You are on page 1of 20

MATA KULIAH

SKS

: Sistem Penunjang Keputusan
: 2 sks

KOMPETENSI MATA KULIAH : Menganalisis, Merancang dan membuat model sistem penunjang keputusan
Daya Tarik Komunikasi, Ketelitian, Kedisiplinan, Kreativitas, Daya Juang
MINGGU
1
1-3

4-6

7-10

KEMAMPUAN AKHIR
2
HS :
Menganalisis peran
Sistem Pendukung
Manajemen dan
menganalisis dampak
perubahan metode
manajemen
SS :
Daya tarik komunikasi,
Daya juang, kedisiplinan
HS:
Menganalisis pengaruh
perdagangan elektronik
pada pengambilan
keputusan
SS:
Daya tarik komunikasi,
Kedisiplinan, ketelitian,
daya juang
HS:
Menganalisis peran
kecerdasan bisnis, dan
menganalisis software

MATERI/KAJIAN/
SP.BAHASAN
3
1. Sistem Pendukung
Manajemen

METODE
PEMBELAJARAN
4
DISCOVERY
LEARNING & CASE
STUDY

2. Manajemen
Pengetahuan

TUGAS MAHASISWA
5
 Mencari referensi.
 Merangkum referensi
dan hasil analisis
dampak perubahan
metode manajemen

KRITERIA
6
 Kelengkapan isi
rangkuman.
 Kebenaran isi rang
kuman.
 Ketelitian
 Ketepatan hasil
analisis

BOBOT
7
15

.
3. SPK : Sebuah
tinjauan
4. Perdagangan
Electronic

5.

Sistem Pengambilan
Keputusan : Model
dan Pendukung

DISCOVERY
LEARNING
&
CASE STUDY
&
PAPER BASE

DISCOVERY
LEARNING
&
CASE STUDY

 Menganalisis website ecommerce seperti
amazon.com,
bhinneka.com
 Mencari referensi.
 Merangkum referensi.
 Mempresentasikan hasil
rangkuman.
 Membuat makalah
 Mencari referensi.
 Merangkum referensi.
 Mencari software open
source sebagai contoh

 Kelengkapan isi
rangkuman.
 Kebenaran isi rang
kuman.
 Kesesuaian aturan
tata tulis.
 Ketepatan waktu
 Daya tarik komuni
kasi/presentasi.
 Kelengkapan isi
rangkuman.
 Kebenaran isi rang
kuman.

25

20

11-14

SPK
SS:
Daya tarik komunikasi,
Kedisiplinan, ketelitian,
kreativitas, daya juang
HS:
Mampu merancang
model SPK sederhana,
Menganalisis dampak
atau pengaruh dari
sistem pendukung
manajemen
SS:
Daya tarik Komunikasi,
Kedisiplinan, ketelitian,
kreativitas, daya juang

6. Kecerdasan Bisnis

 Menganalisis kasus SPK
(contoh: Kasus 8.2)

 Ketepatan analisis
 Daya tarik komuni
kasi/presentasi.

 Menganalisis kasus SPK,
contoh kasus: kasus 2.1
Perencanaan Proses
Tanah Liat di IMERYS:
Kasus klasik
pengambilan keputusan
 Mempresentasikan hasil
analisis
 Menganalisis kasus
contoh kasus 3.1:
Keuntungan
PetroVantage: BI/DSS
menciptakan EMarketplace
 Merancang model
penunjang keputusan,
contoh: model studi
kelayakan, model
pengambilan keputusan
penerimaan karyawan

 Ketepatan analisis.
 ketepatan waktu.
 Daya tarik komuni
kasi/presentasi
.

