You are on page 1of 6

UNDUH DATA SPASIAL RBI (RUPA BUMI INDONESIA) DIGITAL

MENGGUNAKAN INA-GEOPORTAL

1. Buka website http://portal.ina-sdi.or.id , namun saat ini sedang mengalami perbaikan
dan sementara berpindah ke http://tanahair.indonesia.go.id.

2. Klik “Sign In” pada pojok kanan atas. Kemudian, klik “Create New Account”, untuk
membuat akun pengguna baru. Apabila sudah terdaftar sebagai pengguna, maka
masukkan username dan password Anda.

3. Isilah data yang diperlukan, apabila sedang membuat akun baru. Lalu, klik “Create
Me Account”.

hidrografi. Skala peta RBI tersedia dari 1:250. Klik gambar “Download Peta RBI” pada gallery picture. toponimi. 6. administrasi .000 hingga 1:25. Klik data yang dipilih. penggunaan lahan. Jadi. atau ketik “rbi” pada search bar. . dan titik tinggi. transportasi. kemudian enter. terdiri atas hipsografi (kontur). 5. Anda akan kembali ke halaman utama dengan kondisi telah mendapat akses sebagai pengguna (Sign In). format download tertulis “IGD_25K_Hidrografi” atau “IGD_50K_Transportasi”. komponen dalam peta RBI didownload secara terpisah.000. Sedangkan. Akan muncul data dalam berbagai skala dan berbagai komponen.4. utilitas.

saya memilih data “IGD_25K_Hidrografi”. Peta kemudian akan tampil berkotak-kotak berdasarkan nomor pemetaan pada peta RBI skala 1:25. shp (shapefile ArcGIS). Vektor: GDB (Geodatabase ArcGIS). dll c. Pilih satu atau beberapa kotak yang ingin diunduh berdasarkan kebutuhan. DGN b. TIFF. maka akan semakin besar ukuran data.7. PNG. Kemudian isi format file yang dikehendaki: a. Setelah selesai. DGW (AutoCad). Semakin banyak kotak yang dipilih. DXF(AutoCad). maka akan muncul tampilan seperti ini. 8. Raster: GDB. Sebagai contoh. Proyeksi: GCS_WGS_1984 atau lainnya 9. Arahkan peta pada lokasi yang diinginkan.000. klik “Tambah dalam Keranjang”. IMG. .

Kemudian. Tunggu beberapa menit hingga pesanan diperiksa dan diizinkan oleh administrator.10. administrator akan mengirimkan e-mail berisi link download barang yang telah dipesan. Kemudian. 11. 12. Klik link tersebut! . Klik “Unduh”. Muncul halaman pemesanan seperti ini.

13. Kemudian tunggu beberapa saat hingga data selesai terdownload. AutoCad). klik “Buka”. Cek data yang telah didownload pada software yang Anda tuju (ArcGIS. 14. Contoh data Sub DAS Gesing . lalu klik “unduh”. Pada halaman ini.

000.go.id.or. Data RBI Digital belum mencakup seluruh wilayah Indonesia.id .15. pulau lainnya belum diunggah. sera perbaikan sistem yang membutuhkan waktu. Sumatera hanya mencapai 1:50. 021-8753155 atau 021-8752062 ext.Bogor KM.3608/3611/3103 Fax. Kontak Badan Informasi Geospasial (BIG) Jl. Raya Jakarta . Data RBI Digital dapat langsung diperoleh di kantor pusat BIG. Data dapat diunduh secara gratis. Minta keterangan administrator apabila data yang diunduh tidak sesuai dengan yang diinginkan Catatan:      Data mungkin belum bisa didownload karena adanya perbaikan website portal. Data RBI Digital hingga skala 1:25.000 sudah tersedia untuk Pulau Jawa. INDONESIA Telp. 021-87908988/87916647 E-mail : info@big.inasdi. Hal ini terjadi karena proses update dan upload data. khususnya untuk lokasi yang belum diunggah ke website. Sedangkan. 46 Cibinong 16911.