Selain membuang sampah pada tempatnya kita juga harus memisah-misahkan sampah antara botol kaca.

Pemerintah seharusnya memberikan tindakan tegas bagi seseorang yang membuangsampah sembarangan. Selain secara estetika hal ini sangatlah buruk. bukan membiarkannya agar oknum-oknum tersebut jera berbuat hal yang sama. karena dengan begitu tanpa disadari kita akan membuang sampah dengan benar pada tempatnya meskipun di daerah tempat kita tinggal tidak ada sangsi tegas mengenai itu. 1. pembuangan sampah seperti itu juga dapat mengakibatkan pencemaran dan juga banjir. 3. Dan yang paling bermasalah bagi kehidupan manusia adalah sampah nonorganik karena sampah ini sangat sukar terurai menjadi tanah. 3.1 Kesimpulan Sampah merupakan barang sisa yang sudah habis masa gunanya. Jika kita mau membuang sampah pada tempatnya setiap saat.BAB III PENUTUP 3.2 Saran 1. . Oleh karena peraturan harus ditegaskan agar tidak ada orang yang membuang sampah sembarangan lagi. ke kebun. Bagi Pemerintah Sebaiknya pemerintah menyediakan TPS di setiap desa. terutama di dekat sungai agar para warga disana membuang sampahnya di TPS bukan di sungai 2. Pada hari-hari tertentu. Secara umum dapat dibedakan menjadi 2 yakni sampah organic dan sampah nonorganik. selokan. dan ada juga yang membuangnya begitu saja di pinggir jalan. Dan yang paling penting adalah kita membuang sampah pada tempatnya itu haruslah berdasarkan kesadaran dan kedisiplinan dari diri kita masingmasing. Sebagian orang pun juga tidak perduli tentang tata cara pembuangan sampah. sehingga dapat menyebabkan penumpukan sampah. pemerintah perlu mengadakan membersihkan lingkungan bersama-sama warga desa setempat agar tempat mereka benar-benar bersih dari sampah yang berserakan. ada yang membuangnya ke sungai. maka setiap saat juga lingkungan kita akan terlihat bersih dan asri.

Perkecillah penggunaan plastik dalam kehidupan kalian. dan bisa bernapas lega atau lingkungan kotor. Ingatlah selalu. Dan berikan penjelasan agar mereka tidak mengulangi hal tersebut lagi dan mau membuangsampah pada tempatnya. 2. Anda ingin lingkungan yang bersih. 4.2. 3. Disiplinkanlah diri anda untuk membuang sampah pada tempatnya. enak dipandang. jika kita terus mengotori bumi ini maka akan ada bencana mendatangi kita yang tentunya sangat merugikan. Tegurlah orang disekitar anda bila ada yang membuang sampah sembarangan. tidak sedap dipandang dan membawa bencana? Pilihan itu ada di tangan kalian. Bagi Pembaca 1. .