7. Teknologi Komputasi
Kolaboratif
8.

Pemodelan dan
analisis

CASE STUDY &
PROJECT BASE

9. Pengembangan
Sistem Pendukung
Keputusan
10. Pengaruh Sistem
Pendukung
Manajemen

40

REFERENSI :
[1]
[2]
[3]
[4]
[5]

Dadan Umar Daihani, “Komputerisasi Pengambilan Keputusan”, Elex Media Komputindo, 2001
D. Suryadi HS, "Sistem Penunjang Keputusan", Gunadarma, Jakarta, 1994
Marakas, George M. “Decision Support Systems in the 21st Century”, 2nd Edition, Prentice Hall, 2003
Sprague, Ralph, H & Hugh, J. Watson, "Decision Support Systems", Prentice Hall, Inc., 1993
Turban, Efraim & Aronson, Jay E., “Decision Support Systems and Intelligent Systems”, 8th edition, Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ, 2007

Lecture Notes / Slide-Presentation / Referensi lain yang diperoleh melalui internet :

prenhall.com/turban/ Folder : prenhall/chapsall.[6] [7] [8] [9] http://www.zip Folder : marakas .prenhall.com/divisions/bp/app/turban/dss/ http://www.

Manajer dan dukungan komputer 4. Jay E. Inisiatif manajemen pengetahuan 10. Kerangka kerja pendukung keputusan 6. 2007  Rangkumlah referensi tersebut. Prentice Hall. Turban. Efraim & Aronson. 2003 2. Inc. Watson. Pembelajaran organisasional dan transformasi 9. Transformasi bisnis yang mungkin 7.. Teknologi informasi dalam manajemen pengetahuan 11. Teknologi komputerisasi pendukung 5. “Decision Support Systems and Intelligent Systems”. TUJUAN TUGAS : Menganalisis peran Sistem Pendukung Manajemen dan menganalisis dampak perubahan metode manajemen B. dengan mencakup aspek 1.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : Sistem Penunjang Keputusan : Sistem Informasi : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi SKS :2 Pertemuan ke : 1-3 A. Prentice Hall. “Decision Support Systems in the 21st Century”. Perubahan metode manajemen 8. Peran manusia dalam manajemen pengetahuan 13. Manajer dan pengambilan keputusan 2. Studi kasus untuk menganalisis sistem pendukung manajemen dan menganalisis perubahan metode  Rangkuman dibuat dalam paper dan disiapkan dalam ppt minimal 15 halaman . Metode atau Cara pengerjaan  Carilah referensi mengenai sistem pendukung manajemen dan manajemen pengetahuan di: 1. URAIAN TUGAS : a. NJ. J. 1993 3. Sprague. Ralph. Upper Saddle River. Implementasi system manajemen pengetahuan 12. 2nd Edition. H & Hugh. Obyek Garapan Sistem Pendukung Manajemen. Pengambilan keputusan manajerial dan SI 3. "Decision Support Systems". manajemen pengetahuan b.. Marakas. George M. 8th edition. Prentice Hall.

KRITERIA PENILAIAN (10%) Kedisiplinan. ukuran 12. Kelengkapan isi rangkuman Kebenaran isi rangkuman Daya tarik komunikasi/presentasi .  Presentasikan hasil rangkuman tersebut di depan kelas Studi kasus dikumpulkan dengan menggunakan kertas ukuran A4 dengan spasi: 1.5 font: times new roman. dijilid dengan cover yang berisikan: judul kasus. Ketepatan analisis. npm dan nama mahasiswa C.

tidak ada proses merangkum hanya mencontoh Di bawah standard Tidak ada konsep yang disajikan SKOR 2 Memuaskan Bahasa menambah informasi pembaca Kurang Memuaskan Di bawah standard Informasi dan data Tidak ada hasil yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Dijilid namun kurang Tidak ada hasil rapi SKOR 1 Lengkap SKOR 2 KRITERIA 3 : Daya tarik komunikasi/presentasi KRITERIA 3a : Komunikasi tertulis DIMENSI Sangat Memuaskan Bahasa Paper Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam Kerapian Paper Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca Paper cukup menarik. analisis dan membantu memahami konsep Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard Masih kurang bebe rapa aspek yang be lum terungkap Hanya menunjukkan sebagian konsep saja Tidak ada konsep Memuaskan Batas Diungkap dengan tepat Sebagian besar tetapi deskriptif konsep sudah terungkap. tidak terlalu menambah pengetahuan Dijilid biasa 1 .GRADING SCHEME COMPETENCE KRITERIA 1 : Kelengkapan isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kelengkapan konsep Lengkap dan terpadu KRITERIA 2 : Kebenaran isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kebenaran konsep Diungkapkan dengan tepat. terdapat aspek penting. melebihi halaman. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Memuaskan Kurang dapat mengungkapkan aspek penting. walau tidak terlalu mengundang Batas Bahasa deskriptif.

