You are on page 1of 9

PROPOSAL USAHA

KERJASAMA INVESTASI
PEMBUKAAN DAN PENGELOLAAN
KANTOR CABANG

PROGRAM GAMAPLUS :
1.
2.
3.
4.
5.

CALISTUNG
KURSUS MATEMATIKA
KURSUS BAHASA INGGRIS
BIMBINGAN BELAJAR SD – SMP
KELOMPOK BELAJAR
6. PRIVATE

KanntorGAMAPLUS & Info Centre
JL. UtanPanjang RT 010/07 ,Kemayoran Jakarta Pusat
Telp : 0838 08721024 / 0857 8150 2771

2. sangatlah penting dan harus sudah diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat. perlu didukung oleh kemampuan memahami dan menggunakan Bahasa Asing yang lebih memadai (adequated). maka peran pendidikan non-formal atau kursus. mudah (simple) dan praktis (practical). regional maupun international. mulai dari anak-anak. pelajar. Atas dasar pemikiran dan realitas diatas. sebagai pendamping pendidikan formal. usaha jasa pendidikan informal atau kursus ini akan dapat mewujudkan terciptanya Sumber Daya Manusia ( SDM ) Indonesia yang berkualitas. Mencetak SDM Indonesia yang berakhlak mulia.PENDAHULUAN Dalam menghadapi Era Persaingan Global (Global Competition Era) dan AFTA(Asean Free Trade Area) tahun 2015. serta didorong oleh komitmen dan tanggungjawab moril lembaga untuk membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa. Selain membuka dan menyediakan lapangan kerja. Oleh karena itu. proses pembelajaran (learning process) dan penguasaan bahasa asing (foreign language mastery). Mencerdaskan dan meningkatkan kehidupan bangsa. mahasiswa. karyawan sampai dengan pimpinan perusahaan/instansi. peningkatan prestasi kerja (karir) dan akademik. 3. berkualitas dan siap bersaing di tingkat Regional maupun internasional . sangatlah penting dan strategis. VISI LEMBAGA Menjadi sabahat ( mitra ) yang menyenangkan dan menguntungkan untuk belajar. Membuka dan menyediakan lapangan kerja.tumbuh dan berkembang bersama kedepan dalam memberikan jasa Pelatihan/Kursus Bahasa Asing dan Bimbingan Belajar kepada seluruh masyarakat Indonesia ( To be a pleasant partner to learn. siap kerja dan siap bersaing. informasi dan teknologi. penguasaan ilmu pengetahuan. grow and develop together inproviding Foreign Languages Training Service and Lessons Tutoring ). baik ditingkat nasional. MISI LEMBAGA Membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam: 1. khususnya bahasa Inggris.

PROGRAM DAN TINGKAT KURSUS A.  Teens Class (TC) Level 1 s/d 3 untuk SMP. Kordinator Akademik. Manajemen dan Staff Pengajar GAMAPLUS bergabung dengan lembaga / kursus ternama . Sedangkan tujuan kerjasama ini adalah optimalisasi dana / modal usaha dan keuntungan kemitraan ( mutual benefit partnership ) dari usaha pembukaan dan pengelolaan Kantor Cabang GAMAPLUS dengan seluruh kegiatan operasional-nya yang mencakup:  Manajemen Pemasaran  Manajemen Akademik  Manajemen Keuangan SEKILAS TENTANG LEMBAGA Bimbingan Belajar GAMAPLUS berdiri sejak Juni 2014 merupakan suatu lembaga / kursus yang bergerak di bidang pendidikan non formal dalam melayani masyarakat untuk mendapatkan jasa pelatihan/kursus Bahasa Asing (Inggris) dan Bimbingan Belajar (Bimbel). terdiri dari :  Kids Class (KC) Level 1 s/d 3 untuk TK dan SD. kepercayaan dan modal utama untuk menjalankan kerjasama ini secara profesional ( amanah dan istiqomah ). Manajer Operasional Cabang sampai dengan Manajemen di Kantor Pusat Lembaga. REGULAR Class: Merupakan kelas anak-anak sampai dengan dewasa / umum.MAKSUD DAN TUJUAN PROPOSAL USAHA Proposal ini kami susun dan sampaikan kepada calon mitra usaha untuk memperoleh dan mengembangkan Investasi ( permodalan ) dalam pembukaan dan pengelolaan Kantor Cabang Bimbingan Belajar GAMA PLUS di seluruh wilayah Republik Indonesia. baik sebagai Instruktur Bahasa Inggris. penggunaan dan penguasaan Bahasa Inggris Umum dan Bisnis (General & Business English). BAHASA INGGRIS Program-program kursus GAMAPLUS berbasis pada pemahaman. dengan lama belajar 3 bulan = 24 sesi/level.  Adults Class (AC) Level 1 s/d 3untuk SMU/K dan Umum BIMBINGAN BELAJAR (SD/SMP) . 2 sesi/minggu @90 menit. yang terdiri dari kelas-kelas: 1. merupakan aset. Pengalaman Pendiri.