jurnal yang diacu antara 5-10 buah Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah SKOR 2 Tidak mau presentasi 1 Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Tidak berbunyi 1 Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Kurang 1-2 persyaratan penulisan dan mengumpulkan tidak tepat waktu Tidak memenuhi persyaratan penulisan dan tidak tepat waktu 1 Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Kurang lengkap. hanya sesekali saja memandang catatan Memuaskan Batas Memenuhi semua persyaratan penulisan dan mengumpulkan tepat waktu Memenuhi semua persyaratan penulisan tetapi mengumpulkan kurang tepat waktu Memuaskan Batas Lengkap.KRITERIA 3b : Komunikasi lisan DIMENSI Sangat Memuaskan Isi Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam Organisasi Gaya Presentasi Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar KRITERIA 4 : Tingkat kedisiplinan DIMENSI Sangat Memuaskan Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Memenuhi semua persyaratan penulisan. namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Membuat pendengar paham. dengan jumlah referensi di atas 10 jurnal Cukup lengkap. jurnal yang diacu kurang dari 5 buah Jurnal yang diacu kurang dari 2 dan tidak ada rangkuman 2 . mengumpulkan tepat waktu serta rapih dalam mengerjakan KRITERIA 5 : Ketepatan analisis DIMENSI Sangat Memuaskan Ketersediaan konsep yang diacu Lengkap dan integratif dengan jumlah referensi di atas 10 jurnal Memuaskan Menambah wawasan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Tidak didukung data.

Ketajaman analisis Rangkuman yang dibuat da pat menunjukkan faktor yang mempengaruhi peru bahan perilaku dengan tepat dan lengkap Rangkuman yang di buat dapat diguna kan untuk menarik kesimpulan tentang faktor yang berpe ngaruh Rangkuman yang di buat mampu menun jukkan secara des kriptif faktor yang mempengaruhi pro ses perubahan peri laku Rangkuman tidak Tidak ada rangkum menggambarkan de an ngan jelas faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku 2 .

com b. Mekanisme 8. H & Hugh. 1993 3. Karakter dan kemampuan SPK 4. Prentice Hall. “Decision Support Systems in the 21st Century”. Perdagangan mobile dan komputasi pervasif 13. bhinneka. contohnya: amazon. Turban. Riset pasar. Aplikasi B2B 11. Metode atau Cara pengerjaan  Carilah referensi mengenai di 1. Prentice Hall. 2007  Rangkumlah referensi tersebut.com. Inc. Perdagangan kolaboratif 12. Marakas. Aplikasi B2C 9. Efraim & Aronson. "Decision Support Systems". Tinjauan 7. 8th edition. Ralph. dengan mencakup aspek 1. 2nd Edition. Persoalan hukum dan etika dalam perdagangan ektronik .. Klasifikasi SPK 6. J. Jay E. Upper Saddle River. 2003 2.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : Sistem Penunjang Keputusan : Sistem Informasi : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi SKS :2 Pertemuan ke : 4-6 A. “Decision Support Systems and Intelligent Systems”. Apa itu SPK 3. TUJUAN TUGAS : Menganalisis pengaruh perdagangan elektronik pada pengambilan keputusan B. URAIAN TUGAS : a.. Komponen SPK 5. Prentice Hall. Obyek Garapan Website e-commerce. NJ. Konfigurasi SPK 2. George M. Sprague. Watson. E-CRM dan periklanan online 10. Layanan pendukung 14.

     Rangkuman dibuat dalam paper yang membahas contoh kasus disiapkan dalam ppt minimal 15 halaman Presentasikan hasil rangkuman tersebut di depan kelas Menjelajah/mengunjungi website yang termasuk kategori website e-commerce Menganalisis website dan mengkategorikan website. Guest book. apakah termasuk transactional website atau informational website Menganalisis dan mengevaluasi website tersebut dengan memperhatikan kelengkapan fitur website. ketepatan waktu Kelengkapan isi rangkuman (dengan contoh kasus) Kebenaran isi rangkuman Daya tarik komunikasi . FAQ Hasil analisis dibuat dalam paper dan disiapkan dalam ppt minimal 10 halaman Presentasikan hasil analisis tersebut di depan kelas Menyusun makalah yang mencakup aspek perdagangan elektronik dan manajemen pengetahuan Makalah dikumpulkan dengan menggunakan kertas ukuran A4 dengan spasi : 1. diantaranya: 1.5.5. KRITERIA PENILAIAN (10%) Kedisiplinan. font Times new roman. Berita/News 2. dijilid dengan cover yang berisikan : judul kasus. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan : Isi paper berkisar antara 15 – 20 halaman dengan spasi 1. ukuran : 12. npm dan nama mahasiswa. Forum. font : times new roman. c. ukuran 12 C.

terdapat aspek penting. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Memuaskan Kurang dapat mengungkapkan aspek penting.GRADING SCHEME COMPETENCE KRITERIA 1 : Kelengkapan isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kelengkapan konsep Lengkap dan terpadu KRITERIA 2 : Kebenaran isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kebenaran konsep Diungkapkan dengan tepat. walau tidak terlalu mengundang Batas Bahasa deskriptif. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh Di bawah standard Tidak ada konsep yang disajikan Memuaskan Bahasa menambah informasi pembaca Kurang Memuaskan Di bawah standard Informasi dan data Tidak ada hasil yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Dijilid namun kurang Tidak ada hasil rapi Lengkap Paper cukup menarik. analisis dan membantu memahami konsep KRITERIA 3 : Daya tarik komunikasi/presentasi KRITERIA 3a : Komunikasi tertulis DIMENSI Sangat Memuaskan Bahasa Paper Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam Kerapian Paper Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard Masih kurang bebe rapa aspek yang be lum terungkap Hanya menunjukkan sebagian konsep saja Tidak ada konsep Memuaskan Batas Diungkap dengan tepat Sebagian besar tetapi deskriptif konsep sudah terungkap. melebihi halaman. tidak terlalu menambah pengetahuan Dijilid biasa SKOR 1 SKOR 2 SKOR 2 2 .

namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Membuat pendengar paham.KRITERIA 3b : Komunikasi lisan DIMENSI Sangat Memuaskan Isi Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam Organisasi Gaya Presentasi Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar KRITERIA 4 : Tingkat kedisiplinan DIMENSI Sangat Memuaskan Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Memenuhi semua persyaratan penulisan. hanya sesekali saja memandang catatan Memuaskan Batas Memenuhi semua persyaratan penulisan dan mengumpulkan tepat waktu Memenuhi semua persyaratan penulisan tetapi mengumpulkan kurang tepat waktu Memuaskan Batas Lengkap. dengan jumlah referensi di atas 10 jurnal Cukup lengkap. jurnal yang diacu antara 5-10 buah Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah SKOR 2 Tidak mau presentasi 2 Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Tidak berbunyi 2 Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Kurang 1-2 persyaratan penulisan dan mengumpulkan tidak tepat waktu Tidak memenuhi persyaratan penulisan dan tidak tepat waktu 2 Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Kurang lengkap. mengumpulkan tepat waktu serta rapih dalam mengerjakan KRITERIA 5 : Ketepatan analisis DIMENSI Sangat Memuaskan Ketersediaan konsep yang diacu Lengkap dan integratif dengan jumlah referensi di atas 10 jurnal Memuaskan Menambah wawasan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Tidak didukung data. jurnal yang diacu kurang dari 5 buah Jurnal yang diacu kurang dari 2 dan tidak ada rangkuman 3 .