Publikasi dan Promosi Umum ( Above the Line ). mahasiswa dan karyawan. melalui media : Spanduk dan Banner. Publikasi dan Promosi Khusus ( Below the Line ). SISTEM PERMODALAN USAHA LEMBAGA PASSIVE INVESTMENT (INVESTASI PASIF) . maka Strategi Pemasaran Kursus yang dilakukan mencakup: 1. SD. Program Radio / TV. baik sebelum maupun selama operasional kursus. 2. baik untuk kepentingan akademik. perusahaan dan instansi. Bahasa Inggris. Kegiatan lomba dan bazar . booklet. Masyarakat sekitar lokasi perkotaan dan perumahan yang berada pada golongan ekonomi MENENGAH & ATAS. Segmen Produk ( Kursus/Bimbel ) danPasar ( Siswa Kursus/Bimbel) Trend 2014: Program Calistung Peserta PAUD SD Kursus SMP SD Bimbingan Belajar SMP Private SD . mulai dari anak-anak dan pelajar (TK. baik untuk target UTS. 2. SMP. meliputi: 1. UAS maupun UN.SMP STRATEGI PEMASARAN KURSUS Presentase 25% 25% 25% 25% Untuk menunjang target program kursus dan peserta tersebut.Bimbingan Belajar GAMA PLUS berbasis pada pemahaman dan penguasaan materi pelajaran dan soal-soal ujian Bahasa Indonesia. SEGMEN PRODUK & PASAR Dalam mencapai target jumlah pengguna jasa kursus ( siswa ) secara terencana dan optimal. IPA dan Matematika. internet dan media iklan lainnya. Masyarakat umum yang MENGHARGAI & MEMBUTUHKAN BAHASA ASING dan KEAHLIAN lainnya sebagai sumber modal PRESTASI dan INVESTASI masa depan. bisnis dan lain-lain. pamflet.dan kerjasama dengan pihak-pihak sekolah. dengan pengajaran metode Smart and Fun Learning. sosial. kampus. maka segmentasi produk dan pasar yang menjadi analisa dan sasaran lembaga / kursus. brosur. SMU/K). melalui kegiatan: Presentasi dan seminar kursus.

500.650.000.350. BentukusahaInvestasi Passive Lembaga ( GAMA PLUS ) memiliki kewajiban mengelola serta memiliki tanggungjawab sepenuhnya operasional Cabang.000 Rp 750.000 Rp 2.000 Rp 650.000 Rp 250.000.000 Rp 1.000 Pembagian hasil diberikan sebesar 30% dari nilai investasi yang diberikan kepada Lembaga Gama Plus dengan asumsi perkiraan pendapatan cabang sebagai berikut : Pendapatan Net Cabang = Biaya perbulan x Jumlah siswa – Biaya Operasional Cabang Perbulan = Rp 250.000 Rp 1.000 Rp 500. PENUTUP Demikian PROPOSAL KERJASAMA ini kami sampaikan kepada seluruh calon investor yang ingin bergabung menjadi MITRA kami.000 x 50 siswa – Rp 6.500.000.000 Rp 2.000 Rp 1.000 Catatan : Pendapatan di atas belum termasuk biaya pendaftaran .000 Rp 350.000 Rp 1. Serta pihak investor wajib memberikan dana investasi kepada Lembaga ( GAMA PLUS ) pada saat penandatangan kerjasama( MOU ) dan selanjutnya akan dikelola oleh lembaga untuk kebutuhan serta pengembangan Cabang.000.000 Rp 250.000.000 Rp 3.000 Rp 750. SISTEM PEMBAGIAN HASIL USAHA Pembagian hasil usaha (kursus/bimbinganbelajar) antara Pihak Investor dan Pihak Lembaga ( GAMAPLUS) dengan ketentuan sebagai berikut: Pembagian Hasil Keuntungan Perbulan Keuntungan Investasi Bulan Ke 1 Bulan Ke 2 Bulan Ke 3 Rp 750.000.000 Rp 1.000 = Rp 6.250.000 Rp 350. Serta memberikan bagi hasil kepada Investor sesuai yang disepakati dan nilai investasi yang diberikan investor kepada Lembaga (GAMA PLUS).500.000 Rp 2.000 Rp 650.000. penjualan modul dan biaya private.000 Rp 3.000 Rp 500.000 Rp 4. Kami berkembang dan berusaha menjadi .000 Rp 2.000 Rp 1.Merupakan bentuk investasi/permodalan yang bersumber dari pihak Pemodal (investor cabang) dan dikelola oleh pihak Lembaga (Kantor Pusat).000.000.