Ketajaman analisis Rangkuman yang dibuat da pat menunjukkan faktor yang mempengaruhi peru bahan perilaku dengan tepat dan lengkap KRITERIA 6 : Kesesuaian aturan tata tulis DIMENSI Sangat Memuaskan Berusaha mencapai yang terbaik Selalu ingin menjadi yang terbaik. Di bawah standard Tidak mengumpulkan tugas 3 SKOR 2 SKOR 2 . Rangkuman yang di buat dapat diguna kan untuk menarik kesimpulan tentang faktor yang berpe ngaruh Rangkuman yang di buat mampu menun jukkan secara des kriptif faktor yang mempengaruhi pro ses perubahan peri laku Memuaskan Batas Rangkuman tidak Tidak ada rangkum menggambarkan de an ngan jelas faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku Kurang Memuaskan Di bawah standard Berusaha meme.nuhi semua persya. Batas Tugas dikumpulkan tepat waktu dan kurang memenuhi standard penulisan yang diberikan. Kurang Memuaskan Tugas dikumpulkan tepat waktu tetapi tidak memenuhi standard penulisan yang diberikan.ratan tugas yang diberikan oleh dosen Mengumpulkan tugas sesuai standard kualitas penulisan Kurang perduli dengan kualitas saat mengumpulkan tugas Malas mengumpulkan tugas Memuaskan Tugas dikumpulkan tepat waktu dan memenuhi standard penulisan yang diberikan. mengumpulkan tugas dengan mutu yang jauh lebih baik dari yang disyaratkan dosen KRITERIA 7 : Ketepatan waktu DIMENSI Sangat Memuaskan Berusaha Tugas dikumpulkan mengumpulkan tepat tepat waktu dan mutu penulisan di atas waktu standard yang diberikan.

Ralph. teknologi kolaboratif dan kecerdasan bisnis. 2003  Sprague. H & Hugh. Efraim & Aronson. TUJUAN TUGAS : Menjelaskan sistem pendukung keputusan : model dan pendukung.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : Sistem Penunjang Keputusan : Sistem Informasi : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi SKS :2 Pertemuan ke : 7-10 A. Upper Saddle River. URAIAN TUGAS : a. "Decision Support Systems". Metode atau Cara pengerjaan  Carilah referensi mengenai SPK. B. Jay E. Prentice Hall. Watson. 8th edition. 2nd Edition. “Decision Support Systems in the 21st Century”. George M. Prentice Hall.  Rangkumlah referensi tersebut. Obyek Garapan Sistem Pendukung Keputusan b. Prentice Hall. Inc. BPM dan BAM o Pengambilan keputusan kelompok. model dan pendukung.. komunikasi dan kolaborasi o Dukungan komunikasi o Dukungan kolaborasi o Sistem pendukung kelompok o Teknologi pendukung kelompok o Pembelajaran organisasional dan transformasi o Inisiatif manajemen pengetahuan o Pendekatan pada manajemen pengetahuan . NJ. 2007. 1993  Turban. dengan mencakup aspek o Konsep dan definisi o Evolusi SI eksekutif dan SI perusahaan o Peran eksekutif dan kebutuhan informasi o Karakteristik dan kemampuan sistem pendukung eksekutif o Perbandingan dan integritasi SI eksekutif dengan SPK o Soft informasi dalam SI o Lahirnya SI perusahaan : PLM.. “Decision Support Systems and Intelligent Systems”. J. Teknologi komputasi kolaboratif dan kecerdasan bisnis di  Marakas.

Isi ppt hanya berisikan contoh/penggambaran dari teori yang dirangkum.5. masalah dan kualitas o Web / internet dan layanan database komersial o Data warehousing o Data marts o Kecerdasan bisnis/ analitik bisnis o Pemrosesan analitik online (OLAP) o Data mining o Visualisasi data. multidimensional dan analitik real-time  Mencari software open source sebagai contoh  Menganalisis kasus SPK Metode atau Cara pengerjaan Kasus 8.2  Rangkuman dibuat dalam paper dan disiapkan dalam ppt berkisar 10 – 15 halaman.o Teknologi informasi dalam manajemen pengetahuan o Implementasi sistem manajemen pengetahuan o Peran manusia dalam manajemen pengetahuan o Sifat dan sumber data o Pengumpulan data . c. ukuran 12 C.  Presentasikan hasil rangkuman tersebut di depan kelas. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan : Isi paper berkisar antara 15 – 20 halaman dengan spasi 1. KRITERIA PENILAIAN (20%) Kelengkapan isi rangkuman Kebenaran isi rangkuman Daya tarik komunikasi/prensentasi . font Times new roman.

GRADING SCHEME COMPETENCE KRITERIA 1 : Kelengkapan isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kelengkapan konsep Lengkap dan terpadu KRITERIA 2 : Kebenaran isi rangkuman DIMENSI Sangat Memuaskan Kebenaran konsep Diungkapkan dengan tepat. namun masih ada yang terlewatkan Kurang Memuaskan Kurang dapat mengungkapkan aspek penting. tidak terlalu menambah pengetahuan Dijilid biasa 2 . analisis dan membantu memahami konsep Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard Masih kurang bebe rapa aspek yang be lum terungkap Hanya menunjukkan sebagian konsep saja Tidak ada konsep Memuaskan Batas Diungkap dengan tepat Sebagian besar tetapi deskriptif konsep sudah terungkap. terdapat aspek penting. tidak ada proses merangkum hanya mencontoh Di bawah standard Tidak ada konsep yang disajikan SKOR 5 Memuaskan Bahasa menambah informasi pembaca Kurang Memuaskan Di bawah standard Informasi dan data Tidak ada hasil yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Dijilid namun kurang Tidak ada hasil rapi SKOR 3 Lengkap SKOR 5 KRITERIA 3 : Daya tarik komunikasi/presentasi KRITERIA 3a : Komunikasi tertulis DIMENSI Sangat Memuaskan Bahasa Paper Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam Kerapian Paper Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca Paper cukup menarik. walau tidak terlalu mengundang Batas Bahasa deskriptif. melebihi halaman.

namun menyampaikan informasi yang benar Lebih banyak membaca catatan Membuat pendengar paham. hanya sesekali saja memandang catatan Kurang Memuaskan Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Di bawah standard Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah SKOR 2 Tidak mau presentasi 1 Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Tidak berbunyi 2 .KRITERIA 3b : Komunikasi lisan DIMENSI Sangat Memuaskan Isi Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam Organisasi Gaya Presentasi Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Menggugah semangat pendengar Memuaskan Menambah wawasan Batas Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Tidak didukung data.

Inc.. Sprague. “Decision Support Systems in the 21st Century”. NJ. 8th edition.1 Perencanaan Proses Tanah Liat di IMERYS: Kasus klasik pengambilan keputusan  Menganalisis kasus 3. Dadan Umar Daihani. George M. Efraim & Aronson. Prentice Hall. Marakas. URAIAN TUGAS : a. Obyek Garapan  Menganalisis kasus 2.1: Keuntungan PetroVantage: BI/DSS menciptakan E-Marketplace  Merancang model penunjang keputusan.. "Sistem Penunjang Keputusan". "Decision Support Systems". Menganalisis dampak atau pengaruh dari sistem pendukung manajemen B. Watson. “Komputerisasi Pengambilan Keputusan”. 2007  Rangkumlah referensi tersebut. Metode atau Cara pengerjaan  Carilah referensi mengenai studi kasus Klasik pengambilan keputusan. H & Hugh. Gunadarma. masalah dan kualitas  Web / internet dan layanan database komersial  Data warehousing  Data marts  Kecerdasan bisnis/ analitik bisnis . Jakarta. Jay E. J. “Decision Support Systems and Intelligent Systems”. dengan mencakup aspek 1. 2003 4. 1993 5. Suryadi HS. D.FORMAT RANCANGAN TUGAS Nama Mata Kuliah Program Studi Fakultas : Sistem Penunjang Keputusan : Sistem Informasi : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi SKS :2 Pertemuan ke : 11-14 A. Ralph. Elex Media Komputindo. Prentice Hall. Perdagangan Elektronik  Sifat dan sumber data  Pengumpulan data . 1994 3. model pengambilan keputusan penerimaan karyawan b. 2nd Edition. TUJUAN TUGAS : Merancang model SPK sederhana. Upper Saddle River. Prentice Hall. 2001 2. Turban. contoh: model studi kelayakan. E-Marketplace dan studi kelayakan untuk pengambilan keputusan penerimaan karyawan di: 1.