Jakarta .DRIS ) SURAT PERJANJIAN KERJASAMA INVESTASI DANA BIMBEL GAMA PLUS . 17 Maret 2015 HormatSaya Owner GAMAPLUS ( M.Bimbingan Belajar yang BESAR serta menjadi SOLUSI dalam membimbing Putra/Putri bangsa Indonesia.

. telah terjadi kesepakatan dan penandatanganan kerjasama antara : No. KTP : Nama : Alamat : Selanjutnya di sebut sebagai Pihak Kedua Dalam perjanjian ini telah terjadi kesepakatan sebagai berikut : Pasal 1 Maksud dan Tujuan 1. setelah selesai masa perjanjian kerjasama dan akan di evaluasi kembali untuk kerjasama selanjutnya. 2.. . Utan Panjang III RT 011/07. Pihak Pertama wajib mengembalikan kepada Pihak Kedua dana investasi sebesar ………………………../….. Pihak Pertama bermaksud menerima dana investasi dariPihak Kedua untuk membantu mengembangkan Bimbingan Belajar dengan nama Gama Plus yang telah berjalan dan beralamat di Jl. KTP : Nama : Alamat : Selanjutnya di sebut sebagai Pihak Pertama No. 2. Pasal 2 Nilai Perjanjian 1.. Pihak Kedua mengikat diri dan sepakat kepada Pihak Pertama bertujuan membantu memasarkanBimbingan Belajar Gama Plus dengan memberikan dana kepada Pihak Pertama./…. Pihak Kedua bersedia memberikan uang sebesar …………………. sebagai dana investasi yang diberikan kepada Pihak Pertama .Pada hari ini tanggal ….

000 sebagai bukti yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai hukum yang berlaku. b. Pihak Kedua berhak menerima dari Pihak Pertama pembagian sebesar ……………………… yang diberikan ke Pihak Kedua. b. Hak a. Pasal 4 Hak dan Kewajiban 1. Pihak Pertama wajib mengembalikan modal Pihak Kedua pada bulan ke 3 ( Tiga ) yaitu tanggal ………………… sebagai berakhirnya perjanjian ini. c. 2. Pasal 5 Penyelesaian Masalah 1. Pihak Kedua memberikan dana investasi sesuai dengan Pasal 2 kepadaPihak Pertama setelah terjadi kesepakatan bersama. Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat untuk melakukan musyawarah apabila terjadi permasalah yang timbul dalam surat perjanjian kerjasama ini. Kewajiban a. 2. Pihak Pertama berhak menerima dana investasi yang telah diberikan dariPihak Kedua berdasarkan Pasal 2.. Pihak Pertamaakan memberikan bukti pembayaran dana investasi kepada Pihak Kedua dengan materai 6. Pihak Pertama berhak menggunakan dana investasi untuk operasional kegiatan Bimbingan Belajar Gama Plus. .Pasal 3 Pembayaran 1. Pihak Pertama wajib memberikan pembagian hasil sesuai pasal diatas kepadaPihak Kedua pada setiap bulan per tanggal 30 yang di trasnfer ke rekening Pihak Kedua.

Perjanjian ini ditandatangani dengan materai 6. Selanjutnya. Jakarta. 3. Demikian surat perjanjian ini dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.) . Apabila dalam musyawarah tidak menyelesaikan masalah sesuai dengan pasal 5 ayat 1 . 17 Maret 2015 Pihak Pertama (………………….) Pihak Kedua (…………………. surat perjanjian ini dibuat rangkap 2 ( dua ) yang masing-masing bermaterai cukup dan telah ditandatangani asli oleh kedua belah pihak sehingga masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama dan masing-masing pihak mendapatkan 1 ( satu ) eksemplar.2. maka Pihak Pertama maupun Pihak Kedua dapat menunjuk dan menetapkan Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Timur sebagai domisili hukum yang tetap dan tidak berubah sebagai tempat penyelesian..000 yang dapat dipertanggungjawabkan dalam hukum yang berlaku.