2. C. dijilid dengan cover yang berisikan : judul kasus. ukuran : 12. sistem perusahaan dan manajemen pengetahuan Pengaruh sistem pendukung manajemen : sebuah tinjauan Pengaruh sistem pendukung manajemen pada organisasi Pengaruh sistem pendukung manajemen pada individu Pengambilan keputusan dan tugas manajer Persoalan legalitas. font : times new roman. npm dan nama mahasiswa. Studi kasus dikumpulkan dengan menggunakan kertas ukuran A4 dengan spasi : 1.5. privasi dan etika Studi kasus dibuat dengan ketepatan pemilihan alat bantu pemodelan Rangkuman dibuat dalam paper yang membahas contoh kasus.  Pemrosesan analitik online (OLAP)  Data mining  Visualisasi data. KRITERIA PENILAIAN (15%) Ketepatan pemilihan teknik Kesesuaian aturan tata tulis Ketepatan waktu GRADING SCHEME COMPETENCE KRITERIA 1 : Ketepatan pemilihan teknik DIMENSI Sangat Memuaskan Penggunaan model Sistem Pendukung Pemilihan studi kasus kompleks dan tepat Memuaskan Pemilihan studi kasus sedehana dan Batas Pemilihan studi kasus sedehana Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Pemilihan studi kasus sederhana Tidak menggunakan alat bantu 15 . multidimensional dan analitik real-time  Pengaruh Sistem Pendukung Manajemen            Model integrasi sistem pendukung manajemen Pemodelan cerdas dan manajemen model Integrasi dengan web.

menggunakan alat bantu pemodelan dengan tepat tetapi penggunaan alat bantu pemodelannya tidak tepat. 10 . yang terbaik mengumpulkan tugas dengan mutu yang jauh lebih baik dari yang disyaratkan dosen KRITERIA 3 : Ketepatan waktu DIMENSI Sangat Memuaskan Berusaha mengumpulkan tepat waktu Tugas dikumpulkan tepat waktu dan mutu penulisan di atas standard yang diberikan.Keputusan dalam penggunaan alat bantu pemodelan KRITERIA 2 : Kesesuaian aturan tata tulis DIMENSI Sangat Memuaskan Berusaha mencapai Selalu ingin menjadi yang terbaik. pemodelan Memuaskan Berusaha memenuhi semua persyaratan tugas yang diberikan oleh dosen Batas Mengumpulkan tugas sesuai standard kualitas penulisan Kurang Memuaskan Kurang perduli dengan kualitas saat mengumpulkan tugas Di bawah standard Malas mengumpulkan tugas SKOR 15 Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR Tugas dikumpulkan tepat waktu dan kurang memenuhi standard penulisan yang diberikan. tetapi salah dalam membuat pemodelan. Tidak mengumpulkan tugas Memuaskan Tugas dikumpulkan tepat waktu dan memenuhi standard penulisan yang diberikan. Tugas dikumpulkan tepat waktu tetapi tidak memenuhi standard penulisan yang diberikan.